Air Terjun Mauhalek, Wisata Alam Belu Di Perbatasan Negeri

Kabupaten Belu adalah salah-satu kabupaten yang ada Nusa Tenggara Timur yang berbatasan langsung dengan Timor Leste. Selain itu selain itu, klimatologi Belu beriklim sabana tropis yang kering.

Musim hujan di Kabupaten Belu juga sangat pendek, sehingga wajar saja jika lokasi wisata air terjun menjadi destinasi wisata favorit khususnya bagi masyarakat sekitar.

Air Terjun Mauhalek, sebuah air terjun elok yang berlokasi di Kabupaten Belu. Kehadirannya menjadi telaga kesegaran di tengah cuaca yang panas, dan menjadi kebanggan di perbatasan negeri.

Air Terjun Mauhalek
Air Terjun Mauhalek. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Air Terjun Mauhalek, kawasan wisatanya sangat cocok bagi destinasi wisata keluarga. dan hebatnya lagi, penataan lokasinya sudah “kekinian”. Maka sudah pasti jika liburan tiba, lokasi tersebut banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

Bagi kalian yang belum tahu tentang Air Terjun Mauhalek, maka inilah ulasan lengkapnya.

Sejarah Air Terjun Mauhalek

Air Terjun Mauhalek  sudah ada dari sejak dahulu. Hanya saja, pengembangan objek wisata tersebut menjadi kian menarik dan kekinian dimulai tahun 2014.

Konsep penataan lokasi wisata Air Terjun Mauhalek mencul dari hasil studi banding pejabat desa setempat ke derah lain yang memiliki potensi wisata yang sudah berkembang.

Dan akhirnya, para pengunjung bisa melihat konsep objek wisatanya sangat mengikuti perkembangan jaman meskipun keberadaannya di perbatasan negeri.

Penataan Air Terjun Mauhalek Yang Kekinian
Penataan Air Terjun Mauhalek Yang Kekinian. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Sebagai catatan tambahan, bahwa Kabupaten Belu merupakan salah-satu kabupaten terbaik yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Timur dalam upaya pemberantasan korupsi.

Dengan demikian, itikad baik pemerintah memberikan pancaran tauladan bagi pejabat yang di bawahnya. Dan sebuah objek wisata bisa berkembang pesat, salah-satu faktornya atas dukungan pemerintah setempat.

Sejarah Penamaan Air Terjun Mauhalek

Sejarah penamaaan Air Terjun Mauhalek berasal dari dua pertemuan mata air yang akhirnya menyatu, dan mengalir ke sebuah air terjun.

Nama dua mata air tersebut adalah mata Siata, dan mata air Mauhalek. Dan hebatnya dua mata air tersebut terkenal di Atambua sebagai mata air yang tidak pernah surut, sekalipun di musim kemarau.

Sejarah Penamaan Air Terjun Mauhalek
Sejarah Penamaan Air Terjun Mauhalek. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Trekking Menuju Air Terjun Mauhalek

Saat pengunjung sampai di area parkir atau loket pembayaran sudah disajikan spot dan view alam yang menawan. Seakan para pengunjung tidak ingin langsung ke lokasi utama Air Terjun Mauhalek.

Area parkirnya cukup besar, serta terdapat tempat untuk beristirahat atau gazebo bagi para pengunjung. Tidak jauh dari lokasi tersebut,terdapat juga spot selfie yang sangat instagramable dengan latar alam sekitar.

View Di Area Pertama
View Di Area Pertama. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Setelah selesai menikmati keindahan di area pertama, maka kita lanjutkan perjalanan menuju lokasi utama dengan cara berjalan kaki atau trekking.

Seperti yang telah disinggung di paragraf sebelumnya, bahwa lokasi wisata Air Terjun Mauhalek sangat cocok bagi destinasi wisata keluaraga, termasuk jalur trekkingnya yang sudah tertata secara baik.

Trekking Menuju Air Terjun Mauhalek
Trekking Menuju Air Terjun Mauhalek. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Trekking pertama dengan menuruni anak tangga yang terbuat dari cor-coran, serta dilengkapi pagar pembaatas yang sangat menarik untuk dilihat, karena pagar besi tersebut dihiasi cat yang berwarna warni.

Selain itu terdapat beberapa gazebo di samping jalur perjalanan. Selain untuk menikmati keindahaan alam sekitar, namun gazebo tersebut menjadi spot untuk meredakan lelah perjalanan.

Spot Di Area Pertama
Spot Di Area Pertama. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Terutama saat pulang. Atau bisa juga tempat untuk makan – makan bersama keluarga. tetapi bukan berarti jarak menuju lokasi utama Air Terjun Mauhalek jauh dari lokasi parkiran.

Lokasi  Air Terjun Mauhalek dari area parkiran cukup dekat, dan yang paling penting keseluruhan jalur perjalanan sudah tertata baik. Anak tangga tersebut sampai ke dekat Air Terjun Mauhalek, diserta pagar pembatas yang berwarna – warni.

