Pantai Baruna, Saksi Sejarah Penyesalan Tentara Jepang

Pantai Baruna termasuk satu di antara sekian banyak pantai yang memiliki nilai sejarah, terutama di masa perjuangan kemerdekaan.

Pantai Baruna merupakan wisata Semarang yang masih belum dikelola secara khusus, sehingga belum tampil seperti pantai lainnya yang suda tertata baik.

Meskipun begitu, Pantai Baruna tetap memiliki daya tarik tersendiri, serta mempunyai ciri kas yang cukup berbeda dengan pantai lainnya.

Bagi sebagian orang mungkin akan sedikit kebingungan, karena nama Pantai Baruna ada dua, dan ke duanya berbeda lokasi, berbeda panoramanya juga.

  • Pantai Baruna Malang, Jawa Timur. atau disebut juga Pantai Baruna Kondang Iwak.
  • Pantai Baruna Semarang Jawa Tengah.

Dan yang akan kita bahas saat ini adalah Pantai Baruna Semarang, Jawa Tengah. Namun sebelum masuk ke daya tarik Pantai Baruna Semarang, ada baiknya menyimak terlebih dahulu perbedaan ke dua pantai tersebut.

menikmati panorama alam di pantai baruna
menikmati panorama alam di pantai baruna. google maps. sumber: Indrie Editya

Simak juga: 14 lokasi wisata di Semarang

Perbedaan Pantai Baruna Semarang Dengan Pantai Baruna Malang

1. Lokasi

Perbedaan yang pertama tentu saja dari sisi lokasi pantai tersebut. Yang satu di Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Dan Pantai Baruna Kondang Iwak terletak di Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur.

2. Karakteristik Pantai

Perbedaan ke dua pada karakteristik pantainya. Pantai Baruna Malang memiliki area pasir pantai yang lebih luas dibandingkan dengan Pantai Baruna Semarang.

pantai dengan hiasan rumput ilalang
pantai dengan hiasan rumput ilalang. google maps. sumber: Fadhil Satrio

Sementara Pantai Baruna Semarang, meskipun area pasir pantainya tidaklah begitu luas, namun pantai tersebut memiliki area savana yang tidak dimiliki oleh Pantai Baruna Malang.

3. Karakter Ombak

Pantai Baruna Malang memiliki karakter ombak yang lebih besar dibandingkan dengan Pantai Baruna Semarang. Bahkan Pantai Baruna Malang sering dijadikan pusat latihan tempur oleh TNI.

Simak Juga: Pemandian air hangat candi Umbul

Daya Tarik Pantai Baruna Semarang

Setelah selesai membahas perbedaan ke dua pantai tersebut dimana memiliki nama yang sama, maka kita lanjutkan pembahasan kepada pesona keindahan Pantai Baruna Semarang. Yaitu :

1. Pantai Bersejarah

Jangan heran jika banyak sekali pantai di Indonesia memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi, hal itu disebabkan karena jalur transportasi yang populer pada saat itu adalah armada laut.

Yang ke dua, biasanya sebuah peradaban berdiri tidak jauh dari lokasi laut. Nah, sejarah di Pantai Baruna Semarang dibuktikan dengan sebuah tugu yang bernama Tugu Ketenangan Jiwa yang dibangun oleh tentara Jepang.

Terdapat beberapa tujuan dibangunnya Tugu Ketenangan Jiwa tersebut, di antaranya :

  • Pertama, untuk memperingati pertempuran antara pasukan Jepang melawan pasukan Indonesia selama 5 hari berturut-turut di Semarang.
  • Yang ke dua, sebagai monumen atau tanda bahwa pasukan Jepang menyesal telah menjajah Indonesia. Karena banyak pasukan Jepang yang meninggal.
  • Yang ke tiga, tugu tersebut jika ditarik koordinatnya akan lurus dengan negara Jepang. Tentara Jepang yang membangun tugu tersebut berharap arwah pasukan yang sudah meninggal, akan kembali ke negara asalnya.
pantai baruna semarang
pantai baruna semarang. google maps. sumber: Maulana Resha Vivadi

Simak juga: Pohon menari di pantai walakiri

Kini, Tugu Ketenangan Jiwa selain menjadi saksi sejarah, di sisi lain menjadi ciri khas dari Pantai Baruna Semarang. Sehingga bagi mereka yang mengunjungi pantai tersebut, sudah pasti melakukan selfie di area Tugu Ketenangan Jiwa.

