Gumul Paradise Island, Asiknya wahana 3 Matra Air Darat dan Udara

Gumul Paradise Island Kediri merupakan taman wisata yang tidak hanya mengutamakan permainan air saja, tetapi juga wahana non air. Wahana-wahana di sana bisa dinikmati oleh semua pengunjung dari berbagai usia.


Gumul Paradise Island, taman bermain di kediri yang memeilki fasilitas hiburan air, darat dan udara
Gumul Paradise Island. Image via: ihategreenjello.com

Di atas pintu masuk terdapat tulisan besar yang merupakan identitas dari tempat wisata ini. Gumul Paradise Island Kediri memilki logo yaitu water slide dengan dua orang anak yang sedang bermain seluncuran air menggunakan ban pelampung. Logo ini menandakan bahwa obyek wisata ini menjadikan arena bermain air sebagai fasilitas utama.

Saat berkunjung ke taman ini, pengunjung berkesempatan untuk mencoba wahana yang ada karena ada cukup banyak wahana menarik seperti kolam renang, papan seluncuran, scary house atau rumah hantu buatan, bioskop 4D, 3D art studio, flying fox dan yang lainnya.

dicaplok Kepiting di Gumul Paradise Island. Salah satu icon taman berupa patung kepiting raksasa
Di caplok Kepiting. Image via: http://kabkediri.blogspot.com/

Simak juga: Lokasi wisata Populer Seputaran Kediri

Lokasi Gumul Paradise Island

Gumul Paradise Island  berlokasi di Kompleks Simpang Lima Gumul, Sumberejo, Ngasem, Kediri, Jawa Timur.

Lokasi ini berjarak sekitar 10 km dari pusat kota Kediri.

Rute Menuju Gumul Paradise Island

Menuju Gumul Paradise Island, bisa dilakukan dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Jika memulai perjalanan dari kota Kediri, bisa mengambil jalan Jl. Raya Sumber Jiput ke Jl. Super Semar di Ngronggo. Kemudian lanjutkan Jl. Super Semar ke Singonegaran. Lalu Ambil Jl. Raya Kleco ke Jl. Brigjend Pol. IBH Pranoto di Pesantren.

Belok kanan ke Jl. Brigjend Pol. IBH Pranoto, kemudian Belok kiri ke Jl. Mauni. Selanjutnya Ikuti Jl. Totok Kerot ke Jl. Mesjid Lama di Joho. Belok kiri ke Jl. Mesjid Lama. Tidak lebihd ari 500 meter, sudah sampai di Gumul Paradise Island.

Jam Buka Gumul Paradise Island

Pengunjung dapat mengunjungi Gumul Paradise Island pada jam 09.00-17.00 di hari Selasa sampai dengan Kamis.

Pada hari Jumat pukul 10.00-17.00. Sedangkan saat akhir pekan dan hari libur pukul 08.00-17.00.

hanyut rame rame di kolam arus Gumul Paradise Island Kediri
Hanyut rame rame. Image via: travelspromo.com

Tiket Gumul Paradise Island

Untuk harga tiket masuknya terbilang murah untuk ukuran taman bermain air. Pengunjung hanya perlu membayar  tiket sebesar Rp 35.000 pada Hari kerja, dan Rp  40.000 pada akhir pekan dan hari libur besar.

Harga ini sudah termasuk biaya untuk menikmati semua fasilitas yang ada di dalamnya. Pengunjung tidak perlu membayar lagi untuk menikmati fasilitas did alam taman.

Fasilitas Gumul Paradise Island

Selain wahana permainan, gumul paradise island juga menyediakan fasilitas penunjang untuk memberikan kenyamanan pengunjung saat berada di kawasan wisata ini. Adapun fasilitas yang tersedia seperti tempat parkir, toilet, Musholla, tempat duduk di pinggiran kolam, restoran dan sebagainya.

Daya Tarik Gumul Paradise Island Kediri

Gumul Paradise Island merupakan tempat wisata yang memiliki fasilitas hiburan lengkap. Di sini tersedia wahana air dan juga wahana buaan air yang bisa dijadikan pilihan bagi pengunjung dan keluarga. Walau wahana utama adalah wahana air, namun keseruan wahana bukan air tidak kalah seru untuk dicoba juga.

