Kebun Refugia Magetan, 2,5 hektar Warna-Warni Bunga Pengusir Hama

Agrowisata Kebun Refugia Magetan yang baru dibuka pada Oktober 2019 ini, menjadi sebuah destinasi wisata baru yang menarik minat pengunjung berbagai kalangan usia. Hal ini karena taman indah ini menampilkan bunga aneka rupa warna yang berpadu dengan kebun sayuran di beberapa bagian.

Agrowisata Kebun Refugia Magetan yang abru dibuka pada Oktober 2019 ini, menjadi sebuah destinasi wisata baru yang menarik minat pengunjung berbagai kalangan usia. Hal ini karena taman indah ini menampilkan bunga aneka rupa warna yang berpadu dengan kebun sayuran di beberapa bagian.
Kebun Refugia Magetan. Image via: jadwaltravel.com

Dikawasan wisata ini, wisatawan dapat menjumpai berbagai jenis bunga seperti angrek dan refugia. Selain itu di area ini juga terdapat beberapa tanaman hortikultura seperti terung dan tomat. Dengan berkunjung kesini wisatawan dapat melihat aneka bunga yang berwarna-warni.

Bahkan, pengunjung pun dapat berfoto ria di area yang tersedia. Kemudian pengunjung juga akan mendapatkan edukasi mengenai tanaman hortikultura dan sayuran bila berwisata ke kawasan ini.  Dengan aneka kelebihan yang dimiliki itu, maka pantaslah jika taman wisata ini disebut Wisata edukasi argriculture.

kebun refugia magetan tampak indah dengan latar pegunungan
Berlatar Gunung. Image via: idntimes.com

Simak juga:11 lokasi wisata di Magetan

Lokasi Kebun Refugia Magetan

Beralamat di Jl Sarangan No.387, Plaosan II, Plaosan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan.

Kebun Bunga Refugia adalah inisiasi pemerintah daerah lewat Dinas Pangan, Hortikultura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Magetan untuk menyediakan wisata edukasi berbasis hortikultura

Rute Menuju Kebun Refugia Magetan

Pengunjung dari Kota Surabaya bisa menggunakan Jalan Tol Mojokerto-Kertosono hingga ke Jalan Tol Salatiga-Kertosono. Kemudian, lanjutkan ke Jalan Tol Soker dan turunlah ke Jalan Raya Madiun-Nganjuk.

Sedangkan pengunjung dari Kota Magetan, melajulah ke Jalan Manggis dan berlanjut ke Jalan Munginsidi. Kemudian, teruskan ke Jalan Raya Sarangan dan berbelok ke Jalan Gonggang-Karangudi. Nah, kebun bunga akan ada di sisi kiri.

Bunga warna warni mengiasi hampir seluruh eprukaan taman kebun refugia magetan.
Bunga warna warni. Image via: ulasartikel.com

Jam Buka Kebun Refugia Magetan

Untuk jam buka bagi pengunjung, kebun refugia Magetan buka setiap hari. Pengunjung bisa datang pada pagi hari mulai jam 08.00, hingga tutup pada jam 17.00 di sore hari.

Tiket Kebun Refugia Magetan

Tiket masuk ke kebun Refugia Magetan ini dipatok seharga Rp 10.000 per orang. Harga ini tentu belum termasuk biaya parkir bagi pengunjung yang membawa kendaraan sedniri.

Fasilitas Kebun Refugia Magetan

Fasilitas yang ada di kebun refugia Magetan terdapat tiga burung sangkar besar, gardu pandang dan kedepannya akan dijadikan pusat eco farming yakni akan tinggal beberapa serangga pengusir wereng seperti kupu-kupu  dan tawon.

Sedangkan untuk fasilitas umum seperti tempat parkir, toilet, hingga warung jajanan, sudah pula tersedia dengan memadai.

Daya Tarik Kebun Refugia Magetan

  1. Refuagia

Hamparan Refugia dnegan warna mencolok.
Hamparan Refugia dnegan warna mencolok. Image via: @dhiya_ula

Simak juga: Curug Muara Bogor di dekat leuwi Goong

Refugia sejatinya bukan nama spesies bunga, melainkan sebuah metoda untuk pengendalian hama dengan cara memanfaatkan tanaman hias. Tanaman hias ini biasanya dapat dijumpai di pematang sawah.

Cara kerja dari metode ini yakni menari perhatian dari serangga yang merupakan musuh dari hama tanaman. Setelah serangga tadi tinggal ditanaman refugia, merekan akan berperan sebagai pengusir dari hama dengan cara mengusir bahkan mamakan hama tersebut.

Ada beberapa syarat yang diperlukan dalam sistem ini, yakni memiliki warana serta bunga yang mencolok.  Bisa kita ambil contoh bunga matahari, kenikir dan bunga kertas (zinnia), ketiga tanaman tersebut memiliki warna serta bunga  yang mencolok yang dapat memikat musuh tanaman.

