Curug Munding, Air Terjun di Tengah Perkampungan Lebak Banten

Kabupaten Lebak merupakan sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Banten. Ibu kotanya  ialah Rangkasbitung. Yang paling terkenal di Lebak Banten ialah wisata adat Baduy nya, dimana suku Baduy mempunyai keunikan tersendiri.

Selain itu, daerah Lebak mempunyai keadaan alam yang masih sangat alami. Masih banyaknya area pesawahan dan perkebunan.

Tepatnya di daerah Gunungkencana Lebak terdapat sebuah air terjun atau curug yang bernama Curug Munding.

Curug Munding
Curug Munding. Sumber: serangbackpacker69.wordpress.com

Lokasi Curug Munding tak jauh dari Curug Sewu Banten. Letaknya berada di tengah perkampungan warga, sehingga akses menuju kesana tidak terlalu sulit.

Saat ini Curug Munding diambil alih pengelolaannya oleh Perhutani Lebak, Banten. Belum banyak orang yang datang untuk mengunjungi Curug Munding, sehingga kamu akan merasakan ketenangan saat berada disini.

Simak lebih jauh ulasan mengenai Curug Munding berikut, check this out!

Trekking Curug Munding

Jalur menuju Curug Munding terbilang mudah dan tidak susah. Kamu tidak akan merasakan lelah atau sulit menapaki jalan untuk sampai menikmati Curug Munding ini.

Perjalanan dimulai dengan menggunakan kendaraan bermotor. Saya sarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua, karena jalanannya akan semakin sempit.

Menggunakan mobil bisa saja, namun jika ada yang datang dari arah berlawanan akan sangat sulit. Jalanannya sudah sangat bagus, beraspal dan mulus sekali. Mungkin hanya sedikit yang belum rata.

Gapura Curug Munding
Gapura Curug Munding. Sumber: www.radarbanten.co.id

Setelah kamu memasuki gerbang Curug Munding, kamu akan menapaki jalan pedesaan yang sangat asri. Dikelilingi hamparan sawah serta perkebunan kelapa sawit. Sepanjang perjalanan kamu akan disuguhi pemandangan yang luar biasa menakjubkan.

Kamu pun akan melewati sebuah jembatan, dimana dibawahnya mengalir sungai yang suka dimanfaatkan oleh warga sekitar.

Jarak yang akan kamu tempuh dari gapura Curug Munding menuju lokasi parkir sekitar 5 km. Setelah sampai di lokasi parkir Curug Munding, kamu harus memulai perjalanan dengan berjalan kaki.

Perjalanan dimulai diatas paving blok yang berbaris dengan rapih, tak jauh dari lokasi parkir kamu akan berjumpa loket masuk Curug Munding.

Setelah itu kamu akan melewati area pesawahan warga, karena memang Curug Munding ini berada di tengah-tengah perkampungan warga.

Kemudian kamu harus menuruni beberapa anak tangga yang dibuat warna warni, setelah itu sampailah kamu di lokasi Curug Munding.

Tangga Menuju Curug Munding
Tangga Menuju Curug Munding. Sumber: www.picuki.com

Mudah bukan? Trekking yang kamu lakukan tidak terlalu sulit. Kamu hanya perlu berjalan sejauh kurang lebih 120 meter saja dari area parkir.

Pesona Keindahan Curug Munding

Asal mula pemberian nama Curug Munding ini bermula dari sebuah kejadian, dimana pernah pada dahulu kala ada seekor kerbau yang jatuh dari atas Curug ini.

Kemudian setelah kejadian tersebut, warga sekitar menyebut curug ini sebagai Curug Munding. Curug artinya air terjun dan Munding sendiri artinya kerbau. Dan dikenal sampai saat ini dengan nama tersebut.

Curug Munding memiliki ketinggian sekitar 12 meter namun memiliki bentuk yang lebar. Debit air yang dialirkan sangat deras sekali. Sehingga memunculkan uap di sekitar jatuhnya air terjun.

Disamping air terjun terdapat aliran air terjun yang jauh lebih kecil, dengan aliran air yang berundak-undak. Mengeluarkan air diantara rindangnya pepohonan.

Landscape Curug Munding
Landscape Curug Munding. Sumber: dispar.bantenprov.go.id

Curug Munding berada tepat di samping area pesawahan warga, sembari menikmati deburan air Curug Munding kamu pun bisa menikmati hamparan pemandangan yang menyejukkan mata yang tak bisa setiap hari kamu rasakan.

Keadaan air pada saat musim hujan memang sedikit keruh dan berwarna coklat, namun jika musim kemarau tiba airnya akan terlihat lebih jernih.

Ragam wisata Curug Munding

Saat berada di Curug Munding kamu bisa melakukan ragam wisata berikut :

1. Bermain Air

Di sekitar Curug Munding terdapat sebuah kolam dengan bentuk yang tidak terlalu lebar, namun memiliki kedalaman yang sangat dalam yakni sekitar 7 meter.

