Air Terjun Lider, Wisata Banyuwangi Di Petak 74

Petak adalah istilah pembagian pengelolaan berdasarkan produktivitas lahan hutan, kawasan hutan lindung, resapan air, dan lain-lain.

Petak 74 adalah nama bagi Hutan Lindung yang ada di Banyuwangi. Tepatnya blok Lider, di Lereng timur Gunung Raung. Lalu apa yang membuat Petak 74 menjadi istimewa?

Di lokasi tersebut terdapat sebuah air terjun yang digadang-gadang sebagai sebuah air terjun terindah, dan salah-satu air terjun tertinggi di Banyuwangi.

Namanya Air Terjun Lider. Sebuah objek wisata alam yang selalu menjadi incaran kaum milenial saat akhir pekan, apalagi saat musim libur panjang.

Air Terjun Lider
Air Terjun Lider. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Sebelum kita masuk ke pembahasan utamanya, saya ingin sedikit berbagi pengalaman. Suatu saat saya pernah berdiskusi bersama teman yang “so tahu” tentang objek wisat air terjun.

Dia mengatakan “udahlah mas, air terjun mah gitu-gitu aja, dimanapun juga sama”. Saya katakan bahwa air terjun dimanapun memang sama, yaitu terdapat air yang mengalir dari ketinggian, menuju dataran yang lebih rendah.

Namun, tetap akan beda, dan pasti akan beda, setiap air terjun yang satu, dengan yang lainnya. Trekkingnya beda, pesona keindahannya beda, serta sensasi wisatanya juga pasti beda.

Begitupun dengan Air Terjun Lider. Sajian keindahannya, trekkingnya, serta sensasi wisatanya pasti akan berbeda dengan air terjun lainnya.

Air Terjun Lider Banyuwangi
Air Terjun Lider Banyuwangi. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Oleh karena itu, jika traveler mempunyai banyak waktu luang, baiknya mengunjungi setiap objek wisata air terjun yang mungkin untuk dikunjungi. Karena beda tempat, sudah pasti beda rasa.

Next! Kita langsung saja menuju pesona keindahan yang terletak di Petak 74 Banyuwangi, yaitu Air Terjun Lider.

Trekking Menuju Air Terjun Lider

Akses jalan menuju objek wisata Air Terjun Lider bisa dilalui oleh kendaraan jenis roda empat, maupun roda dua. Namun kondisi jalannya belum cukup baik, dan hanya sampai di area parkiran saja.

Area Parkir Air Terjun Lider
Area Parkir Air Terjun Lider. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Selanjutnya, para pengunjung harus melanjutkan perjalanan dengan cara berjalan kaki, atau trekking di alam terbuka. Jaraknya lumayan jauh, dan untuk mempermudah penjelasan, trekkingnya akan saya bagi dua saja :

1. Trekking Bagian Pertama

Trekking pertama adalah melalui kawasan hutan lindung. Jalur trekkingnya belum tertata, atau terbentuk secara optimal.

Mungkin karena kawasan tersebut sebagai kawasan hutan lindung, dikhwatirkan akan mengganggu ekosistem yang ada. Maka nilai keasriannya masih tetap dipertahankan.

View Di Jalur Trekking
View Di Jalur Trekking. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Kondisi jalurnya masih berupa lapisan tanah, dan bebatuan. Serta belum terdapat pagar pembatas, dan belum terdapat juga anak tangga.

Titik tanjakan,atau turunan hanya dibantu oleh tambang yang terhubung antar jalur. Namun itulah keunikan objek wisata air terjun.

Meskipun jalurnya menantang, pesona keindahannya tetap meikat mata dan hati para wisatawan untuk datang berkunjung.

Memang betul, kondisi tersebut tidak cocok sebagai destinasi wisata keluarga. Namun sebaliknya, bagi kalangan milenial, inilah surganya penjelajahan.

View alam sekitarnya juga sangat asri, dan memiliki udara sekitar yang sangat sejuk. Traveler disarankan jangan berkunjung di puncak musim penghujan ya…

2. Trekking Bagian Ke Dua

Keseruan trekking akan bertambah saat memasuki trekking bagian ke dua. Tantangannyabukan hanya berjaan di samping sungai saja, namun terdapat lokasi yang mengharuskan berjalan di tengah aliran arus sungai yang mengalir.

Airnya sangat jernih. Jika bukan di puncak musim penghujan, maka arus airnya tidak begitu besar. Namun tetap saja para pengunjung harus berhati-hati.

Langkah kaki akan berjalan di tengah arus sungai, menapaki bebatuan, dan fasilitas keamanan hanya sebuah tambang yang tersambung ke titik selanjutnya.

Trekking Melalui Sungai
Trekking Melalui Sungai. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Hingga pada saat anda mulai naik ke sebuah daratan yang cukup lebar, saat itu mata anda akan tertuju pada sebuah air terjun yang besar dan tinggi, disertai air terjun lainnya.

Itulah tujuan utama anda, Air Terjun Lider. Sisakan tenaga kalian ya sebagai bekal kembali pulang. Dan jangan lupa untuk membawa bekal sendiri, karena di lokasi utama tidak terdapat warung yang menjajakan makanan, ataupun minuman.

Trekking Terakhir
Trekking Terakhir. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Ragam Aktivitas Dan Pesona Keindahan Air Terjun Lider Banyuwangi

Terdapat alasan yang cukup kuat bagi para pengunjung untuk tetap datang ke lokasi Air Terjun Lider. Meskipun terdapat tantangan saat melakukan trekking.

Lasannya karena pesona keindahan Air Terjun Lider. Dan inilah sajian pesona yang tersaji untuk para pengunjung :

1. Pesona Air Terjun Lider

Air Terjun Lider memiliki ketinggian sekitar 60 meter. Arus air turunnya sangat deras, namun tidak berpengaruh terhadap kedalaman kolam utamanya.

Bahkan kolam utamanya tergolong sebagai kolam yang dangkal. Hal tersebut dikarenakan airnya tidak tertampung di kolam utama, dan langsung mengalir ke jalur sungai.

Kolam Utama Air Terjun Lider
Kolam Utama Air Terjun Lider. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Selain itu juga, sebagai upah dari perjuangan trekking, di lokasi utama Air Terjun Lider terdapat 4 air terjun lainnya. Namun lebih kecil dari Air Terjun Lider.

Lokasi utama menjadi spot favorit kalangan milenial untuk mengabadikan momen keindahan, dengan latar Air Terjun Lider. Hasilnya, so pasti sangat instagramable.

2. Pesona Alam Sekitar

Kawasan Hutan Lindung Petak 74, Blok Lider tentu saja menyajikan pesona alam sekitar yang sangat menawan. Kelestarian, serta terjaganya ekosistem menjadi sebuah harmoni alam yang bisa disaksikan oleh pengunjung.

Pohon – pohon hutan, tebinng kokoh di sekitar air terjun, serta aliran air di sungai yang tadi dilewati, akan menjadi suguhan tambahan selain view Air Terjun Lider.

Alam Sekitar Air Terjun Lider
Alam Sekitar Air Terjun Lider. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Hal tersebut bukan majas, atau hiperbola dari sebuah kata-kata. Karena sejatinya, rangkaian kata takan pernah mampu menggambarkan sebuah keindahan apapun.

Dua alasan inilah yang menjadikan para pengunjung tetap datang ke lokasi Air Terjun Lider, meskipun harus menempuh banyak tantangan untuk menuju keindahan tersebut.

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Lider

Lokasi Air Terjun Lider terletak di Kawasan Hutan Lindung Petak 74, Blok Lider, Lereng Timur Gunung Raung. Alamat Air Terjun Lider berada di Dusun Sragi, Desa Sumber Arum, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur.

Rute Menuju Air Terjun Lider

Rute menuju Air Terjun Lider dari Kabupaten Banyuwangi berjarak sekitar 45 kilometer. Jalur pertama menuju Kecamatan Genteng, kemudian Kecamatan Sempu.

Setelah itu, lanjutkan perjalanan menuju Desa Jambewangi menuju Desa Suber Arum. Lanjutkan perjalanan hinga lokasi parkiran wisata Air Terjun Lider.

Setalah sampai di area parkiran, para pengunjung harus melanjutkan perjalanan dengan cara trekking sampai di lokasi utama Air Terjun Lider.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Lider

Harga tiket masuk  Air Terjun Lider adalah :

  • Rp. 3.000 tiket masuk per orang
  • Rp. 2.000 biaya parkir motor
  • Rp. 5.000 biaya parkir mobil

Jam Operasional Air Terjun Lider

  • Jam operasional Air Terjun Lider buka dari pukul 08.00 – 17,00
  • Air Terjun Lider buka dari hari Senin – Minggu

Penginapan Di Air Terjun Lider

Tidak ada penginapan di lokasi wisata Air Terjun Lider

Penutup

Demikian info lengkap tentang Air Terjun Lider. Selalu patuhi protokol kesehatan, dan keamanan. Dan jangan membuang sampah sembarangan, karena “Sampahmu, Adalah Dosamu”.

Leave a Comment