Curug Surodipo Temanggung, Trekking, Tiket, Dan Pesona Keindahan Yang Menyimpan Sejarah Di Jawa Tengah

Indonesia memiliki keindahan alam yang luar biasa, keindahan yang dimiliki dari Sabang sampai Merauke sungguh sangat menakjubkan.

Kamu ngga perlu pergi ke luar negeri untuk berlibur, cukup keliling Indonesia saja berbagai tempat wisata dengan tema yang berbeda akan kamu dapati.

Contohnya saja dengan mengunjungi Curug Surodipo yang terletak di Kecamatan Wonoboyo, Temanggung ini. Dijamin kamu akan semakin mencintai alam Indonesia.

Ngga percaya? Simak ulasan lengkap mengenai Curug Surodipo berikut, check this out!

Trekking menuju Curug Surodipo

Saat kamu memasuki area Curug Surodipo, kamu akan disuguhi dengan pemandangan yang luar biasa. Sebelum melanjutkan perjalan menuju Curug Surodipo kamu harus mengisi buku tamu terlebih dahulu.

Kemudian, lanjutkan perjalanan dengan meggunakan sepeda motor. Melaju diatas jalan yang masih berupa tanah dan bebatuan dengan lebar yang hanya cukup untuk satu mobil.

Jalan Yang Harus Kamu Lalui
Jalan Yang Harus Kamu Lalui. Sumber: www.nasirullahsitam.com

Disepanjang perjalanan yang kamu lihat hanyalah hamparan keindahan alam yang menakjubkan, jalan yang tak terlalu rata pun tak kamu rasakan saking takjubnya melihat alam Curug Surodipo.

Setelah memakirkan kendaraanmu, kamu harus melanjutkan perjalan dengan berjalan kaki sejauh kira-kira 400 meter dengan estimasi waktu 15 sampai 20 menit. Tergantung kecepatan kamu dalam melangkah.

Melakukan trekking dijalan yang masih berupa tanah, serta melewati perkebunan kopi dan tembakau milik warga akan kamu lalui. Trekkingnya cukup menanjak walaupun tak terlalu curam, namun cukup membuat nafas terengah-engah.

Jalan setapak pun akan kamu lalui, ditengah perjalanan kamu akan menemukan sebuah gardu pandang yang sengaja dibuat untuk dijadikan spot foto.

Gardu Pandang
Gardu Pandang. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Gardu pandang tersebut terbuat dari besi dengan memiliki tangga disisinya. Dari sana kamu dapat melihat hamparan alam yang disajikan.

Selepas dari gardu pandang tersebut, kamu harus melanjutkan perjalanan untuk menuju tujuan awal yakni Curug Surodipo.

Trekking yang akan kamu lalui bisa dibilang cukup ekstrim, karena dibeberapa area sebelahmu adalah jurang yang lumayan dalam. Namun keindahan dan hawa sejuknya mengalahkan segalanya.

Tangga Menuju Curug Surodipo
Tangga Menuju Curug Surodipo. Sumber: kkn.undip.ac.id

Ketika kamu mulai menuruni tangga yang sudah tersusun dengan rapih dengan pegangan disebelah kanannya, itu artinya trekking yang kamu lakukan akan segera berakhir.

Awalnya kamu menuruni tangga yang sudah tersusun rapih, kemudian tangga yang masih alami. Tangga itulah yang akan membawamu lebih dekat dengan Curug Surodipo.

Melihat keindahan Curug Surodipo dan alam disekitarnya, rasa lelah yang kamu rasakan sirna sudah digantikan dengan rasa takjub.

Pesona Keindahan Curug Surodipo

Curug Surodipo memiliki ketinggian sekitar 120 meter, airnya mengalir diantara bukit yang menjulang. Sebenarnya masih ada 4 curug lagi yang dapat kamu kunjungi, dengan jarak dari masing-masing curug sekitar 20 meter.

Landscape Curug Surodipo
Landscape Curug Surodipo. Sumber: kataomed.com

Air yang turun melalui bebatuan terlebih dahulu sehingga meskipun mempunyai tinggi yang seperti itu tidak menimbulkan arus yang sangat besar.

Dibawahnya terdapat kolam alami yang tak terlalu lebar yang siap menampung aliran air Curug Surodipo. Terdapat bebatuan dengan berbagai ukuran yang terhampar disekitar curug.

Sejarah Penamaan Curug Surodipo

Curug Surodipo awalnya bernama Curug Trocoh, karena airnya selalu mengalir meskipun kemarau tiba. Namun untuk menghormati seorang tokoh yakni Ki Surodipo, maka digantilah nama curug tersebut menjadi Curug Surodipo.

Saat kamu akan memasuki pintu masuk menuju Curug Sirodipo, kamu akan melihat patilasan ki Surodipo. Lantas, siapakah Ki Surodipo?

Patilasan Ki Surodipo
Patilasan Ki Surodipo. Sumber: www.indeksberita.com

Surodipo merupakan salah satu dari pengikut setia Pangeran Diponegoro. Beliau pernah dipercaya untuk menjadi panglima perang ketika hendak melawan tentara belanda pada tahun 1825-1830.

Ketika terjadi perang Jawa , Surodipo pergi mengungsi ke daerah Wonoboyo. Beliau mengungsi di Desa Tawangsari, lalu membangun benteng pertahanan disini.

Kemudian di Desa ini pula Pangeran Diponegoro mengumpulkan para panglima perang dan pengikutnya untuk menyusun siasat perang gerilya.

Berdasarkan bukti sejarah juga penuturan dari keturunan langsung, beliau menghabiskan hidupnya di kawasan Gunung Prahu Kabupaten Temanggung. Di tempat ini pula beliau mendirikan sebuah pesantren untuk menyebarkan agama Islam.

Untuk mengenang jasa-jasa beliau dimasa lampau, maka Pemerintah setempat mengabadikan namanya menjadi sebuah nama curug dimana diarea curug tersebut terdapat patilasan beliau.

Ragam Wisata Di Curug Surodipo

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan ketika berada di Curug Surodipo ialah:

1. Bermain Air

Air yang mengalir dari atas Curug Surodipo sangat jernih dan bersih, rasakanlah kesegaran airnya dengan merendam kakimu. Rasa lelah trekking yang menggelayut seakan sirna dihempas segarnya air Curug Surodipo.

Kolam Alami Curug Surodipo
Kolam Alami Curug Surodipo. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

2. Melihat Curug Surodipo Dari Atas

Ada hal lain yang dapat kamu lakukan ketika berada di area Curug Surodipo, yakni kamu dapat melihat Curug Surodipo dari atas bukit.

Caranya ialah ketika kamu tadi melakukan trekking jalanan menurun, jika ingin menuju puncak bukit kamu harus mengambil jalan setapak sebelah kiri.

Berhati-hatilah ketika menapaki jalan setapak ini, karena kanan kirimu berupa jurang yang sangat dalam. Tidak ada pegangan sama sekali, jalannya masih berupa tanah dan menanjak.

Melihat Curug Surodipo Dari Puncak Bukit
Melihat Curug Surodipo Dari Puncak Bukit. Sumber: www.ardiankusuma.com

Namun ketika kamu berada di puncak bukit kamu akan melihat Curug Surodipo dari atas, selain itu kamu juga dapat menikmati pemandangan disekitar curug dari atas.

Perlu nyali yang besar untuk menuju puncak bukit ini, jika kamu mempunyai phobia ketinggian atau takut akan ketinggian lebih baik urungkan niatmu untuk melihat Curug Surodipo dari atas.

3. Mengunjungi Curug lainnya

Sudah saya sebutkan diawal bahwa di area Curug Surodipo terdapat 5 curug, sehingga selain menikmati Curug Surodipo kamu bisa menikmati keindahan 4 curug yang lainnya. Namun untuk menikmati semuanya, kamu perlu menyiapkan fisik yang kuat.

4. Berfoto Selfie

Melihat alam yang dihadirkan sungguh menakjubkan, rasanya keindahan tersebut harus diabadikan dalam sebuah foto maupun video.

Banyak spot foto menarik yang tersedia di Curug Surodipo, kamu dapat melakukannya di gardu depan yang tadi dilewati ataupun ketika berada di depan Curug Surodipo.

Lokasi Dan Alamat Curug Surodipo

Lokasi dan alamat Curug Surodipo berada di Desa Tawangsari, Kecamatan Wonoboyo, Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah

Rute Menuju Curug Surodipo

Rute menuju Curug Surodipo dapat ditempuh melalui Jalan Raya Parakan-Weleri atau bisa juga melalui Kecamatan Kandangan-Jumo.

Untuk kamu yang bergerak dari arah selatan sebaiknya arahkan kendaraanmu menuju Jalan Raya Parakan-Weleri.

Untuk menuju ke Curug Surodipo dapat melalui Alun-alun kota Temanggung. Dari alun-alun kota Temanggung kamu bisa melewati Jl. Bulu-Parakan atau Jl. Ajibarang-Secang. Kedua rute tersebut akan membawamu menuju Parakan.

Tiket Masuk dan Parkir Curug Surodipo

Untuk menikmati keindahan alam Curug Surodipo kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar:

  • Tiket masuk                 : Rp. 5.000,- per orang
  • Tiket parkir motor       : Rp. 5.000,- per unit

Jam Operasional Curug Surodipo

Jam Operasional Curug Surodipo dibuka setiap hari mulai pukul 07.30 pagi sampai dengan pukul 17.00 sore.

Fasilitas Curug Surodipo

Fasilitas yang ada di Curug Surodipo masih dalam perkembangan, pengelola sedang mempersiapkan fasilitas yang terbaik untukmu, yakni:

  • Area parkir yang aman
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Taman bunga
  • Gazebo
  • Kamar mandi umum

Tips Wisata

Berikut saya bagikan beberapa tips wisata untuk kamu yang hendak mengunjungi Curug Surodipo, yakni:

  • Perhatikan cuaca ketika hendak berangkat, pastikan sedang cerah ya.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman untuk berjalan diatas bukit yang masih berupa tanah dan batu.
  • Bawalah persediaan makanan dan minuman untuk bekal kamu selama berada di Curug Surodipo.
  • Berhati-hatilah ketika menapaki jalan menuju puncak bukit.
  • Jagalah kebersihan dan kealamian Curug Surodipo.
  • Hindarilah perbuatan yang dapat merugikan dirimu sendiri dan orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan Curug Surodipo.

Penutup

Hamparan alam yang tersaji di Curug Surodipo sungguh sangat mengagumkan, bagaikan negeri diatas awan. Hawa sejuk dan angin semilir yang menerpa badan kita seakan menghempaskan semua gundah dalam hati.

Semoga keindahan alam ini selalu ada dan terjaga dengan baik, sehingga kita dapat menikmatinya sampai kapanpun.

Curug Surodipo harus kamu kunjungi weekend ini, jangan lupa siapkan foto terbaik ketika berada di Curug Surodipo, ya!

Baca juga:

Leave a Comment