Air Terjun Dolo, Curahan Air Dari Ketinggian 125 Meter di Lereng Wilis

Air Terjun Dolo memiliki tinggi sekitar 125 m. Pada bagian bawahnya terdapat beberapa tingkatan sehingga bila dilihat dari dasar, air terjun ini akan tampak berasap. Airnya jernih dan dingin.


air terjun dolo setinggi 125 meter di lereng timur gunung wilis
Air Terjun Dolo. Image via: surabaya.tribunnews.com

Bentuknya berundak dengan curahan air tertinggi adalah 90 meter. Kemudian, undakan di bawahnya memiliki tinggi 2 hingga 5 meter. Titik paling menarik untuk mengambil gambar adalah pada bagian bawah air terjun.

Udara di sekitar air terjun juga sangat segar karena letak air terjun ini berada pada dasar lembah yang diapit oleh hutan alami lereng Wilis. Kesan yang ditangkap pengunjung, lokasi ini sangat alami.

Ketika cuaca cerah, pemandangan yang eksotis akan terlihat di lokasi ini. Suara gemuruh air, dengan aliran airnya, ditemani pohon-pohon yang menjulang, akan menambah suasana sejuk khas pegunungan. Hal ini didukung dengan keberadaan air terjun Dolo yang terletak di tengah-tengah lereng gunung wilis, atau berada kurang lebih 1.800 meter di atas permukaan laut.

Untuk menuju air terjun yang berada di dasar lembah, pengunjung ditantang untuk menuruni ratusan anak tangga. Anak tangga tersebut cukup lebar dan telah dilengkapi dengan pegangan dan pagar pelindung. Alurnya berkelok-kelok dengan keterjalan yang bervariasi.

masih banyak penduduk yang percaya dan mempraktikkan ritual saat mandi di air terjun dolo
Ritual sebelum mandi. Image via: travellersblitar.com

Simak juga: Wisata populer di Kediri

Mitos Air Terjun Dolo

Menurut cerita penduduk setempat di kawasan air terjun Dolo pada zaman kewalian di sekitar air terjun tepatnya di sebelah kanan air terjun ada sebuah pohon besar dan di atasnya tergantung sebuah benda yang sangat misterius, benda tersebut adakalanya dapat dilihat adakalanya tidak dapat dilihat.

Dari kisah itu maka muncul kata Dolo untuk air terjun tersebut, yang mempunyai arti sesuatu yang tergantung (gemandul). Namun ada juga penduduk setempat mengatakan nama air terjun Dolo berasal dari kata “Gundul Tola Tolo”.

Pantangan yang harus dipatuhi para pengunjung di Air Terjun Irenggolo juga berlaku di kawasan air terjun Dolo. Pantangan itu meliputi yakni tidak boleh bersiul, tidak boleh bertepuk tangan, tidak boleh bersenda gurau berlebihan. Juga tidak boleh mengambil hasil alam berlebihan seperti tumbuhan.

leter nama air terjun dolo, yang juga indah untuk latar berfoto kenangan
Leter nama. Image via: @triiyanii66

Pengunjung yang hendak berkemah di kawasan air terjun Dolo dianjurkan supaya menancapkan semua benda tajam yang mereka bawa ke tanah. Hal ini menurut penduduk setempat dimaksud supaya mereka terhindar dari gangguan makhluk-makhluk gaib di kawasan tersebut.

Terlepas dari percaya atau tidak, sebagai tamu yang datang ke tempat orang kita harus bersikap sopan dan tidak merusak, agar terhindar dari masalah.

Lokasi Air Terjun Dolo

Air Terjun Dolo  terletak di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Air terjun ini berada di bagian timur lereng Gunung Wilis pada ketinggian 1.800 meter di atas permukaan laut.

Rute Menuju Air Terjun Dolo

Air terjun Dolo bejarak kurang lebih 25 kilometer dari pusat Kota Kediri, dan dapat ditempuh 2 jam dari Pare, Kabupaten Kediri. Untuk menuju ke air terjun, jika dari pusat Kota Kediri ke arah barat lalu melalui Pohsarang, Kecamatan Semen.

