Alun-Alun Taman Adipura Kota Sumenep, Taman Rekreasi dengan Konsep Ruang Terbuka Hijau

Selain sebagai ikon kabupaten paling timur di Madura, taman ini juga mudah di kunjungi karena berada di jantung Kota Sumenep. Alun-alun Taman Adipura menjadi salah satu destinasi wisata populer di kota Sumenep. Lokasinya berdekatan dengan Masjid Agung Jamik Sumenep yang memiliki sejarah dan desain arsitektur yang menarik.

alun alun taman adipura sumenep
alun alun taman adipura sumenep. google maps. sumber : Sugi Arto

Tiap hari Alun-alun Taman Adipura ini selalu ramai pengunjung. Keberadaannya di pusat kota menjadi tempat yang tepat untuk bersantai melepas lelah. Menjadi taman rekreasi dengan konsep ruang terbuka hijau. Ditempat ini banyak pohon rindang yang akan menyegarkan suasana. Tersedia beberapa kursi taman yang bisa dijadikan tempat bercengkerama bersama orang terdekat.

Alun-Alun Taman Adipura terkenal dengan desain taman yang indah. Taman Ini tertata dengan rapi dan indah dengan air mancur di depan taman. Dikelilingi oleh pepohonan yang rindang dan area terbuka yang luas. Menciptakan suasana yang nyaman dan menenangkan bagi pengunjung.

Tidak hanya itu, Alun-Alun Taman Adipura juga menyediakan berbagai fasilitas dan aktivitas rekreasi. Terdapat area bermain anak, tempat duduk yang nyaman, dan area untuk bersantai. Menikmati pemandangan alam, berolahraga hingga berwisata kuliner.

Taman ini juga sering menjadi lokasi penyelenggaraan acara seni dan budaya. Seperti pertunjukan musik, festival seni hingga pameran barang antik.

Alamat Alun-Alun Taman Adipura Kota Sumenep

  • Jl. Veteran, Lingkungan Delama, Pajagalan, Kec. Kota Sumenep, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur 69416.

Jam Buka

  • Buka setiap hari 24 jam.

Harga Tiket Masuk

Sebagai taman terbuka hijau, pengelola Taman Adipura tidak memungut tiket masuk dan karcis parkir kendaraan bagi pengunjung yang datang.

Pengelola memberikan layanan parkir yang luas dan menjaga keamanan bermotor milik pengujung. Sepeda motor bisa masuk di luar taman. Namun saat malam Minggu, mobil di parkir di jalan raya.

Rute ke Alun-Alun Taman Adipura Kota Sumenep

Alun-Alun Taman Adipura Kota Sumenep, lokasinya mudah dijangkau dari berbagai arah karena berada di jantung kota. Bila anda sedang berada di pusat kota, bisa dijangkau dengan berjalan kaki menuju ke alun-alun ini.

  • Akses untuk sampai ke tempat tersebut sangat mudah. Jika dari terminal Bus Arya Wiraraja, arahnya ke utara. Jika menggunakan kendaraan pribadi dan bergerak dari arah Pamekasan, ikut saja jalan kabupaten, tanpa harus ke terminal dulu. Nanti akan terlihat taman tersebut. Jika khawatir kesasar, bisa menggunakan GPS.

Transportasi

Alun-Alun Taman Adipura Kota Sumenep ini terletak di tengah kota. Untuk menuju lokasi ini dapat menggunakan transportasi angkutan umum, atau kendaraan pribadi seperti mobil atau motor. Akses jalan yang dilalui sudah sangat baik selayaknya jalur perkotaan yang mudah untuk dilintasi semua jenis kendaraan.

Ada Apa di Alun-Alun Taman Adipura Kota Sumenep

Taman Adipura Kota Sumenep
Taman Adipura Kota Sumenep. google maps. sumber : Indro Setiawaji

Lokasinya berada di depan Masjid Agung Sumenep. Taman Adipura adalah taman kota yang juga berada di jantung kota Sumenep. Alun-Alun Taman Adipura menyediakan berbagai fasilitas dan aktivitas rekreasi. Setiap hari Taman Adipura selalu ramai pengunjung, dan biasanya akan semakin ramai pada akhir pekan.

Taman Bunga Indah

taman bunga di alun alun sumenep
taman bunga di alun alun sumenep. google maps. sumber : ervina susanti

Taman bunga adalah taman rekreasi bagi keluarga. Taman disini tertata dengan rapi dan indah. Konsep ruang terbuka hijau yang memberikan kesejukan. Alun-Alun Taman Adipura ini terkenal dengan desain taman yang indah. Dikelilingi oleh pepohonan yang rindang dan area terbuka yang luas. Taman ini menciptakan suasana yang nyaman bagi pengunjung.

suasana taman bunga di alun alun sumenep
suasana taman bunga di alun alun sumenep. google maps. sumber : kadir aja

Wisatawan dapat menikmati waktu bersantai di sini sambil menikmati pemandangan sekitarnya. Di dalam taman ini, juga terdapat patung-patung dan karya seni yang menggambarkan kebudayaan daerah Sumenep.

