Wisata Mangrove Kedatim, Desa Wisata Kreatif di Sumenep Jawa Timur

Wisata Mangrove Kedatim menyuguhkan pesona alam yang sungguh indah dan memukau. Wisata Mangrove Kedatim juga telah diakui dan dinobatkan menjadi juara dalam lomba Desa Wisata Nusantara tahun 2022 lalu.

Desa Wisata Mangrove Kedatim
Desa Wisata Mangrove Kedatim. google maps. sumber : Wisata Mangrove Kedatim

Kabupaten Sumenep, Jawa Timur tak hanya terkenal dengan keindahan pantai dan budayanya saja. Tetapi juga menyimpan beragam destinasi wisata yang menarik. Salah satunya adalah Wisata Mangrove Kedatim.

Tempat wisata ini menawarkan panorama alam yang indah. Daya tarik dari tempat wisata ini yaitu terdapatnya beragam jenis tumbuhan mangrove. Pemandangan mempesona dengan suasana hutan mangrove yang hijau dan asri. Pohon bakau yang menjulang tinggi dengan akar-akar yang menjalar. Suasana alam yang alami untuk dinikmati bersama sahabat dan keluarga.

Udara ditempat ini sangat sejuk dengan nuansa pedesaan yang tenang dan damai. Menariknya disini tersedia lintasan jogging track sepanjang 800 meter. Para pengunjung bisa berkeliling menikmati keindahan mangrove diatas jembatan ini. Anda juga bisa bersantai menikmati panorama alam di gazebo yang telah disediakan. Gazebo dengan ilalang yang dibangun ditengah rindangnya pohon mangrove.

Selain menikmati keindahan alam hutan mangrove, jangan lewatkan kegiatan hunting foto. Disepanjang lintasan jogging track dibuatkan spot-spot foto yang keren dan instagenic.

Juara Lomba Desa Wisata Nusantara 2022

Tempat wisata ini telah menjadi daya tarik para wisatawan, baik dari dalam maupun luar kota. Selain menawarkan keindahan alam yang asri dan indah, Wisata Mangrove Kedatim telah diakui dan dinobatkan menjadi juara dalam lomba Desa Wisata Nusantara tahun 2022 lalu.

Prestasi menjadi juara ketiga dalam Lomba Desa Wisata Nusantara tahun 2022 yang digagas oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). Menjadi bukti nyata atas keberhasilan Wisata Mangrove Kedatim dalam menjaga dan mengembangkan destinasi wisata yang ramah lingkungan.

Wisata Mangrove Kedatim ini berawal dari aksi cinta lingkungan yang digagas oleh para pemuda dan masayrakat desa tersebut. Mereka menjalankan kegiatan menanam mangrove di sepanjang pantai yang mengelilingi desa mereka. Dalam prosesnya, tercetus ide untuk mengembangkan menjadi sebuah desa wisata. Objek wisata alam dan edukasi seiring dengan tumbuhnya hutan mangrove yang asri dan lebat.

Alamat Wisata Mangrove Kedatim

  • Jl. Pelabuhan, Dusun Ro’soro, Desa Kebundadap Timur, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. 69467.

Jam Buka

  • Buka setiap hari. 07.00 WIB – 21.00 WIB.

Harga Tiket Masuk

  • Harga tiket masuk : Rp. 10.000,-
  • Parkir mobil Rp. 5.000,-
  • Parkir motor Rp. 3.000,-

Rute ke Wisata Mangrove Kedatim

Wisata Mangrove Kedatim berjarak kurang lebih 15 km dari kota atau Alun-alun Taman Adipura Sumenep. Dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 30 menit berkendara. Untuk sampai ke lokasi sangatlah mudah dan tidak begitu rumit.

  • Jika berangkat dari arah Kota Sumenep : Ambil arah timur di Jl. Veteran menuju Jl. Kapten Tesna. Gunakan lajur mana pun untuk belok kanan ke Jl. Kapten Tesna. Belok kanan ke Jl. Kesatrian. Belok kiri ke Jl. Raya Pamekasan – Sumenep/Jl. Raya Sumenep/Jl. Talang Siring/Jl. Trunojoyo.
  • Lanjutkan untuk mengikuti Jl. Raya Pamekasan – Sumenep/Jl. Raya Sumenep/Jl. Talang Siring. Belok kiri ke Jl. Raya Tj. Belok kiri ke Jl. Pelabuhan. Tujuan wisata ada di sebelah kanan.

Transportasi

Akses jalan menuju Wisata Mangrove Kedatim relatif mudah. Dari pusat Kota Sumenep, pengunjung dapat menggunakan transportasi umum atau kendaraan pribadi seperti motor atu mobil untuk mencapai pantai ini.

Ada Apa di Wisata Mangrove Kedatim

Wisata Mangrove Kedatim
Wisata Mangrove Kedatim. google maps. sumber :  diassaidrock

Wisata Edukasi

wisata edukasi mangrove kedatim
wisata edukasi mangrove kedatim. google maps. sumber :  Wisata Mangrove Kedatim

Sebagai kawasan konservasi bakau, Wisata Mangrove Kedatim memiliki banyak jenis bakau. Hal tersebut menjadi sarana wisata edukatif yang positif untuk menambah pengetahuan. Diperkirakan terdapat 22 jenis bakau di kawasan tersebut, termasuk Rhizphora Mucronata, Rhizphora Stylosa, dan Rhizpora Apiculata dan masih banyak lainnya. Pengunjung bebas menikmati keindahan ragam tanaman bakau lebih dekat di setiap rute yang tersedia.

Untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung dan menjaga hutan bakau. Pihak pengelola menghimbau pengunjung untuk tidak buang sampah ke area hutan mangrove. Terlebih mangrove banyak sekali manfaatnya terutama bagi berkembangbiaknya ikan, kelestarian alam, hingga menjaga abrasi.

Jembatan Kayu

jembatan kayu di wisata mangrove kedatim
jembatan kayu di wisata mangrove kedatim. google maps. sumber : Anis Viski

Salah satu yang menjadi daya tarik utama di wisata ini adalah jembatan kayu sepanjang 850 meter. Jembatan yang terbuat dari kayu jati ini menjadi jalur tempat para wisatawan berjalan mengelilingi hutan bakau tersebut.

fasilitas gazebo di wisata mangrove kedatim
fasilitas gazebo di wisata mangrove kedatim. google maps. sumber : adel abu aufa

Selain itu, tempat wisata ini juga dilengkapi 23 gazebo yang atapnya terbuat dari rumput ilalang.

Menikmati Pemandangan Alam Mangrove

Wisata Mangrove Kedatim Sumenep Jawa Timur
Wisata Mangrove Kedatim Sumenep Jawa Timur. google maps. sumber : 14_Lukman fnr
suasana alami wisata mangrove kedatin
suasana alami wisata mangrove kedatin. google maps. sumber : Lingga Kurniawan

Wisata Mangrove Kedatin di Sumenep menawarkan pemandangan alam yang mempesona, asri dan alami. Para wisatawan bisa menikmati udara segar yang dihembuskan oleh pepohonan hijau, sambil berjalan-jalan diatas jembatan kayu.

Hunting Foto

Spot Foto di Wisata Mangrove Kedatim
Spot Foto di Wisata Mangrove Kedatim. google maps. sumber : Wisata Mangrove Kedatim

Di sini juga tersedia banyak spot foto keren dan nstagrammable. Wisata Mangrove Kedatim juga sering dijadikan lokasi hunting foto hingga lokasi prewedding.

berswafoto di wisata mangrove kedatim
berswafoto di wisata mangrove kedatim. google maps. sumber : Wisata Mangrove Kedatim

Cafe Bar

Tempat wisata ini juga dilengkapi dengan cafe bar. Cafe bar ini menyediakan beragam kuliner khas daerah, baik makanan dan minuman ringan hingga berat.

Fasilitas Wisata Mangrove Kedatim

Berikut adalah fasilitas dan sarana umum yang tersedia di Wisata Mangrove Kedatim.

  • Area parkir
  • Toilet
  • Mushola
  • Gazebo
  • Spot foto dan lain-lain.

Hotel Sekitar Wisata Mangrove Kedatim

Hotel, villa atau penginapan sekitar Wisata Mangrove Kedatim.

  • Arya Wiraraja Sweet Home
    Berjarak sekitar 7,4 km dari Wisata Mangrove Kedatim.
    Jl. Arya Wiraraja, Gedungan Timur, Gedungan, Kec. Batuan, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur 69451. 0823-3216-9550.
  • Hotel Kangen
    Berjarak sekitar 7,6 km dari Wisata Mangrove Kedatim.
    Jl. Adi Poday Gg. V No.93, Manggeling, Kolor, Kec. Kota Sumenep, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur 69417. 0877-6893-2002.
  • Hotel C1
    Berjarak sekitar 8,5 km dari Wisata Mangrove Kedatim.
    Jl. Sultan Abdurahman, Gudang, Kolor, Kec. Kota Sumenep, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur 69417. 0877-5012-2331.
  • Family Nur Hotel
    Berjarak sekitar 8,6 km dari Wisata Mangrove Kedatim.
    Perumahan Bumi Sumekar Asri, Jl. Sultan Abdurahman No.No 1, Gudang, Kolor, Kec. Kota Sumenep, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur 69417. 0877-5507-2011.
  • Hotel El Malik
    Berjarak sekitar 9,6 km dari Wisata Mangrove Kedatim.
    Jl. HOS Cokroaminoto No.9, Lingkungan Delama, Pajagalan, Kec. Kota Sumenep, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur 60000. (021) 29706666.
  • De Baghraf Hotel Sumenep
    Berjarak sekitar 9,6 km dari Wisata Mangrove Kedatim.
    Jl. Panglima Sudirman No.5 – 5a, Lingkungan Delama, Pajagalan, Kec. Kota Sumenep, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur 69416. (0328) 6769999.

Tempat Wisata Sekitar Wisata Mangrove Kedatim

  • Pantai e Kasoghi Sumenep

Video Wisata Mangrove Kedatim

Video Wisata Mangrove Kedatim berikut dikutip dari channel : Ryan Abdillah

Penutup

Dengan keindahan alam yang memukau dan Lomba Desa Wisata Nusantara tahun 2022 lalu. Menjadikan Wisata Mangrove Kedatim semakin populer dan tidak boleh dilewatkan bagi kamu yang sedang berada di Sumenep.

Wisata Mangrove Kedatim merupakan sebuah destinasi wisata alam yang menawarkan panorama alam yang indah. Yang menjadi daya tarik dari tempat wisata ini yaitu terdapatnya beragam jenis tumbuhan mangrove.