10 Tempat Wisata Di Kediri Terpopuler Saat Ini

Sebagai kota terbesar ketiga setelah Surabaya dan Malang, Kediri menyimpan banyak potensi wisata yang menarik untuk dieksplorasi. Mulai dari situs bersejarah, wisata alam, wisata edukatif hingga wisata kuliner yang akan membuat Anda seolah tak ingin pergi dari Kediri.


Ingin tahu lebih jauh semenarik apa tempat wisata di Kediri? Simak ulasan singkatnya berikut ini.

1. Monumen Simpang Lima Gumul

Simpang lima
Monumen Simpang Lima Gumul. Image via: www.instagram.com/m.arif_gunawan/

Jika Anda berkesempatan jalan-jalan ke Kediri, maka jangan sampai tak mampir ke Monumen Simpang Lima Gumul. Destinasi ini merupakan salah satu tempat wisata di Kediri yang tengah populer dan jadi tempat nongkrong ngehits bagi warga Kediri dan sekitarnya. Monument ini memiliki desain yang unik, sekilas tampak seperti Monumen Arc De Triomphe yang ada di Paris.

Meskipun demikian, setiap sudut monumen nyatanya memiliki keterkaitan dengan asal usul kota Kediri. Selain itu monumen ini juga memiliki view yang instagramable, sehingga tak heran banyak pengunjung yang suka berfoto selfie di sini.

Informasi:

  • Nama: Monumen Simpang Lima Gumul
  • Alamat: Jl. Erlangga, Ds Tugurejo, Ngasem, Kediri – Jawa Timur
  • Biaya: Rp 2.000,- (parkir)

2. Goa Selomangleng

goa selomangleng
Goa Selomangleng. Image via: www.instagram.com/mbolangjatim/

Destinasi seru di Kediri selanjutnya ini merupakan salah satu situs bersejarah yang masih terjaga kelestariannya hingga saat ini. Goa Selomangleng tak hanya menyimpan cerita masa lalu tetapi juga pesona unik yang misterius. Nama Selomangleng sendiri memiliki makna “Batu Miring”, ini karena letaknya yang berada di lereng Gunung Kotok sehingga terlihat seakan-akan miring.

Di dekat mulut goa, ada banyak bongkahan batu yang terlihat berserakan dan sebagian tampak memiliki pahatan yang khas. Masih berada di kawasan tempat wisata di Kediri tersebut, oleh pemerintah daerah setempat dibangun sebuah museum purbakala yang berisi banyak peninggalan jaman kerajaan Kediri di masa lampau. Selain itu juga terdapat fasilitas lain yang menarik seperti kolam renang yan

Informasi:

  • Nama: Goa Selomangleng
  • Alamat: Jl. Selomangleng, Pojok, Mojoroto, Kediri – Jawa Timur
  • Harga tiket: Rp 5.000,-

Simak juga: daftar tempat wisata di Lombok

3. Kebun Bunga Matahari

Kebun Bunga Matahari.
Kebun Bunga Matahari. Image via: bosniatravel.net

Berlokasi tak jauh dari Goa Selomangleng, tempat wisata di Kediri ini belakangan menjadi viral dengan foto-foto bunga mataharinya yang cantik. Ditanam diatas lahan seluas 900 meter persegi, tentu ada ribuan bunga matahari yang tumbuh di kebun tersebut. Sehingga tak heran pemandangannya begitu cantik dan mempesona.

Tak sekedar cocok untuk berburu foto selfie, Kebun Bunga Matahari juga bisa jadi destinasi wisata edukatif untuk anak-anak agar mampu mengenal alam terutama bunga matahari secara lebih dekat.  Kini tak hanya bunga matahari saja yang bisa Anda temui, tetapi ada banyak macam tanaman hortikultura lainnya yang juga ditanam di kebun ini. Seperti tomat, cabai, kangkung hingga labu yang bisa Anda beli secara langsung. Menarik bukan?

