Ganesha Tidur Banjarejo, Wisata Sejarah Instagramable Di Grobogan

|

Ganesha Tidur Banjarejo adalah salah – satu bagian dari Desa Wisata Banjarejo dan wisata Grobogan yang menyajikan konsep wisata sejarah yang berbalut trend kekinian.

Ganesha Tidur Banjarejo mirip dengan patung Buddha di Thailand yang berukuran sangat besar, sekaligus menjadi magnet utama untuk mendatangkan para pengunjung ke Desa Banjarejo.

balung
balung. google maps. sumber: Muhammad Ariyanto

Memang begitulah seharusnya penyajian konsep wisata sejarah tidak terus monoton, tidak terkesan menjenuhkan. Tetapi dengan catatan bukan berarti harus merubah subtansi sejarah, maupun barang-barang yang bersejarahnya.

simak juga: tempat wisata di batang

Maksud penulis lebih kepada konten, atau ornamen pendukung lainnya yang mampu menyesuaikan dengan tuntutan wisata yang kekinian.

Dan Taman Wisata Ganesha Tidur Banjarejo Grobogan telah membuktikan hal tersebut. Lalu apa saja daya tariknya? Inilah reviewnya yang sudah kami siapkan untuk anda!

Lokasi Ganesha Tidur Banjarejo

  • Lokasi Ganesha Tidur Banjarejo terletak di Desa Wisata Banjarejo.
  • Alamat Ganesha Tidur Banjarejo, atau Patung Ganesha Tidur berada di Dusun Barak, Kedungjati, Desa Banjarejo, Kecamatan Gabus, Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah.
taman yang cantik
taman yang cantik. google maps. sumber: Rizki Ayun__

Rute Menuju Ganesha Tidur Banjarejo

Jalan menuju Ganesha Tidur Banjarejo lokasinya strategis berada di jalan utama yang bisa dilalui oleh kendaraan roda dua, maupun roda empat.

Area parkirannya berada di luar area Taman Wisata Patung Ganesha Tidur Banjarejo. Adapun jarak dari Alun – Alun Grobogan ke lokasi utama Patung Ganesha Tidur sekitar 41 kilometer.

Jika kondisi jalan lancar, maka jarak tempuh dari Alun – Alun ke Ganesha Tidur Banjarejo sekitar 1 jam 15 menitan. Jika uaca cerah, maka anda dapat mengeksplore setiap sudut keindahan objek wisata tersebut.

simak juga: pagoda avalokitesvara

Harga Tiket Masuk Ganesha Tidur Banjarejo

  • Tiket masuk Ganesha Tidur Banjarejo Rp. 5.000 (Umum).
  • Tiket masuk Ganesha Tidur Banjarejo Rp. 3.000 (Pelajar).

Jam Buka Ganesha Tidur Banjarejo

  • Taman Wisata Patung Ganesha Tidur Banjarejo buka dari pukul 08.00 – 17.00.
  • Taman Wisata Patung Ganesha Tidur Banjarejo beroperasional setiap hari.
hunting foto keren
hunting foto keren. google maps. sumber: Rizki Ayun__

Fasilitas Di Ganesha Tidur Banjarejo

Fasilitas wisata di Wisata Taman Ganesha Tidur Banjarejo adalah sebagai berikut:

  • Patung Ganesha,
  • Area parkir,
  • Toilet,
  • Penjual makanan, dan minuman,
  • Aula pertemuan,
  • Gazebo,
  • Spot selfie berlatarkan sawah,
  • Tempat duduk yang nyaman.

simak juga: sunrise hill bandungan

Daya Tarik Ganesha Tidur Banjarejo

1. Patung Buddha Raksasa

patung ganesha tidur
patung ganesha tidur. google maps. sumber: Muhammad Ariyanto

Daya tarik pertama dari objek wisata tersebut adalah patung Ganesha yang sedang tertidur dan berukuran sangat besar, berwarna kuning emas yang memberikan sentuhan mewah.

Patung Ganesha Tidur Banjarejo memiliki ketinggian sekitar 4,5 meter, panjang 11 meter, dan lebar 1 meter. Tentu saja keberadaan patung tersebut menjadi latar spot foto favorit para wisatawan.

Selain itu, di kawasan objek wisata Ganesha Tidur Banjarejo sudah tertata secara baik, dan menyajikan nuansa wisata yang kekinian, atau instagramable.

Dari mulai penataan lampu, tempat duduk, hingga bunga-bunga indah di samping jalur trekking. Selain itu ada juga spot selfie dengan latar area pesawahan yang indah.

simak juga: tempat wisata di pekalongan

2. Rumah Fosil Banjarejo

salah satu koleksi fosil
salah satu koleksi fosil. google maps. sumber: Rizki Ayun__

Wisata Ganesha Tidur Banjarejo juga menyajikan sisi edukatif dengan keberadaan Rumah Fosil Banjarejo. Setidaknya terdapat 1300 fosil yang sudah teridentifikasi, dan 300 fosil lainnya yang belum teridentifikasi.

Sejarah Rumah Fosil Banjarejo dimulai pada tahun 2015. Lahir dari rasa kepedulian untuk melestarikan fosil-fosil purbakala yang banyak di temukan di Desa Banjarejo.

Lokasi Rumah Fosil Banjarejo berada di seberang kawasan Ganesha Tidur, dan yang paling penting bahwa penyajian sisi edukasi sejarahnya juga tidak menjenuhkan.