Air Terjun Tretes Wonosalam, Wisata Ke Salah-Satu Air Terjun Tertinggi Di Jawa Timur

Masih di sekitar Wonosalam. Setelah kemarin kita membahas sebuah air terjun yang masih asri, yang bernama Coban Selo Lapis, maka kita lanjutkan petualangan menuju salah-satu air terjun tertinggi di Jawa Timur.

Namanya Air Terjun Tretes dengan ketinggian 158 meter. ketinggian tersebut menobatkan Air Terjun Tretes sebagai salah-satu air terjun tertinggi yang ada di Provinsi Jawa Timur.

Air Terjun Tretes Wonosalam
Air Terjun Tretes Wonosalam. Sumber : faktualnews.co

Tanpa banyak basa-basi lagi, ayo kita mulai perjalanannya!

Tracking Atau Akses Jalur Menuju Air Terjun Tretes

Lokasi Air Terjun Tretes berada di ujung selatan Kabupaten Jombang, serta bagian dari Taman Hutan Raya Raden Soerjo. Dengan demikian, pesona pemandangan alam sudah tersaji saat mulai memasuki Desa Galengdowo.

Taman Hutan Raya Raden Soerjo
Taman Hutan Raya Raden Soerjo. Sumber : www.mongabay.co.id

Kendaraan jenis mobil atau roda empat hanya bisa sampai di area pemukiman penduduk. Perjalanan selanjutnya bisa dengan berjalan kaki, atau menggunakan jasa ojeg.

Bagi kalian yang membawa motor, dan belum pernah ke lokasi Air Terjun Tretes, lebih baik sampai di lokasi pemukiman saja. Karena jika menggunakan motor, harus ekstra hati-hati.

Saat ini, jalur menuju pos pertama dari area penduduk sudah cukup baik. Adapun jarak yang harus ditempuh dari rumah penduduk menuju lokasi utama Air Terjun Tretes sekitar 4 kilometer, dan 1 kilometer dari pos pertama.

Sediakan perbekalan, karena warung terdekat seringkali tutup. Serta gunakan alas kaki yang tepat digunakan di atas bebatuan dan tanah.

Tracking Menuju Air Terjun Tretes
Tracking Menuju Air Terjun Tretes. Sumber : travel.detik.com

Tracking menuju lokasi Air Terjun Tretes sebagian besar masih berupa tanah, namun saat mendekati lokasi utama akan melewati sebuah sungai dengan kondisi air yang jernih.

Di jalur pertama jalanan sudah bagus, berbentuk coran atau rabat beron. Namun selanjutnya tanah. Dan menyebrangi sebuah jembatan bambu.

Jembatan Menuju Lokasi Utama
Jembatan Menuju Lokasi Utama. Sumber : putratravel.net

Jalur trackingnya tidak sempit, hanya saja di sisi kanan belum terdapat pagar pembatas. Meskipun begitu, petualangan menuju lokasi utama, mata pengunjung akan sangat dimanjakan oleh panorama alam yang sangat eksotis.

View pegunungan, perkebunan, sungai yang mengalir, serta sejuknya udara pegunungan menjadi teman selama di perjalanan.

Sungai selalu menjadi pertanda bahwa lokasi air terjun sudah tidak jauh lagi. Dan di samping sungai tersebut sudah ada bangunan sebagai pos terakhir.

Tidak lama berselang, anda akan sampai di tujuan akhir yaitu salah-satu air terjun tertinggi di Jawa Timur, Air Terjun Tretes. Redalah lelah, dan suka cita menyapa.

Lokasi Utama Air Terjun Tretes
Lokasi Utama Air Terjun Tretes. Sumber : www.cewealpukat.com

Pesona Keindahan Air Terjun Tretes

Kunjungan ke lokasi Air Terjun Tretes pada saat hari-hari biasa sekitar 50 orang, dan pada saat liburan tiba bisa mencapai 100 orang (Di saat sebelum Pandemi).

Hal tersebut tentu saja ada alasannya, yaitu pesona keindahan. Dan inilah pesona yang tersaji di lokasi wisata Air Terjun Tretes :

1. Air Terjun

Daya tarik yang pertama adalah Air Terjun Tretes dengan ketinggian 158 meter. Ketinggian tersebut manasbihkan Air Terjun Tretes sebagai salah-satu air terjun tertinggi di Provinsi Jawa Timur.

Selain Air Terjun Tretes, masih ada lagi air terjun yang masuk dalam kategori tertinggi. Seperti Air Terjun Madakaripura yang terletak di Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur. Adapun tinggi Air Terjun Madakaripura mencapai 200 meter.

Air Terjun Madakaripura
Air Terjun Madakaripura. Sumber : explorewisata.com

Air Terjun Tretes, tipe air terjunnya tidak berundak. Sehingga view pengunjung disajikan pemandangan air yang mengalir dari tebing batu yang sangat tinggi, dan langsung menukik lurus ke bawah.

Pesona Keindahan Air Terjun Tretes
Pesona Keindahan Air Terjun Tretes. Sumber : www.tripzilla.id

Meskipun sangat tinggi, namun arus airnya tidak begitu deras. Serta kondisi kolamnya cukup luas, hanya saja tidak terlalu dalam.

2. Pesona Alam Sekitar

Keberadaanya sebagai bagian dari Taman Hutan Raya Raden Soeryo, menjadikan lokasi Air Terjun Tretes dikelilingi pemandangan alam yang memanjakan mata yang melihat.

Pemandangan Sekitar Air Terjun Tretes
Pemandangan Sekitar Air Terjun Tretes. Sumber : kuuhakuyupri.blogspot.com

Apalagi saat di lokasi utama air terjun, view tebing batu yang menjulang tinggi serta sangat lebar, semakin menambah kekaguman akan ciptaan sang kholik.

Ragam Aktivitas Wisata Di Air Terjun Tretes

Selain tracking, inilah ragam aktivitas yang bisa dinikmati pengunjung saat berada di objek wisata Air Terjun Tretes :

1. Bermain Air

Yang pertama tentu saja bermain air di lokasi utama. Airnya sangat dingin, ditambah angin yang bertiup di sekitar air terjun.

Maka persiapkan baju ganti, dan yang pasti siapkan kopi atau teh hangat untuk dinikmati di atas bebatuan sambil menghadap ke arah Air Terjun Tretes. Hmmm… kenikmatan tanpa batas!

Bermain Air Di Air Terjun Tretes
Bermain Air Di Air Terjun Tretes. Sumber : radarjombang.jawapos.com

2. Bersepeda

Jalur trackingnya yang tidak sempit, bahkan cukup lebar. Menjadikan jalur menuju lokasi Air Terjun Tretes sering dijadikan keseruan bersepeda.

Tentu saja sepeda khusus, atau sepeda gunung. Serta orang yang sudah terbiasa tracking menggunakan sepeda.

3. Hunting Foto

Banyaknya pemandangan yang indah dari saat tracking sampai menuju lokasi air terjun, maka keindahan tersebut wajib diabadikan dalam jepretan kamera anda.

Hunting Foto Di Air Terjun Tretes
Hunting Foto Di Air Terjun Tretes. Sumber : jember.times.co.id

Misteri Di Air Terjun Tretes

Terdapat pesona lain dari Air Terjun Tretes, yaitu misteri Air Terjun Tretes atau tepatnya legenda tentang Dewi Anjarwati dan Raden Baron Kusumo.

Ceruk Air Terjun Tretes dipercaya sebagai tempat bertemunya Dewi Anjarwati dengan Raden Baron Kusumo. Sehingga setelah pertemuan, akhirnya menjalin kasih diantara ke duanya.

Misteri Dan Legenda Di Air Terjun Tretes
Misteri Dan Legenda Di Air Terjun Tretes. Sumber : radarjombang.jawapos.com

Ujung kisah Dewi Anjarwati dengan Raden Baron Kusumo menjadi legenda tentang Coban Rondo. Tepatnya menjadi kisah cinta yang berujung sebuah kutukan.

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Tretes

Lokasi Air Terjun Tretes terletak di kawasan Taman Hutan Raya (TAHURA) Raden Soeryo. Adapun alamat Air Terjun Tretes berada di Dusun Pengajaran, Desa Galengdowo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, provinsi Jawa Timur.

Rute Atau Akses Jalan Menuju Air Terjun Tretes

Rute atau akses jalan menuju lokasi Air Terjun Tretes bisa melalui jalur Kabupaten Jombang, atau jalur Kabupaten Kediri.

Meskipun lokasinya di Kecamatan Wonosalam, namun akses jalan tercepat bisa melalui Kecamatan Bareng. Rutenya dari Pasar Bareng, kemudian lanjut ke Desa Karangan, dan terakhir menuju Desa Galengdowo.

Untuk sampai di pos pertama, kendaran jenis roda empat tidak bisa mengakses. Jadi selanjutnya menggunakan jasa ojeg, atau jalan kaki, atau jika anda membawa motor, bisa sampai di pos pertama. Namun harus ekstra hati-hati.

Dari pos pertama lanjutkan dengan berjalan kaki menuju lokasi utama Air Terjun Tretes.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Tretes

Harga tiket masuk Air Terjun Tretes adalah :

  • Tiket masuk        : Rp. 10.000 per orang
  • Tarif ojeg             : Rp. 25.000 per orang

Jam Operasional Air Terjun Tretes

Jam operasional Air Terjun Tretes buka dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.00 dari hari Senin sampai dengan hari Minggu.

Penginapan Di Air Terjun Tretes

Tidak ada penginapan di lokasi wisata Air Terjun Tretes.

Penutup

Demikian review tentang salah-satu air terjun tertinggi di Jawa Timur, Air Terjun Tretes. Semoga semakin menambah kjazanah pengetahuan wisata, dan kecintaan kita terhadap alam sekitar.

Tetap aman, nyaman, dan patuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan ya…

Baca juga:

Leave a Comment