Old City 3D Trick Art Museum, Berburu Foto di Dunia Fantasi

Old City 3D Trick Art Museum Semarang ini merupakan wisata baru yang ada di kota bersejarah ini. Museum yang  dulunya terkenal menyimpan barang peninggalan yang lama dan suasana yang membosankan kini berubah.


Old City 3D Trick Art Museum
Old City 3D Trick Art Museum . Image via: trivindo.com

Berbeda dengan museum sejarah pada umumnya, museum yang satu ini dibuat dengan konsep yang unik dan menarik. Warga Semarang sendiri biasanya menyebutnya dengan wisata Omah Kwalik Semarang. Masyarakat Semarang menyebut demikian Karena salah satau wahaan di museum ini adalah rumah dengan lemari, perabotan dapur dan lainnya dipasang dengan posisi terbalik.

Old City 3D Trick Art Museum, memiliki 108 foto gambar tiga dimensi untuk menjadi background foto yang unik. Gambar-gambarnya pun terdiri dari berbagai tema, mulai dari icon dunia, kartun, film hingga tema wisata Semarangan.

Semua pengunjung museum, bebas mengelilingi dan berfoto dengan seni gambar 3D. Wisata ini tergolong sukses dalam promosi, karena baru dibuka mei 2016 lalu tetapi yang berkunjung dari luar kota bahkan juga luar daerah.

di sarang penyihir Old City 3D Trick Art Museum
Di sarang penyihir. Image via: goodpiknik.com

Simak juga beragam lokasi menawan di Semarang.

Lokasi Old City 3D Trick Art Museum Semarang

Tempat yang menyajikan pemandangan 3D yang indah ini terletak di Jalan Letjend Suprapto No. 26 Kota Lama, Semarang.

Rute Menuju Old City 3D Trick Art Museum

Pengunjung yang ingin ke Old City 3D Trick Art Museum tidak perlu khawatir karena lokasinya strategis. Berada di komplek kota lama Semarang, membuat lokasi ini dapat diraih dari arah mana saja. Untuk yang datang dari arah kota Demak bisa melewati jalur terminal Terboyo sampai Jalan Raden Patah, Kota Lama.

Jarak tempuh yang dibutuhkan sekitar 60 menit. Untuk yang datang dari arah Ungaran, pilih jalur menuju Banyumanik Peterongan kemudian jalan MT Haryono lurus terus hingga bundara Bubakan. Di bundaran ini, Anda pilih Cendrawasih, Kota Lama Semarang. Jarak yang ditempuh kira-kira 50 menit.

Mermaid Syariah
Mermaid Syariah. Image via: akurat.co

Untuk wisatawan yang datang dari arah barat seperti Kendal dll, pilih jalur ke Mangkang kemudian lurus sampai Bundaran Kali Banteng. Dari sini, pilih jalan mengarah ke Semarang kota kemudian masuk Bundaran Tugu Muda lurus hingga bertemu Lawang Sewu, terus ke JL. Pemuda sampai Pasar Johar Semarang. Pilih jalur kekiri karena ini merupakan jalan satu arah jadi jangan sampai salah belok kemudian lurus saja sampai bertemu di kawasan Kota Lama. Jarak tempuh yang dibutuhkan kira-kira 45 menitan.

Jam Buka Old City 3D Trick Art Museum

Old City 3D Trick Art Museum buka setiap hari Pukul 10.00 – 22.00. Kecuali hari minggu ada sedikit perbedaan jam operasional. Pada hari minggu Old City 3D Trick Art Museum buka Pukul 09.00 – 21.00.

Tolonggggggg!!!
Tolongggg!!!. Image via: goodpiknik.com

Lihat juga lokasi indah lain di semarang.

Tiket Old City 3D Trick Art Museum

Bahwa harga tiket masuknya relatif murah. Untuk dapat menikmati pemandangan ini, pengunjung cukup membayar 50.000 ribu saja sudah dapat berfoto sepuas anda.

Fasilitas Old City 3D Trick Art Museum

Untuk melayani pengunjung, fasilitas di museum ini sudah sangat lengkap. Pengunjung tidak perlu takut kesulitan mengambil sisi foto yang tepat karena di setiap spot foto ada titik pengambilan foto yang sudah ditentukan. Selain itu, di setiap spot juga ada pegawai yang siap membantu mengarahkan atau mengambilkan foto.

Sedangkan untuk fasilitas penunjang lain sudah cukup memadai seperti mushola, area parkir, dan toilet.

Spot FotoMenarik di Old City 3D Trick Art Museum

Buaya vs Baby Tarzan.
Baby Tarzan. Image via: @vida_akuwati

Pengunjung Old City 3D Trick Art Museum akan bebas memilih latar foto yang diinginkan. Ada sangat banyak tema yang ditawarkan.

Di lokasi ini pengunjung dapat menikmati berbagai macam pemandangan yang di design dengan konsep 3D. Selain itu, pengunjung juga dapat berfoto-foto sepuas mungkin dengan keluarga dan orang tercinta anda.

Old City 3D Trick Art Museum memiliki 108 background foto 3 Dimensi dengan berbagai tema. Ada yang bertema tradisional, wisata khas Semarang, ikon wisata dunia, sudut kota-kota  dunia, kartun, film, lukisan, dan banyak lainnya. Berikut beberapa spot foto yang cukup populer di Museum ini.

  1. Ruang Terbalik / Omah Kwalik

rumah terbalik
Rumah terbalik. Image via: travelspromo.com

Jenis foto satu ini sangat populer beberapa waktu belakang. Ruang diatur terbalik antara atap dan lantai. Pengunjung cukup berfoto dengan kamera di atur terbalik, maka hasil fotopun akan menampilkan diri yang seolah melayang di langit-langit ruang. Dengan gaya yang tepat, maka hasil foto akan semakin menarik.

