17 Kolam Renang Di Garut, Berenang Di Kota Dodol

Kolam renang di Garut selalu menjadi tujuan para wisatawan yang sedang berlibur di Kabupaten Garut, hal tersebut mungkin dikarenakan air kolamnya yang terasa hangat pas dengan udara Garut yang dingin.

Memang kolam renang yang ada di kota dodol ini didominasi oleh airnya yang hangat, namun ada pula yang air kolamnya dingin. Selain itu dilengkapi pula dengan wahana permainan air seperti perosotan atau seluncuran.

Berenang merupakan salah satu kegiatan yang paling digemari apalagi untuk anak-anak, mereka pasti akan sangat senang jika kamu ajak untuk berenang.

simak juga: wisata cipanas garut

Berikut beberapa kolam renang yang ada di Kabupaten Garut, sebagai bahan referensi tempat wisata kamu ketika berlibur di Swiss Van Java.

17 Kolam Renang Yang Ada Di Garut

1. Kolam Renang Cahaya Villa

Yang pertama ada Cahaya Villa & Hotel yang memiliki area kolam renang di dalam kawasan hotel dan yang ada di luar. Keduanya sama-sama memiliki air yang hangat serta dilengkapi dengan seluncuran yang aman untuk anak-anak.

Tempatnya memang tak begitu besar, hanya ada kolam anak dan juga kolam dewasa. Tetapi pemandangannya indah banget, gagahnya gunung dapat terlihat dengan jelas.

  • Lokasi: Jl. Cipanas Baru, Cimanganten, Kecamatan Tarogong Kaler, Garut.
  • Tiket masuk: Rp. 25.000,-

2. Kolam Renang Lembur Kuring

kolam renang lembur kuring
kolam renang lembur kuring. google maps. sumber: Jajang Jaelat

Kolam renang Lembur Kuring berada di kawasan Cipanas, dan lokasinya berdekatan dengan Kolam Renang Cipanas Indah. Di sini hanya ada kolam renang anak dan kolam dewasa, tanpa seluncuran air.

Biasanya digunakan untuk latihan berenang sekolah-sekolah ataupun mereka yang sedang mengikuti les berenang. Air kolamnya hangat dan ada juga kamar pemandian air panasnya juga.

  • Lokasi: Jl. Raya Cipanas No. 16, Rancabango, Kecamatan Tarogong Kaler, Garut.
  • Tiket masuk: Rp. 15.000,-

simak juga: pemandian air panas di garut

3. Kolam Renang Purbasari

kolam renang purbasari
kolam renang purbasari. google maps. sumber: Saeful Hamzah

Kolam Renang Purbasari masih di kawasan wisata Cipanas, tempatnya tak begitu besar namun ada penginapannya. Kolam renangnya terdiri dari kolam anak dan kolam dewasa yang menyatu jadi harus berhati-hati ketika mengajak anak-anak berenang.

Di Kolam Renang Pubasari juga tersedia kamar rendam, untuk kamu yang ingin berendam air panas secara private tanpa terganggu siapapun.

  • Lokasi: Jl. Raya Cipanas, Rancabango, Kecamatan Tarogong Kaler, Garut.
  • Tiket masuk: Rp. 15.000,-

4. Kolam Renang Cipanas Indah

cipanas indah
cipanas indah. google maps. sumber: Rendy Sulthan Adhiyasa

Kolam Renang Cipanas Indah merupakan salah satu kolam renang yang selalu penuh apalagi di akhir pekan dan hari libur. Banyak keluarga yang mengajak anak-anak untuk berenang di sini. Tak sedikit dari mereka yang datang dengan tujuan sambil piknik bersama.

Kawasan Kolam Renang Cipanas Indah cukup luas, terdapat mini bukit di bagian atasnya yang dilengkapi dengan gazebo untuk bersantai.

  • Lokasi: Jl. Raya Cipanas No. 151, Rancabango, Kecamatan Tarogong Kaler, Garut.
  • Tiket masuk: Rp. 15.000,-

5. Kolam Renang Danau Dariza

danau dariza
danau dariza. google maps. sumber: Muhamad Junaydi

Kolam Renang Danau Dariza berada di bagian paling awal ketika hendak memasuki kawasan wisata Cipanas. Memiliki desain yang etnik khas Indonesia, serta lahan yang cukup luas.

Di sini terdapat kolam renang anak dan kolam dewasa lengkap dengan beragam seluncuran air yang seru. Nggak hanya itu di Danau Dariza kamupun dapat melakukan beberapa permainan lain di area danaunya.

Kolam Renang Danau Dariza juga dilengkapi dengan penginapan dengan fasilitas yang lengkap, dan dijamin akan membuat liburanmu semakin seru dan menyenangkan.

  • Lokasi: Jl. Cipanas Raya No. 44/45, Langensari, Kecamata Tarogong Kaler, Garut.
  • Tiket masuk: Rp. 35.000,-

6. Kolam Renang Surya Alam

kolam renang surya alam
kolam renang surya alam. google maps. sumber: Bobotoh Hafidz

Kolam Renang Surya Alam telah ada sejak lama, dan dari dulu telah menjadi tujuan wisata air keluarga di akhir pekan. Terdapat kolam renang anak yang sudah dilengkapi dengan perosotan air.

Untuk kolam dewasanya memiliki kedalaman mulai dari 50 cm hingga 150 cm. Kolam Renang Surya Alam juga dilengkapi dengan kamar rendam air panas.

  • Lokasi: Jl. Raya Cipanas, Cimanganten, Kecamatan Tarogong Kaler, Garut.
  • Tiket masuk: Rp. 15.000,-

7. Kolam Renang Sabda Alam

Kolam Renang Sabda Alam berada satu kawasan dengan Hotel Sabda Alam, letaknya pun berada di tengah-tengah hotel tersebut.

Area kolamnya tidak begitu luas, terdapat satu kolam anak dan satu kolam dewasa yang posisinya berdampingan. Kolam renang tersebut biasanya dimanfaatkan oleh para penghuni hotel yang ingin berenang, namun terbuka pula untuk umum.

  • Lokasi: Jl. Raya Cipanas No. 3, Rncabango, Kecamatan Tarogong Kaler, Garut.
  • Tiket masuk: Rp. 15.000,-

8. Sabda Alam Waterpark

waterpark sabda alam
waterpark sabda alam. google maps. sumber:  Eddy Pasaribu

Lokasi Sabda Alam Waterpark berada di ujung kawasan Sabda Alam Hotel & Resort, berbeda dengan area kolam renangnya, Sabda Alam Waterpark memiliki cukup banyak ragam wahana yang dapat kita manfaatkan.

Lokasinya sangat luas, dan terdapat beberapa jenis kolam dengan kondisi air yang beragam ada yang hangat ada pula yang dingin.

Wahana permainannya banyak banget, beberapa diantaranya ada kolam ombak, seluncuran spiral, flying fox di atas kolam, kolam busa, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  • Lokasi: Jl. Raya Cipanas No. 3, Rncabango, Kecamatan Tarogong Kaler, Garut.
  • Tiket masuk: Rp. 45.000,-

9. Kolam Renang Augusta

Kolam Renang Augusta berada di kawasan Hotel Augusta, lokasinya berada sebelum memasuki kawasan wisata Cipanas. So, untuk kamu yang memilih menginap di Hotel Augusta dapat berenang di kolam renangnya sepuasnya.

  • Lokasi: Jalan Cipanas No. 57, Tarogong Kaler, Garut.

10. Kolam Renang Tirtagangga

kolam renang tirtagangga
kolam renang tirtagangga. google maps. sumber: sri oetami

Kolam Renang Tirtagangga memiliki kolam air dingin juga air panas, serta sudah dilengkapi dengan seluncuran air yang dapat membuat kegiatan berenang menjadi semakin seru.

Dengan berada di kawasan Hotel Tirtagangga, kolam renang ini dapat dimanfaatkan oleh penghuni oleh dan terbuka pula untu masyarakat umum yang ingin berenang di sini.

  • Lokasi: Jl. Raya Cipanas No.130, Cimanganten, Kecamatan Tarogong Kaler, Garut.
  • Tiket masuk: Rp. 25.000,-

11. Kolam Renang Banyoe Sinergi Mandala (BSM)

Kolam Renang Banyoe Sinergi Mandala atau dikenal dengan nama BSM merupakan salah satu kolam renang di Garut yang memiliki fasilitas yang lengkap. Mulai dari area parkir yang luas hingga memiliki gedung serbaguna.

Kolam renangnya sendiri cukup luas, dan sudah dilengkapi dengan beberapa bentuk seluncuran yang dapat dimainkan baik oleh anak-anak maupun dewasa.

  • Lokasi: Jl. Jend. Sudirman, Kp. Copong, Desa Sukamentri, Kecamatan Garut Kota, Garut.

12. Kolam Renang Cipanas Sumur Sari

kolam renang cipanas sumur sari
kolam renang cipanas sumur sari. google maps. sumber: Syaepudin Hambali

Kolam Renang Cipanas Sumur Sari sempat viral di tahun 2021 kemarin, banyak pengunjung yang takjub melihat pemandangan di sekitar kolam. Apalagi kolamnya terlihat bagaikan tak berujung atau bahasa kerennya infinity pool.

Kolam Renang yang satu ini memiliki beberapa panggilan, ada yang menyebutnya Kolam Air Panas Cikarees, Cipanas Sumur Sukaroso, dan ada pula yang menyebutnya Cipanas Pasir Jengkol.

  • Lokasi: Desa Sukasono, Kecamatan Sukawening, Garut.
  • Jam buka: 07.00 – 17.00
  • Tiket masuk: Rp. 15.000,-

13. Kolam Renang Layung Sari

Kolam Renang Layung Sari dapat menjadi pilihan berenang selanjutnya ketika berada di Garut. Areanya lumayan luas, dengan memiliki beberapa kolam renang yang sudah dilengkapi perosotan hingga ember tumpah.

Bahkan di sekitar lokasi kolam renangnya terdapat beberapa penginapan yang dapat kamu sewa untuk beristirahat setelah lelah melakukan perjalanan menuju Garut.

  • Lokasi: Jl. Raya Wanaraja, Sadang, Kecamatan Sinaraja, Garut.
  • Tiket masuk: Rp. 15.000,-

14. Kolam Renang Citangtu Wanaraja

Kolam Renang Citangtu atau Kolam Renang Binar Alam Citangtu, dapat menjadi pilihan keluarga yang tinggal di sekitar Wanaraja dan sekitarnya. Fasilitas yang dimiliki diantaranya kolam anak yang sudah dilengkapi dengan seluncuran air dan ember tumpah.

  • Lokasi: Desa Citangtu, Kecamatan Pangatikan, Garut.
  • Tiket masuk: Rp. 10.000,-

15. Darajat Pass

darajat pass
darajat pass. google maps. sumber: Imam Rizqi

simak: wisata puncak darajat

Darajat Pass merupakan tempat wisata yang populer di mata pengunjung yang datang dari luar daerah Garut. Karena tempatnya yang berada di dataran tinggi, sehingga kita dapat sambil menikmati view Garut dari ketinggian.

Kolam renangnya memiliki air yang cukup panas, bahkan di beberapa waktu tertentu uapnya akan muncul ke permukaan. Selain berenang di kawasan wisata Darajat Pass tersedia berbagai macam wahana permainan yang pastinya seru banget.

  • Lokasi: Jl. Puncak Darajat, Karyamekar, Kecamatan Pasirwangi, Garut.
  • Tiket masuk: Rp. 25.000,-

16. Awit Sinar Alam Darajat

Lokasi Awit Sinar Alam Darajat berada setelah Darajat Pass, dengan memiliki area yang luas Awit Darajat memiliki beberapa kolam renang dengan kondisi air yang beragam. Ada yang dingin ada pula yang panas.

Dengan banyaknya kolam renang yang ada di Awit Darajat, kamu nggak perlu rebutan bermain air ketika suasana sedang ramai pengunjung. Di sini juga tersedia penginapannya.

  • Lokasi: Jl. Darajat, Padaawas, Kecamatan Pasirwangi, Garut.
  • Tiket masuk: Rp. 25.000,-

17. Waterboom Tirta Kencana

seluncuran air

simak: waterboom tirta kercana

Kolam renang di Garut yang satu ini memiliki konsep waterboom dengan beberapa perosotan air yang seru. Ada kolam anak, kolam dewasa, dan ada pula kolam terapi yang memiliki suhu air yang lebih panas dibandingkan kolam lainnya.

Dan merupakan salah satu kolam renang di kawasan Cipanas Garut yang selalu ramai dikunjungi, baik dari daerah Garut maupun luar daerah.

  • Lokasi: Jl. Cipanas Baru, Pananjung, Kecamatan Tarogong Kaler, Garut.
  • Tiket masuk: Rp. 30.000,-

Penutup

Adanya gunung berapi di Garut memberikan berkah berupa ketersediaan mata air panas alami yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara luas.

Tugas kita ialah menjaga anugerah tersebut sehingga dapat terus memberikan manfaatnya untuk kehidupan manusia sampai kapan pun.


shopee