Hutan Pinus Limpakuwus Banyumas, Wisata Outdoor Lengkap dan Kekinian

|

Hutan Pinus Limpakuwus Banyumas atau Hutan Pinus Limpakuwus Purwokerto menjadi salah satu destinasi wisata keluarga favorit yang ada di Kabupaten Banyumas.

Seperti namanya, tempat wisata ini menyajikan suasana liburan outdoor yang kaya akan keindahan alam serta kesejukan udaranya.

Tak hanya menikmati pesona alam yang tersaji, di Hutan Pinus Limpakuwus juga kamu bisa mencoba berbagai permainan seru yang disediakan pihak pengelola.

hutan pinus limpakuwus
hutan pinus limpakuwus. google maps. sumber: Eka Harista

simak juga: bukit bintang baturraden

Lokasi Hutan Limpakuwus yang tidak jauh dari pusat kota juga menjadikan tempat wisata ini ramai dikunjungi wisatawan.

Hanya saja, saat ingin berwisata ke Hutan Limpakuwus setiap pengunjung harus melewati akses jalan yang berliku dan naik turun. Jadi, harus ekstra hati-hati ya.

FYI, kamu bisa membawa bekal makanan sendiri dan disantap bersama orang-orang tersayang sambil piknik di tempat ini.

Lokasi Hutan Pinus Limpakuwus

Lokasi Hutan Pinus Limpakuwus beralamat di area sawah Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Rute Menuju Hutan Pinus Limpakuwus

Jika kamu berangkat dari Alun-alun Purwokerto, jarak tempuh untuk sampai ke Hutan  Pinus Limpakuwus hanya 17 km atau sekitar 36 menit perjalanan.

Jalan menuju Hutan Pinus Limpakuwus tidak terlalu besar, namun begitu kamu tetap bisa melewatinya dengan kendaraan roda dua atau empat.

Dari Alun-alun Purwokerto arahkan kendaraanmu ke Jalan Raya Baturaden. Terus melaju di Jalan Raya Baturaden dan belok kanan setelah Warung Kopi Admi. Setelah 2,5 km belok kanan ke Jalan Hutan Pinus Limpakuwus, tak lama kemudian kamu akan langsung sampai di lokasi tujuan.

Setelah melewati perjalanan yang cukup menantang, lelahmu akan langsung disambut dengan udara yang segar lagi menyejukan, dengan panorama Gunung Slamet serta Hutan Pinus yang memanjakkan mata.

jembatan gantung
jembatan gantung. google maps. sumber: Herry Sumbadi

simak juga: taman andhang pangrenan

Jam Buka Hutan Pinus Limpakuwus

Hutan Limpakuwus buka dari Senin hingga Minggu, dari pukul 08.00 sampai dengan 16.00 WIB.

Harga Tiket Hutan Pinus Limpakuwus

  • Harga tiket masuk Hutan Limpakuwus Rp. 20.000,- per orang
  • Harga tiket wahana playground anak-anak Rp. 10.000,- hingga Rp. 15.000,- per orang

Fasilitas Hutan Pinus Limpakuwus

Diantara fasilitas yang bisa kamu jumpai saat berwisata di Hutan Pinus Limpakuwus, diantaranya:

  • Wahana Outbond,
  • Wahana Playground,
  • Camping Ground,
  • Jembatan Gantung,
  • Hammock,
  • Penginapan/ Cottage,
  • Warung Makanan,
  • Toilet,
  • Mushola,
  • Spot Foto,
suasananya adem
suasananya adem. google maps. sumber: Setyo Purwono

simak juga: bukit tranggulasih

Daya Tarik Hutan Pinus Limpakuwus

1. Pesona Alam yang Indah dan Aesthetic

First impression yang akan kamu rasakan saat berkunjung ke Hutan Pinus Limpakuwus adalah tempatnya yang begitu indah. Karena tempat wisata ini merupakan area hutan yang ditumbuhi pohon pinus, sehingga udara yang ada di area ini sangatlah bersih, sejuk dan menyegarkan.

Menampilkan view Gunung Slamet menjadikan Hutan Pinus Limpakuwus semakin aesthetic dilihat dari berbagai sisi. Jangan lewatkan untuk eksplor  kawasan wisata ini dengan berjalan-jalan atau jogging santai.

2. Wahana Outbond dan Playground Lengkap

playground kids
playground kids. google maps. sumber: Priyo Kuncoro Jati

Selain menikmati pemandangan alam sekitar kamu juga bisa mencoba berbagai wahana outbond seru yang ada di Hutan Pinus Limpakuwus. Kamu bisa memacu adrenalin dengan bermain Flying Fox, jembatan gantung, spider, dan masih banyak lagi.

Selain itu tersedia wahana seru untuk bermain anak, spotnya bernama Playground Kids. Dimana anak-anak bisa bermain kereta mini, trampolin, ayunan, rumah slider, hingga mobil-mobilan.

Untuk mencoba wahana Outbond atau Playground ini pengunjung harus mengeluarkan biaya tambahan. Tenang aja tiketnya dibawah Rp. 20.000,- kok.

simak juga: taman balai kemambang

3. Cottage/ penginapan

Untuk merasakan sensasi bermalam di Hutan Pinus Limpakuwus kamu bisa mencoba fasilitas cottage atau penginapan yang tersedia di sini.

Desain dari cottage nya cukup unik, bentuknya seperti tenda tetapi sudah didesign permanen. Fasilitas penunjang cottage ini pun setara dengan hotel. Terbayang bagaimana serunya menginap di hotel yang ada di tengah hutan kan?

4. Camping Ground

camping ground
camping ground. google maps. sumber: Eka Harista

Bagi kamu si anak outdoor yang hobi kemah, pihak pengelola pun menyediakan area khusus  berupa Camping Ground untuk digunakan pengunjung yang ingin berkemah.

Kamu bisa membawa peralatan camping sendiri atau menyewa peralatan yang disediakan pihak pengelola. Pada akhir pekan area camping ground ini ramai ditempati pengunjung.

5. Spot Foto Intagramable

Yang tak boleh ketinggalan saat berlibur ke suatu tempat adalah berfoto. Di Hutan Pinus Limpakuwus banyak dibangun spot foto keren yang tentunya Instagramable.

Kamu bisa berfoto di Jembatan, replika berbentuk hati, serta taman yang lengkap dengan background keindahan Hutan Pinus Limpakuwus.

simak juga: museum jenderal sudirman

Penutup

Nikmati liburan serumu dengan berkunjung ke Hutan Pinus Limpakuwus. Coba berbagai fasilitas yang tersedia di tempat wisata nan indah ini. Jangan lupa ajak rombonganmu agar liburan semakin hangat dan memorable.