Coban Selo Lapis, Melirik Geliat Wisata Alam Air Terjun Di Tanah Jombang

Banyaknya pegunungan yang memiliki sumber mata air, serta beriklim tropis, ditopang dengan kawasan hutan yang hijau, seharusnya mampu ditangkap menjadi peluang wisata.

Wisata yang dimaksud adalah destinasi wisata alam air terjun. Banyak sekali lokasi air terjun yang mempunyai prospek positif untuk dijadikan objek wisata.

Seperti Coban Selo Lapis yang ada di Kabupaten Jombang Provinsi Jawa Timur. Sebuah air terjun yang berada di kawasan yang masih asri, serta memiliki panorama air terjun yang sangat indah.

Coban Selo Lapis Jombang Jawa Timur
Coban Selo Lapis Jombang Jawa Timur. Sumber : www.kompasiana.com

Untuk lebih jelasnya, kita simak ulasan lengkap tentang Coban Selo Lapis tersebut!

Tracking Atau Jalur Perjalanan Menuju Coban Selo Lapis

Saat mulai memasuki Desa Panglungan Kecamatan Wonosalam, para pengunjung sudah disajikan dengan hamparan keindahan pemandangan alam berupa pegunungan, dan kawasan perkebunan.

Jalan utamanya banyak kelokan, namun kondisi jalannya cukup baik untuk dilewati. Hingga laju kendaraan mesti terhenti sampai di area parkir, karena untuk menuju Coban Selo Lapis harus dilanjutkan dengan cara berjalan kaki.

Tracking menuju lokasi utama Coban Selo Lapis masih dirasa belum cocok sebagai destinasi wisata keluarga, khususnya anak-anak.

Akses Jalan Menuju Coban Selo Lapis
Akses Jalan Menuju Coban Selo Lapis. Sumber : sinyoureh.blogspot.com

Memang kondisi kolamnya tidak dalam, namun kondisi jalur menuju ke air terjun memerlukan stamina yang kuat saat mendaki, ataupun di turunan.

Lapisan jalur tracking masih berupa tanah, serta tangganya masih berbentuk undakan tanah, yang dipadatkan oleh bambu.

Tracking Menuju Coban Selo Lapis Masih Berbentuk Tanah
Tracking Menuju Coban Selo Lapis Masih Berbentuk Tanah. Sumber : sinyoureh.blogspot.com

Bagi yang suka penjelajahan, tentu saja tracking menuju Coban Selo Lapis merupakan sebuah keseruan. Pemandangan pegunungan yang sangat indah, serta trackingnya melewati kebun durian loh…

Serunya Penjelajahan Menuju Coban Selo Lapis
Serunya Penjelajahan Menuju Coban Selo Lapis. Sumber : bolosepedasehat.blogspot.com

Jika beruntung, kalian bisa disuguhi durian tersebut, atau sengaja membeli kepada pemilik pohon durian tersebut. Biasanya menikmati durian dilakukan saat pulang dari lokasi Coban Selo Lapis.

Pesona Keindahan Coban Selo Lapis

Secara keseluruhan pesona keindahan Coban Selo Lapis adalah view alam yang masih natural, dimana di dalamnya tersimpan segara kesejukan berbentuk air terjun.

Inilah beberapa pesona keindahan Coban Selo Lapis :

1. Pesona Air Terjun

Coban Selo Lapis memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Airnya jernih, namun arus air turunnya tidak begitu deras mengalir indah melalui bebatuan.

Nama Coban Selo Lapis diambil dari kondisi aliran air yang mengalir melalui bebatuan yang berlapis lapis, dan merupakan pesona keindahan yang utama dari air terjun tersebut. Dan kata “Selo” yang berarti bebatuan.

Daya tarik Coban Selo Lapis
Daya tarik Coban Selo Lapis. Sumber : adventurewonosalam.blogspot.com

Sementara itu, kondisi kolamnya juga tidaklah dalam, sehingga para pengunjung bisa bebas mandi di guyuran air terjun. Hanya saja kolamnya memang tidaklah luas.

Dan catatan penting, hindari saja kunjungan di saat curah hujan sedang tinggi ya…

2. Pesona Alam Sekitar

Seperti yang sudah diuraikan pada paragraf sebelumnya, sajian keindahan pemandangan sudah bisa dinikmati saat memasuki Desa Panglungan.

Keindahan alam yang lebih memukau saat berada di atas jalur tracking. Karena view pegunungan bisa terlihat lebih eksotis, ditambah udara pegunungan yang sejuk.

Pemandangan Kawasan Bukit Selo Ringgit
Pemandangan Kawasan Bukit Selo Ringgit. Sumber : www.kompasiana.com

Begitupun pemandangan di sekitar lokasi utama air terjun. Air yang mengalir melalui bebatuan yang jernih, rindangnya pepohonan, serta keindahan alam lainnya yang masih asri bisa dinikmati traveler saat berkunjung ke lokasi Coban Selo Lapis.

Ragam Aktivitas Wisata Di Coban Selo Lapis

Ragam aktivitas yang bisa dinikmati para pengunjung saat berada di Coban Selo Lapis adalah sebagai berikut :

1. Bermain Air

Tentu saja yang pertama adalah bermain air di lokasi utama Coban Selo Lapis. Hanya saja di kolam utama tidak bisa melakukan aktivitas berenang, karena kolamnya tidak dalam.

Airnya dingin, jernih, serta arusnya tidak deras. Lapisan bebatuan Coban Selo Lapis semakin menambah keseruan bermain air di lokasi tersebut.

2. Hunting Foto

Aktivitas selanjutnya adalah hunting foto. Banyak sekali latar yang bisa diabadikan dalam kamera anda. Seperti latar pegunungan, latar jalur tracking, dan tentu saja lapisan batu Coban Selo Lapis.

Hunting Foto Di Coban Selo Lapis
Hunting Foto Di Coban Selo Lapis. Sumber : sudutpandang

3. Makan Durian

Jika beruntung, kalian bisa menikmati durian yang ada di kawasan tersebut. Bisa dengan membeli, atau disuguhi secara gratis oleh tuan rumah.

Menikmati durian saat pulang dari Coban Selo Lapis, menjadi penutup keseruan kunjungan wisata. Bagaimana? Bukankah sangat layak area ini dijadikan destinasi wisata alam?

Semoga saja sokongan dari semua pihak bisa semakin mempercantik seluruh kawasan Coban Selo Lapis, sehingga para pengunjung dapat merasakan kenikmatan, kenyamanan, dan keamanan saat berwisata.

Lestari alamku, lestari negeriku!

Lokasi Dan Alamat Coban Selo Lapis

Lokasi Coban Selo Lapis berada di lereng Gunung Selo Ringgit. Dan alamat Coban Selo Lapis berada di Dusun Mendiro, Desa Panglungan, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Provinsi Jawa Timur.

Rute Atau Akses Jalan Menuju Coban Selo Lapis

Rute atau akses jalan menuju Coban Selo Lapis bisa melalui jalur :

  • Surabaya, kemudian menuju Jombang, dan akhirnya masuk ke Wonosalam
  • Jika dari Kediri maka rutenya melalui Kandangan, kemudian ke Wonosalam
  • Jika dari Malang, maka rutenya melalui Kandangan, kemudian Wonosalam
  • Jarak dari Surabaya menuju Kecamatan Wonosalam sekitar 89 kilometer
  • Waktu tempuh dari Surabaya menuju Kecamatan Wonosalam sekitar 2 jam perjalanan melalui Tol
  • Setelah dari Kecamatan Wonosalam, cari arah menuju Dusun Mendiro, Desa Panglungan. Kemudian dari pertigaan, ikuti arah menuju Coban Selo Lapis. Sudah banyak petunjuk jalan di sana.
  • Setelah sampai di lokasi parkiran, lanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 500 meter.

Harga Tiket Masuk Coban Selo Lapis

Harga tiket masuk Coban Selo Lapis belum ada keputusan resmi terkait besarannya, karena lokasinya masih dalam tahap pengembangan. Namun biaya parkirnya Rp. 5.000 per unit.

Jam Operasional Coban Selo Lapis

Jam operasional Coban Selo Lapisbuka dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 17,00 dari hari Senin sampai dengan hari Minggu.

Penginapan Di Coban Selo Lapis

Ridak ada penginapan tepat di lokasi Coban Selo Lapis. Namun bagi kalian yang ingin menginap, bisa mencari di daerah Wonosalam.

Banyak sekali penginapan dengan berbagai tipe. Harganya juga beragam, namun rata-rata harganya murah dan terjangkau.

Harga tergantung tipe penginapan, serta jenis fasilitas yang disajikan pihak penginapan untuk para pengunjung.

Tips Wisata Menuju Coban Selo Lapis

Bagi kalian yang ingin tahu, dan berencana untuk berkunjung ke Coban Selo Lapis, maka inilah tips wisatanya :

  • Karena lokasi Coban Selo Lapis masih dalam tahap pengembangan, sehingga masih alami. Maka disarankan berkunjung ke lokasi Coban Selo Lapis tidak sendirian.
  • Hindari kunjungan di saat curah hujan tinggi
  • Kondisi tubuh juga harus prima, serta gunakan alas kaki yang tepat untuk digunakan di atas tanah dan bebatuan
  • Membawa perbekalan sendiri dari rumah, jaga-jaga jika warung terdekat lokasi Coban Selo Lapis tutup.
  • Patuhi protokol keamanan, jangan membuang sampah sembarangan, dan jangan merusak lingkungan sekitar.

Penutup

Membangkitkan destinasi wisata alam air terjun jangan sampai juga menjadi masalah baru, yaitu ancaman kerusakan ekosistem yang ada di sekitar lokasi wisata.

Oleh karena itu perlu kesadaran dari semua pihak. Dan bagi pengunjung, jaga sikap, serta jangan membuang sampah sembarangan. Apalagi membuang sampah plastik di kawasan hutan atau membuang di airan sungai.

Ingat, “Sampahmu, adalah dosamu”.

Baca juga:

Leave a Comment