Curug Cihear, Info Trekking Dan Ragam Wisata Alam Nan Elok Di Lebak, Banten

Daerah Lebak Banten memiliki keindahan alam yang masih sangat alami, masih banyak tempat wisata yang indah dan menakjubkan namun belum dikelola secara maksimal.

Salah satunya ialah Curug Cihear yang terletak di perbatasan Desa Cigobang dan Desa Ciladaeun, dimana curug ini memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan.

Kamu akan mendapatkan ketenangan hati dan fikiran ketika berada di Curug Cihear. Berikut ulasan lengkap mengenai Curug Cihear, check this out!

Trekking Menuju Curug Cihear

Untuk menuju Curug Cihear kamu harus melakukan trekking yang cukup panjang dan melelahkan, berbagai macam jalur akan kamu lalui.

Sebelum kejadian longsor yang menimpa Lebak, Banten beberapa bulan lalu, para pengunjung yang menggunakan kendaraan roda dua dapat meneruskan perjalanan hingga menuju area parkir.

Namun kejadian longsor tersebut membuat jalan menuju area parkir tersapu oleh dahsyatnya longsoran, sehingga saat ini para pengunjung harus berjalan cukup jauh.

Menyusuri jalan yang menanjak merupakan trekking pertama yang harus kamu lalui, jalurnya masih berupa tahan liat dengan jurang disebelah kananmu.

Lalu kemudian kamu akan melalui jalan yang menurun namun tak begitu curam, melewati perkebuanan milik warga. Terdapat sebuah saung sederhana untuk kamu beistirahat barang sejenak.

Setelah melewati gerbang pintu masuk menuju Curug Cihear, kondisi jalur trekking kamu semakin tak karuan. Jalan setapak yang mengecil, rindangnya pepohonan dikiri dan kanan jalan.

Jalur trekkingnya sangat curam serta tidak ada petunjuk yang akan mengarahkanmu, sehingga lebih baik kamu minta diantar oleh warga sekitar jika ngga mau tersesat.

Jalur Trekking Menuju Curug Cihear
Jalur Trekking Menuju Curug Cihear. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Karena jalur yang dilalui didominasi turunan, baiknya kamu menemukan batang pohon yang dapat kamu manfaatkan menjadi sebuah tongkat. Untuk kamu para pecinta alam dan suka menjelajah, jalur trekking seperti ini pasti dapat dengan mudah dilewati.

Setelah menyusuri jalan setapak ditengah hutan, kamu akan dibawa menyusuri sungai dengan menyebrangi sebuah jembatan sederhana yang terbuat dari besi namun aman untuk dilewati.

Sungai Yang Akan Kamu Lalui
Sungai Yang Akan Kamu Lalui. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Tak berapa lama kemudian keindahan Curug Cihear akan kamu saksikan. Trekking selama hampir satu jam bahkan bisa lebih telah kamu lalui, namun tergantikan dengan keindahan Curug Cihear yang menakjubkan.

Pesona Keindahan Curug Cihear

Curug Cihear terletak di Gunung Leutik dimana masih berada di Kawasan Gunung Halimun Salak. Kamu dapat melihat Curug Cihear dari kejauhan ketika sedang melakukan Trekking.

Aliran air yang dicurahkan mengalir melalui bebatuan yang menjadi penyangganya, airnya berwarna putih dengan aliran yang cukup deras cukup membuat takjub mata ini.

Curug Cihear
Curug Cihear. Photo By: @syefi_sulaiman. Sumber: www.instagram.com

Penamaan Curug Cihear sendiri mengandung makna air yang teramat deras dan indah. Penamaan tersebut bukanlah sebuah hal yang berlebihan, karena Curug Cihear memang memiliki keindahan yang sangat menakjubkan.

Lokasinya yang berada di ketinggian dengan diapit oleh pepohonan yang sangat rindang di kedua sisinya, angin berhembus menyejukkan raga yang lelah.

Keindahan Curug Cihear
Keindahan Curug Cihear. Sumber: virtualtour.bantenprov.go.id

Air yang putih bersih turun melewati tebing batu, suara deburannya sangat menenangkan dan menyejukkan. Dari atas Curug Cihear kita dapat melihat aliran sungai yang tadi kita sebrangi.

Ragam wisata Ketika Berada di Curug Cihear

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan ketika berada di Curug Cihear, diantaranya:

1. Menikmati Keindahan Alam

Keindahan alam yang masih alami akan kamu rasakan ketika berada di Curug Cihear, melihat megahnya aliran air yang jatuh ditambah dengan sejuknya angin yang menyentuh badanmu.