Berikut kami coba gambarkan beberapa keseruan dari wahana-wahana yang ada di taman wisata di Kediri ini.

  1. Kolam Bermain

kolam di gumul paradise island bukan semata utnuk bermain air, tapi juga cantik untuk lokasi foto narsis.
Kolam ramah Selfie. Image via: tempat.me

Simak juga: Trans Studio Cibubur

Di Gumul Paradise Island terdapat berbagai macam kolam dengan berbagai ukuran kedalaman serta fasilitas bermain. Para pengunjung bebas memilih bermain di kolam mana sesuai kenyamanan masing-masing. Kolam di area taman bermain ini bisa dibedakan menjadi empat macam.

Yang pertama kolam dengan kedalaman paling dangkal yaitu 20 sentimeter. Kolam ini yang memang dikhususkan untuk kolam balita. Kolam ini pas digunakan untuk area bermain air bagi balita, tetapi tetap harus dalam pengawasan orang tua. Di kolam ini ada hiasan payung jamur berwarna-warni yang membuat kola mini semakin cantik.

Kolam selanjutnya adalah Kid Water Play Set dengan kedalaman 80 sentimeter. Permainan water set tersedia di kolam yang didesain untuk anak-anak ini. Biasanya anak-anak usia sekolah dasar yang banyak menggunakan kolam ini. Bagi anak-anak yang belum bisa berenang telah disediakan pelampung.

Kemudian ada juga kolam tampung yang disediakan untuk pengunjung yang melakukan permainan water slide dengan ketinggian 10 meter. Di kolam ini pengunjung dapat berseluncur bebas dari atas ketinggian.

Terakhir ada kolam arus dengan desain yang tidak begitu lebar, tetapi cukup panjang yaitu sekitar 350 meter. Di kolam arus, pengunjung bisa mencoba sensasi bermain air dengan cara yang berbeda. Dengan menaiki pelampung dan merasakan aliran air cukup tenang yang membawa tubuh terhanyut menyusuri kolam.

  1. Seluncuran

prosotan berliuk laksana keong setinggi 15 meter, salah satu wahana andalan di gumul paradise island kediri ini
Seluncuran yang indah. Image via: kacamatawisata

Sebagaimana layaknya sebuah water park modern, Gumu Paradise Island juga memeiliki Seluncuran. Beberapa macam papan seluncuran telah disediakan di sini. Seluncuran ini dicat dengan cat yang berwarna-warni.

Terdapat papan seluncuran panjang dengan bentuk berkelak-kelok dan seluncuran biasa dengan tangga naik rendah atau body slide. Seluncuran spiral atau biasa disebut dengan Fun Bumerang juga disediakan di sini.

Slider ini konon menjadi satu-satunya slider yang ada di Jawa Timur dengan tinggi sekitar 15 meter. Desain seluncuran yang indah bukan hanya enak dimainkan namun juga enak dilihat. Meskipun baru melihat dari kejauhan, pengunjung sudah langsung dibuat tak sabar untuk segera bermain air di kolam dan berseluncur cepat.

  1. Rumah Hantu

rumah hantu gumul paradise island seru utnuk serua seruan berbau horor, mendebarkan, menakutkan, seklaigus menyenangkan.
Di hantui. Image via: khazanaharsipwisatakediri

Simak juga: Cirebon Water Land

Di Gumul Island Paradise rumah ahntu diberi nama Scary House Wahana ini merupakan wahana rumah hantu buatan. Saat Anda masuk ke dalam tempat ini, Anda akan merasakan hawa yang menakutkan dan membuat merinding.

Wahana rumah hantu didesain sangat menyeramkan dan dapat memacu adrenalin. Pengunjung bisa langsung merasakan sensasi menyeramkan rumah hantu, dari mulai memasuki pintunya saja.

Di sini ada banyak hantu yang siap menemani Anda. Wahana ini bisa dijadikan untuk menguji seberapa besar nyali Anda dan teman-teman ataupun keluarga Anda. Pengunjung akan dibuat merinding sampai ketakutan oleh kehadiran hantu-hantu legendaris Tanah Air seperti genderuwo, pocong, kuntilanak merah atau putih, arwah terbang, dan hantu tanpa kepala serta masih banyak lagi.

