Air Terjun Tongkat, Wisata Air Terjun Di Langkat Yang Berbalut Legenda

Sebagian besar lokasi air terjun berada di daerah pegunungan. Hal tersebut dikarenakan sifat dasar air yang mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang rendah.

Air terjun merupakan aliran sungai atau badan air yang jatuh dari atas tebing berbatu menuju kolam terjun yang berada di bawahnya. Maka wajar saja jika lokasi air terjun kebanyakan berada di area pegunungan.

Seperti air terjun yang satu ini, namanya Air Terjun Tongkat yang terletak di Sumatera Utara. Lokasi Air Terjun Tongkat berada di area pegunungan.

Air Terjun Tongkat
Air Terjun Tongkat. Sumber : wisatasumutterbaru.blogspot.com

Berwisata ke Air Terjun Tongkat tidak bisa dipisahkan dengan aktivitas tracking atau menyusuri jalur menuju lokasi utama dengan cara berjalan kaki biasanya.

Siapkan kopi hangat, karena kita akan mulai mengulas lengkap tentang Air Terjun Tongkat ini.

Sejarah Nama Air Terjun Tongkat

Sejarah Air Terjun Tongkat disematkan pada sebuah batang pohon yang melintang dari atas tebing sampai ke dasar air di lokasi utama air terjun.

Batang pohon yang melintang tepat di tengah kucuran air terjun tersebut, tampak seperti sebuah tongkat besar. Maka pada akhirnya, lokasi air terjun diberi nama Air Terjun Tongkat.

Nama lain dari Air Terjun Tongkat adalah Air Terjun Pelaruga.

Sejarah Penamaan Air Terjun Tongkat
Sejarah Penamaan Air Terjun Tongkat. Sumber : rimbaceloteh.blogspot.com

Lokasi Atau Alamat Menuju Air Terjun Tongkat

Tidak seperti biasanya, saya sengaja menaruh judul lokasi Air Terjun Tongkat lebih awal. Karena banyak dari teman – teman yang kebingungan, sebetulnya lokasi Air Terjun Tongkat itu berada dimana.

Ada yang menyebutkan di Kota Binjai, ada juga yang menyebutkan di Kabupaten Langkat. Lantas mana yang benar? Bagi yang masih bingung, inilah jawabannya.

Balai Kota Binjai
Balai Kota Binjai. Sumber : binjaikota.go.id

Sebelum berstatus sebagai Kotamadya, Binjai adalah ibukota dari Kabupaten Langkat. Dan kini Binjai menjadi Kotamadya yanga ada di Provinsi Sumatera Utara. Adapun ibu kota Kabupaten Langkat menjadi daerah Stabat.

Lokasi atau alamat Air Terjun Tongkat berada di Desa Rumah Galuh, Kecamatan Sei Bingai. Desa dan Kecamatan ini secara administratif masuk ke dalam Kabupaten Langkat.

Kantor Bupati Langkat
Kantor Bupati Langkat. Sumber : www.indoplaces.com

Dengan demikian, lokasi dan alamat Air Terjun Tongkat berada di Desa Rumah Galuh, Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara.

Tracking Atau Akses Jalan Menuju Air Terjun Tongkat

Dari lokasi gerbang utama atau loket pemayaran tiket Air Terjun Tongkat, kendaraan anda harus terus melaju sekitar 500 meter menuju area parkiran.

Di gapura utama, para pengunjung sudah disiapkan jasa penunjuk jalan serta tim keamanan menuju lokasi Air Terjun Tongkat. Sehingga para pengunjung tidak perlu takut salah jalur, atau takut dengan keselamatan saat berada di lokasi wisata.

Dari gapura utama, para pengunjung akan melewati area perkebunan sawit yang berjejer di samping kiri dan kanan jalan, sehingga menambah keteduhan perjalanan.

Menuju Area Parkir Air Terjun Tongkat
Menuju Area Parkir Air Terjun Tongkat. Sumber : siasatnusantara.com

Setelah sampai di lokasi parkiran, barulah tracking dimulai. Waktu tempuh ke lokasi air terjun bisa mencapai 1 jam perjalanan jika anda banyak istirahat di sepanjang jalur.

Seperti biasa, tracking di evel pertama masih belum begitu menantang. Jalurnya masih datar, lebar, dengan view pemandangan alam.

Level dua! Jalurnya mulai turun, sehingga kalian wajib memakai alas kaki yang tepat dan tidak licin saat menapaki tanah dan bebatuan.

Turunan ini memiliki lebar yang terbatas, sehingga jika berpapasan dengan pengunjung lain yang akan pulang harus saling menunggu, layaknya sistem buka tutup jalan.

Saat menapaki turunan tersebut,para pengunjung harus berhati-hati jangan sampai terpeleset. Tapi bukan berarti sulit untuk dilewati, karena banyak juga pengunjung yang datang seusia ank SMP atau SD kelas 6.

Level tiga! santai bosku, setelah turunan tersebut anda akan menapaki jalur yang datar kembali. Dan setelah turunan, anda akan melihat sebuah sungai dengan warung penjaja makan dan minuman yang ada di sampingnya.

Kehadiran sungai selalu menjadi pertanda bahwa lokasi utama air terjun sudah tidak jauh lagi. Banyak juga pengunjung yang bermain air di lokasi sungai tersebut.

Jalur perjalanan setelah warung atau pos pertama ini tidak menantang seperti sebelumnya. Jalurnya datar, serta di sepanjang jalan hijaunya pepohonan menyajikan view alam yang masih asri serta keteduhan di sepanjang jalan.