Menikmati Keindahan Curug Cihear
Menikmati Keindahan Curug Cihear. Sumber: www.senengpiknik.com

Curug yang begitu tinggi dengan aliran air yang cukup deras juga putih bersih menambah kekaguman kita terhadap keajaiban tangan Tuhan yang telah menciptakan ini semua.

2. Bermain Air

Curug Cihear tidak mempunyai kolam penampungan dibawahnya, airnya langsung mengalir menuju sungai melalui bebatuan.

Sehingga cara yang dapat kamu lakukan untuk menikmati airnya hanyalah dengan bermain-main air dan membiarkan aliran airnya menerpa tubuhmu.

Bermain Segarnya Air Curug Cihear
Bermain Segarya Air Curug Cihear. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Kamu dapat duduk-duduk diatas sebuah batu yang tepat berada di bawah aliran air Curug Cihear, biarkan segarnya air menghilangkan semua penat yang dirasakan.

3. Arung Jeram

Ragam wisata lainnya yang dapat kamu nikmati ketika berada di Curug Cihear adalah dengan melakukan olahraga Arung Jeram di aliran sungai Ciberang, karena memang lokasinya yang saling berdekatan.

Sungai Ciberang mempunyai aliran air yang cukup deras, selain itu sungainya lebar pas banget untuk kamu yang suka olahraga ekstrim seperti arung jeram.

4. Berfoto

Mengabadikan keindahan alam yang dihadirkan alam di Curug Cihear merupakan hal yang harus kamu lakukan. Keindahan curugnya selalu menjadi spot foto yang banyak diburu oleh para pengunjung.

Mengabadikan Curug Cihear
Mengabadikan Curug Cihear. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Lokasi Dan Alamat Curug Cihear

Lokasi Curug Cihear berada di Gunung Leutik dan masih berada di Kawasan Gunung Halimun Salak.

Alamat lengkapnya terletak di perbatasan Desa Cigobang dan Desa Ciladaeun, Kecamatan Lebak Gedong, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Rute Menuju Curug Cihear

Rute menuju Curug Cihear jika kau bergerak dari Bogor, kamu akan melakukan perjalanan sekitar 3 sampai 4 jam perjalanan dengan mengarahkan kendaraanmu menuju Leuwiliang kemudian menuju Jasinga tiba di Cipanas arahkan kendaraanmu menuju Kampung Muhara.

Jika kamu bergerak dari Rangkasbitung arahkan kendaraanmu menuju Sajira setelah itu tiba di Cipanas kemudian menuju Kampung Muhara. Dengan estimasi waktu perjalanan sekitar 2,5 jam perjalanan.

Tiket Masuk Curug Cihear

Untuk dapat menikmati keindahan Curug Cihear, kamu tidak dipungut biaya sepeserpun alias masih gratis.

Jam Operasional Curug Cihear

Jam operasional Curug Cihear pun belum diberlakukan jadi kamu bisa datang kapan saja, namun mengingat jalur trekking yang akan kamu lalui cukup berat dan belum ada penerangan disepanjang jalur maka lebih baik datang ketika matahari masih bersinar.

Fasilitas Curug Cihear

Fasilitas yang tersedia di area Curug Cihear belum ada apa-apa, karena memang lokasinya yang masih sangat asri dan alami.

Tips Wisata

Berikut saya sampaikan beberapa tips wisata untuk kamu yang hendak mengunjungi Curug Cihear, yakni diantaranya:

  • Pastikan kondisi cuaca sedang cerah, tidak mendung apalagi hujan.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman untuk melakukan trekking dijalur yang cukup terjal.
  • Bawalah persediaan makanan dan minuman untuk bekal kamu selama berada di Curug Cihear.
  • Bawalah obat-obatan yang biasa kamu gunakan.
  • Berhati-hatilah ketika menapaki jalur trekking.
  • Mintalah warga sekitar untuk menjadi seorang guide atau petunjuk jalan.
  • Jagalah selalu kebersihan dan keasrian lokasi Curug Cihear.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk menyimpan momen indah ketika berada di Curug Cihear.

Penutup

Jalur trekking yang panjang dan curam jangan mematahkan semangat kamu untuk mengunjungi Curug Cihear ini. Jadikanlah hal tersebut sebagai sebuah tantangan untuk menguji ketahanan fisik kamu.

Sesuatu yang memerlukan pengorbanan akan mendapatkan hasil yang luar biasa. Dan itu terbukti ketika kamu mengunjungi Curug Cihear. Keindahan curug yang menakjubkan akan kamu dapatkan.

Jangan lupa siapkan foto terbaikmu ketika sedang berada di Curug Cihear, ya!


Tinggalkan komentar