Air Terjun Ponot Asahan, Traveling Ke Salah-Satu Lokasi Air Terjun Tertinggi Di Indonesia

Tahun 2019, beberapa kota di Pulau Jawa mengalami Blackout secara bersamaan. Kejadian tersebut menjadi sebuah kesadaran betapa pentingnya listrik dalam kehidupan manusia.

Sumber listrik salah-satunya bisa berasal dari uap, dan air. Dan tahukah anda bahwa di Sumatera Utara terdapat air terjun yang masuk sebagai salah-satu air terjun tertinggi di Indonesia? Dan aliran airnya menjadi penyumbang bagi PLTA Sigura-gura.

Ya, air terjun tersebut bernama Air Terjun Ponot. Air terjun kebanggaan masyarakat Sumatera Utara, dengan sajian keindahan dari sepanjang jalan hingga sampai di lokasi utama.

Air Terjun Ponot Asahan
Air Terjun Ponot Asahan. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Siapkan dulu secangkir kopi panas, karena kita akan traveling ke Air Terjun Ponot. Salah-satu air terjun tertinggi di Indonesia.

Tracking Atau Akses Jalan Menuju Air Terjun Ponot

Traveling menuju Air Terjun Ponot memang sangat menyenangkan. Sajian keindahan sudah terlihat dari sepanjang jalan menuju lokasi utama.

Saat masuk gapura pertama Air Terjun Ponot  yang berada di Desa Tangga, para wisatawan sudah bisa melihat sebuah gunung tinggi yang ada di depan mata. Seakan-akan jalanan menjadi buntu, padahal tidak demikian adanya.

Gapura Pertama
Gapura Pertama. Sumber : wisatajalanhemat.blogspot.com 

Jalanan akan berkelok menyusuri pegunungan di samping kanan, dan di samping kiri jalan merupakan kawasan PLTA Sigura-gura.

Jalan Menuju Air Terjun Ponot
Jalan Menuju Air Terjun Ponot (Kawasan PLTA SIgura-gura). Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Kondisi jalan utama cukup baik untuk dilalui kendaraan mobil maupun motor. Jarak dari gapura tersebut menuju lokasi Air Terjun Ponot sekitar 1,45 kilometer.

Meskipun jalanannya berkelok, tetapi sudah ada besi pembatas yang cukup tinggi di sebelah kiri jalan (Kawasan PLTA Sigura-gura).

Pagar Pembatas
Pagar Pembatas. Sumber : salamsumu.blogspot.com

Di sisi kanan, beberapa tebing sudah berbentuk tembok penyangga. Dan pemandangan selanjutnya adalah sebuah gunung berbentuk tebing batu yang menjulang tinggi, sehingga menambah kekaguman terhadap alam selama traveling.

Pemandangan bukit batu tersebut menjadi sebuah pertanda bahwa perjalanan anda menuju area parkir Air Terjun Ponot sudah tidak lama lagi.

Saat sampai di lokasi parkiran, mata anda akan terpukau meilihat air terjun setinggi 250 meter yang berundak. Itulah Air Terjun Ponot.

Area Parkir Air Terjun Ponot
Area Parkir Air Terjun Ponot. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Tetapi dari lokasi parkiran, anda harus mulai tracking sejauh 500 meter. Tenang, jalur trackingnya sudah berlapiskan tembok yang kokoh.

Traking untuk naik ke atas melewati anak tangga. Hanya saja di samping kiri belum dilengkapi pagar pembatas. Jadi para pengunjung harus tetap berhati-hati.

Tracking Menuju Air Terjun Ponot
Tracking Menuju Air Terjun Ponot. Sumber : www.kompasiana.com

Jalurnya tidak terlalu lebar. Di samping kiri, traveler disuguhukan pemandangan aliran air sungai dengan bebatuan besar, dan di sisi kanan berupa tebing.

Di sepanjang jalur sudah terdapat beberapa warung penjual makanan dan minuman. Dan setelah melewati anak tangga, lihatlah di depan anda sebuah air terjun yang gagah.

Lokasi Utama Air Terjun Ponot
Lokasi Utama Air Terjun Ponot. Sumber : www.kompasiana.com

Itulah tujuan lokasi utama anda, Air Terjun Ponot.

Pesona Keindahan Air Terjun Ponot

Beberapa alasan kenapa Air Terjun Ponot menjadi destinasi wisata utama bagi para wisatawan saat liburan tiba, diantaranya:

1. Pesona Air Terjun

Air Terjun Ponot merupakan salah-satu air terjun tertinggi yang ada di Indonesia. Ketinggianya mencapai 250 meter, dengan bentuk 3 undakan atau tiga tingkatan air terjun.

Air Terjun Ponot Memiliki Ketinggian 250 meter
Air Terjun Ponot Memiliki Ketinggian 250 meter. Sumber : wartawisata.id 

Airnya jernih, namun deras. Serta menyadi salah-satu penyumbang bagi PLTA Sigura-gura. Kondisi kolamnya cukup luas, namun palung utamanya memiliki kedalaman serta pusaran yang sangat kuat.

Selain itu, banyaknya bebatuan yang besar di dekat area kolam menjadi spot tambahan untuk menikmati keindahan Air Terjun Ponot.

