Api Abadi Mrapen, Review Asal Usul, Mitos, Hingga Fenomena Unik Di Grobogan

|

Api Abadi Mrapen bisa menjadi pilihan tujuan tempat wisata di Grobogan saat liburan nanti. Karena tempat tersebut menyajikan fenomena alam yang tidak biasa, unik, dan edukatif.

Api Abadi Mrapen kondisi saat ini sudah mengalami banyak sekali perbaikan, penataan, dan penambahan fasilitas wisata yang akan membuat nyaman para pengunjung.

api abadi mrapen
api abadi mrapen. google maps. sumber: Supartono Drs Mkom

Fenomena api abadi sangatlah jarang ditemukan, bahkan api abadi yang dijadikan tempat wisatapun sangatlah langka. Oleh karena itu kunjungan wisata ke Api Abadi Mrapen Grobogan sangatlah direkomendasikan.

Dan objek wisata api abadi yang populer setidaknya terdapat di Pamekasan Jawa Timur, dan di Grobogan Jawa Tengah.

Simak juga: Bledug Kuwu, Wisata Unik Dan Langka Di Grobogan

Lokasi Api Abadi Mrapen

Lokasi Api Abadi Mrapen berada di alamat Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah.

Rute Menuju Api Abadi Mrapen

komplek api abadi mrapen
komplek api abadi mrapen. google maps. sumber: Adhy

Jalan menuju Api Abadi Mrapen bisa diakses oleh kendaraan roda dua, maupun roda empat hingga area parkiran Api Abadi Mrapen Grobogan.

Jarak tempuh dari Alun – Alun robogan atau Purwodadi ke Api Abadi Mrapen sekitar 27 kilometer, dengan waktu tempuh 45 menitan dengan menggunakan mobil.

Simak juga: Ganesha Tidur Banjarejo

Harga Tiket Masuk Api Abadi Mrapen

Wisata Api Abadi Mrapen adalah tempat wisata Groboan yang murah – meriah, hanya dengan membayar Rp. 2.500 saja maka anda sudah bisa menikmati fenomena api yang tak pernah padam.

Jam Buka Api Abadi Mrapen

Api Abadi Mrapen Grobogan buka selama 24 jam, dan beroperasional setiap hari.

Simak juga: Air Terjun Widuri

Fasilitas Di Api Abadi Mrapen

fasilitas di api abadi mrapen
fasilitas di api abadi mrapen. google maps. sumber: Rizki Ayun_

Fasilitas wisata di Api Abadi Mrapen adalah sebagai berikut:

  • Area parkir,
  • Toilet,
  • Landmark,
  • Beberapa spot selfie,
  • Aula pertemuan.

Asal – Usul Api Abadi Mrapen

asal usul api abadi mrapen
asal usul api abadi mrapen. google maps. sumber: rudibin rohadi

Asal usul Api Abadi Mrapen sangat terkait erat dengan sejarah perjalanan Sunan Kalijaga saat selesai melakukan penaklukan kerajaan Majapahit oleh kerajaan Demak.

Di tengah perjalanan, Sunan Kalijaga beserta rombongan beristirahat di sebuah tempat yang kini menjadi sebuah desa tempat Api Abadi Mrapen berada, yaitu Desa Manggarmas.

Saat malam tiba, Sunan Kalijaga menemukan sebuah api yang menyembur dari tanah yang kini dikenal dengan sebutan Api Abadi Mrapen.

Simak juga: Embun Bening

Mitos Di Api Abadi Mrapen

Mitos yang ada di Api Abadi Mrapen terkait sebuah batu besar yang bernama Watu Bobot. Konon jika ada seseorang yang mampu mengangkat batu tersebut, maka semua keinginannya akan terkabul.

Daya Tarik Api Abadi Mrapen

1. Fenomena Alam Yang Unik

landmark api abadi mrapen
landmark api abadi mrapen. google maps. sumber: Lenny Ismail

Api Abadi Mrapen merupakan fenomena alam, atau fenomena geologi dari gasalam  yang ada di dalam tanah. Kandungan gas tersebut menyebur ke atas menjadi api.

Disebut api abadi dikarenakan apinya tidak pernah padam sekalipun diguyur hujan. Tetapi di tahun 2020, api tersebut sempat padam.

Namun kini api tersebut sudah menyala kembali dan tak pernah padam. Saat ini di sekeliling Api Abadi Mrapen sudah tertata secara baik, termasuk dibangunnya landmark yang menjadi spot selfie favorit pengunjung.

Dan perlu diketahui bahwa daerah tersebut memiliki potensi gas alam yang sangat besar. Sehingga bagi penduduk yang ingin menggali tanah tidak boleh asal-asalan.

2. Tempat Wisata Yang Bersejarah

monumen kejadian penting
monumen kejadian penting. google maps. sumber: Novi Eko Prasetyo

Api Abadi Mrapen Groboan telah menorehkan beberapa peristiwa yang sangat bersejarah, khususnya moment menyalakan obor pada beberapa kegiatan besar. Di antaranya:

  • Asian Games 2018,
  • PON XIV Tahun 1996,
  • Pesta Olah Raga GANEFO I pada tahun 1963,
  • PON X Tahun 1981,

Beberapa moment tersebut menjadi sebuah penegasan bahwa Api Abadi Mrapen bukan hanya sekedar tempat wisata biasa, dan sangat recommended untuk dikunjungi.