Air Terjun Kalibendo, Perpaduan Keindahan Perkebunan Dan Air Terjun Di Banyuwangi

Kehadiran Perkebunan Kalibendo di Banyuwangi menjadi sebuah bukti bahwa masyarakat Banyuwangi memiliki sejarah panjang tentang budaya berkebun.

Perkebunan Kalibendo ternyata membawa manfaat yang banyak, selain dari hasil buminya. Manfaat lainnya adalah kawasan tersebut mampu menjadi destinasi wisata favorit khususnya bagi masyarakat Banyuwangi.

Kawasan Perkebunan Kalibendo
Kawasan Perkebunan Kalibendo. Sumber :ihategreenjello.com

Bukan hanya tentang wisata alam perkebunan saja, namun di kawasan tersebut terdapat sebuah air terjun yang memiliki daya tarik tersendiri untuk mendatangkan pengunjung.

Nama air terjunnya adalah Air Terjun Kalibendo. Perpaduan keindahan kawasan perkebunan dengan pesona keindahan air terjun inilah yang menjadi magnet utama untuk mendatangkan para wisatawan.

Air Terjun Kalibendo Banyuwangi
Air Terjun Kalibendo Banyuwangi. Google Maps. Sumber ; lh5.googleusercontent.com

Trekking Menuju Air Terjun Kalibendo Banyuwangi

Secara pribadi saya bangga melihat pengelolaan lokasi wisata Air Terjun Kalibendo atau Kawasan Perkebunan Kalibendo dari sisi kebersihan.

Hampir tidak ada sampah sedikitpun yang bisa dijumpai di kawasan tersebut, terutama sampah plastik. Sekalipun ada sampah, itu hanyalah berupa dedaunan yang jatuh dari atas pohon.

Pengelolaan kawasan wisata Air Terjun Kalibendo seharusnya bisa menjadi panutan bagi objek wisata lainnya, serta memberikan nilai edukasi bagi para pengunjung bahwa bersih itu indah.

View Di Area Pertama
View Di Area Pertama. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Saat pengunjung sampai di area parkiran, atau lokasi registrasi. View yang disajikan adalah hamparan rumput hijau, bunga – bunga indah yang tertata, serta view pegunungan yang berpadu dengan kesejukan udara sekitar.

Selain itu, terdapat lapangan sepak bola yang sangat luas dengan kondisi rumput yang sangat tertata baik. Di samping lapang tersebut berjajar pepohonan yang memberikan keteduhan.

View Trekking Pertama
View Trekking Pertama. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Baru di lokasi pertama saja, rasanya enggan untuk segera beranjak pergi. Namun tentu saja rasa penasaran yang tinggi terhadap Air Terjun Kalibendo, maka perjalanan harus dilanjutkan dengan berjalan kaki.

Trekking pertama untuk sampai di lokasi Air Terjun Kalibendo adalah dengan melewati lapangan tadi. Jalur perjalanannya sudah berupa paving block, serta terdapat beberapa gazebo di sampingnya.

Bagi yang pernah datang ke Kebun Raya Bogor. Setidaknya itu bisa sedikit memvisualisasikan kondisi awal perjalanan. Keindahan alam sekitar, udara yang sejuk, bunga-bunga indah, hamparan rumput hijau, serta jalur trekking yang sangat bagus.

Pemandangan Di Jalur Trekking
Pemandangan Di Jalur Trekking. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Secara keseluruhan, itulah gambaran keindahan trekking menuju Air Terjun Kalibendo. Kondisi jalurnya juga tidak terlalu miring, begitupun saat menaiki anak tangga tidak terlalu menguras energi.

Ada satu hal lagi yang menarik. Di sepanjang jalur menuju lokasi utama Air Terjun Kalibendo, para wisatawaan akan bertemu dengan gerombolan monyet.

Meskipun monyet-monyet tersebut tidak terlalu berbahaya, namun sikap kehati-hatian harus tetap ada. Karena jika traveler mengusik mereka, maka gerombolan monyet tersebut bisa menyerang anda.

Tidak perlu takut dengan kehadiran monyet tersebut. Dan yang paling penting amankan barang-barang anda, karena monyet memiliki sifat jail. Jangan sampai barang-barang anda dibawa kabur.

Sungai Kalibendo
Sungai Kalibendo. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com 

Sebelum sampai di lokasi Air Terjun Kalibendo, maka para pengunjung akan sampai terlebih dahulu di Sungai Kalibondo, dengan kondisi air yang sangat jernih, serta memiliki panorama alam sekitar yang sangat indah.

Terdapat lokasi kolam di sungai tersebut. anda bisa menikmati spot tersebut anya di saat musim kemarau saja, karena saat di musim hujan kedalaman kolamnya mencapai 2,5 meter.

Lokasi Kolam
Lokasi Kolam. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Tidak lama dari lokasi tersebut, setelah melewati beberapa kantin atau warung, juga gazebo, maka pengunjung akan sampai di lokasi Air Terjun Kalibendo.

Jika lurus terus, maka traveler akan tiba di atas Air Terjun Kalibendo, dan untuk sampai di kolam utama air terjun harus turun melalui anak tangga yang sudah tersedia.

Pesona Keindahan Serta Ragam Aktivitas Wisata Di Air Terjun Kalibendo

Bukan hanya satu daya tarik yang bisa disajikan di objek wisata Air Terjun Kalibendo, namun banyak sekali pesona keindahan yang mampu mendatangkan wisatawan. Diantaranya:

1. Pesona Air Terjun

Air Terjun Kalibendo memiliki ketinggian sekitar 10 meter, dengan kondisi air yang sangat jernih. Air yang turun dibendung terlebih dahulu di atasnya. Hal ini bisa anda saksikan saat anda berada di atas Air Terjun Kalibendo, terdapat sebuah spot berupa kolam.

Air yang turun tidak terlalu deras, namun jika masuk ke musim hujan debit airnya akan meningkat. Termasuk air yang turun menjadi deras.

Pesona Keindahan Air Terjun Kalibendo
Pesona Keindahan Air Terjun Kalibendo. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Kolam Air Terjun Kalibendo tidak terlalu dalam, sehingga para pengunjung bisa melakukan aktivitas berenang atau bermain air. Hanya saja kolam utamanya tidak cocok untuk anak kecil.

Terdapat spot lain yang tidak terlalu dalam. Di lokasi tersebut, anak – anak bisa bermain air sepuasnya. Namun para orang tua harus tetap mengawasi aktivitas buah hatinya.

2. Daya Tarik Fasilitas

Di awal trekking sudah saya jelaskan terkait ragam fasilitas yang mampu memberikan kenyamanan bagi para pengunjung saat berada di objek wisata Air Terjun Kalibendo.

Kantin Dan Rumah Pohon
Kantin Dan Rumah Pohon. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Ada satu wahana lagi yang sangat menakjubkan, lokasinya berada di depan Air Terjun Kalibendo. Terdapat sebuah rumah pohon yang sangat besar, yang berdiri kokoh pada sebuah pohon besar yang sudah berumur.

Dari spot tersebut para pengunjung bisa menikmati keindahan alam sekitar dari atas ketinggian. Namun para pengujung harus berhati-hati, karena rumah pohon tersebut sangat tinggi.

3. Pesona Keindahan Alam Sekitar

Pesona keindahan alam sekitar objek wisata Air Terjun Kalibendo sudah tidak diragukan lagi. Dari awal masuk, sampai ke lokasi utama Air Terjun Kalibendo dipenui dengan sajian alam yang sanga elok.

Hamparaan rumput hijau, bungaa-bunga yaang sangat indah dengan ragam warna yang berbeda. Selain itu view pohon-pohon besar yang sudah tua, gazebo, bukit kecil, semuanya adalah latar terbaik untuk kebutuhan foto anda.

Pesona Keindahan Alam Sekitar
Pesona Keindahan Alam Sekitar. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Sebagai catatan penting, berhati-hatilah saat berada di sana. Karena di beberapa titik bisa disaksikan pohon tumbang, serta jangan lama-lama berdiri di bawah pohon mahoni. Karena buahnya bisa menimpa kepala anda.

Nama Lain Objek Wisata Air Terjun Kalibendo

Nama lain objek wisata Air Terjun Kalibendo adalah :

  • Objek Wisata Perkebunan Kalibendo
  • Wisata Tangguh Semeru
  • Wisata Sungai Bendo

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Kalibendo

Lokasi Air Terjun Kalibendo terletak di kawasan Perkebunan Kalibendo. Alamat Air Terjun Kalibendo berada di Desa Kampung Anyar, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur.

Rute Menuju Air Terjun Kalibendo

Rute menuju Air Terjun Kalibendo dari Banyuwangi tidak terlalu jauh. Hanya berjarak sekitar 15 kilometer. Dan rute pertama menuju arah Terminal Sasak Perot, yang terletak di Desa Bakung.

Setelah itu lanjutkan perjalanan menuju Desa Kampung Anyar. Terakhir, lanjutkan perjalanan menuju kawasan PT. Perkebunan Kalibendo

Harga Tiket Masuk Air Terjun Kalibendo

Harga tiket masuk Air Terjun Kalibendo Rp. 5.000 per orang

Jam Operasional Air Terjun Kalibendo

Jam operasional Air Terjun Kalibendo buka dari pukul 08.00 – 18.00, dari hari Senin – Minggu.

Penginapan

Tidak ada penginapan di lokasi utama Air Terjun Kalibendo.

Penutup

Demikian informasi lengkap Air Terjun Kalibendo. Semoga kebersihan lingkungan wisata mampu tetap terjaga secara baik. Selamat berlibur, selalu patuhi protokol keamanan, dan kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, dan pihak pengelola.

Baca juga:

Leave a Comment