Pantai Mangunharjo, Wisata Bahari Gratis Di Semarang

|

Pantai Mangunharjo sebuah tujuan wisata gratis di Semarang yang masih jarang untuk dikunjungi. Belum banyak orang yang tahu tentang keberadaan pantai yang satu ini.

Pada awal tahun 2022 ini, Pantai Mangunharjo mulai berbenah diri salah satunya dengan melakukan banyak penanaman pohon mangrove, dan membuat beberapa spot foto yang kece.

pantai mangunharjo
pantai mangunharjo. google maps. sumber: Fransisca Emilia

simak juga: watu gajah park

Pantai Mangunharjo ini memang sangat rentan akan abrasi air laut. FYI abrasi adalah pengikisan tanah oleh ombak dan arus laut yang mengakibatkan menyusutnya lebar pantai.

Berikut review Pantai Mangunharjo Tugu Semarang, sebagai bahan referensi wisata untuk kamu yang sedang mencari wisata murah namun tetap indah.

Lokasi Pantai Mangunharjo

  • Alamat Pantai Mangunharjo berada di Dusun Merbuh, Mangunharjo, Mangkang Kulon, Kecamatan Tugu, Semarang, Jawa Tengah.
  • Lokasinya tak jauh dari Semarang Zoo

Rute Menuju Pantai Mangunharjo

Rute yang harus dituju apabila hendak menuju Pantai Mangunharjo dari pusat kota Semarang ialah dengan menuju Tol Semarang – Batang, dilanjutkan dengan mengarah ke Jl. Kyai Gilang.

Jika dari arah Semarang Zoo jarak tempuhnya hanya sekitar 14 menit saja, yakni dengan belok kanan menuju Jl. Taman Margasatwa Semarang lalu belok kiri dekat Pasar Mangkang. Selanjutnya tinggal menyusuri jalan beton, untuk kemudian mencari lokasi parkir yang sudah disediakan.

Setelah memakirkan kendaraan, lanjutkan dengan jalan kaki masih menyusuri jalan beton hingga menemukan spot wisata yang diinginkan.

jalan menuju pantai
jalan menuju pantai. google maps. sumber: adhel_N

simak juga: pantai marina

Jam Buka Pantai Mangunharjo

Jam buka Pantai Mangunharjo selama 7 hari seminggu, 24 jam sehari.

Harga Tiket masuk Pantai Mangunharjo

Tiket masuk Pantai Mangunharjo ini gratis ya, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya untuk parkir saja.

Fasilitas Pantai Mangunharjo

Fasilitas umum yang ada di kawasan Pantai Mangunharjo ini diantaranya:

  • Area parkir kendaraan,
  • Toilet,
  • Warung-warung makanan dan minuman,
  • Penyewaan ban,
dinaungi pohon mangrove
dinaungi pohon mangrove. google maps. sumber: Ngepost Mancing

simak juga: the fountain waterpark

Daya Tarik Pantai Mangunharjo

1. Spot Memancing

Salah satu daya tarik yang dimiliki Pantai Mangunharjo ialah spot memancingnya, dimana banyak pengunjung yang sedang menunggu kailnya dimakan ikan tepat di pinggir pantai.

Spot favorit para pemancing ialah jalan beton yang mengarah ke ujung pantai, meski jalannya sudah tidak utuh lagi akibat hentakkan ombak yang terus menerus menerjang.

Di sebelah jalan beton tersebut merupakan sebuah sungai, jadi kalau dilihat dari atas pake drone warna alamnya ajaib banget. Biru dari lautnya, cokelat dari sungainya dan hijau dari hutan mangrovenya.

Jika berkunjung di sore hari, kondisi air laut akan pasang dan meluber ke jalanan beton tadi. So, kalau kamu nggak mau basah-basahan baiknya datang di pagi hari.

panorama sang surya
panorama sang surya. google maps. sumber: Neny ph

simak juga: museum kereta api ambarawa

2. Panorama Pantai Mangunharjo

Hulang healing di Pantai Mangunharjo paling enak jika sambil menikmati panorama sang surya, apalagi suasana sunsetnya yang sangat cantik. Dengan duduk-duduk di pinggiran pantainya bareng bestie ataupun pasangan.

Meski pantai ini masih jarang wisatawan yang datang, keindahan pantainya layak untuk dijadikan tujuan wisata di akhir pekan. Anak-anak juga dapat bermain air di pinggiran pantainya. Pasir Pantai Mangunharjo juga tak begitu luas, warnanya cokelat kehitaman.

Orang tua yang sedang menunggu anak-anak bermain air dapat menggelar tikar tak jauh dari deretan pohon mangrove, menikmati panorama pantai yang tersaji sambil memantau mereka yang sedang asyik bermain.

Di bagian depan Pantai Mangunharjo juga terdapat beberapa spot foto dengan quote yang lucu-lucu, dengan latar langsung lautan yang seakan tak bertepi.

bermain air yuk
bermain air yuk. google maps. sumber: Andre Andang

simak juga: sunrise hill bandungan

Di sekitar Pantai Mangunharjo banyak pula para nelayan yang sedang berbenah memilah hasil tangkapan mereka, mungkin untuk kamu yang menyukai seafood dapat membelinya langsung untuk diolah di rumah.