Bebatuan Di Dekat Lokasi Air Terjun Ponot
Bebatuan Di Dekat Lokasi Air Terjun Ponot. Sumber : travelspromo.com

Karena saking tingginya, menjadikan air yang mengalir dari atas sangat deras, sehingga menimbulkan percikan air yang bisa menjangkau pengunjung yang berada di tepian kolam. Jadi persiapkan baju ganti sekalipun kalian tidak bermain air.

2. Keindahan Pemandangan Sekitar

Daya tarik selanjutnya adalah pesona keindahan alam sekitar. Seperti yang sudah diulas di paragraf sebelumnya, keindahan sudah tersaji dari sejak masuk gapura pertama.

Kawasan PLTA Sigura-gura meskipun pengunjung tidak bisa masuk, namun bisa menjadikan pemandangan yang bernilai edukasi bagi anak-anak anda tentang proses terciptanya listrik.

Panorama hijaunya pegunungan, serta bukit yang berbentuk tebing batu adalah keindahan yang membuat takjub mata yang memandang.

Keindahan Alam Sekitar Air Terjun Ponot
Keindahan Alam Sekitar Air Terjun Ponot. Sumber : www.indoflashlight.org

Begitupun dengan pemandangan di sekitar air terjun. View pegunungan, PLTA, serta bebatuan besar dapat dinikmati pemandangannya dari ketinggian.

Selain itu, terdapat air terjun lainnya yang masih satu jalur di jalan utama tadi yang dilewati. Nma air terjun tersebut adalah Air Terjun Sialogo, Dan Air Terjun Siharimo.

Beda air terjun, ya beda juga sensasi serta sajian keindahannya. Dan traveling ke Air Terjun Ponot, merupakan perjalanan wisata yang takan terlupakan.

Bahwa kita pernah menyapa langsung salah-satu air terjun tertinggi yang ada di Indonesiaa. Air Terjun Ponot!

Ragam Aktivitas Wisata Air Terjun Ponot

Bukan hanya pesona keindahannya saja yang menjadi magnet utama para wisatawan datang ke Air Terjun Ponot. Tetapi, ragam wisatanya juga menghadirkan sebuah keseruan yang sulit dilupakan. Diantaranya :

1. Bermain Air Dan Berenang

Jika kalian ingin bermain air dan berenang, baiknya di tepian kolam saja. Jangan sampai di palung utama, atau lokasi tepat jatuhnya air terjun.

Selain di kolam utama, terdapat spot bermain air lainya yang lokasinya masih berdekatan dengan kolam utama. Tidak terlalu dalam, sehingga anak-anak bisa bermain disitu.

Bermain Air Di Air Terjun Ponot Asahan
Bermain Air Di Air Terjun Ponot Asahan. Sumber : travelspromo.com

Yang paling penting harus siap sedia air hangat ya… Karena bermain air, berenang, bahkan sekalipun tidak berenang, tetap saja akan merasa kedinginan karena percikan Air Terjun Ponot.

2. Hunting Foto

Terdapat lokasi favorit pengunjung untuk melakukan aktivitas hunting foto. Salah-satunya di bebatuan besar dengan latar Air Terjun Ponot.

Hunting Foto Di Air Terjun Ponot
Hunting Foto Di Air Terjun Ponot. Sumber : weku.io

Area parkiran juga bisa menjadi spot selfie, karena latar air terjun masih bisa terlihat jelas. Atau berlatarkan PLTA Sigura-gura, pegunungan, dan masih banyak lagi spot selfie lainya.

Yang penting jangan lupakan kamera anda untuk dibawa, serta abadikan momen kebahagiaan anda bersama keluarga di lokasi air terjun tertinggi di Indonesia, Air Terjun Ponot.

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Ponot

Lokasi dan alamat Air Terjun Ponot berada di Desa Tangga, Kecamatan Aek Songsongan, Kabupaten Asahan, Provinsi Sumatera Utara.

Rute Atau Jalan Menuju Air Terjun Ponot

Rute untuk menuju Air Terjun Ponot dari Medan bisa melalui Jalan Medan – Pematang Siantar. Jarak dari Medan memang sangat jauh, sekitar 216 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 4-5 jam perjalanan.

Bisa juga melalui Jalan Jamin Ginting, namun waktu dan jaraknya bisa semakin jauh dan lama. Saat memasuki area Desa tangga, berhati-hatilah selama memacu kendaraan.

Nikmati saja pemandangan yang tersaji, tidak perlu terburu-buru. Karena jalurnya banyak kelokan.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Ponot

Harga tiket Masuk Air Terjun Ponot sebesar :

  • Rp. 10.000 untuk kendaraan jenis motor
  • Rp. 20.000 untuk kendaraan jenis mobil

Jam Operasional Air Terjun Ponot

Jam operasional Air Terjun Ponot buka selama 24 jam dari hari Senin sampai dengan hari Minggu.

Penginapan Di Air Terjun Ponot

Tidak ada penginapan tepat di lokasi wisata Air Terjun Ponot

Penutup

Itulah review tentang air terjun tertinggi yang ada di Indonesia, Air Terjun Ponot. Semoga semakin menambah wawasan serta kebanggaan kita terhadap khazanah alam sekitar.

Patuhi protokol kemanan dan kesehatan, tetap aman dan nyaman ya…

Baca juga:

Leave a Comment