1000 tangga menuju ke air terjun dolo kediri
Tangga menuju air terjun. Image via: jatim.antaranews.com

Simak juga: air terjun unik benang kelambu.

Akses jalan menuju ke air terjun Dolo berliku-liku karena terletak di kawasan pegunungan. Namun pemerintah Kabupaten Kediri telah membangun jalan yang baik. Fasilitas Jalan saat ini lebih halus dan lebar dari sebelumnya. Hal ini memudahkan para pengunjung yang datang baik dari arah kota Kediri maupun dari arah Ponorogo.

Setelah sampai di tempat parkir, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki. Untuk mencapai lokasi air terjun Dolo, pengunjung diharuskan melewati dan menuruni ratusan anak tangga yang berjarak kurang lebih 1 kilometer.

Jam Buka Air Terjun Dolo

Untuk menikmati keindahan air terjun dolo Kediri ini, pengunjung bisa datang muai pukul 07.00 pagi, hingga jam 17.30 sore.

Tiket Air Terjun Dolo

Untuk dapat merasakan keseruan Air Terjun Dolo, pengunjung hanya perlu membayar biaya tiket Rp. 7.000. Ini belum termasuk biaya parkir kendaraan.

Fasilitas Air Terjun Dolo

musola salahs atu fasiltas yang disediakan pengelola air terjun dolo
Musola Air terjun dolo. Image via: @sidoel_ae

Objek wisata air terjun Dolo memiliki beberapa fasilitas pendukung untuk para pengunjung air terjun, seperti warung makan atau kantin dan mushala.

Selain itu di sekitar kawasan air terjun juga tersedia fasilitas untuk tempat olahraga lari pagi berupa jogging track dan area mendaki. Disini juga terdapat taman bermain play ground untuk pengunjung yang mengajak anak-anak. Juga tersedia tempat perkemahan untuk pengunjung yang ingin bermalam dengan mendirikan tenda.

Bagi para pengunjung yang ingin bermalam lebih nyaman, mereka bisa menginap di beberapa villa yang berada tidak jauh dari lokasi air terjun yang berjarak sekitar 4 kilometer. Tidak seberapa jauh dari air terjun, terdapat kebun sayur dan stroberi di sebuah pondokan yang terbuat dari bambu.

Untuk wisatawan yang berkunjung dapat membeli sayuran dan stroberi yang masih segar atau dapat memetik sendiri di lokasi itu.

Aktivitas Menarik di Air Terjun Dolo

Meskipun masih alami, air terjun Dolo menawarkan banyak aktivitas menarik yang bsia dinikmati pengunjung. Pengunjung bisa berburu foto cantik, menyalurkan hobi lari jogging, mendaki, dan bahkan ada area camping dan wisata petik buah.

  1. Berburu foto

Spot foto cantik di salah satu sudut air terjun dolo
Spot foto cantik. Image via: @deni_namaku

Simak juga: Air terjun Sri Gethuk Jogja.

Undakan air terjun dolo yang membuat daya Tarik pengunjung. Banyak yang berfoto di undakan air terjun ini. Karena dari situlah spot foto yang sangat bagus untuk mengambil foto yang cantik. Lokasi undakan inilah yang banyak di cari para pemburu foto instagramable, untuk mengisi foto di sosial media mereka.

Posisi ideal untuk pemotretan air terjun dari jarak yang agak jauh. Katakanlah sekitar 10 hingga 20 meter dari air terjun. Hal ini untuk supaya foto air terjunnya nggak terpotong, karena sudut pandangnya lebih luas. Selain itu juga memposisikan diri agak jauh dari air terjun bisa menyelamatkan kamera dari resiko basah terpapar debur air. Apalagi kalau sedang mainan long exposure.

Jika pencinta fotografi merasa kesulitan memfoto air terjun dolo karena bentuknya yang tingg dan airnya merambat di dinding, di sekitar asa ada objek lain. Berjarak sekitar 50-an meter dari Air Terjun ada sebuah curug kecil yang cukup mudah untuk dibuat menjadi foto yang indah.

