Mengenal Masjid Agung Jami’ Al Baitul Amien Jember Jawa Timur

Masjid jami’ Al Baitul Amien terletak di Jalan Raya Sultan Agung, berada disisi barat alun-alun kabupaten Jember, Jawa Timur. Merupakan lanskap bersejarah, memiliki bentuk dan arsitektur yang berbeda dengan tempat ibadah Muslim pada umumnya. Tidak hanya karena usianya yang tua, namun juga karena ada kisah partisipasi rakyat di sana.

Masjid Agung Jami Al Baitul Amien Jember
Masjid Agung Jami’ Al Baitul Amien Jember. google maps. sumber : Narendra Greza Nawangga

Masjid ini dibangun berdekatan dengan Alun-alun kota Jember, Kantor dan pendopo Bupati. Masjid tersebut menjadi ikonik kebanggaan masyarakat Jember. Dan sekilas bentuknya menyerupai Gedung MPR DPR RI di Jakarta. Tidak ada kepastian mengenai sejarah pendirian masjid ini, atau catatan resmi tanggal berdirinya masjid tersebut.

Namun dokumen Pemerintah Belanda hanya menyebutkan bangunan masjid itu berdiri di atas tanah eigendom verpoding Nomor 981 tertanggal 19 Desember 1894 dengan luas 2.760 meter persegi. Kemudian Masjid tersebut pernah mengalami renovasi pada tahun 1939 dan kemudian diperbarui lagi hingga terlihat seperti saat ini pada tahun 1973.

Masjid Jami Al Baitul Amien lama dibangun dengan konsep peradaban Nusantara, Eropa, dan Timur Tengah. Sedangkan masjid jami yang baru yang menyerupai Gedung MPR DPR berasal dari peradaban modern.

Masjid jami yang baru dirancang oleh arsitek Muslim Yaying Kaliefadi Kesser, alumnus perguruan tinggi di California, Amerika Serikat. Dibangun dengan bentuk bangunan yang mirip Gedung MPR DPR RI di Jakarta. Bangunan masjid berbentuk kubah dengan satu menara. Sehingga tidak menyerupai bentuk masjid pada umumnya dari Timur Tengah. Bentuk dan arsitekturnya berbeda dengan tempat ibadah Muslim pada umumnya.

Alamat Masjid Agung Jami’ Al Baitul Amien Jember

  • Jl. Sultan Agung, Tegal Rejo, Jemberlor, Kec. Patrang, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68118.

Jam Buka

  • Buka setiap hari 24 jam.

Harga Tiket Masuk

  • Tidak dipungut biaya atau tiket masuk.

Rute ke Masjid Agung Jami’ Al Baitul Amien Jember

Masjid Agung Jami’ Al Baitul Amien Jember lokasinya mudah dijangkau dari berbagai arah karena berada dipusat kota. Bila anda sedang berada di pusat kota, bisa dijangkau dengan berjalan kaki menuju ke alun-alun ini. Jarak dari Terminal Tawang Alun Jember sekitar 9 km, dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 15 menit berkendara.

Akses untuk sampai ke Masjid Agung Jami’ Al Baitul Amien Jember sangat mudah. Jika dari terminal Tawang Alun ambil arah barat. Belok kanan ke Jl. Nasional III. Terus lurus untuk tetap di Jl. Nasional III. Lewati Gedion Music. Gunakan lajur kanan untuk berbelok sedikit ke kanan agar tetap di Jl. Nasional III. Belok kanan ke Jl. Sudarman. Tujuan ada di sebelah kanan.

Transportasi

Masjid Agung Jami’ Al Baitul Amien Jember terletak di tengah kota. Untuk menuju lokasi ini dapat menggunakan transportasi angkutan umum, atau kendaraan pribadi seperti mobil atau motor. Akses jalan yang dilalui sudah sangat baik selayaknya jalur perkotaan yang mudah untuk dilintasi semua jenis kendaraan.

Ada Apa di Masjid Agung Jami’ Al Baitul Amien Jember

masjid agung jember al baitul amien
masjid agung jember al baitul amien. google maps. sumber : Yudha Satria Nugraha

Dengan keunikan Masjid Al Baitul Amien yang ikonik tersebut diharapkan banyak jamaah yang datang dan beribadah. Bahkan selama bulan Ramadhan tidak pernah sepi dari kunjungan jamaah. Termasuk kegiatan shalat malam atau Qiamul Lail pada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan.

Selain sebagai sarana ibadah, Masjid Agung Jami’ Al Baitul Amien Jember juga menjadi pusat kegiatan sosial kemasyarakatan dan salah satu landmark kota Jember.

Masjid Berdesain Unik Sarat Makna

masjid agung jember
masjid agung jember. google maps. sumber : ISAINUSI
Masjid Agung Jami Al Baitul Amien
Masjid Agung Jami’ Al Baitul Amien. google maps. sumber :  Abdullah Yafi

Masjid ikonik kebanggan masyarakat Jember ini jika dilihat secara sekilas dari depan mirip bangunan gedung MPR/DPR. Terdiri dari lima kubah utama dan dua kubah kecil untuk tempat wudhu. Dari lima kubah utama, terdapat satu yang paling luas yang terdiri dari dua lantai. Tujuh kubah yang ada di masjid ini menyimbolkan kekuasaan Allah Swt yang menciptakan tujuh lapis langit dan tujuh lapis bumi.

Di bagian dalam kubah utama terdapat 17 tiang penyangga. Mengingatkan pada tanggal kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945. Angka ini juga simbol tanggal Nuzulul Quran, yakni 17 Ramadhan.

area bagian dalam masjid
area bagian dalam masjid. google maps. sumber : Hendri SHW (HERU)

Memasuki ruang ibadah utama, pada bagian lantai sembayang menggunakan lantai marmer Carara dari Italia. Pemilihan marmer Italia ini bukan karena kualitas marmer buatan lokal tidak memadai. Hal tersebut dikarenakan tidak ada yang berukuran 120 x 60 cm atau sama dengan ukuran sajadah. Pada trap lingkar di halaman digunakan batu bata berongga dari keramik sehingga tampak kokoh.

Sampai saat ini wajah kubah Al Baitul Amien bersalin dengan warna dan ornamen kuning keemasan. Setiap sudut-sudut masjid juga dihiasi pernak-pernik bernuansa kuning keemasan. Renovasi masjid meliputi perubahan warna cat kubah, pintu masjid, lantai halaman masjid, pintu gerbang, pekarangan masjid, dan lain-lain.

Keunikan Mihrab

mihrab dan mimbar masjid jami al baitul amien
mihrab dan mimbar masjid jami al baitul amien. google maps. sumber : Dian Putra

Keunikan lain dari masjid ini terlihat dari mihrab dan mimbarnya. Terdiri dari tiga buah lengkungan yang melukiskan trilogi risalah Islam, yaitu iman, Islam, dan ihsan. Pada lengkungan mihrab tertulis kaligrafi ayat Alquran Surat Thaha ayat 14. Sedangkan pada mihrab kanan dan kirinya terpampang lafaz Allah dan Muhammad. Kemudian sekeliling kubah dituliskan surat An Nur.

Peran Masyarakat

masjid jami al baitul amien jember
masjid jami al baitul amien jember. google maps. sumber : Dian Putra

Yang menarik perhatian lainnya adalah, dalam sejarah pembangunan masjid ini dengan melibatkan peran serta masyarakat. Terbukti dari salah satu sumber dana pembangunan masjid yang berasal masyarakat. Berupa pengumpulan sumbangan padi atau gabah sebagai bagian dari zakat hasil bumi sebanyak 2 kuintal gabah untuk tiap hektare.

masjid agung jember al baitul amien jember
masjid agung jember al baitul amien jember. google maps. sumber : Aflakh Labib

Selain itu, dalam desain arsitektur bangunan masjid itu sendiri merupakan hasil jejak pendapat yang dilakukan masyarakat dari 13 desain yang diajukan. Dan pilihan desain jatuh pada karya Yaying K. Keser A.I.A, seorang arsitek tamatan California, Amerika Serikat.

Berswafoto

berswafoto di masjid agung jember
berswafoto di masjid agung jember. google maps. sumber : satrioSBA Channel

Fasilitas Masjid Agung Jami’ Al Baitul Amien Jember

Berikut adalah fasilitas dan sarana umum yang tersedia di Masjid Agung Jami’ Al Baitul Amien Jember.

  • Area parkir
  • Tempat wudhu
  • Toilet / Kamar mandi dan lain-lain.

Hotel Sekitar Masjid Agung Jami’ Al Baitul Amien Jember

Hotel, villa atau penginapan Masjid Agung Jami’ Al Baitul Amien Jember.

  • Java Lotus Hotel Jember
    Berjarak 490 meter dari Alun-alun Jember.
    Jl. Gatot Subroto No.47, Tembaan, Kepatihan, Kec. Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68131. (0331) 5102777.
  • Hotel 88 Jember
    Berjarak 490 meter dari Alun-alun Jember.
    Hotel bintang 3. Jl. Diponegoro No.43, Tembaan, Kepatihan, Kec. Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur 31114. (0331) 482555.
  • Garden View
    Berjarak 1,7 km dari Alun-alun Jember.
    Jl. Pajajaran No.4, Lingkungan Sumberdand, Kebonsari, Kec. Sumbersari, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68122. (0331) 5101131.
  • HOTEL FORTUNAGRANDE JEMBER
    Berjarak 2 km dari Alun-alun Jember.
    Jl. Karimata No.43, Gumuk Kerang, Sumbersari, Kec. Sumbersari, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68121. (0331) 321888.
  • Hotel Royal Jember
    Berjarak 2,1 km dari Alun-alun Jember.
    Hotel bintang 3. Jl. Karimata No. 50 Kav. 2, Sumbersari, Jl. Rotawu No.2, Gumuk Kerang, Sumbersari, Kec. Sumbersari, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68121. (0331) 326677.
  • Aston Jember Hotel & Conference Center
    Berjarak 2,1 km dari Alun-alun Jember.
    Hotel bintang 4. Jl. Sentot Prawirodirdjo No.88, Telengsah, Jember Kidul, Kec. Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68131. (0331) 423888.
  • JC Hotel Jember
    Berjarak 2 km dari Alun-alun Jember.
    Hotel bintang 1Jl. Sunan Drajat No.31, Telengsah, Jember Kidul, Kec. Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur. 0811-3011-101.

Tempat Wisata Sekitar Masjid Agung Jami’ Al Baitul Amien Jember

  • Alun -Alun Jember Jawa timur.

Video Masjid Agung Jami’ Al Baitul Amien Jember

Video Masjid Agung Jami’ Al Baitul Amien Jember berikut dikutip dari channel :Homerie

Penutup

Selain sebagai sarana untuk beribadah, Masjid Agung Jami’ Al Baitul Amien Jember juga menjadi pusat kegiatan sosial kemasyarakatan dan salah satu landmark kota Jember. Setiap hari Masjid Jami’ Al Baitul Amien Jember tidak pernah sepi dari masyarakat yang menuaikan sholat wajib maupun sunah atau amalan lainnya.