Informasi:

  • Nama: Kebun Bunga Matahari
  • Alamat: Jl. Selomangleng No.143, Pojok, Mojoroto, Kota Kediri – Jawa Timur
  • Biaya: Rp 2.000,- (parkir)

4. Air Terjun Dolo

air terjun dolo
Air Terjun Dolo. Image via: www.instagram.com/yeniratnawa/

Tempat wisata di Kediri yang selanjutnya ini tak hanya menyuguhkan penosa alam nan eksotisme tetapi juga mengajak Anda untuk sedikit berpetualang alam untuk bisa menikmatinya. Berada di kawasan lereng Gunung Wilis, tempat wisata tersebut ialah Air Terjun Dolo. Dengan ketinggian 90 meter, air terjun dengan arus air sedang ini menyuguhkan pesona yang cantik dari airnya yang gemercik.

Akses untuk menuju kawasan air terjun cukup menantang, karena Anda harus melalu banyak anak tangga. Tetapi tenang, tangga tersebut sudah dilengkapi dengan pengaman di setiap sisinya sehingga cukup aman. Lagi pula Anda juga akan ditemani pemandangan Gunung Wilis yang eksotis dan juga gazebo di sekitar jalur jika ingin bersantai sejenak.

Informasi:

  • Nama: Air Terjun Dolo
  • Alamat: Dusun Besuki, Jugo, Mojo, Kediri – Jawa Timur
  • Harga tiket: Rp 5.000,-

Lihat: info tempat wisata di Malang yang populer

5. Gumul Paradise Island

gumul paradise
Gumul Paradise Island. Image via: totabuan.co

Sama seperti kota besar lainnya, Kediri juga memiliki destinasi seru untuk liburan keluarga seperti Gumul Paradise Island yang berlokasi di Simpang Lima Gumul ini. Tempat wisata di Kediri ini tak hanya menawarkan keseruan bermain di waterpark saja. Seperti kolam renang khusus untuk anak dan dewasa, kolam berarus, speed slide, body slide dan banyak lagi.

Tetapi juga menyuguhkan keseruan lain dengan theme park seru non air lainnya. Misalnya saja ada 3D Studio Art, Scary House, Fliying Fox, Jungle Adventure serta tak ketinggalan ada juga Bioskop 4D. Tentu menghabiskan waktu di Gumul Paradise Island ini akan membuat waktu berlibur semakin menyenangkan.

Informasi:

  • Nama: Gumul Paradise Island
  • Alamat: Kompleks Simpang Lima Gumul, Sumberejo Ngasem,  Kediri,  Jawa Timur
  • Jam buka: 09.00-17.00 WIB
  • Harga tiket: Rp 30.000,- (weekday), Rp 35.000,- (weekend)

6. Taman Wisata Sumber Ubalan

sumber ubalan
Taman Wisata Sumber Ubalan. Image via: www.instagram.com/infowisatakediri/

Seperti namanya, Taman Wisata Sumber Ubalan ini menyuguhkan pesona wisata alam di tengah lebatnya hutan lindung yang penuh pepohonan tinggi menjulang. Tempat wisata di Kediri ini pun memiliki fasilitas yang terbilang cukup lengkap.

Mulai dari kolam renang, kolam pemancingan, wana wisata, play ground, mini zoo, perahu air hingga area perkemahan ada ditempat ini. Bahkan tempat ini juga tersedia panggung hiburan serta gedung pertemuan untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Kedengarannya seru bukan?

Informasi:

  • Nama: Taman Wisata Sumber Ubalan
  • Alamat: Sagi, Jarak, Plosokklaten, Kediri – Jawa Timur
  • Jam buka: 08.00-17.00 WIB
  • Harga tiket: Rp 000,-

7. Kediri Eco Park

eco park
Kediri Eco Park. Image via: www.instagram.com/kediri_ecopark/

Destinasi wisata selanjutnya yang bisa Anda nikmati di Kediri ialah Kediri Eco Park atau kerap di sebut KEP saja. Tempat wisata di Kediri ini masih terbilang baru dengan mengusung konsep wisata berbasis edukasi. Jadi selain jalan-jalan, pengunjung juga sekaligus diajak belajar dan mengenal alam lebih dekat.

Kegiatan menarik yang bisa dilakukan di tempat ini cukup beragam, mulai dari outbond, melihgat proses pembudidayaan jamur hingga belajar membuat pupuk kompos. Fasislitasnya pun terbilang cukup mendukung, terdapat kolam pemancingan, spot foto selfi hingga stand kuliner yang wajib dicoba.

