Air Terjun Widuri, Wisata Grobogan Yang Berbalut Legenda 7 Bidadari

Kabupaten Grobogan adalah salah-satu kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Tengah yang kaya dengan ragam wisata. Hampir semua tema wisata ada di Kabupaten Grobogan.

Selain itu, Kabupaten Grobogan sangat terkenal dengan destinasi wisata pemandian, dan goa. Namun beberapa tahun ini terdapat sebuah lokasi wisata air terjun yang mulai menarik perhatian para pengunjung.

Namanya  Air Terjun Widuri, yang terletak di Desa Kemadohbatur. Penataan fasilitas pendukung, terutama akses jalannya, menjadikan lokasi wisata Air Terjun Widuri selalu padat dikunjungi saat liburan tiba.

Air Terjun Widuri Grobogan
Air Terjun Widuri Grobogan. Sumber : travel.tribunnews.com

Dan inilah deskripsi lengkap tentang Air Terjun Widuri tersebut!

Trekking Atau Akses Jalan Menuju Air Terjun Widuri

Perjalanan menuju lokasi wisata Air Terjun Widuri sudah sangat menunjang untuk dilewati oleh kendaraan jenis motor, maupun mobil.

Saat memasuki Desa Kemadohbatur, pesona alam di sepanjang jalan yang dilalui kendaraan terhampar view yang sangat memanjakan mata. Ditambah bentuk jalan yang terbuat dari rabat beton semakin memberikan kenyamanan menuju lokasi wisata Air Terjun Widuri.

Area parkir Air Terjun Widuri berada berada tidak jauh dari jalan utama, serta lokasinya cukup luas.  View di lokasi parkiran juga sangat indah, pagar kayu yang berwarna warni, banyaknya pepohonan yang berjajar memberikan keteduhan, papan informasi, serta quote naratif menjadi view pembuka sebelum sampai di lokasi utama Air Terjun Widuri.

View Area Parkir Air Terjun Widuri
View Area Parkir Air Terjun Widuri. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Setelah sampai di lokasi parkiran, maka selanjutnya para pengunjung harus berjalan kaki untuk sampai di lokasi Air Terjun Widuri.

Trekking Menuju Air Terjun Widuri
Trekking Menuju Air Terjun Widuri. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Trekking menuju lokasi air terjun sudah sangat bagus, jalurnya sudah terbuat dari lapisan tembok atau beton. Selain itu, jalurnya juga cukup lebar, sehingga leluasa untuk dilalui.

Lokasi wisata Air Terjun Widuri cocok juga sebagai  destinasi wisata keluarga. jalur trekkingnya tidak berbahaya, serta di setiap turunan sudah terdapat anak tangga.

Trekking Berbentuk Tangga
Trekking Berbentuk Tangga. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Pemandang di sepanjang jalur trekking juga sangat indah, serta keberadaan pepohonan yang memberikan keteduhan untuk mencapai lokasi utama.

Disamping itu, terdapat beberapa tempat duduk, dan gazebo yang berada di samping jalur trekking, sebagai spot untuk mengehela nafas bagi mereka yang kelelahan menaiki anak tangga di saat pulang.

Spot Melepas Lelah Di Air Terjun Widuri
Spot Melepas Lelah Di Air Terjun Widuri. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Ada juga wahana permainan anak, seperti ayunan yang terletak di bawah pohon rindang. Tiupan angin dari pepohonan sekitar memberikan sensasi ketenangan saat berada di alam terbuka.

Perjalanan dari area parkir menuju Air Terjun Widuri tidak terlalu jauh, dan di trekking terakhir anda sudah bisa melihat sebuah air terjun tunggal, dengan kolam yang cukup luas, itulah Air Terjun Widuri sebagai tujuan utama perjalanan anda.

Lokasi Utama Air Terjun Widuri
Lokasi Utama Air Terjun Widuri. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Pesona Keindahan Air Terjun Widuri

Pada saat liburan tiba, lokasi wisata Air Terjun Widuri selalu dipadati oleh para wisatawan. Tentu saja hal ini dikarenakan terdapat daya pikat yang mampu mengndang orang untuk datang ke lokasi tersebut.

Dan inilah daya tarik wisata Air Terjun Widuri :

1. Pesona Air Terjun

Air Terjun Widuri memiliki ketinggian sekitar 40 meter, dengan arus air yang tidak terlalu deras. Air yang turun terhalang oleh batu besar yang menonjol di dinding Air Terjun Widuri. Sehingga air yang sampai di palung utama tidak terlalu besar.

Pesona Keindahan Air Terjun Widuri
Pesona Keindahan Air Terjun Widuri. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Kondisi kolamnya cukup luas, serta lokasinya dikelilingi oleh dinding tebing, serta bebatuan yang besar. Namun saat kondisi tertentu airnya akan sedikit keruh.

