Air Terjun Dolo, Wisata Besuki Yang Indah Berbalut Mitos

Air Terjun Dolo merupakan air terjun di Kediri, yang masuk ke dalam kawasan wisata Besuki. Sebuah kawasan wisata yang memiliki panorama alam indah, khas view lereng Gunung Wilis.

Lokasi Air Terjun Dolo yang terletak di kawasan wisata Besuki menjadi keuntungan tersendiri. Salah-satu alasannya dekat dengan objek wisata lainnya.

Terdapat air terjun terdekat yang bernama Air Terjun Irenggolo. Bahkan jaraknya tidak terlalu jauh dari lokasi utama Air Terjun Dolo.

dikelilingi alam yang sejuk
dikelilingi alam yang sejuk. google maps. sumber: Akbar Perdana

Simak juga: Wisata populer di Kediri

Dan perlu diketahui bahwa wisata Besuki memang didominasi oleh objek wisata alam. Hal tersebut menjadi anugerah tersendiri atas lokasinya, sebagai bagian tak terpisahkan dari Gunung Legendaris di Kediri, yaitu Gunung Wilis.

Dan inilah deskripsi tentang pesona keindahan Air Terjun Dolo Kediri, yang telah kamisiapkan untuk anda. Sebagai referensi awal menentukan tempat wisata di Kediri, terutama saat di akhir pekan, atau libur nasional.

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Dolo

Lokasi Air Terjun Dolo terletak di kawasan wisata Besuki. Adapun alamat Air Terjun Dolo berada di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kediri, Jawa Timur.

mengabadikan air terjun dolo
mengabadikan air terjun dolo. google maps. sumber: Sulton aan5

Rute Menuju Air Terjun Dolo

Jalan menuju Air Terjun Dolo merupakan perjalanan yang sangat menyenangkan. Selain karena jalannya bagus, bisa diakses oleh kendaraan jenis motor, maupun mobil, di sepanjang jalan terhampar pemandangan yang indah.

Jarak Air Terjun Dolo dari Kediri sekitar 29 kilometer, dengan waktu tempuh rata-rata 1 jam perjalanan. Tak perlu kebut-kebutan, nikmati saja perjalanannya.

Jam Buka Air Terjun Dolo

  • Air Terjun Dolo buka setiap hari.
  • Air Terjun Dolo buka dari pukul 08.00 – 17.00.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Dolo

  • Tiket masuk Air Terjun Dolo Rp. 5.000 per orang.
  • Tiket parkir motor Air Terjun Dolo Rp. 4.000 per unit.
fasilitas di air terjun dolo
fasilitas di air terjun dolo. google maps. sumber: Penjaga Hati

Simak juga: air terjun unik benang kelambu.

Fasilitas Di Air Terjun Dolo

Fasilitas di kawasan Air Terjun Dolo cukup untuk menunjang kenyamanan wisata para pengunjung. Bahkan cocok juga sebagai destinasi wisata alam edukatif untuk keluarga. Dan inilah beberapa fasilitas yang ada di objek wisata tersebut:

  • Area parkir yang luas
  • Toilet
  • Mushola
  • Deretan rumah makan, atau kantin
  • Arena permainan anak

Mitos Air Terjun Dolo Kediri

Mitos di Air Terjun Dolo merujuk kepada sebuah benda yang tergantung pada sebuah pohon dekat dengan Air Terjun Dolo. Benda tersebut kadang bisa terlihat, dan kadang tidak.

Sejarah penamaan Air Terjun Dolo merujuk kepada diksi Dolo, yang berarti bergelantung, atau gemandul, atas benda tadi.

Adapun pantangan yang tidak boleh dilakukan oleh para pengunjung saat berada di Air Terjun Dolo adalah sebagai berikut:

  • Tidak boleh bersiul
  • Tidak boleh bertepuk tangan
  • Bersikap sewajaranya, jangan berlebihan

Cerita mitos, misteri, maupun legenda di sebuah objek wisata yang ada di Indonesia, layaknya dua sisi mata uang, dan menjadi daya tarik tersendiri atas objek wisata tersebut.

tangga menuju air terjun
tangga menuju air terjun. google maps. sumber: Aria Kharismanda

Simak juga: Air Terjun blang Singa bali.

Trekking Menuju Air Terjun Dolo

Letak loket pembayaran tiket masuk Air Terjun Dolo berada di sebuah jalan besar kawasan wisata Besuki. Dan akses jalan menuju area parkir Air Terjun Dolo sudah bagus, dan bisa dilalui oleh kendaraan roda dua, maupun roda empat.

Dari lokasi tiket masuk, kendaraan harus terus melaju menuju area parkir. Setelah sampai di area parkiran yang luas, dan terdapat banyak kantin, atau warung makan yang berderet, maka para pengunjung harus terus melanjutkan perjalanan dengan cara berjalan kaki.

Trekking menuju lokasi utama Air Terjun Dolo lumayan jauh, namun jalurnya sudah tertata berbentuk anak tangga yang terbuat lapisan semen. Dan di beberapa tempat, lapisan pijakan kaki berupa susunan batu muka yang tertata rapih.

Perjalanan menuju Air Terjun Dolo yang paling berat bukanlah saat berangkat, namun saat kembali. Lumayan menguras tenaga. Tapi seru, dan mengasikkan. Yang penting, jangan lupa selalu siapkan air minum ya…

Daya Tarik Air Terjun Dolo

1. Air Terjun Yang Menawan

air terjun dolo
air terjun dolo. google maps. sumber: Yazid rizqi Ubaidillah

Simak juga: Air terjun Sri Gethuk Jogja.

Daya tarik yang pertama tentu saja Air Terjun Dolo. Sebuah air terjun yang memiliki 3 tingkatan. Ketinggian Air Terjun Dolo sekitar 90 sampai dengan 125 meter.

Tingkatan yang pertama dari Air Terjun Dolo merupakan tingkatan yang paling tinggi. Sisanya, tinggi air terjunnya hanya beberapa meter saja.

Airnya sangat jernih, namun terkenal sangat dingin. Kondisi tersebut sebagai sebuah pertanda bahwa air yang mengalir merupakan air khas pegunungan.

Debit air yang turun tidak terlalu besar, meskipun Air Terjun Dolo masuk ke dalam air terjun yang tinggi. Kolamnya tidaklah dalam, dengan demikian memberikan keleluasaan bagi pengunjung untuk mandi, atau bermain air.

2. Panorama Alam Wisata Besuki

alam yang sungguh indah
alam yang sungguh indah. google maps. sumber: Hanif Muhammad

Daya tarik selanjutnya dari Air Terjun Dolo adalah panorama alam sekitarnya yang eksotis. Tentu saja alasan utamanya karena berada di lereng Gunung Wilis.

Jika anda sampai di kawasan wisata Besuki pada pagi hari, maka anda bukan hanya bisa menikmati indahnya panorama alam gunung, dan lebatnya pehohonan saja.

Anda juga akan melihat kabut yang perlahan mulai naik ke atas, perlahan menghilang seiring datangnya sinar mentari. Udaranya juga sejuk, bahkan selalu dijadikan lokasi olah raga di akhir pekan.

Selain itu, keberadaan beberapa wahana permainan anak yang ada di area parkiran Air Terjun Dolo menjadi sebuah penegasan bahwa lokasi tersebut cocok sebagai wisata keluarga.


Tinggalkan komentar