2. Spot Favorit Untuk Memancing

Daya tarik selanjutnya dari Pantai Baruna adalah pantai yang sangat terkenal di Semarang, sebagai lokasi favorit untuk melakukan aktivitas memancing.

Pantai Baruna Semarang merupakan pantai yang belum dikelola secara khusus, selain berdampak terhadap harga tiket yang gratis, namun berdampak juga terhadap sisi fasilitas yang ada.

Termasuk titik untuk melakukan aktivitas memancing, belum terdapat fasilitas penunjang, dan fasilitas keamanan lainnya. Oleh karena itu, dimanapun lokasi objek wisatanya, selalu utamakan keselamatan.

hiasan savana
hiasan savana. google maps. sumber: Fadhil Satrio

Simak juga: Danau Weekuri, NTT

3. Panorama Alam Sekitar

Daya tarik selanjutnya dari Pantai Baruna adalah panorama alam sekitarnya. Kelemahan sisi area pantai yang sempit, disempurnakan dengan kehadiran area savana.

Saat hari menjelang sore, suasana di tepi Pantai Baruna banyak motor yang berjajar menanti eloknya panorama matahari yang terbenam.

Mata pengunjung akan sedikit terganggu, saat sampah dari sungai yang mengalir ke Pantai Baruna. Kemudian saat air pasang, sampah-sampah tersebut menempel di area pasir pantai.

jalurnya hanya bisa dilalui motor
jalurnya hanya bisa dilalui motor. google maps. sumber: Maulana Resha Vivadi

Semoga saja kesadaran dari seluruh pihak untuk menjaga kelertarian, serta kebersihan lingkungan bisa terwujud. Bukan hanya di Pantai Baruna Semarang saja.

Lokasi Pantai Baruna

Lokasi Pantai Baruna berada di Pelabuhan Mas, Tanjung, Bringin, Tanjung Mas, Semarang Utara, Semarang, Jawa Tengah. Terletak di sisi timur Pantai Marina.

Rute Menuju Pantai Baruna

Rute menuju Pantai Baruna dari Semarang atau Simpang Lima dengan menuju Jl. MT. Haryono atau Jl. Mataran, terus lurus hingga tiba di Bunderan Bubakan.

Kemudian lanjutkan menuju Jl. Ronggo Warsito dan ketika sampai di perempatan lampu merah terus saja lurus menuju Kawasan Pelabuhan Semarang.

Jalur menuju lokasi pantai butuh sedikit perjuangan karena masih berupa tanah apalagi jika setelah turun hujan, dan hanya dapat dilalui oleh kendaraan roda dua saja.

Jam Buka Pantai Baruna

Jam operasional Pantai Baruna dibuka setiap seminggu 7 hari dan sehari 24 jam. Namun, karena akses jalan yang tak begitu mudah maka sebaiknya datang ketika matahari tengah bersinar.

senja di pantai baruna
senja di pantai baruna. google maps. sumber: Raymond Putra Arishta

Tiket Pantai Baruna

Belum tersedia tiket masuk ketika berkunjung ke Pantai Baruna alias gratis, karena memang belum dikelola secara maksimal.

Fasilitas Pantai Baruna

Fasilitas umum yang ada di sekitar Pantai Baruna belum tersedia layaknya sebuah tempat wisata, lagi-lagi hal tersebut dikarenakan belum adanya sentuhan tangan pemerintah atau pihak-pihak terkait dalam hal pengembangan objek wisata yang satu ini.

deburan ombak di pantai baruna
deburan ombak di pantai baruna. google maps. sumber: Maulana Resha Vivadi

Penutup

Itulah ulasan tentang lokasi, biaya masuk, dan rute dari Pantai Baruna.

Selamat menikmati liburan!


Leave a Comment