Dan setelah anda sampai di warung atau pos ke dua, maka lihatlah tidak jauh dari warung tersebut sebuah keindahan alam tersaji apik.

Lokasi Utama Air Terjun Tongkat
Lokasi Utama Air Terjun Tongkat. Sumber : seindotravel.com

Itulah tujuan utama anda, Air Terjun Tongkat atau Air Terjun Pelaruga.

Pesona Keindahan Air Terjun Tongkat

Apa saja sebetulnya yang menjadi alasan banyaknya pengunjung datang ke lokasi wisata Air Terjun Tongkat kalau bukan karena pesona keindahannya.

Maka inilah pesona keindahan atau daya tarik Air Terjun Tongkat :

1. Keindahan Air Terjun

Air Terjun Tongkat memiliki aliran arus turun yang cukup deras dari atas tebing batu. Tinggi Air Terjun Tongkat sekitar 30 meter.

Daya tarik utamanya adalah terdapat batang pohon yang melintang dari ketinggian hingga ke bawah. Dan batang pohon ini menjadi cikal bakal nama Air Terjun Tongkat.

Keindahan Air Terjun Tongkat
Keindahan Air Terjun Tongkat. Sumber : www.17sekians.com

2. Kondisi Air

Daya tarik selanjutnya adalah kondisi air yang sangat jernih, dan warnanya kebiru – biruan. Saking jernihnya dasar kolam Air Terjun Tongkat dapat terlihat.

Arus airnya tidak terlalu kuat, sehingga banyak pengunjung yang berenang di tepian kolam serta di aliran air tersebut.

Siapkan baju ganti, karena sekalipun anda tidak berenang, percikan airnya akan tetap membasahi baju anda. Dan lebih baik bermain air di tepian kolam saja, jangan di palung utama tepat air terjun turun.

Beningnya Air Terjun Tongkat
Beningnya Air Terjun Tongkat. Sumber : wartawisata.id

3. Pemandangan Alam

Pemandangan alam di sekitar Air Terjun Tongkat sangat memanjakan mata, rindangnya pepohonan, serta kesejukan udara adalah sajian kesempurnaan wisata di Air Terjun Tongkat.

Setelah lelah dan dingin bermain air, maka hangatkan tubuh anda dengan membeli secangkir kopi atau teh hangat sambil menikmati keindahan alam sekitar. Mantap Bosku!

Ragam Aktivitas Wisata Di Air Terjun Tongkat

Ragam aktivitas wisata yang bisa dilakukan saat berada di lokasi wisata Air Terjun Tongkat adalah :

  • Tracking
  • Berenang
  • Bermain Air
  • Hunting Foto

Sebagai catatan tambahan, bahwa di lokasi Air Terjun Tongkat sangat banyak sudut atau keindahan alam yang recommended untuk diabadikan dalam jepretan kamera anda.

Hunting Foto Dan Keseruan Bermain Air
Hunting Foto Dan Keseruan Bermain Air. Sumber : twitter.com

Tetapi jangan sampai demi kebutuhan konten atau hunting foto, kita mengabaikan aspek keamanan dan kenyamanan dalam berwisata.

Legenda Di Air Terjun Tongkat

Legenda di Air Terjun Tongkat berkaitan dengan sebuah batu yang dianggap bisa mengobati penyakit. Kisah ini berawal dari sosok yang bermarga Ginting.

Pada suatu hari, pak Ginting hendak memancing di lokasi Air Terjun Tongkat. Namun tidak mendapatkan ikan, yang ada hanya menemukan sebuah batu kemudian dibawa pulang.

Kebetulan sekali, ada warga yang sedang sakit. Dan kebetulan juga, pak Ginting membawa batu tersebut. singkat cerita batu tersebut dicelupkan ke dalam gelas, kemudian diminum oleh warga yang sakit, dan alhasil sembuh.

Karena terdapat kejadian-kejadian di luar akal, maka masyarakat setempat melindungi serta menjaga area hutan dan air terjun tersebut untuk tetap lestari.

Terdapat Cerita Legenda Di Air Terjun Tongkat
Terdapat Cerita Legenda Di Air Terjun Tongkat. Sumber : www.kompasiana.com

Harga Tiket Masuk Air Terjun Tongkat

Harga tiket masuk / HTM Air Terjun Tongkat adalah:

  • Rp.100.000 per mobil, atau
  • Rp. 20.000 per orang
  • HTM diluar jasa penunjuk jalan / Guide

Lokasi Dan Rute Air Terjun Tongkat

Lokasi dan alamat Air Terjun Tongkat berada di Desa Rumah Galuh, Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara.

Rute menuju Air Terjun Tongkat dari Medan bisa melalui Jalan Tol Medan – Binjai, kemudian menuju Jalan Sungai Wampu, dan terakhir lanjutkan menuju Desa Rumah Galuh.

Jam Operasional Air Terjun Tongkat

Jam operasional Air Terjun Tongkat buka 24 jam, dari hari Senin sampai dengan hari Minggu.

Penginapan Di Air Terjun Tongkat

Tidak ada penginapan tepat di lokasi wisata Air Terjun Tongkat. Namun penginapan bisa kalian temukan di sekitar Desa galuh dengan harag yang terjangkau.

Penutup

Demikian review tentang Air Terjun Tongkat. Selamat berlibur, dan patuhi protokol kesehatan dan kemanan ya…

Baca juga:

Leave a Comment