Maka kamu dipastikan tidak boleh berenang di area ini karena terlalu berbahaya, selain itu karena debit air yang turun sangat besar sehingga mengakibatkan arusnya pun akan kuat.

Kamu masih bisa menikmati air Curug Munding dengan duduk-duduk di bebatuan yang ada di sekitarnya. Namun ingat tetap harus waspada dan hati-hati ya.

Bermain Air Curug Munding
Bermain Air Curug Munding. Sumber: nyero.id

2. Berpiknik

Dekat aliran Curug Munding terdapat sebuah tempat yang bisa kamu gunakan untuk bepiknik sekaligus menikmati curahan air Curug Munding dari dekat.

Gardu Pandang Curug Munding
Gardu Pandang Curug Munding. Sumber: brisik.id

Bercengkrama bersama keluarga ditemani deburan Curug Munding ditambah asrinya pemandangan disekitar, merupakan nikmat yang luar biasa.

3. Spot Foto

Di gardu pandang tersebut dapat pula kamu gunakan untuk mengambil keindahan Curug Munding, dengan berfoto didepannya. Hamparan keindahan alam selalu menjadi latar yang baik untuk sebuah foto atau video.

Selfie Sendiri
Selfie Sendiri. Sumber: www.picuki.com

Lokasi Dan Alamat Curug Munding

Lokasi Curug Munding berada di Provinsi Banten, tepatnya berada di alamat Desa Cicaringin, Kecamatan Gunungkencana, Kabupaten Lebak.

Rute Menuju Curug Munding

Rute menuju Curug Munding dari Rangkasbitung melaju menuju Jl. Arief Rahman Hakim Kaduagung. Setelah itu tetap berada di Jl. Syekh Nawawi, kemudian menuju Jl. Raya Kaduagung-Cileles. Setelah berada di Jl. Raya Gunung Kencana lajukan kendaraanmu menuju ke Cicaringin setelah itu kamu akan menemukan gapura wisata Curug Munding.

Kemudian masuklah ke gapura tersebut, dan ikuti saja jalan yang ada. Maka kamu akan tiba di area parkir Curug Munding.

Tiket Masuk Curug Munding

Untuk dapat menikmati Curug Munding, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 3.000,- saja per orangnya.

Jam Operasional Curug Munding

Jam operasional Curug Munding dibuka setiap hari Senin sampai hari Minggu dimulai pukul 07.00 sampai 17.15 wib.

Fasilitas Curug Munding

Fasilitas yang tersedia di Curug Munding hanyalah lahan parkir dan gardu pandang saja. Warung kecil ada di sekitar area parkir itu pun hanya ada satu dengan jumlah makanan yang terbatas. Sedangkan untuk fasilitas kamar mandi belum ada.

Kuliner Khas Lebak Banten

Saat kamu mengunjungi sebuah daerah, tentulah kamu harus membawa oleh-oleh untuk keluarga atau teman. Nah pada saat kamu mengunjungi Lebak, Banten kamu wajib membawa oleh-oleh sebagai berikut:

1. Emping Melinjo

Emping Melinjo khas lebak lebih tebal jika dibandingkan dengan emping dari daerah lain. Proses pembuatannya ialah melinjo dipipihkan dengan menggunakan batu setelah itu dijemur sampai kering.

2. Keceprek

Keceprek sama seperti emping berbahan dasar melinjo, namun proses pembuatan keceprek tidak dipipihkan tetapi dengan cukup sekali tumbuk/keprek saja. Keceprek biasanya dijual dalam kodisi yang sudah matang.

3. Gula Aren Batok

Gula aren batok khas Lebak memiliki struktur yang lebih padat, selain itu berwarna coklat tua dan tentunya tahan lama. Selain itu keunggulan gula aren batok Lebak ini dibuat murni dari nira aren tanpa campuran apapun.

Tips Wisata

Berikut beberapa tips wisata saat kamu akan mengunjungi Curug Munding, yakni:

  • Pastikan keadaan cuaca cerah ceria ya, tidak mendung apalagi hujan.
  • Bawalah persediaan makanan dan minuman sendiri.
  • Jagalah kebersihan area Curug Munding.
  • Ikuti aturan yang ditetapkan oleh pengelola Curug Munding.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan Curug Munding.
  • Jika membawa serta anak-anak harap jaga dan awasi baik-baik.

Penutup

Air merupakan keperluan pokok manusia, tak dapat dibayangkan jika persediaan air yang ada di bumi ini sedikit atau bahkan sampai habis.

Keberadaan Curug Munding sangat penting untuk kehidupan warga sekitar. Maka dari itu, kita yang datang mengunjungi harus dapat menjaga dan ikut serta melestarikan Curug Munding.

Kamu harus datang dan nikmati keindahan alam Curug Munding ini saat berkunjung ke daerah Lebak Banten. Dan jangan lupa siapkan foto terbikmu, ya!

Baca juga:

Leave a Comment