Wisata Alam Somber Rajeh, Wisata Terbaru di Sumenep dengan Pemandangan Alam Mempesona

Meskipun pembangunan belum sepenuhnya selesai, tetapi antusias masyarakat untuk berkunjung ke tempat wisata ini sangat tinggi. Wisata Alam Somber Rojeh merupakan tempat wisata baru di Kabupaen Sumenep yang menyajikan pemandangan alam yang mempesona. Panorama alam indah dengan aliran air yang jernih, sejuk dan menyenangkan.

wisata alam somber rojeh sumenep
wisata alam somber rajeh sumenep. google maps. sumber : Hosni

Keunggulan tempat wisata baru ini terletak pada suasana alam yang indah ditengah lahan persawahan. Dilengkapi spot foto keren yang menarik dan instagramable. Ditambah dengan fasilitas bangunan ala Eropa yang mempercantik kawasan wisata ini.

Dinamakan Somber Rojeh karena wisata ini memiliki 2 Sumber Mata Air yang Besar. Disini airnya tak pernah kering meski pada musim kemarau. Sebelum berubah menjadi tempat wisata, sumber mata air yang berada di sekitar Wisata Somber Rojeh ini dulunya dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk kerperluan sehari-hari. Sebagai tempat pemandian, mencuci baju, hingga sebagai tempat irigasi persawahan.

Somber Rajeh kemudian digarap sebagai destinasi wisata karena menawarkan sejuta keindahan. Sementara untuk pengelolaannya, akan diserahkan kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Wisata alam yang berada di area persawahan dengan fasilitas kolam pemandian khusus anak-anak dan dewasa. Juga dilengkapi dengan kafe dan lokasi Glamping di area persawahan. Tak hanya itu, pengunjung juga akan dimanjakan dengan panorama aliran sungai yang jernih. Tempat wisata ini juga banyak spot foto dengan properti-properti menarik.

Alamat Wisata Alam Somber Rajeh

  • Desa Rombiya Timur, Kecamatan Ganding, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. 69462.

Jam Buka

  • Buka setiap hari. 07.30 WIB – 21.30 WIB.

Harga Tiket Masuk

  • Harga tiket masuk Rp.10.000,- / orang.
  • Parkir mobil Rp.5.000,-
  • Parkir motor Rp.2.000,-

Rute ke Wisata Alam Somber Rajeh

Wisata Alam Somber Rajeh berjarak sekitar 22 km dari Alun-alun Taman Adipura Kota Sumenep. Dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 40 menit berkendara.

  • Rute dari Alun-alun Taman Adipura Kota Sumenep : Ambil Jl. Raya Lenteng dan Jl. Lenteng Timur – Sumenep ke Jl. Raya Lenteng/Jl. Trunojoyo/Jl. Wilis di Sar Perreng Utara. Terus mengemudi dari Jl. Ps. Telaga ke Watuwak. Mengemudi dari Jl. Asta ke Daja Lorong Satu. Kemudian belok kanan hingga sampai di lokasi wisata tujuan.

Transportasi

Jarak Wisata Alam Somber Rajeh cukup dekat sekitar 22 km dari Alun Alun Taman Adipura. Anda bisa mencapainya menggunakan kendaraan seperti mobil dan sepeda motor dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 40 menit berkendara. Akses jalan yang dilalui sudah sangat baik dan mudah untuk dilintasi semua jenis kendaraan.

Ada Apa di Wisata Alam Somber Rajeh

Wisata Alam Somber Rojeh menjadi salah satu destinasi wisata Alam yang unik dan menarik di Sumenep. Memanfaatkan aliran air jernih dari Sumber mata air di sekitarnya. Pembangunan wisata ini terletak di area persawahan sehingga pengunjungnya bisa merasakan suasana khas alam pedesaan.

Menikmati Suasana Alam

wisata alam somber rojeh
wisata alam somber rajeh. google maps. sumber : Basri Art

Lokasi wisata baru itu berada di daerah persawahan dengan aliran air yang sangat jernih. Menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan udara yang sejuk dan menyenangkan. Serta terdapat fasilitas lain berupa bangunan ala eropa di pinggirnya.

suasana malam di wisata alam somber rojeh
suasana malam di wisata alam somber rojeh. google maps. sumber :  Halil Kafrawi

Berkunjung ke tempat ini benar-benar healing menikmati pemandangan indah dan suasana syahdu alam Pedesaan. Tak hanya pagi dan sore, wisata ini akan terlihat mengagumkan saat malam tiba. Saat malam hari suasana di Somber Rajeh juga sangat epik dengan lampu cahaya terang diatas kolam yang menghiasi setiap bangunan. Kemudian ada jalan kayu penghubung kolam dengan rumah ala Eropa.

Kolam Renang Air Alami

kolam renang air alami
kolam renang air alami. google maps. sumber : Basri Art

Wisata Alam Somber Rojeh ini menawarkan wisata air berupa kolam renang yang berasal dari sumber mata air alami. Sehingga dijamin air di kolam ini tidak berbau kaporit. Airnya selalu berganti dan terus mengalir menjadikan kolam ini tetap terjaga baik kebersihan maupun kesegarannya.

Camping

Kedepannya Wisata Alam Somber Rajeh akan menyediakan lokasi Camping.

Spot Foto Instagramable

berswafoto di wisata alam somber rojeh
berswafoto di wisata alam somber rojeh. google maps. sumber : Basri Art

Selain tempatnya nyaman untuk bersantai tempat wisata ini dilengkapi banyak spot foto dengan properti-properti menarik. Pengunjung bisa bebas berswafoto kekinian di bangunan ala eropa yang merupakan salah satu spot foto favorit anak muda saat berkunjung kesini.

Fasilitas Wisata Alam Somber Rajeh

Berikut adalah fasilitas dan sarana umum yang tersedia di Alam Somber Rajeh Sumenep.

  • Area parkir
  • Mushola
  • Toilet
  • Kamar ganti
  • Kolam renang
  • Cafe
  • Gazebo dan lain-lain.

Video Wisata Alam Somber Rajeh

Video Wisata Alam Somber Rajeh berikut dikutip dari channel : Podcast Mahasiswa

Penutup

Wisata Alam Somber Rojeh merupakan tempat wisata terbaru di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Tempat ini menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan dengan aliran air yang jernih, sejuk, dan menyenangkan. Keunggulan tempat ini terletak pada suasana alam yang mempesona di tengah lahan persawahan.