Benteng Otanaha, Perekat Batuannya Memakai Putih Telur Loh

Benteng Otanaha, sebuah benteng yang dibangun oleh Raja Ilato dan bangsa Portugis pada abad ke 15. Serta Benteng Otanaha menjadi tempat wisata Gorontalo yang patut untuk dibanggakan, karena satu-satunya benteng di Indonesia yang berdekatan dengan sebuah danau.

Banyaknya ragam wisata di Gorontalo dari mulai wisata alam, wisata edukasi, serta wisata sejarah, menyadarkan banyak pihak bahwa potensi tersebut mesti tetap lestari, termasuk Benteng Otanaha.

Bahkan upaya pelestarian tersebut tidak main-main. Pemprov Gorontalo mengajukan diri menjadi kawasan Geopark Nasional.

Dan Benteng Otanaha menjadi salah-satu bagian dari kawasan Geopark Nasional tersebut. Meskipun saat ini keputusan dari tim survei Badan Geologi Kementerian ESDM belum final.

view dari benteng otanaha
view dari benteng otanaha. google maps. sumber: hairin trip

Simak juga: 11 tempat wisata Gorontalo

Sejarah Benteng Otanaha

Sejarah Benteng Otanaha sangat erat kaitannya dengan sejarah kedatangan bangsa Portugis ke Gorontalo di abad ke 15.

Benteng Otanaha pada awalnya menjadi bangunan yang lahir dari kesepakatan antara Raja Ilato dengan bangsa Portugis.

Namun seiring berjalannya waktu, kesepakatan tersebut dikhianati oleh Portugis. Perangpun menjadi sebuah konsekuensi yang tidak bisa dihindarkan.

Akhirnya Raja Ilato beserta masyarakat Gorontalo berhasil mengusir bangsa Portugis. Selanjutnya, Benteng Otanaha mempunyai manfaat sebagai benteng pertahanan bagi raja-raja selanjutnya.

Sejarah Penamaan Benteng Otanaha

Mayoritas objek wisata yang ada di Indonesia tidak asal dalam memberikan nama. Selalu mengandung nilai sejarah, nilai budaya, legenda, dan misteri.

Begitupun dengan Benteng Otanaha, penamaannya merujuk kepada sejarah, dan ketokohan. Benteng Otanaha merupakan gabungan 2 suku kata. Yaitu :

  • Ota, yang bermakna benteng
  • Naha, adalah nama anak Raja Ilato
spot favorit pengunjung untuk berfoto
spot favorit pengunjung untuk berfoto. google maps. sumber: Stevy Tilaar

Simak juga: Uniknya Candi Lumbung

Daya Tarik Benteng Otanaha Gorontalo

1. Benteng Dekat Danau

Daya tarik yang pertama dari Benteng Otanaha adalah satu-satunya benteng yang ada di Indonesia yang terletak di dekat sebuah danau.

Danau dekat Benteng Otanaha tersebut bernama Danau Limboto. Letak Benteng Otanaha menjadi sebuah keunikan tersendiri untuk mengundang rasa penasaran, dan kekaguman dari para pengunjung.

Biasanya sebuah benteng dibangun beraada di samping sebuah pantai, atau laut. Karena armada yang sangat terkenal jaman dahulu adalah armada laut.

2. 351 Anak Tangga

harus menaiki beberapa anak tangga terlebih dahulu
harus menaiki beberapa anak tangga terlebih dahulu. google maps. sumber: Joko Yuwono

Simak juga: Keagungan Candi Prambanan

Daya tarik selanjutnya dari Benteng Otanaha adalah tangga untuk sampai di lokasi utaama yang berjumlah 351 anak tangga.

Trekking menaiki anak tangga tersebut sangat menyenangkan, karena banyak sekali spot untuk menikmati panorama alam yang sangat indah.

Para pengunjung tidak perlu kawatir kelelahan, karena di tengah perjalanan tersedia 4 titik persinggahan. Anak tangganya juga sudah tertata secara baik.

3. Benteng Unik

Sebetulnya, di objek wisata Benteng Otanaha terdapat tiga benteng yang saling tersambung. Dan Benteng Otanaha merujuk kepada benteng yang lokasinya berada di puncak bukit.

2 benteng lainnya bernama Benteng Ulupahu, dan Benteng Otahiya. Adapun Benteng Otanaha memiliki ketinggian sekitar 7 meter, dan memiliki diameter sekitar 20 meter.

pintu masuk menuju benteng otanaha
pintu masuk menuju benteng otanaha. google maps. sumber: Reza Maha

Benteng Otanaha kenapa disebut sebagai benteng yang unik? Karena memiliki ciri khas selain dekat dengan danau, tetapi dari bahan bangunannyapun sangat unik.

Bahan baku untuk merekatkan bebatuan pada Benteng Otanaha menggunakan putih telur Burung Maleo, sebagai salah satu burung khas Sulawesi.

Lokasi Benteng Otanaha

Lokasi Benteng Otanaha berada di atas bukit tepatnya di Kelurahan Dembe 1, Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo, Gorontalo. Bersebelahan dengan Danau Limboto yang merupakan danau satu-satunya yang ada di Gorontalo.

lokasinya dekat dengan danau limboto
lokasinya dekat dengan danau limboto. google maps. sumber: Muhammad Fauzy Saad

Simak juga: Romantisnya Ilalang Pantai Baruna

Rute Menuju Benteng Otanaha

Rute menuju Benteng Otanaha dari pusat kota Gorontalo akan menempuh perjalanan sekitar 8 km, dengan mengarahkan kendaraanmu menuju Danau Limboto.

Dengan estimasi waktu perjalanan sekitar 30 menit, dengan terus melajukan kendaraan mengelilingi danau kemudian tiba di sebuah kebun dan memasuki area perkampungan warga sekitar.

Setelah tiba di gerbang selamat datang, kemudian memakirkan kendaraan yang dibawa kamu harus melanjutkan perjalanan dengan menapaki tangga sebanyak kurang lebih 325 anak tangga.

Dengan waktu tempu sekitar 10 menit namun hal tersebut tergantung pada ketahanan fisik kamu sendiri. Setelah tiba di puncak rasa lelah pun sirna seketika.

menikmati sunset di benteng otanaha
menikmati sunset di benteng otanaha. google maps. sumber: Rakhmadi Harsayanto

Jam Buka Benteng Otanaha

Jam operasional Benteng Otanaha dibuka setiap hari Senin hingga Minggu mulai pukul 08 pagi hingga pukul 06 sore.

Tiket Benteng Otanaha

Tiket masuk Benteng Otanaha sangat murah kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 5.000,- saja per orangnya.

Fasilitas Benteng Otanaha

Fasilitas yang ada di Benteng Otanaha diantaranya:

  • Beberapa pondok tempat berteduh
  • Spot-spot foto yang kece
  • Taman untuk kamu bersantai
benteng yang direkatkan dengan teknik alami
benteng yang direkatkan dengan teknik alami. google maps. sumber: Andi Maddusila

Simak juga: Pasir Merica Pantai Tanjung Aan

Penutup

Menakjubkan bukan? Orang-orang jaman dahulu ternyata telah memiliki teknologi, serta bahan baku yang tak kalah dengan penemuan saat ini.

Leave a Comment