Air Terjun Irenggolo, Wisata Kediri Yang Berbalut Sejarah

Gunung Wilis memang menyimpan banyak sekali keindahan alam, hingga sampai di lereng gunungnya. Salah-satunya keindahan Kawasan Wisata Besuki.

Kawasan Wisata Besuki merupakan destinasi wisata alam yang sangat terkenal khususnya bagi masyarakat Kediri. Karena di lokasi tersebut terdapat 2 air terjun yang sangat mempesona, yaitu Air Terjun Dolo dan Air Terjun Irenggolo.

Air Terjun Irenggolo
Air Terjun Irenggolo. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.comĀ 

Edisi sebelumnya pernah dibahas tentang Air Terjun Dolo, bagi yang belum tahu bisa klik link nya di sini https://www.nativeindonesia.com/air-terjun-dolo/. Dan kali ini kita akan mengulas tentang Air Terjun Irenggolo, sebagai lokasi wisata yang cocok sebagai destinasi wisata keluarga.

Inilah deskripsi lengkap tentang Air Terjun Irenggolo.

Trekking Atau Akses Jalan Menuju Air Terjun Irenggolo

Perjalanan menuju lokasi Air Terjun Irenggolo merupakan perjalanan menyusuri keindahan alam. Dari jalanan di area Bukit Besuki saja sudah disajikan pesona pemandangan alam yang indah.

Ditambah lagi dengan akses jalan menuju Wisata Besuki, tempat Air Terjun Irenggolo berada bisa diakses dengan jenis kendaraaan roda dua dan empat. Jalanannya juga sudah bagus, hanya saja di beberapa kelokan jangan terlalu ngegas kendaran.

Setelah tiba di area parkiran, para pengunjung akan disuguhkan view gazebo yang menarik dengan latar alam sekitar yang rupawan.

Area parkirnya cukup luas, serta tanahnya sudah dipasangi paving block. Di area tersebut juga terdapat banyak sekali warung yang menjajakan makanan dan minuman.

Area Parkir Air Terjun Irenggolo
Area Parkir Air Terjun Irenggolo. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Setelah itu, dimulailah trekking atau perjalanan menuju lokasi utama Air Terjun Irenggolo. Jalur trekking dari area parkiran hingga ke lokasi air terjun sudah berbentuk plesteran atau tembok.

Sebagai lokasi wisata yang cocok untuk destinasi wisata keluarga, maka jalur trekkingnya tidak berbahaya dilalui anak-anak. Jalurnya cukup lebar, serta tidak curam.

Jalur Trekking Menuju Air Terjun Irenggolo
Jalur Trekking Menuju Air Terjun Irenggolo. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Bukan hanya view pemandangan alam di sepanjang jalur, namun terdapat beberapa wahana bermain anak saat berjalan menuju lokasi utama Air Terjun Irenggolo.

Ada juga spot kolam renang. Namun di waktu-waktu tertentu kolam tersebut sengaja tidak terisi air. dan view lainya adalah pohon kopi jenis arabica yang ditanam oleh warga setempat.

Jarak Air Terjun Irenggolo dari lokasi parkiran tidak terlalu jauh, hanya saja para pengunjung harus menuruni anak tangga di beberapa titik.

Tanda lokasi utama Air Terjun Irenggolo sudah dekat adalah saat anda mendengar suara air yang mengalir, serta view sebuah jembatan.

Air Terjun Irenggolo sudah bisa terlihat, maun viewnya hanya sebagian saja. Dan saat anda menyebrangi jembatan tersebut, maka anda akan melihat sebuah pemandangan eksotis dari air terjun berundak. Itulah tujuan utama anda, Air Terjun Irenggolo.

Pesona Keindahan Air Terjun Irenggolo

Banyaknya kunjungan wisata ke lokasi Air Terjun Irenggolo tentu saja menyimpan alasan, yang paling utama adalah karena pesona keindahan yang disuguhkan.

Dan inilah ragam pesona keindahan yang bisa dinikmati oleh para pengunjung:

1. Pesona Air Terjun Irenggolo

Air Terjun Irenggolo memiliki ketinggian sekitar 80 meter, dan dari atas sampai bawaah dipenuhi uleh undakan kecil seperti tangga.

Undakan Air Terjun Irenggolo
Undakan Air Terjun Irenggolo. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Arus airnya tidak deras, sehingga menjadi sebuah keindahan saat air tersebut mengalir di setiap undakan. Biasanya para pengunjung suka duduk di undakan tersebut sambil diguyur siraman Air Terjun Irenggolo.

Duduk Di Atas Undakan Air Terjun
Duduk Di Atas Undakan Air Terjun. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.comĀ 

Kondisi kolamnya cukup lebar, serta di samping kolam sudah dibangun sebuah tembok penyangga tanah atau tebing. Dan di samping kanan Air Terjun Irenggolo terdapat sebuah tangga yang langsung turun ke kolam.

