Air Terjun Ngleyangan, Asal-Usul, Dan Trekking Ke Air Terjun Tersembunyi di Kediri

Keindahan alam yang menyejukkan memang selalu sulit dijangkau. Butuh perjuangan serta kesabaran. Jika kamu bersabar kamu akan menikmati keindahan yang dinanti, namun jika kamu menyerah hilanglah keindahan yang ada didepan mata.

Lokasi Air Terjun Ngleyangan berada di tengah hutan, sehingga untuk dapat mencapainya kamu harus melakukan trekking yang tidak mudah.

Namun keindahan alamnya sebanding dengan pengorbanan yang kamu lakukan, berikut ulasan lebih jauh mengenai Air Terjun Ngleyangan. Check this out!

Trekking Menuju Air Terjun Ngleyangan

Air Terjun Ngleyangan berada didalam hutan Gunung Wilis, maka jalur trekking yang akan kamu lalui akan sangat luar biasa.

Jalur menuju Air Terjun Ngleyangan hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua, jalannya masih berupa tanah kamu tidak akan menemukan jalan yang beraspal disini.

Kamu harus sangat berhati-hati saat melajukan kendaraan, pastikan kendaraanmu dalam keadaan baik dan memiliki rem yang pakem.

Karena jalur yang akan kamu lalui berkelok-kelok sangat tajam serta terdapat jurang yang lumayan dalam disebelah kiri jalan.

Hamparan Keindahan Yang Tersaji
Hamparan Keindahan Yang Tersaji. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Setelah berada dijalur yang bertanah, kamu kemudian akan merasakan jalan yang berbatu dengan batuan yang cukup besar. Sehingga tubuhmu akan ikut bergoncang karenanya.

Jalur-jalur menegangkan tersebut akan sedikit terobati dengan hamparan alam yang selalu menemani. Perjalanan tersebut akan kamu lalui sekitar 2 sampai 3 km, dikarenakan tidak adanya papan petunjuk yang memadai kamu harus sering bertanya ke warga sekitar.

Setelah melalui jalur trekking dengan menggunakan sepeda motor, kamu harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki karena jalannya semakin tak karuan.

Setelah memarkirkan kendaraanmu, kamu harus berjalan dijalan setapak yang sangat kecil dan berada ditengah rimbunnya pepohonan.

Kira-kira sejauh 1 km kamu harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Deburan air terjunnya sudah dapat kamu dengar, dan itu yang akan membuat kamu semangat melangkah.

Area Air Terjun Ngleyangan
Area Air Terjun Ngleyangan. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Setelah melalui jalan yang menanjak dan menurun, akhirnya sampailah kamu di Air Terjun Ngleyangan. Semua ketegangan dan lelah perjalan sirna sudah, dengan melihat keindahan air terjunnya.

Pesona Alam Air Terjun Ngleyangan

Air Terjun Ngleyangan masih sangat alami, masih jarang dikunjungi oleh para wisatawan. Hal itu mungkin dikarenakan jalur trekkingnya yang sangat memacu adrenalin.

Bias Pelangi Di Air Terjun Ngleyangan
Bias Pelangi DI Air Terjun Ngleyangan. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Air Terjun Ngleyangan atau bisa juga disebut Air Terjun Sekartaji memiliki ketinggian sekitar 123 meter dan berada diatas ketinggian 800 mdpl (meter diatas permukaan laut).

Air Terjun Ngleyangan
Air Terjun Ngleyangan. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Maka tak heran udara yang kamu rasakan sangat sejuk dan menyegarkan. Air terjunnya mengalir diantara tebing batu yang menjulang, mengalir dengan cukup deras melalui bebatuan yang menopangnya.

Kamu dapat merasakan kesegaran airnya menyentuh tubuhmu, resapilah kesejukan dan ketenangan yang diberikan. Deburan air yang mengalir menjadi sebuah nyanyian alam yang sempurna.

Ragam wisata di Air Terjun Ngleyangan

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan ketika berada di Air Terjun Ngleyangan, diantaranya yakni:

1. Bermain air

Air Terjun Ngleyangan memiliki kolam yang tak terlalu dalam, kedalamannya hanya setinggi lutut orang dewasa. Sehingga kamu tidak dapat berenang dikolamnya.

Kamu dapat berada tepat dibawah curahan air terjunnya, aliran air terjunnya tidak terlalu deras karena terlebih dahulu melewati bebatuan.

Merasakan Kesegaran Air Terjun Ngleyangan
Merasakan Kesegaran Air Terjun Ngleyangan. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Merasakan kesegaran airnya merupakan salah satu cara untuk menghilangkan rasa lelah perjalanan menuju Air Terjun Ngleyangan.

Semua rasa lelah dan takut selama trekking terbayar secara nyata dengan keindahan Air Terjun Ngleyangan. Keindahan dan kesegaran airnya membuat kita terlupa akan medan yang telah dilalui.

2. Menenangkan diri

Karena lokasi Air Terjun Ngleyangan berada di tempat yang sulit dijangkau, sehingga jarang didatangi oleh pengunjung.

Oleh sebab itu, maka jika kamu ingin menenangkan diri disini sangat bisa banget. Kamu bisa duduk-duduk diatas bebatuan besar yang berada tepat didepan Air Terjun Ngleyangan.

Menenangkan Diri
Menenangkan Diri. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Dalam posisi seperti sedang bersemedi, merasakan sejuknya udara, mendengarkan deburan air yang jatuh sambil menutup mata merupakan cara yang terbaik untuk membuatmu lebih relaks.

3. Berfoto Selfie

Ketika kamu mengunjungi sebuah tempat apalagi yang indah seperti Air Terjun Ngleyangan, kamu harus mengabadikannya dalam sebuah foto atau video.

Berfoto Bersama Air Terjun Ngleyangan
Berfoto Bersama Keindahan Air Terjun Ngleyangan. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Keindahan air yang mengalir serta hamparan keindahan alamnya merupaka spot foto terbaik yang banyak dicari oleh pengunjung yang telah mengunjungi Air Terjun Ngleyangan.

Asal Usul Air Terjun Ngleyangan

Air Terjun Ngleyangan pertama kali ditemukan oleh seseorang yang bernama Pak Yuli, beliau merupakan seorang pendaki yang berasal dari Prambon, Nganjuk.

Sebelumnya warga sekitar menyebut air terjun tersebut dengan nama “Banyu Anjlok” yang artinya ialah air yang jatuh dari atas. Pak Suro Gledek lah yang menyematkan “Ngleyangan”.

Hal itu dikarenakan beliau selalu merasa ngleyang atau kleyengan kepalanya ketika setelah mengunjungi air terjun tersebut.

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Ngleyangan

Lokasi Air Terjun Ngleyangan berada di hutan Gunung Wilis, alamat lengkapnya berada di Dusun Goliman, Desa Parang, Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur.

Rute Menuju Air Terjun Ngleyangan

Rute menuju Air Terjun Ngleyangan jika kamu bergerak dari pusat kota Kediri sekitar 20 km jauhnya. Kamu bisa melalui rute Jl. Raya Desa Parang dengan estimasi waktu sekitar 1 jam. Atau kamu bisa juga mengambil rute Jl. Raya Kedi-Nganjuk.

Tiket Masuk Air Terjun Ngleyangan

Air Terjun Ngleyangan belum dikembangkan secara maksimal, hal tersebut ditandai dengan belum adanya pihak pengelola yang secara khusus mengembangkan potensi wisata tersebut.

Untuk dapat menikmati keindahan Air Terjun Ngleyangan kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun alias masih gratis.

Jam Operasional Air Terjun Ngleyangan

Jam operasional Air Terjun Ngleyangan dibuka selama 7 hari seminggu dan 24 jam sehari. Namun melihat medan yang akan dilalui sangat ekstrim ditambah minimnya penerangan jalan, maka alangkah baiknya jika datang ketika matahari masih menampakkan diri.

Fasilitas Air Terjun Ngleyangan

Fasilitas yang tersedia di area Air Terjun Ngleyangan pun masih belum memadai.

Tips Wisata

Berikut saya sampaikan beberapa tips wisata sebagai bahan referensi kamu ketika hendak mengunjungi Air Terjun Ngleyangan, yakni:

  • Pastikan kondisi cuaca sedang cerah ya, karena medan yang kamu lalui masih berupa tanah. Akan sangat licin jika hujan turun.
  • Periksa dengan seksama kondisi kendaraanmu.
  • Berhati-hatilah saat menyusuri jalan dengan menggunakan motor.
  • Tempat wisata air ini tidak cocok untuk anak-anak mengingat medannya yang cukup terjal.
  • Bawalah persediaan makanan dan minuman untuk bekal kamu selama berada di Air Terjun Ngleyangan.
  • Jagalah selalu kebersihan dan keasrian lokasi Air Terjun Ngleyangan.
  • Hindarilah perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan momen indah ketika berada di Air Terjun Ngleyangan.

Penutup

Air Terjun Ngleyangan merupakan sebuah bukti nyata baiknya Tuhan pada kita. Keberdaannya membuat kita dapat bersyukur akan banyak hal.

Alangkah baiknya jika keindahan tersebut didampingi dengan fasilitas jalan yang memadai, sudah tentu akan lebih banyak pengunjung yang datang ke Air Terjun Ngleyangan.

Namun meskipun medannya sangat terjal dan menguji adrenalin, keindahan alamnya dapat menghilangkan semua rasa lelah. Dan Air Terjun Ngleyangan sangat layak untuk kamu kunjungi.

Siapkan foto terbaikmu ketika berada di Air Terjun Ngleyangan, ya!

Baca juga:

Leave a Comment