  1. Bunga aneka Warna dan Sayur

Spot foto di kebun refugia Magetan Berrlatar hamparan bunga.
Berrlatar hamparan bunga. Image via: @rulyindrawati18

Ada sejumlah bunga warna-warni yang mengiasi taman seluas lebih dari 2 hektar ini. Kebun bunga ini sengaja dibangun oleh Pemkab Serang hari ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang hendak naik ke Telaga Sarangan.

Di Kebun Refugia ini jenis bungnya ada mulai dari bunga marigold, anggrek, bunga kenikiran, dan masih banyak lagi. Yang bikin jadi tambah gemes diatas bunga ini banyak banget kupu-kupu yang hinggap jadi makin super cantik!

Semakin jalan ke bagian tengah taman, mulai kelihatan sayur-sayuran yang tumbuh segar. Mulai dari terong ungu, tomat, cabai, dan umbi-umbian. Jadi sangat terasa suasana pedesaan, dan ini emmebuat jadi betah.

Pengunjung dilarang merusak tanama termasuk tidak diijinkan memetik sayuran tanpa ijin. Jika ingin membeli sayur dan terong itu, bisa menghubungi pengelola. Baru kemudian boleh memetik.

  1. Spot Foto

Bagi pengunjung yang ingin melihat Kebun Refugia ini dari ketinggian, pengelola menyediakan fasilitas untuk itu. Disini ada semacam jembatan bambu yang cukup tinggi dan bisa kalian naiki.
Di atas jembatan. Image via: @auriliaputri02

Simak juga: Alas Burno senduro Lumajang

Pengunjung dapat berburu foto-foto keren dengan menggunakan latar taman bunga seluas 2,5 hektar ini sepuasnya. Dengan bunga-bunga indah yang warna-warni membuat hasil jepretan tentunya akan sempurna untuk nanti diunggah ke sosial media.

Bagi pengunjung yang ingin melihat Kebun Refugia ini dari ketinggian, pengelola menyediakan fasilitas untuk itu. Disini ada semacam jembatan bambu yang cukup tinggi dan bisa kalian naiki. Tapi jambatan ini hanya bisa muat sekitar 10 orang saja. Pengunjung diminta naik secara bergantian, demi alasan keamanan.

Dari atas jembatan bambu  setinggi lebih dari 4 meter ini. Pemandangan ke seluruh penjuru teman terlihat sangat cantik. Seperti berdiri di tengah-tengah hamparan bunga yang luas. Selain jembatan ini, ada juga beberapa spot-spot foto yang lain.

  1. Telaga serangan

telaga serangan di dekat kebun refugia magetan
Telaga serangan. Image via: hellomagetan.com

Pemda magetan mengembangkan taman buga ini, sebagai wisata persinggahan bagi pengunjung yanga kan atau datang dari telaga serangan, Sebuah objek wisata populer Magetan yang sudah lebih dahulu melegenda.

Jarak dari kebun refugia Magetan ini ketalaga serangan hanya 7.5 km, atau 15 menit jalan kendaraan bermotor. Telaga Sarangan memiliki luas sekitar 30 hektar denga kedalaman mencapai 28 meter.

Pengunjung dapat merasajan udara yang cukup dingin disini berkisar 20 sampai 15 derajat celcius. Hal ini karena telaga ini lokasinya berada di dataran tinggi atau pegunungan. Pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan pepohonan yang rindang begitu memasuki kawasan ini.

Spot pintu selain dari spot jembatan.

Spot pintu. Image via: @ikawahyukumalasariSimak juga: Panorama Bukit Gebang di Bangka

Objek Wisata Dekat Kebun Refugia Magetan

Selain Taman Kebun Refugia Magetan, di kabupaten ini juga ada taman lain, yaitu Taman Genilangit. Taman ini menawarkan berbagai wahana spot foto yang instagramable, salah satunya spot foto ala Jepang. Meskipun akses jalannya cukup menantang, namun wisata ala hutan pinus di Taman Genilangit ini tidak akan membuat menyesal untuk mengunjunginya.

Taman bunga lainnya di Magetan adalah Magetan Green Garden.  Taman ini menawarkan keindahan kebun bunga dan buah yang keren habis. Objek wisata satu ini cocok didatangi bersama keluarga, apalagi dengan anak-anak.

Demikian sedikit cerita kami soal keindahan dari Kebun Refugia Magetan serta objek wisata lain di sekitarnya. Semoga bisa memberikan sedikit gambaran, mengenai keindahan yang akan ditemui, saat nanti mengunjungi lokasi ini ketika wabah sudah berakhir.

Baca juga:

Leave a Comment