Di waktu-waktu tertentu, kondisi air di kolamnya akan sedikit keruh meskipun kucuran air dari atas tetap jernih. sehingga para pengunjung hanya bisa bermain air di atas undakan saja.

2. Tradisi Lokal Atau Upacara Adat

Di lokasi Air Terjun Irenggolo selalu dilaksanakan upacara adat yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Biasanya dilaksanakan pada Bulan Suro.

Tradisi tersebut dinamakan dengan Sesaji Tirto Husodo. Tradisi Sesaji Tirto Husodo dimaksudkan untuk mengenang serta menghormati tokoh cikal bakal desa setempat yang bernama Resi Wasis Curigonoto.

Selain itu, tradisi Sesaji Tirto Husodo dimaksudkan untuk memohon keselamatan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

3. Pesona Alam Sekitar

Faktor yang ke tiga adalah pesona pemandangan alam sekitar yang mampu memberikan suasana ketenangan hingga lupa untuk sesaat atas segala kepenatan hidup.

View Alam Sekitar
View Alam Sekitar. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

View alam pegunungan, udaranya yang sangat sejuk, adalah rangkaian keindahan di lokasi wisata Air Terjun Irenggolo. Apalagi saat anda naik ke rumah pohon yang berada di jalur trekking, anda akan melihat pesona keindahan alam dari ketinggian.

Ragam Aktivitas Wisata Di Air Terjun Irenggolo

Bukan hanya satu aktivitas wisata saja, namun terdapat banyak aktivitas wisata yang dapat dilakukan oleh para pengunjung bersserta keluarga saat berada di sana. Diantaranya :

1. Berenang Dan Bermain Air

Di lokasi wisata Air Terjun Irenggolo terdapat dua spot untuk berenang. Yaitu di kolam dekat area parkir, serta di kolam utama air terjun.

Bermain Air Di Air Terjun Irenggolo
Bermain Air Di Air Terjun Irenggolo. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Namun kolam Air Terjun Irenggolo cukup dalam saat debit airnya tinggi, sehingga kurang cocok untuk melakukan aktivitas berenang untuk anak anda.

Terdapat titik air yang tidak terlalu dalam untuk bermain anak-anak di dekat lokasi Air Terjun Irenggolo.

2. Wahana Bermain Anak

Di lokasi wisata Air Terjun Irenggolo terdapat banyak sekali wahana permainan anak, seperti :

  • Ayunan
  • Prosotan
  • Jungkat-Jungkit

Sehingga anak-anak akan merasa senang saat berada di alam. Para orang tua bisa sambil duduk di gazebo sambil mengawasi anak-anaknya bermain.

Ragam Wahana
Ragam Wahana. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

3. Camping

Di lokasi wisata Air Terjun Irenggolo juga terdapat area yang bisa digunakan untuk camping. Namun bagi yang hendak melakukan camping, jangan lupa untuk membawa jaket, karena udara malam menuju pagi akan terasa sangat dingin.

Area Camping
Area Camping. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Sejarah Atau Asal-Usul Air Terjun Irenggolo

Selain pesona keindahan, ternyata Air Terjun Irenggolo memiliki nilai sejarah sebagai asal-usul lahirnya nama Irenggolo.

Irenggolo diambil dari nama panglima perang Iro Manggolo yang diperintahkan untuk menaklukan Kerajaan Kediri. Atas titah raja, panglima tersebut tidak boleh pulang jika membawa kekalahan.

Sayangnya dalam pertempuran tersebut Iro Manggolo mengalami kekalahan saat adu tanding satu lawan satu. Meskipun demikian sang raja tetap mengijinkan Iro Manggolo untuk bisa pulang ke kerajaan.

Panglima Iro Manggolo merasa tidak dapat menunaikan kewajibannya, maka dia pergi dari kerajaan dan mulai bertapa di sisi Timur Lereng Gunung Wilis sampai akhir hayatnya.

Pasukan yang mengikutinya menjadi cikal bakal masyarakat setempat, dan untuk mengenang sang panglima maka tempat tersebut diberi nama Irenggolo.

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Irenggolo

Lokasi Air Terjun Irenggolo berada di lereng Gunung Wilis. Alamat Air Terjun Irenggolo berada di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur.

Rute Atau Akses Jalan Menuju Lokasi Wisata Air Terjun Irenggolo

Rute atau akses jalan menuju Air Terjun Irenggolo dari Kediri bisa melalui Jalan Argo Wilis. Jarak Kediri dengan Air Terjun Irenggolo sekitar 26 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 45 menit saja.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Irenggolo

Harga tiket masuk Air Terjun Irenggolo sebesar Rp. 7.000 per orangnya, dengan biaya parkir Rp. 2.000

Jam operasional Air Terjun Irenggolo

Jam operasional Air Terjun Irenggolo buka selama 24 jam full dalam satu minggu.

Penutup

Itulah informasi lengkap Air Terjun Irenggolo. Jangan lupa untuk mematuhi protokol kesehatan, dan keamanan ya…

Baca juga:

Leave a Comment