  1. Bioskop 4D

bioskop 4D gumul paradise island memebrikan pengalaman real dalam 10 menit penayangannya
Bioskop 4D. Image via: kedirikab.go.id

Objek wisata Gumul Paradise Island menyediakan wahana gratis untuk menyaksikan bioskop 4 dimensi bagi setiap wisatawan yang berkunjung di sana. Bioskop 4D mampu menampung hingga 40 orang penonton sekaligus dalam sekali tayang.

Durasi film yang diputar di bioskop 4 dimensi selama 10 menit saja. Waktu menonton film 4 dimensi ini terbilang singkat sehingga tidak terlalu melelahkan bagi penglihatan anak-anak. Setiap penonton akan diberikan pinjaman kacamata 4 dimensi. Penonton dapat menggunakan kacamata itu untuk menyaksikan cerita film yang tersaji di layar besar di depan mereka.

Cerita yang diputar adalah petualangan sebuah keluarga angsa yang sedang melakukan migrasi dari pulau-pulau subtropis menuju pulau di daerah tropis. Petualangan mereka tampak sangat nyata didepan mata berbekal kacamata 4 dimensi. Penonton diajak seolah-olah mengikuti langsung petualangan tokoh Riley dan keluarganya.

  1. 3D Art Studio

surfer indor studio foto 3D gumul paradise island
Surfer celana pendek. Image via: hobiholiday

Simak juga: Old City 3D Trick Art Museum

Wahana ini menyediakan banyak lukisan 3D yang menarik. 3D Art Studio menjadi tempat favorit para pengunjung. Banyak pengunjung yang menghabiskan waktu di sini untuk berfoto-foto. Lukisan yang ada di sini terlihat nyata.

Keunggulan dari lukisan 3d trick art ini yaitu lukisan tidak hanya dapat dinikmati dari segi keindahannya saja. Tapi 3d trick art bisa dijadikan objek untuk berfoto.

Saat berada di tempat ini, pastikan untuk mengabadikannya serta berposelah sesuai dengan lukisan yang ada. Foto yang dihasilkan nantinya akan membuat seolah-olah pengunjung adalah bagian dari lukisan tersebut.

  1. Flying Fox

Terbang di atas kolam GUmul paradise island dengan menggunakan wahana flaying fox
Terbang di atas Kolam. Image via: tempat.me

Selain wahana air ada juga wahana udara. Yaitu Flying Fox. Pengunjung dapat mencoba menantang diri dan teman atau keluarga Anda untuk mencoba wahana yang satu ini. Wahana flying fox yang cukup menantang ini berada di atas kolam pemandian.

Saat pengunjung mencoba wahana ini, kita akan merasa seperti berada di atas laut dengan posisi menggantung di udara. Flying fox bisa melatih keberanian Anda untuk berada diatas ketinggian. Keamanan Anda selama bermain flying fox akan terjamin karena ada petugas yang siap membantu memasang peralatan yang harus digunakan.

Objek Wisata Dekat Gumul Paradise Island

Setelah puas bermain air, atau foto-foto di Gumul paradise, pengujung bisa mencoba mengeksplorasi sisi lain dari Kediri. Yaitu wisata sejarah. Dalam jarah hanya 14 km dari taman, terdapat Goa Selomangleng. Goa ini peninggalan dari zaman raja Airlangga. Goa memiliki dekorasi berupa ukiran dinding yang unik.

Yang tertarik dengan wisata alam Kediri, bisa mencoba menikmati kesegaran udara di air terjun Dolo. Air terjun yang berjarak 35 km dari taman Gumul ini memiliki tinggi hingga 125 meter. Struktur dasar air terjun memiliki undakan-undakan yang bisa digunakan sebagai spot pengambilan foto instagramable.

Sekian dahulu cerita yang bisa kami bagikan soal keseruan wisata taman bermain di Kediri ini. Pastikan lokasi ini masuk dalam jadwal kunjungan anda, jika seandainya ada perjalanan wisata di seputaran Kediri.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment