Kebun Refugia Magetan, Lautan Bunga Indah Pengusir Hama

Sebuah karya meskipun sederhana, tetapi kreatif, dan bermanfaat, maka hal tersebut seringkali menjadi hal yang viral di masyarakat. Tentu saja dengan pesatnya perkembangan media sosial.

Kabupaten Magetan merupakan kabupaten yang memprioritaskan sektor pertanian dan peternakan sebagai pendapatan utama bagi masyarakatnya.

Maka, hama adalah ancaman, dan hal yang ditakutkan bagi sebagian besar petani. Ada yang unik di Magetan, ternyata cara mengusir hama mampu menjadi sebuah destinasi wisata populer di Magetan.

Kebun Refugia Magetan Jawa Timur
Kebun Refugia Magetan Jawa Timur. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Nama objek wisatanya Kebun Refugia Magetan. Refugia lebih bermakna kepada kata kerja, terhadap sebuah upaya pencegahan hama.

Lalu kenapa upaya tersebut mampu menjadi sebuah tujuan wisata yang sangat terkenal di Magetan? Meskipun objek wisata  Kebun Refugia Magetan baru berusia 1 tahun, namun mampu menarik perhatian masyarakat.

Refugia adalah teknik untuk mengendalikan, bahkan membasmi hama. Logika sederhananya bahwa serangga sangat suka sekali dengan tanaman hias.

Refugia Adalah Upaya Pengendalian Hama
Refugia Adalah Upaya Pengendalian Hama. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Serangga-serangga tersebut akan menetap di tanaman hias itu. Kemudian, saat hama datang maka akan dimangsa oleh serangga – serangga tersebut.

Maka, hal itulah yang menjadi alasan kenapa objek wisata itu bernama Kebun Refugia Magetan. Dan ciri khas utamanya adalah lautan bunga- bunga indah di tanah seluas 2,5 ha.

Aneka Bunga Di Kebun Refugia Magetan
Aneka Bunga Di Kebun Refugia Magetan. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Daya Tarik Kebun Refugia Magetan

Tidak ada asap, jika tidak ada api. Perumpamaan yang tepat untuk menggambarkan kenapa banyak sekali pengunjung yang datang ke Kebun Refugia Magetan.

Inilah beberapa alasannya, sekaligus sebagai daya tarik dari Kebun Refugia Magetan. Yaitu :

1. Lautan Bunga Indah

Daya tarik utama dari Kebun Refugia Magetan adalah lautan bunga atau tanaman hias, yang beraneka ragam jenisnya, maupun warnanya.

Lautan Bunga Di Kebun Refugia Magetan
Lautan Bunga Di Kebun Refugia Magetan. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Bunga Anggrek adalah satu dari sekian banyak bunga yang ada di kawasan seluas 2,5 ha tersebut. Dan ternyata bukan hanya bunga-bunga saja, namun berbagai jenis tanaman holtikultura tersaji di Kebun Refugia Magetan.

Jangan dibayangkan sebuah area pesawahan atau lahan perkebunan biasa. Kebun Refugia Magetan konsep penataan tanaman, atau bunga-bunga tersebut sangat baik, dan indah.

Taman Bunga Yang Tertata Di Kebun Refugia Magetan
Taman Bunga Yang Tertata Di Kebun Refugia Magetan. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

2. Wisata Keluarga Dan Wisata Edukasi

Kebun Refugia Magetan mampu menghadirkan sebuah objek wisata yang cocok bagi keluarga. Bahkan bukan hanya itu saja, terdapat nilai edukasi di objek wisata tersebut.

Wisata Edukasi Di Kebun Refugia Magetan
Wisata Edukasi Di Kebun Refugia Magetan. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Edukasi agrowisata lebih spesifiknya. Anak – anak akan merasa senang di area tersebut. Karena selain luas, tertata, tetapi mampu menghadirkan sensasi berjalan di taman bunga raksasa.

Pemandangan alam sekitarnya juga sangat indah, berupa view area pertanian, perkebunan, pegunungan, serta udara yang cukup sejuk. Meskipun saat siang terasa cukup terik.

3. Wahana Pendukung

Selain jalur trekking untuk menjelajah taman bunga raksasa tersebut, terdapat juga spot lainnya untuk menikmati keindahan Kebun Refugia Magetan dari ketinggian.

Wahana Pendukung Di Kebun Refugia Magetan
Wahana Pendukung Di Kebun Refugia Magetan. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Sebuah bangunan yang tinggi, dan cukup besar, lebih mirip dengan gardu pandang di Kebun Refugia Magetan menjadi spot favorit pengunjung untuk mengabadikan momen keindahan.

Ada juga spot selfie lainnya yang unuk dan keren, dengan latar berupa alam sekitar yang menawan. Jadi, bagi yang belum pernah ke sana, maka masukkan list di liburan selanjutnya ya ke Kebun Refugia Magetan.

Lokasi Kebun Refugia Magetan

Beralamat di Jl Sarangan No.387, Plaosan II, Plaosan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan.

Kebun Bunga Refugia adalah inisiasi pemerintah daerah lewat Dinas Pangan, Hortikultura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Magetan untuk menyediakan wisata edukasi berbasis hortikultura.

Tanaman Holtikultura Di Kebun Refugia Magetan
Tanaman Holtikultura Di Kebun Refugia Magetan. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Rute Menuju Kebun Refugia Magetan

Pengunjung dari Kota Surabaya bisa menggunakan Jalan Tol Mojokerto-Kertosono hingga ke Jalan Tol Salatiga-Kertosono. Kemudian, lanjutkan ke Jalan Tol Soker dan turunlah ke Jalan Raya Madiun-Nganjuk.

Sedangkan pengunjung dari Kota Magetan, melajulah ke Jalan Manggis dan berlanjut ke Jalan Munginsidi. Kemudian, teruskan ke Jalan Raya Sarangan dan berbelok ke Jalan Gonggang-Karangudi. Nah, kebun bunga akan ada di sisi kiri.

Jam Buka Kebun Refugia Magetan

Untuk jam buka bagi pengunjung, kebun refugia Magetan buka setiap hari. Pengunjung bisa datang pada pagi hari mulai jam 08.00, hingga tutup pada jam 17.00 di sore hari.

Tiket Kebun Refugia Magetan

Tiket masuk ke kebun Refugia Magetan ini dipatok seharga Rp 10.000 per orang. Harga ini tentu belum termasuk biaya parkir bagi pengunjung yang membawa kendaraan sedniri.

Fasilitas Kebun Refugia Magetan

Fasilitas yang ada di kebun refugia Magetan terdapat tiga burung sangkar besar, gardu pandang dan kedepannya akan dijadikan pusat eco farming yakni akan tinggal beberapa serangga pengusir wereng seperti kupu-kupu  dan tawon.

Sedangkan untuk fasilitas umum seperti tempat parkir, toilet, hingga warung jajanan, sudah pula tersedia dengan memadai.


Leave a Comment