Foto narsis di air terjun dolo kediri
Narsis poll. Image via: parekampunginggris.co
  1. Jogging

Pengunjung bisa memanfaatkan jalan di sekitar air terjun ketika hendak berolahraga lari. Udara dan air pegunungan yang dingin akan turut serta menemani aktivitas jogging.

Melakukan jogging di area air terjun akan menjadi sensasi tersendiri bagi pengunjung dan teman perjalanan.

  1. Hiking Area

Untuk pengunjung yang berminat dengan aktivitas hiking, tempat ini juga menye diakan fasilitas untuk menyalurkan hobi itu. Penyuka hiking akan dimanjakan dengan pemandangan yang memukau selama perjalanan. Letak air terjun Dolo yang berada di pegunungan menjadi tempat yang pas bagi pecinta hiking

  1. Taman Bermain

Pengunjung yang ke air terjun dolo dengan mengajak serta pengunjung anak-anak, tidak perlu mengkhawatirkan mengenai aktivitas yang bisa mereka lakukan. Pengelola Air terjun menyediakan fasilitas playground yang bisa mendukung pengunjung anak mengisi kegiatan menyenangkan bagi mereka.

Pengunjung dewasa bisa turut serta mengawasi mereka dalam arena permainan, sembari menikmati keindahan pemandangan sekitar air terjun.

undakan air terjun dolo yangmenjadi ciri khas dan juga spot kecantikan air terjun ini
Undakan air terjun. Image via: antaranews.com

Simak juga: Air Terjun blang Singa bali.

  1. Area Perkemahan

Terdapat camping area yang cukup luas di tempat ini. Bagi pengunjung yang hendak menghabiskan malam di air terjun, bisa mendirikan tenda di tempat ini.

Tempat ini cocok juga digunakan sebagai area kegiatan bersama di luar ruangan. Pengunjung dapat datang berkunjung bersama rombongan dan menyewa tempat ini sebagai tempat berkemah. Selain berkemah, pengunjung rombongan sekaligus bisa memanfaatkan camping area sebagai tempat melakukan kegiatan outdoor. Seperti berkumpul, berolahraga bersama, melakukan permainan, dan lain sebagainya.

  1. Wisata Petik Buah

Tak jauh dari lokasi, terdapat kebun buatan yang di dalamnya tumbuh tanaman seperti sayur-sayuran dan buah stroberi. Pengunjung bisa membeli buah stroberi sebagai oleh-oleh. Bahkan pengunjung bisa sekaligus memetik sendiri buah stroberi yang sudah matang dan ingin dibeli.

wisata bersama seluruh anggota keluarga di air terjun dolo kediri
Wisata ramah keluarga. Image via: @idha_cuee

Objek Wisata Dekat Air Terjun Dolo

Bagi pengunjung yang terlanjur jatuh cinta dengan pesona air tejun, tidak usah khawatir kehabisan bahan. Tidak jauh dari air terjun dolo, berjarak 5 km terdapat air terjun indah lain. Air terjun Irenggolo. Air terjun ini unik, yakni dengan ketinggian 80 meter, namun lereng landai seperti tangga. Sehingga guyuran air tidak keras menghujam seperti layaknya air terjun setinggi 80 meter.

Bagi pengunjung yang ingin menikmati wisata alam sejuk dataran tinggi, dengan nuansa rohani bisa mencoba Gua Maria Lourdes Pohsarang. Dinamakan Gua Maria Lourdes sebab dalam gereja yang lama terdapat tiruan Gua Lourdes di Prancis, dalam bentuk yang kecil. Gua terletak di lereng Gunung Wilis dan berada pada ketinggian 400 meter di atas permukaan laut dengan suhu udara yang cukup sejuk.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai Wisata Air Terjun dolo yang dapat kami informasikan kepada rekan nativeindonesia.com. Semoga bisa jadi referensi sederhana saat hendak mencoba berwisata air terjun dolo Kediri.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment