Air Terjun Lau Berte, Objek Wisata Langkat Yang Sangat Ekstrim

Objek wisata yang akan dibahas kali ini merupakan objek wisata yang sangat ekstrim. Pengunjungnya dituntut harus ekstra hati – hati, kondisi badan harus dalam keadaan prima, serta setidaknya pernah punya pengalaman penjelajahan.

Nama objek wiatanya adalah Air Terjun Lau Berte. Lokasinya tidak cocok sebagai destinasi wisata keluarga, namun cocok bagi mereka para pecinta alam, atau kaum milenial yang terbiasa bertualang.

Air Terjun Lau Berte Langkat
Air Terjun Lau Berte Langkat. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Pada faktanya, seterjal apapun trekkingnya, atau seekstrim apapun kondisinya, pesona wisata air terjun tetap saja memiliki daya pikat tersendiri yang mampu mendatangkan para wisatawan.

Begitupun dengan Air Terjun Lau Berte yang lokasinya terletak di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, tetap menyajikan rasa penasaran, serta mengundang decak kagum atas keindahannya, khususnya di kalangan milenial.

Air Terjun Lau Berte Favorit Para Petualang
Air Terjun Lau Berte Favorit Para Petualang. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Lalu apa saja hal  hal yang dianggap ekstrim dari Air Terjun Lau Berte tersebut? Maka, inilah alasannya yang wajib anda ketahui :

1. Kondisi Air

Air Terjun Lau Berte disebut juga sebagai Air Terjun PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air). Hal tersebut dikarenakan potensi airnya bisa dimanfaatkan sebagai sumber tenaga listrik.

Namun, sebelum beroperasi, alat-alat yang disediakan untuk menopang berjalannya PLTA tersebut terbawa hanyut oleh banjir yang berasal dari sungai yang ada di sekitar Air Terjun Lau Berte.

Menurut masyarakat sekitar, sebetulnya kawasan tersebut bisa dibilang sebagai kawasan dangkal. Namun, debit air sungai, serta banjirnya sulit untuk ditebak, dan bisa datang kapan saja.

Kondisi Air Sungai
Kondisi Air Sungai. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Dan yang perlu anda ketahui, bahwa untuk menuju Air Terjun Lau Berte harus menyebrangi sungai tersebut. Maka kunjugan ke lokasi Air Terjun Lau Berte baiknya tidak di puncak musim penghujan.

2. Trekking

Inilah yang menjadi lasan utama Air Terjun Lau Berte sebagai objek wisata yang sangat ekstrim. Yaitu karena kondisi trekkingnya.

Bagi para pengunjung yang ingin sampai di lokasi utama Air Terjun Lau Berte wajib mengunakan jasa ranger yang sudah disediakan oleh pihak pengelola.

Hal tersebut sangat beralasan, karena jalurnya belum terbentuk, bahkan di beberapa titik ada yang terhalang oleh rerumputan.

Demi menghadirkan aspek kenyaman, dan kemanan bagi para wisatawan, maka kehadiran ranger menjadi solusinya.

Memang trekking di awal-awal belum begitu ekstrim. Namun selanjutnya, traveler akan berjalan di jalur yang cukup sempit, di sisi kiri berupa tepian jurang yang sangat dalam.

Pijakan kaki masih berupa lapisan tanah, sehingga bisa dibayangkan jika kunjungannya di musim hujan akan terasa sangat licin.

Yang paling ekstrim adalah saat menuruni 3 jembatan kayu dengan kemiringan hampir 90 derajat. Bahkan terdapat jalur yang super sempit.

Trekking Menuruni Jembatan
Trekking Menuruni Jembatan. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Meskipun tidak panjang jalur tersebut, dan terdapat pagar pembatas, namun tetap saja menguji adrenalin pengunjung. Karena di sisi kanannya berupa tepian jurang.

Ngeri-ngeri sedap. Ngerinya karena menguji adrenalin, sedapnya karena view alam sekitarnya sangat mempesona. Ditambah udara sekitar yang sangat menyejukan.

Setelah itu, barulah trekking di sungai yang telah dijelaskan di poin sebelumnya.

Trekking Di Sepanjang Sungai
Trekking Di Sepanjang Sungai. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

3. Kolam Air Terjun Lau Berte

Hal terakhir yang membuat Air Terjun Lau Berte terkenal sangat ekstrim yaitu karena kondisi kolam utamanya yang sangat dalam.

Kolam utamanya memiliki kedalaman sekitar 5 meter, dengan pusaran air yang cukup kuat, ditambah arus air yang turun dari Air Terjun Lau Berte sangat deras.

Kolam Air Terjun Lau Berte
Kolam Air Terjun Lau Berte. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Sebagai bentuk jaga-jaga, sebaiknya dengan kondisi seperti itu, lebih baik mandi atau berenang di titik air setelah kolam utama Air Terjun Lau Berte.

Pesona Keindahan Air Terjun Lau Berte

Berakit-rakit dahulu, berenang ke tepian. Bahas yang ekstrim dulu, pesona keindahan kemudian. Seperti yang telah dibahas di paragraf sebelumnya, bahwa sehebat apapun tantangan menuju lokasi air terjun, ternyata tetap mampu mengundang para wisatawan untuk datang ke lokasi utamanya.

Lalu apa saja daya tarik yang disajikan di area wisata Air Terjun Lau Berte? Maka inilah ulasannya :

1. Air Terjun

Daya tarik yang utama tentu saja kehadiran Air Terjun Lau Berte. Sebuah air terjun yang sangat menawan dengan kondisi air yang sangat segar dan jernih.

Air Terjun Lau Berte memiliki ketinggian sekitar 40 meter. namun arus air yang turun sangat deras sekali, sehinga percikannya dapat membasahi orang yang hanya berdiri, meskipun tanpa mandi di tepian kolam utamanya.

Kolam utamanya memiliki kedalaman sekitar 5 meter saat debit air tinggi. Kondisi tersebut tergolong sebagai kolam air terjun yang sangat dalam. Jadi tidak diperkenankan berenang di kolam utamanya.

Pesona Keindahan Air Terjun Lau Berte
Pesona Keindahan Air Terjun Lau Berte. Sumber : www.travelingmedan.com

Terdapat spot yang bisa menjadi tempat mandi atau bermain air. Yaitu di titik setelah kolam utama. Di titik tersebut, kolamnya tidak terlalu dalam.

Dan di lokasi utamanya terdapat lebih dari satu air terjun. Tentu saja hal tersebut menjadi upah atas semua lelah trekking yang dilalui.

2. Pesona Alam Sekitar

Keindahan alam sekitar Air Terjun Lau Berte sebetulnya sudah tersaji sejak traveler melakukan trekking. hanya saja, karena traveler harus fokus, maka keindahan tersebut luput dari tangkapan mata.

View alam sekitar sudah bisa dinikmati saat trekking di sepanjang aliran sungai. View yang didominasi bebatuan di sepanjang sungai, serta air yang jernih adalah keindahan di tengah perjalanan.

Setalah sampai, anda akan melihat tebing kokoh yang terukir oleh goresan proses alam yang membentuk sebuah sajian keindahan yang sulit diungkapkan.

Ini bukan hanya sebatas hiperbola dari rangkaian kata-kata, namun memang itu fakta yang ada di di Air Terjun Lau Berte.

Pesona Keindahan Alam Sekitar
Pesona Keindahan Alam Sekitar. Sumber : travel.detik.com

Ditambah view pohon, pegunungan, serta kesejukan udara alam sekitar, menyajikan sebuah harmoni alam yang sangat luar biasa.

Alasan – alasan inilah yang membuat pengunjung untuk tetap datang ke lokasi Air Terjun Lau Berte. Yang paling penting, tetap ikuti, dan taati arahan dari ranger ya….

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Lau Berte

Lokasi Air Terjun Lau Berte terletak di Sungai Bingai. Alamat Air Terjun Lau Berte berada di Desa Rumah Galuh, Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara.

Rute Menuju Air Terjun Lau Berte

Rute menuju Air Terjun Lau Berte dari Binjai hanya berjarak sekitar 28 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Akses jalannya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua, maupun roda empat, hingga sampai di area parkiran yang sudah disediakan.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Lau Berte

Harga tiket masuk Air Terjun Lau Berte Rp. 40.000 per orang. Harga tersebut sudah termasuk biaya parkir.

Jam Operasional Air Terjun Lau Berte

Jam operasional Air Terjun Lau Berte buka dari pukul 07.00. Namun untuk jam pulang, harus mengikuti arahan dari ranger. Sehingga waktunya bisa relatif, dengan mempertimbangkan cuaca sekitar.

Penginapan Di Air Terjun Lau Berte

Tidak ada penginapan di Air Terjun Lau Berte.

Penutup

Itulah info tentang keindahan Air Terjun Lau Berte. Sejatinya alam tetap saja menghadirkan pesona keindahan yang sangat sulit digambarkan.

Selalu patuhi protokol keamanan, dan kesehatan. Ikuti arahan dari ranger, dan jangan membuang sampah sembarangan. Karena “Sampahmu, Adalah Dosamu”.


Leave a Comment