View alam sekitar selama di perjalanan sangat menawan, pepohonan yang memberikan keteduhan, serta irigasi air yang begitu jernih. Di sepanjang jalur tersebut, terdapat quote naratif yang terpasang di sebuah papan kayu dengan konten yang sangat menarik.

View Yang Tersaji
View Yang Tersaji. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Setelah sampai di ujung anak tangga, maka anda akan sampai di lokasi utama Air Terjun Mauhalek. Silahkan menikmati pesona keindahan yang tersaji, tetapi hanya sampai pukul 18.00 saja ya…

Pesona Keindahan Dan Ragam Aktivitas Wisata Di Air Terjun Mauhalek

Terdapat beberapa daya tarik dari objek wisata Air Terjun Mauhalek Belu NTT, diantaranya :

1. Pesona Air Terjun

Tentu saja daya tarik yang pertma adalah Air Terjun Mauhalek. Air Terjun Mauhalek merupakan air terjun berundak, dengan aliran air yang mengalir melalui undakan bebatua, serta lumut hijau.

Air Terjun Mauhalek memiliki ketinggian sekitar 20 meter. Karena termasuk sebagai air terjun yang berundak, maka arus air yang turun tidak deras.

Pesona Keindahan Air Terjun Mauhalek
Pesona Keindahan Air Terjun Mauhalek. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Hal tersebut juga berpengaruh terhadap kondisi kolamnya yang tidak terlau dalam. Kelebihan lain dari Air Terjun Mauhalek, terdapat 2 kolam. Yang pertama kolam utama dari arus air yang turun.

Yang ke dua, dari kolam utama air tersebut ditampung dalam sebuah kolam buatan dengan air yang sangat jenih. Dengan demikian, bagi yang ingin leluasa berenang, bisa dilakukan di kolam ke dua yang berada di depan kolam utama.

Kolam Air Terjun Mauhalek
Kolam Air Terjun Mauhalek. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

2. Pesona Alam Sekitar Dan Spot Kekinian

Selain pesona Air Terjun Mauhalek, pesona lainya adalah keindahan alam sekitar dan ragam spot kekinian yang sudaah tertata baik di lokasi wisata tersebut.

Sehingga kebutuhan akan konten media sosial, sebagai trend kehidupan kekinian bisa terpenuhi. Apalagi dengan latar alam sekitar yang sangat indah.

Salah-Satu Spot Air Terjun Mauhalek
Salah-Satu Spot Air Terjun Mauhalek. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Cerita Mistis Di Air Terjun Mauhalek

Seperti yang pernah saya bahas di beberapa artikel lain, bahwa mayoritas objek wisata yang ada di Indonesia selalu menyimpan cerita misteri di balik pesona keindahannya.

Tanpa terkecuali dengan Air Terjun Mauhalek. Dahulunya, lokasi wisata Air Terjun Mauhalek merupakan hutan lebat, dengan akses jalan yang masih membingungkan bahkan bisa menyebabkan tersesat.

Ceritas Mistis Di Air Terjun Mauhalek
Ceritas Mistis Di Air Terjun Mauhalek. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Untuk menghindari tersesat di tengah hutan, maka para pengunjung pada saat itu harus sambil mengunyah jagung goreng yang digenggam di tangan, serta menyimpan sirih-pinang di tempat yang sudah ditemtukan.

Selain itu, bagi para pengunjung yang berbuat tak senonoh, atau berperilaku asusila di objek wisata Air Terjun Mauhalek akan mengakibatkan kesialan, dan gangguan kejiwaan bagi orang tersebut.

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Mauhalek

Lokasi dan alamat Air Terjun Mauhalek berada di Dusun Futumuti, Desa Raiulun, Kecamatan Lasiolat, Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur – Indonesia.

Rute Menuju Air Terjun Mauhalek

Rute jalan untuk sampai di lokasi Air Terjun Mauhalek dari Atambua hanya berjarak sekitar 30 kilometer, dengan waktu tempuh 30 menit – 1 jam perjalanan.

Selain dengan menggunakan kendaraan pribadi, traaveler bisa juga menggunakan kendaraan umum, bahkan ojek.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Mauhalek

Harga tiket masuk Air Terjun Mauhalek adalah sebagai berikut :

  • Rp. 5.000 untuk kendaraan jenis motor
  • Rp. 15.000 untuk kendaraan jenis roda empat atau mobil.

Jam Operasional Air Terjun Mauhalek

Jam operasional Air Terjun Mauhalek buka dari jam 07.00 sampai denga pukul 18.00. dari hari Senin, sampai dengan hari minggu.

Penginapan Di Air Terjun Mauhalek

Tidak ada penginapan di Air Terjun Mauhalek.

Penutup

Demikian informasi lengkap tentang Air Terjun Mauhalek sebagai wujud pesona keindahan Indonesia di perbatasan negeri.

Patuhi protokol kesehatan, dan protokol kemanan yang sudah ditetapkan. Yang paling penting, jangan membuang sampah sembarangan, karena “sampahmu, adalah dosamu”.

Baca juga:

Leave a Comment