Pinggiran kolam utamanya juga tidak terlalu dalam, sehingga anak – anak anda bisa bermain air dengan leluasa. Namun bukan berarti harus abai terhadap aspek keamanan.

2. Pesona Alam Sekitar

Sebagian besar lokasi wisata Air Terjun Widuri dipenuhi oleh pohon jati, sehingga cuaca di sekitar lokasi tidak terlalu panas. Apalagi saat berada di dekat air terjun.

Secara keseluruhan view yang tersaji dari perjalanan saat menaiki kendaraan, jalur trekking, hingga sampai ke lokasi utama Air Terjun Widuri dipenuhi oleh pemandangan alam sekitar yang indah.

Pesona Keindahan Alam Sekitar
Pesona Keindahan Alam Sekitar. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

View di sekitar air terjun berupa tebing batu, pepohonan yang berada di sekitar tebing, serta udara yang sejuk adalah kenikmatan saat berwisata ke Air Terjun Widuri.

Ragam Aktivitas Wisata Di Air Terjun Widuri

Terdapat beberapa ragam aktivitas yang bisa dilakukan oleh para pengunjung saat berada di lokasi wisata Air Terjun Widuri. Diantaranya :

1. Berenang

Aktivitas yang pertama adalah berenang. Kedalaman di palung utama bisa dijadikan spot untuk berenang. Namun para pengunjung harus tetap berhati – hati ya…

2.Bermain Air

Bagi anda yang membawa istri dan anak-anak, bisa meakukan aktivitas bermain air di tepian kolam. Meskipun tidak langsung terkena oleh guyuran Air Terjun Widuri, namun percikan airnya bisa dirasakan sampai ke tepian kolam.

Bermain Air Di Air Terjun Widuri
Bermain Air Di Air Terjun Widuri. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

3. Hunting Foto

Keindahan alam sekitar, serta keindahan Air Terjun Widuri merupakan spot yang cocok untuk mengabadikan momen anda bersama keluarga.

4. Wahana Bermain Anak

Meskipun belum lengkap, namun di beberapa wahana bermain anak yang sudah ada bisa memberikan kebahagiaan untuk anak anda saat berada di lokasi wisata Air Terjun Widuri.

Dan redakan lelah anda di gazebo yang sudah tersedia, sambil bersenda gurau bersama keluarga.

Sejarah Nama Air Terjun Widuri

Sejarah nama Air Terjun Widuri diambil dari kata widodaren, yang berarti bidadari dalam bahasa Indonesia. Dan bidadari tersebut diambil dari legenda yang berkembang di sekitar lokasi wisata Air Terjun Widuri tentang bidadari yang tutun dari langit.

Legenda Air Terjun Widuri

Secara keseluruhan lokasi wisata air terjun identik dengan legenda 7 bidadari. Lokasi air terjun selalu dikaitkan sebagai lokasi mandinya bidadari yang turun dari khayangan, dan tentang sosok Jaka Tarub yang mencuri selendang bidadari yang bernama Dewi Nawangwulan.

Legenda Dewi Nawangwulan dan Jaka Tarub, adalah legenda Air Terjun Widuri yang beredar di masyarakat sekitar.

Air Terjun Widuri Legenda 7 Bidadari
Air Terjun Widuri Legenda 7 Bidadari. Sumber : www.youtube.com

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Widuri

Lokasi dan alamat Air Terjun Widuri berada di Dusun Widuri, Area sawah, Desa Kemadohbatur, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah.

Rute Atau Jalan Menuju Lokasi Wisata Air Terjun Widuri

Lokasi Wisata Air Terjun Widuri berjarak sekitar 19 kilometer dari Purwodadi. Akses jalan menuju lokasi wisata tersebut bisa melalui Jaalan Raya Purwodadi – Blora.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Widuri

Harga tiket masuk Air Terjun Widuri Rp. 5.000 per orang

Jam Operasional Air Terjun Widuri

Jam operasional Air Terjun Widuri buka dari pukul 07.00 sampai dengan pukul 17.00 dari hari Senin sampai dengan hari Minggu.

Penginapan Di Lokasi Wisata Air Terjun Widuri

Tidak ada penginapan di lokasi wisata Air Terjun Widuri. Penginapan terdekat berjarak sekitar 17 kilometer dari lokasi wisata Air Terjun Widuri.

Penutup

Demikian review Air Terjun Widuri. Semoga menjadi referensi awal bagi anda yang berencana mengisi liburan di lokasi tersebut.

Sebaiknya kunjungan ke lokasi Air Terjun Widuri  tidak dilakukan di saat puncak musim hujan. Patuhi protokol kesehatan, dan selalu menjaga aspek keamanan ya.

Dan jangan membuang sampah sembarangan!

Baca juga:

Leave a Comment