Pesona Malam di Alun-Alun Taman Adipura Sumenep

suasana malam alun alun taman adipura sumenep
suasana malam alun alun taman adipura sumenep. google maps. sumber : Wawan FX Multimedia

Satu hal menarik di Taman Adipura adalah menjelang malam hari. Taman Adipura akan terlihat lebih semarak saat malam menjelang, terutama malam Minggu. Pada malam-malam tersebut banyak pengunjung yang menikmati indahnya pemandangan lampu yang menghiasi taman.

alun alun taman adipura sumenep malam hari
alun alun taman adipura sumenep malam hari. google maps. sumber : ang Allie

Taman bunga memberikan warna-warni pemandangan indah yang memancar dari lampu di setiap sudut. Baik gemerlap lampu hias yang terang di tiang, air mancur, gazebo, replika bunga yang mungil, dan lainnya.

Wisata Kuliner

Bagi pecinta kuliner, di seberang jalan ada pedagang kaki lima, warung, kafe, dan rumah makan. Stand pedagang kaki lima ini mengelilingi tepi Taman Adipura. Pengunjung bisa membeli rujak, jagung rebus manis, popcorn, pentol, jus buah, es kacang hijau, kopi, soto, sate dan lain sebagainya. Harganya pun ramah di kantong.

Area Permainan Anak

Bagi pengunjung yang membawa anak kecil, banyak disediakan arena permainan seru. Seperti odong-odong, sepeda motor mungil, dan lain-lain.

Pagelaran Seni, Musik dan Budaya

pagelaran seni budaya di taman adipura sumenep
pagelaran seni budaya di taman adipura sumenep. google maps. sumber : Yuniatin Tirta

Taman Adipura Kota Sumenep juga sering menjadi lokasi penyelenggaraan acara seni dan budaya. Seperti pertunjukan musik, festival seni, dan pameran barang antik. Biasanya setiap malam Minggu pengunjung dihibur oleh aksi panggung memukau yang dimainkan oleh musisi muda berbakat. Pertunjukan acara tersebut menambah daya tarik dan menarik minat wisatawan untuk mengunjungi Alun-Alun Taman Adipura.

Berswafoto

berswafoto di taman adipura sumenep
berswafoto di taman adipura sumenep. google maps. sumber : Ani Bahtiar

Di Taman Adipura juga terdapat sejumlah titik spot untuk berfoto yang cukup instagramable. Seperti sangkar burung merpati, gazebo, dan kursi-kursi taman yang tersedia.

Fasilitas Alun-Alun Taman Adipura Kota Sumenep

Berikut adalah fasilitas dan sarana umum yang tersedia di Alun-Alun Taman Adipura Kota Sumenep.

  • Area parkir
  • Kursi taman
  • Permainan anak-anak
  • Pagelaran seni budaya
  • Cafe, warung, penjual makanan dan minuman
  • Taman dan lain-lain.

Hotel Sekitar Alun-Alun Taman Adipura Kota Sumenep

Hotel, villa atau penginapan sekitar Alun-Alun Taman Adipura Kota Sumenep.

  • Asmi Hotel
    Berjarak sekitar 140 meter dari Alun-Alun Taman Adipura Kota Sumenep.
    Jl. Kapten Tesna, Lingkungan Delama, Pajagalan, Kec. Kota Sumenep, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur 69416. 0878-4619-5222.
  • De Baghraf Hotel Sumenep
    Berjarak sekitar 220 meter dari Alun-Alun Taman Adipura Kota Sumenep.
    Jl. Panglima Sudirman No.5 – 5a, Lingkungan Delama, Pajagalan, Kec. Kota Sumenep, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur 69416. (0328) 6769999.
  • El Malik Hotel
    Berjarak sekitar 530 meter dari Alun-Alun Taman Adipura Kota Sumenep.
    Jl. HOS Cokroaminoto No.9, Lingkungan Delama, Pajagalan, Kec. Kota Sumenep, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur 60000. (021) 29706666.
  • Kaberaz Hotel Sumenep
    Berjarak sekitar 1,1 km dari Alun-Alun Taman Adipura Kota Sumenep.
    Jl. Siwalan, Pangarangan, Kec. Kota Sumenep, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur 69417. (0328) 6767111.
  • Hotel C1
    Berjarak sekitar 1,1 km dari Alun-Alun Taman Adipura Kota Sumenep.
    Jl. Sultan Abdurahman, Gudang, Kolor, Kec. Kota Sumenep, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur 69417. 0877-5012-2331.

Tempat Wisata Sekitar Alun-Alun Taman Adipura Kota Sumenep

  • Museum Keraton Sumenep
  • Masjid Agung Jamik Sumenep

Video Alun-Alun Taman Adipura Kota Sumenep

Video Alun-Alun Taman Adipura Kota Sumenep berikut dikutip dari channel : Walking Withme

Penutup

Jika anda berkunjung ke Kota Sumenep, pastikan tidak melewatkan untuk berkunjung ke Taman Adipura. Alun-alun Taman Adipura menjadi salah satu destinasi wisata populer di kota Sumenep. Lokasinya dekat dengan Masjid Agung Jamik Sumenep yang memiliki sejarah dan desain arsitektur yang menarik.

Setiap hari Alun-alun Taman Adipura ini selalu ramai pengunjung terutama pada akhir pekan. Alun-Alun Taman Adipura menyediakan berbagai fasilitas dan aktivitas rekreasi. Keberadaannya di pusat kota menjadi tempat yang tepat untuk bersantai dan menjadi tempat liburan keluarga.