Bukit Bintang Baturraden Banyumas, Wisata Gratis dengan Nuansa Romantis

|

Bukit Bintang Baturraden merupakan salah satu tempat wisata di Kabupaten Banyumas atau lebih dikenal Purwokerto yang cocok untuk dijadikan tempat nongkrong santai bersama orang-orang tersayang saat liburan.

Bukit Bintang Baturraden selalu menjadi pilihan tempat bagi wiatawan yang ingin melihat keindahan Kota Purwokerto di ketinggian.

Selain seru untuk jalan-jalan santai melihat pemandangan, banyak juga pegunjung yang berkemah di Bukit Bintang Baturraden ini.

jembatan
jembatan. google maps. sumber: Andre Mirza

simak juga: baturraden adventure forest

Bukit Bintang Baturraden ini juga adalah salah satu tempat wisata Banyumas yang tidak menerapkan tiket masuk untuk wisatawan yang berkunjung alias gratis.

Saat ini, insfrastuktur Bukit Bintang Baturraden semakin keren setelah dilakukan renovasi. Tempat wisata ini di-design dengan gaya modern, sehingga pengunjung lama yang kembali datang kesini tentu akan dibuat pangling dengan arsitekturnya.

Dengan wajah baru Bukit Bintang Baturraden ini makin banyak wisatawan yang tertarik untuk berkunjung, ber-selfi ria di berbagai spot keren, serta sering dijadikan tempat untuk berbagai event besar, seperti konser musik dan lain sebagainya.

Saat ini di area Bukit Bintang Baturraden sedang dibangun wahana baru yaitu Taman Botani yang nantinya siap untuk diakses pengunjung yang datang ke Bukit Bintang Baturraden.

Lokasi Bukit Bintang Baturraden

  • Lokasi Bukit Bintang Baturraden berada di kawasan Lokawisata Baturraden tepatnya di sebelah timur.
  • Alamat lengkapnya berada di Jalan Pangeran Limboro, Dusun III, Berubahan, Desa Kemutug Lor, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.
bukit bintang baturraden
bukit bintang baturraden. google maps. sumber: Andre Mirza

Rute Menuju Bukit Bintang Baturraden

Bukit Bintang Baturraden merupakan tempat wisata yang tidak terlalu jauh dari  pusat kota. Jika kamu berangkat dari Alun Alun Purwokerto, hanya perlu menghabiskan waktu sekitar 27 menit dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat.

Pertama ambil Jalan Brigade di Rempoah sejauh 6 km atau sekitar 14 menit perjalanan, lalu arahkan kemudimu ke Jalan Raya Baturraden. Tidak jauh dari situ masuklah ke Dusun III Karangmangu sejauh 5,7 km. Setelah itu kamu akan sampai di lokasi tujuan.

simak juga: taman balai kemambang

Jam Buka Bukit Bintang Baturraden

Bukit Bintang Baturraden buka setiap hari dari Senin sampai Minggu selama 24 jam nonstop.

area bermain anak
area bermain anak. google maps. sumber: Setiawan Reno

Harga Tiket Masuk Bukit Bintang Baturraden

Tidak ada biaya tiket masuk untuk berkunjung ke Bukit Bintang Baturraden.

Fasilitas Bukit Bintang Baturraden

Beberapa fasilitas yang dapat kamu jumpai saat berkunjung ke Bukit Bintang Baturraden Banyumas, diantaranya:

  • Toilet
  • Mushola
  • Spot Foto
  • Warung Makanan
  • Amphiteatre
  • Tempat Duduk
  • Area Parkir Kendaraan Luas

simak juga: bukit tranggulasih

Daya Tarik Bukit Bintang Baturraden

1. Berbagai Spot Foto dengan Infrastuktur Modern

Bukit Bintang Baturraden memiliki gaya infrastuktur yang terkesan megah dan modern di sepanjang area. Saat dipintu masuk wisatawan akan terfokus pada ukiran tulisan Bukit Bintang Baturaden yang besar dan indah. Ini menjadi spot foto pertama yang menarik perhatian pengunjung.

Setelah itu, kamu juga dapat mengabadikan foto di Amphitheater atau Plaza sambil duduk-duduk santai di spot tangga.

Disini juga terdapat jembatan yang bisa digunakan pengunjung untuk melihat city light di malam hari, serta menjadi spot foto paling  aesthetic karena view nya mengarah langsung ke Gunung Slamet dan terlihat jelas Kota Purwokerto secara keseluruhan.

lokawisata baturraden
lokawisata baturraden. google maps. sumber: Bambang Eko Listrianto

2. Melihat Sunset dan Sunrise

Karena Bukit Bintang Baturraden ini berada di ketinggian, tentu menjadi tempat yang pas bagi kamu yang ingin menyaksikan keindahan Sunset di sore hari, atau Sunrise di pagi hari.

Rasakan nuansa romantis saat mengabadikan indahnya matahari terbit dan terbenam di tempat ini bersama orang-orang tersayang. Di malam harinya kamu juga bisa melihat kerlap-kerlip lampu kota Purwokerto bak bintang bertaburan.

Sesuai namanya Bukit Bintang Baturraden sering dikunjungi di malam hari, dengan melihat bintang yang bertaburan di langit.

simak juga: taman andhang pangrenan

3. Panorama Alam yang Epic dan Sejuk

Semilir angin serta hijaunya pepohonan akan membuatmu nyaman dan tenang selama menghabiskan waktu di Bukit Bintang Baturraden.

Kamu bisa duduk santai di tempat duduk Amphitheatre, menggelar tikar sambil mini piknik bersama teman dan keluarga. Selain itu tempat ini juga ramah anak karena ada beberapa wahana permainan yang bisa dicoba.

amphitheater
amphitheater. google maps. sumber: Bambang Sugianto

4. Taman Botani

Di sekitar Bunit Bintang Baturraden terdapat Taman Botani yang menyimpan beberapa koleksi tanaman langka, seperti kaktus, anggrek, bromelia dan masih banyak lagi yang lainnya.

Penutup

Belum ke Purwokerto kalau belum menginjakan kaki ke Bukit Bintang Baturraden dan merasakan sendiri keseruannya. Ajaklah teman, keluarga untuk refreshing bersama di tempat ini sambil melihat keindahan Purwokerto di ketinggian.