  1. Jembatan di Jurang

Lukisan di bagian lantai menampilkan gambar jurang dengan jembatan kayu yang menghubungkan kedua sisinya. Berpose diatas jembatan dengan ekspresi dan gaya takut, akan membuat foto seolah nyata.

  1. Foto Ala Kaleng Biskuit

Gambar yang ada di sebuah kaleng biskuit yang begitu legendaris itu juga ada Museum ini. Pengunjung bisa duduk diatas kursi meja makan, bergaya seolah tengah bercengkrama dengan teman, maka hasil foto akan mengingatkan pada gambar di kaleng biskuit tersebut.

  1. Wisata Semarang

latar wisata semarang
Latar Wisata Semarang. Image via: wiranurmansyah.com

Hasilkan foto berlatar wallpaper objek-objek foto wisata di Kota Semarang. Seperti Masjid Agung Jawa Tengah, Gereje Blenduk, dan Klenteng Sam Poo Kong. Lebih seru lagi pengunjung bisa berfoto ekstrem. Ya, hal ini lantaran terdapat luksian 3D jurang di bagian lantai yang membuat pengunjung seolah seolah tengah terjebak ujung jurang yang dalam.

  1. Latar Foto Tematik

Di salah satu ruang display ada yang hanya berupa lukisan tempat-tempat wisata yang menarik dari berbagai tempat di dunia. Berfoto dengan latar objek wisata ini bisa menjadi pilihan untuk sekedar menambah variasi foto.

  1. Frame/Bingkai 3D

Ada juga bingkai foto yang dibuat untuk pengunjung masuk kebagian dalam frame. Bergaya di sana membuat pengunjung seolah menjadi lukisan 3D.

  1. Diserang Harimau

diserang harimau
Diserang Harimau. Image via: tripadvisor.co.id

Nikmati: Pesona  Kota Lama Semarang.

Dengan instalasi khusus dan lukisan hewan seperti Harimau, pengunjung bisa berfoto seolah tengah berada dalam suasana mencekam lantaran hendak diserang Harimau Selain itu ada juga kandang kuda yang menghadirkan patung kuda yang tengah makan rumput.

  1. Ilusi Mata

Terdapat sebuah display yang akan membuat ilusi penglihatan. Pengunjung seolah berbeda tinggi meskipun berada di dua sisi yang bersebelahan. Ada juga instalasi berupa lukisan garis hitam putih yang akan memusingkan mata jika dilihat.

Tips Mengunjungi Old City 3D Trick Art Museum

Dibawah ini beberapa tips untuk pengunjung yang berwisata ke Old City 3D Trick Art Museum:

  1. Foto Pose Candid

Untuk mendapatkan momen terbaik bergayalah pose candid dengan tidak melihat camera. Tentunya akan memberikan kesan foto yang lebih natural.

  1. Dengan Menggunakan Potrait Atau Landscape

Posisikan kamera agar memotret bentuk potrait atau landscape. Dengan posisi ini  hasil yang didapatkan akan lebih bagus.

  1. Minta Bantuan Staff

foto keluarga ekstrim
Foto Keluarga ekstrim. Image via: jejak-kenzie

Jika pergi bersama keluarga atau pasangan dan ingin foto bersama, pengunjung dapat meminta tolong kepada staff museum. Mereka sudah terlatih dengan terampil untuk bisa mengabadikan foto bersama dengan hasil yang maksimal.

  1. Gunakan Pakaian Warna Cerah

Karena 3D ini di design dengan terang. Untuk menyesuaikan komposisi warna dalam hasil foto, pengunjung juga sebaiknya menggunakan pakaian yang cerah juga. Hal ini penting untuk hasil yang lebih maksimal. Apabila menggunakan pakaian gelap maka hasilnya juga akan gelap.

  1. Bawa Peralatan Foto

Tips ini sangat penting bagi anda pecinta foto, karena sebelum foto harus menyiapkan peralatan penting agar hasilnya maksimal. Jika mengguankan kamera, siapkanlah tripod. Sedangkan jika menggunakan handphone, siapkan tongsis. Akan lebih baik jika pengujung juga membawa peralatan yang lainnya seperti fish eye dan lensa panorama.

  1. Gunakan Time Shutter

Jika tidak ingin selfi, pengunjung dapat menggunakan timer yang terpasang di kamera. Kemudian meletakkannya di tripod atau tempat yang kokoh agar menghasilkan foto yang maksimal.

Awas Basah
Awas Basah!. Image via: trapedia.com

Objek Wisata Dekat Old City 3D Trick Art Museum

Setelah berwisata di objek sejarah Old City 3D Trick Art Museum, pengunjung bisa melanjutkan ke wisata alam yang asri. Salah satu pilihan adalah Curug Lawe, yang berjarak 27 km dari lokasi ini. DI sana pengunjung bisa menikmati alam yang asri dalam cuaca yang sejuk.

Sedangkan untuk pengunjung yang ingin melanjutkan jalan-jalan dengan berwisata memancing dan sekalian menginap di lokasi yang sejuk, bisa memilih Rawa Pening. Danau ini berjarak 60 km dari Old City 3D Trick Art Museum. Di sini terdapat fasilitas wisata alam, memancing dan juga penginapan yang indah.

Bagaimana penasaran dengan museum seni modern ini? Ayo, ajak, sahabat, saudara, keluarga, teman dan pacar, ke kawasan yang berkualifikasi tempat wisata kelas dunia ini.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment