11 Tempat Wisata Jombang, Pesona Kota Santri

Kabupaten Jombang telah banyak melahirkan tokoh-tokoh besar Indonesia, diantaranya KH. Abdurrahman Wahid, KH. Hasyim Asy’ari, KH. Wahid Hasyim, Nurcholis Majid, Emha Ainun Najib, serta Abu Bakar Ba’asyir.

Dengan banyaknya tokoh agama serta pesantren yang ada di Jombang, Kabupaten yang satu ini disebut juga dengan Kota Santri. Bahkan ada pula yang mengatakan bahwa Jombang merupakan pusat pondok pesantren di tanah Jawa.

Lokasinya yang strategis dan berada di persimpangan jalur lintas utara dan selatan Pulau Jawa, sehingga akses untuk menuju Jombang pun dapat dilalui dengan beragam moda transportasi.

Untuk kamu yang datang melalui jalur udara dapat menuju Bandara Internasional Juanda, dapat juga dengan menggunakan kereta api. Apalagi dengan menggunakan mobil ataupun bus.

Memudahkan Jombang untuk diakses oleh para wisatawan yang datang dari beragam daerah, dan menikmati beragam tempat wisata yang ada.

Berikut 11 tempat wisata yang ada di Jombang yang dapat kamu kunjungi:

11 Tempat Wisata Jombang

1. Kedung Cinet

kedung cinet
kedung cinet. google maps. sumber: Hadi Siswanto

Simak juga: 11 tempat wisata Gorontalo

Lokasi wisata yang pertama di Jombang, memiliki view yang menakjubkan. Bahkan disandingkan dengan keindahan Grand Canyon.

Pemandangan sebuah ngarai dengan dinding batu yang terlihat sangat cantik dengan warna dan bentuk yang menawan, merupakan hal yang akan kamu saksikan ketika berada di Kedung Cinet.

Airnya berwarna hijau kebiru-biruan terlihat sangat jernih sekali, karena kita dapat melihat ke dasar sungainya. Disini kamu dapat berenang ataupun hanya bermain airnya saja.

Untuk menikmati semua itu, kamu harus melakukan trekking yang sangat melelahkan. Dengan jarak tempuh yang mencapai lebih dari 5 km, dan jalur yang cukup menantang.

Namun semua itu akan terbayarkan dengan keindahan dan ketenangan yang akan kamu rasakan ketika berada di Kedung Cinet.

Lokasi: Pojok Klitih, Desa Klitih, Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur
Tiket: tidak ada tiket masuk hanya membayar parkir saja
Jam Buka: 07.00-16.00

2. Kampoeng Djawi

kampoeng djawi
kampoeng djawi. google maps. sumber: yonathan wijaya

Jika ingin menikmati suasana Jawa yang kental lengkap dengan rumah adatnya, Kampoeng Djawi lah tempatnya. Dilokasi tersebut tersedia beberapa penginapan dengan tipe rumah adat jawa yang sangat kental.

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan ketika berada di Kampoeng Djawi diantaranya:

  • Menginap di rumah adat Jawa
  • Berenang di tengah sawah dengan hiasan Gunung Anjasmoro
  • Menikmati sajian musik yang mewah

Kampoeng Djawi selalu ramai dikunjungi wisatawan yang ingin menikmati alam yang dipadukan dengan kebudayaan khas Jawa yang cukup kental.

Lokasi: Dusun Gondang, Desa Carangwulung, Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur
Tiket: Rp. 50.000,- hingga Rp. 330.000,-
Jam Buka: 09.00-16.00

3. Air Terjun Tretes

air terjun tretes
air terjun tretes. google maps. sumber: Fafan Faizin

Simak juga: air terjun tretes tertinggi di jawa timur

Air Terjun Tretes merupakan salah satu air terjun tertinggi yang ada di Jawa Timur, dengan memiliki ketinggian sekitar 158 meter. Airnya mengalir melalui tebing yang sangat tinggi, sungguh menakjubkan sekali.

Kamu dapat bermain air dibawah guyuran Air Terjun Tretes dengan tenang, karena arusnya tidak begitu deras. Selain itu kedalaman kolamnya pun hanya sebatas pinggang orang dewasa.

Selain merasakan sejuknya air yang dialirkan, kamu juga dapat menikmati panorama alam yang masih terjaga dengan baik. Karena Air Terjun Tretes ini berada di kawasan Taman Hutan Rakyat R. Soeryo.

Namun, untuk menikmati semua keindahan yang akan diberikan Air Terjun Tretes harus ditempuh dengan trekking sekitar 4 km jauhnya dengan jalur yang masih alami.

Lokasi: Dusun Pengajaran, Desa Galengdowo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur
Tiket: Rp. 10.000,- per orang
Jam Buka: 08.00-17.00

4. Taman Ponggok

senja di taman ponggok
senja di taman ponggok. google maps. sumber: Nanank Setia

Destinasi wisata selanjutnya ialah Taman Ponggok yang menawarkan sebuah taman dengan dihiasi bunga-bunga cantik yang tertata dengan sangat rapih.

Ditambah lagi dengan view pesawahan yang berada di sekitarnya, semakin menambah keindahan dalam jepretan kamera.

Taman Ponggok meskipun terbilang baru namun selalu ramai dikunjungi wisatawan yang ingin berselfie ria diantara cantiknya bunga-bunga yang ada.

Lokasi: Desa Banjar Sari, Kec. Bandar Kedung Mulyo, Kabupaten Jombang, Jawa Timur
Tiket: –
Jam Buka: 07.00-19.00

5. Banyumili Eco Tourism

banyumili eco tourism
banyumili eco tourism. google maps. sumber: Kang Said

Simak juga: 11 tempat wisata Bojonegoro

Banyumili Eco Tourism merupakan lokasi wisata yang sedang hits saat ini, sebuah tempat yang memiliki pemandangan serta alam yang sangat sejuk.

Apalagi ditambah dengan beberapa spot foto yang kece parah, banyak pengunjung yang seru-seruan berfoto bersama dibeberapa spot foto yang ada.

Diantaranya rumah-rumah hobbit dengan desain yang bagus banget serta terdapat sebuah gardu pandang yang berupa kursi dan meja yang dapat pula digunakan untuk bersantai menikmati alam.

Selain berfoto ria, kamu juga dapat melakukan wahana seru lainnya seperti mengitari sungai yang ada di sekitar Banyumili Eco Tourism dengan menggunakan perahu dayung yang sudah didesain sedemikian rupa.

Lokasi: Desa Carang Wulung, Kec. Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur
Tiket: Rp. 5.000
Jam Buka: 08.00-16.00

6. Goa Sigolo Golo

goa sigolo golo
goa sigolo golo. google maps. sumber: Tour Banyuwangi

Goa Sigolo Golo merupakan objek wisata untuk kamu yang menyukai petualangan dan ingin menikmati alam dengan cara yang berbeda.

Lokasi wisata alam yang satu ini bedekatan dengan Air Terjun Tretes, Sumber Broto, Makam Gunung Pancung, serta kawasan perkemahan.

Keindahan alam ketika berada di atas merupakan sebuah pemandangan yang tak kan terlupakan, kawasan hutan rehabilitasi yang lebat menyejukkan pandangan.

Banyak yang bilang ketika mengunjungi Goa Sigolo Golo bagaikan muncak ke Machu Picchu yang ada di Peru. Keindahan goanya sendiri jangan kamu ragukan.

Goa Sigolo Golo konon katanya merupakan tempat semedi atau meditasi dari Raden Maudoro dari Kerajaan Majapahit, yang merupakan ayahanda dari Damar Wulan.

Lokasi: Dusun Kraten, DesaPanglungan, Kec. Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur
Tiket: Rp. 5.000,- hingga Rp. 10.000,-
jam Buka: 08.30-17.00

7. Wana Wisata Sumber Biru

wana wisata sumber biru
wana wisata sumber biru. google maps. sumber: Chairul Anam

Simak juga: 11 tempat wisata Madiun

Pernahkan kamu mencoba makan diantara aliran sungai yang mengalir? Pernahkah kamu makan sambil kakimu berendam di air sungai?

Jika belum pernah cobalah datang ke Wana Wisata Sumber Biru, Jombang. Terdapat sekitar 30 tempat duduk di aliran sungai untuk menyambut pengunjung yang ingin berkuliner.

Dan selalu penuh jika weekend atau hari libur tiba, karenanya disiapkan pula beberapa gazebo di sekitar sungai serta di area kebun.

Selain berkulineran ketika berada di Wana Wisata Biru, kamu dapat melakukan kegiatan lainnya seperti:

  • Piknik bersama keluarga
  • Berenang di kolam yang sudah disiapkan
  • Hunting spot foto kece

Lokasi: Dusun Wonotirto, Desa Wonomerto, Kec. Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur
Tiket: Rp. 5.000
Jam Buka: 08.00-20.00

8. Bale Tani Jombang

bale alit
bale alit. google maps. sumber: Airlangga Junata

Bale Tani Jombang merupakan salah satu tempat wisata dengan mengusung agrowisata, dimana kita dapat belajar hal-hal mengenai pertanian dan lainnya sambil berlibur.

Terdapat beberapa bale atau wahana yang ada dengan fungsinya masing-masing, yakni:

  • Bale Ageng yakni sebuah tempat seperti pendopo, dan biasa digunakan untuk pertunjukkan musik atau seni ketika akhir pekan.
  • Bale Kempal merupakan sebuah tempat yang bisa digunakan untuk workshop atau seminar dengan kapasitas sekitar 30 orang.
  • Bale Alit berbentuk rumah pohon dan merupakan arena bermain anak.
  • Bale Bengo’, yakni sebuah tempat untuk melakukan karaoke bersama.
  • Bale Pijat, disini kamu dapat meredakan rasa lelah dengan duduk diatas kursi pijat otomatis.
  • Bale Bengong merupakan sebuah tempat untuk lebih menikmati sajian alam yang ada di sekitar Bale Tani Jombang.

Selain itu ada pula paket outbound dan jangan ketinggalan untuk hunting spot-spot foto keren yang ada di area Bale Tani ini.

Lokasi: Jalan Dokter Soetomo, Serning, Banjaragung, Kec. Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur
Tiket: Rp. 10.000
Jam Buka: 08.00-16.00. Jumat Tutup

9. Taman Kebon Ratu

taman kebon ratu
taman kebon ratu. google maps. sumber: bian satu

Simak juga: 11 tempat wisata Ungaran

Tempat wisata yang banyak dikunjungi selanjutnya ialah Taman Kebon Ratu atau Taman Keplaksari, yang lokasinya berada tak jauh dari Terminal Jombang.

Taman Kebon Ratu merupakan ruang terbuka hijau yang berisi beragam wahana seru serta fasilitas pendukung lainnya. Sehingga dapat dinikmati oleh siapa pun dengan beragam usia.

Terdapat beberapa patung hewan dengan ukuran yang mirip seperti aslinya, dan terbuat dari bahan-bahan bekas. Serta ada kolam atau danau buatan yang berisikan ikan-ikan hias.

Yang tak ketinggalan ialah hadirnya beberapa spot foto yang ikut meramaikan area Taman Kebon Ratu. Salah satunya ialah rumah-rumahan teletubies.

Lokasi: Kelurahan Keplaksari, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur
Tiket:-
jam Buka: 07.00-21.30

10. Wisata Goa Jepang

wana wisata goa jepang jombang
wana wisata goa jepang jombang. google maps. sumber: Icha Gusti

Simak juga: 11 tempat wisata Bangka

Wisata Goa Jepang memang banyak sekali terdapat di beberapa daerah di Indonesia, secara pada waktu itu Jepang memang menguasai hampir seluruh wilayah di Indonesia.

Goa Jepang yang satu ini berada di kawasan Alas Gedangan dan dikelola oleh pihak Perhutani KPH Jombang. Dan baru dikembangkan menjadi destinasi wisata belakangan ini.

Selain mengunjungi Goa Jepang, disini juga tersedia beberapa spot foto seperti gardu pandang yang berbentuk bunga matahari, lingkaran serta berbentuk love.

Sementara untuk menuju lokasi Goa Jepang, kamu harus menapaki jalan dengan kemiringan yang cukup curam, jadi harus sangat berhati-hati dan menggunakan alas kaki yang tidak licin.

Lokasi: Kedunglumpang, Kec. Mojoagung, Kab. Jombang, Jawa Timur
Tiket: Rp. 5.000,-
Jam Buka: 07.30-17.00

11. Candi Rimbi

candi rimbi
candi rimbi. google maps. sumber: Fizky Pramuditya

Tempat wisata yang terakhir ialah Candi Rimbi atau Candi Cungkup Pulo, yang berada di kaki Gunung Anjasmoro sehingga memiliki pemandangan yang indah.

Candi Rimbi merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit, dan menyimpan sejarah yang cukup menarik untuk diamati. Untuk menuju Candi Rimbi aksesnya sangat mudah karena berada tak jauh dari jalan raya.

Meskipun kondisi Candi Rimbi sudah tak seperti awal berdirinya, saat ini hanya menyisakan beberapa bagian candi saja. Dengan ukuran panjang sekitar 13,24 m, lebar 9,10 m dan tinggi 12 meter.

Candi Rimbi merupakan lokasi wisata yang lengkap, disamping wisata sejarah alam di sekitarnya yang asri dan sejuk pun dapat menjadi daya tarik tersendiri.

Lokasi: Jl. Rimbi, Dusun Pulosari, Kecamatan Bareng, Kab. Jombang, Jawa Timur
Tiket: –
Jam Buka: 08.00-16.00, setiap hari Selasa tutup


Tinggalkan komentar