Informasi:

  • Nama: Kediri Eco Park
  • Alamat: Jl. Kelapa, Ketami, Pesantren, Kediri – Jawa Timur
  • Jam buka: 08.00-17.00 WIB
  • Harga tiket: Rp 5.000,-

Baca juga: daftar tempat wisata di Lampung

8. Istana jambu

istana jambu
Istana jambu. Image via:  lelungan.net

Jika berkunjung ke Kediri maka jangan sampai lupa mampir ke destinasi wisatanya yang sedang hits dan jadi perbincangan ini. Dimana lagi kalau bukan Agrowisata Istana Jambu. Sebagaimana namanya, tempat wisata di Kediri yang satu ini memang menyuguhkan agrowisata dengan tanaman utamanya yaitu buah jambu. Tapi tak hanya sampai di situ saja, sebab banyak hal yang bisa Anda lakukan di sini.

Misalnya saja berfoto selfie di spot-spot keren instagramable yang khusus dibuat oleh pengelola, ada juga wisata kuliner khas kota Kediri, serta tak ketinggalan ada play ground serunya juga. Tak ayal banyak pengunjung yang kerap menghabiskan waktu liburannya di sini.

Informasi:

  • Nama: Istana Jambu Agrowisata
  • Alamat: Jl. Sonorejo, Grogol, Kediri –Jawa Timur
  • Jam buka: 08.00-17.00 WIB
  • Harga tiket: Rp 5.000,-
  • Parkir Rp 3.000,-/motor, Rp 5.000,-/mobil, Rp 10.000,-/elf atau bus

9. Bukit Dhoho Indah

Bukit Dhoho Indah Kediri
Bukit Dhoho Indah. Image via: kompasiana.com

Kota Kediri memang mempesona dengan destinasi seru yang dimilikinya, dan yang selanjutnya ini juga tak kalah ngehits dengan tempat wisata di Kediri lainnya yakni Bukit Dhoho Indah. Berlokasi di kawasan perbukitan, Bukit Dhoho Indah menawarkan pesona alam serta hawa udara yang lebih sejuk.

Banyak kegiatan seru dan menantang yang bisa Anda coba di tempat yang populer disebut BDI ini, misalnya saja menjelajahi area bukit dengan menaiki  ATV, atau seru-seruan bermain hammock. Semua bisa Anda coba, tak ketinggalan ada juga play ground seru untuk anak-anak dan dewasa serta area pemancingan untuk Anda yang hobi mincing.

Informasi:

  • Nama: Bukit Dhoho Indah
  • Alamat: Desa Tiron, Banyakan, Kediri – Jawa Timur
  • Jam buka: 08.00-17.00 WIB
  • Harga tiket: Rp 5.000,-

Simak juga: daftar tempat wisata di Tangerang

10. Gunung Klotok

gunung klotok
Gunung Klotok. Image via: www.instagram.com/kokotrisilo/

Berada di tak jauh kaki Gunung Wilis, Gunung Klotok sendiri termasuk ke dalam gugusan pegunungan Wilis. Gunung ini selain memiliki panorama yang cantik juga menyimpan sejarah peradaban kota Kediri di masa lampau. Ini terlihat dari adanya patung yang berdiri di kawasan gunung tersebut.

Sepiuntas, gunung ini jika dilihat dari jauh tampak seperti seorang wanita yang sedang terlelap karenanya Gunung Klotok juga kerap disebut “Si Cantik Tidur”. Selain pemandangannya yang cantik, ada hal menarik di Gunung Klotok karena menjadi lokasi off road para pencinta motor trail. Selain itu di kawasan tempat wisata di Kediri ini juga terdapat wahana seru lainnya. Mulai dari jalur untuk bersepeda, outbond hingga trekking. Cukup menantang ya!

Informasi:

  • Nama: Gunung Klotok
  • Alamat: Pojok, Mojoroto, Kediri – Jawa Timur

Menjelajahi kota Kediri ternyata cukup seru bukan? Banyak hal yang bisa Anda temui mulai dari wisata alam, taman hiburan hingga agrowisata yang bakal meninggalkan banyak pengalaman menarik. Demikian ulasan singkat mengenai tempat wisata di Kediri yang bisa jadi referensi untuk Anda mencari destinasi seru di Kediri untuk menghabiskan waktu liburan.

 

 

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment