Museum Huruf Jember, Mengenal Perkembangan Peradaban Aksara Dunia

Museum Huruf Jember adalah museum khusus yang memberikan informasi tentang aksara serta bahasa dari beragam masyarakat. Tempat belajar sejarah aksara dunia yang berlokasi di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Museum Huruf Jember
Museum Huruf Jember. google maps. sumber : Belajar Calistung

Museum ini didirikan pada 30 Agustus 2017. Gagasan pendirian museum ini dicetuskan oleh Ade Sidiq Permana dan Erik Wijayanto, bersama dengan Komunitas Rumah Desain Mix Media Jember. Pemilik sekaligus pengelola museum adalah Institut Museum dan cagar Budaya Nusantara.

Di dalam museum terdapat penjelasan mengenai aksara dan bahasa yang digunakan oleh manusia, khususnya di Nusantara. Menyuguhkan pembelajaran sejarah aksara, mulai dari lahirnya huruf pertama kali sampai bagaimana huruf tersebut bisa memengaruhi banyak tulisan di dunia.

Pembalajaran yang paling menarik di musuem ini yaitu bagaimana tulisan-tulisan Jawa, Bugis, Batak, Rencong, dan daerah lain di Indonesia berasal dari satu induk yang sama. Museum Huruf juga ramah terhadap orang tuna netra. Setiap tahunnya museum ini mengadakan acara literasi dan pembelajaran dengan komunitas tuna netra.

Museum ini lahir dari semangat sukarela dari banyak relawan pecinta sejarah pada tahun 2017. Tiap bulannya ada meja diskusi untuk membahas ilmu-ilmu, pengetahuan dan wawasan sejarah baru. Tidak hanya tentang tulisan, tapi sejarah lain yang tidak diajarkan di pendidikan formal.

Alamat Museum Huruf Jember

  • Jl. Bengawan Solo No.27, Tegal Boto Lor, Sumbersari, Kec. Sumbersari, Kabupaten Jember, Jawa Timur, 68121.

Jam Buka

  • Buka setiap hari. 12.00 WIB – 22.00 WIB.

Harga Tiket Masuk

  • Harga tiket masuk Rp. 5.000,-

Rute ke Museum Huruf Jember

Museum Huruf lokasinya todak jauh dari pusat kota Jember. Jarak dari Alun-alun Jember sekitar 1,4 km, dengan waktu tempuh perjalanan hanya 5 menit berkendara. Museum Huruf Jember dapat diakses melalui Stasiun Jember sejauh 1 km. Atau dari Terminal tawang Alun sekitar 10 km.

  • Rute dari Alun-alun Jember : Ke arah barat di Jl. Sudarman. Di bundaran, ambil jalan keluar pertama menuju Jl. R.A. Kartini. Gunakan lajur mana pun untuk berbelok sedikit ke kanan ke Jl. Nasional III. Gunakan lajur kedua dari kiri untuk terus di Jl. PB Sudirman. Belok kanan ke Jl. Bedadung. Jl. Bedadung belok kiri dan menjadi Jl. Bengawan Solo . Tujuan ada di sebelah kanan.

Transportasi

Museum Huruf lokasinya terletak di tengah kota. Untuk menuju lokasi ini dapat menggunakan transportasi angkutan umum, atau kendaraan pribadi seperti mobil atau motor. Akses jalan yang dilalui sudah sangat baik selayaknya jalur perkotaan yang mudah untuk dilintasi semua jenis kendaraan.

Jika menggunakan kendaraan umum, anda bisa berhenti di Stasiun Jember atau di Terminal tawang Alun Jember. Setelah itu bisa lanjutkan dengan menggunakan ojek maupun ojek online menuju lokasi Museum Huruf.

Ada Apa di Museum Huruf Jember

Museum Huruf
Museum Huruf. google maps. sumber : M.Faishal.N

Kabupaten Jember terkenal dengan wisata pantai serta wisata alamnya saja. Karena Jember juga memiliki nilai sejarah dan budaya yang tinggi. Salah satunya adalah Museum Huruf yang menyuguhkan pembelajaran sejarah aksara. Mulai dari lahirnya huruf pertama kali sampai bagaimana huruf tersebut bisa memengaruhi banyak tulisan di dunia.

Mengenal Peradaban Huruf Dunia

Berbagai koleksi Museum Huruf yang bisa dinikmati itu terdiri dari koleksi pra aksara, koleksi aksara tertua di Indonesia, koleksi aksara nusantara (Jawa, Bugis, dan lain-lain). Koleksi braille, dan koleksi aksara dunia (Jepang, Korea, India, dan lain-lain).

koleksi museum huruf
koleksi museum huruf. google maps. sumber : Riza Nisriinaa

Museum Huruf menyajikan peradaban huruf yang ada di dunia. Mulai dari peradaban bangsa Sumeria yang ditemukan sekitar 2500 SM di Mesopotamia Selatan. Museum Huruf juga menyajikan peradaban Mesir dan China dengan huruf Hanzinya.

Museum Huruf juga menyajikan aksara Braham, aksara India kuno yang berkembang pada zaman pertengahan milenium pertama sebelum Masehi. Museum Huruf juga mempertunjukkan Aksara Pallawa yang berasal dari India Selatan dengan bahasa yang bernama bahasa Sansekerta.

koleksi museum huruf jember
koleksi museum huruf jember. google maps. sumber : M.Faishal.N

Selanjutnya di Museum Huruf ini juga ada Aksara Nusantara. Beragam aksara tradisional yang dipergunakan di seluruh wilayah Nusantara sebelum kemerdekaan.

koleksi benda museum jember
koleksi benda museum jember. google maps. sumber : Mr Tuso

Sebuah museum yang menyajikan pengetahuan dari berbagai macam aksara dan peradaban yang ada di dunia. Menariknya, Museum Huruf juga memiliki perpustakaan dengan desain yang unik. Museum ini juga menyediakan seorang guide yang akan mengantarkan pengunjung untuk berkeliling di dalam Museum Huruf.

Ruang Sejarah, Diskusi dan Aktivitas

ruang diskusi di mueseum huruf
ruang diskusi di museum huruf. google maps. sumber : Lina Mardiana

Museum Huruf bukan saja berfungsi sebagai ruang sejarah. Namun, lebih luas, menjadi ruang diskusi dan aktivitas. Musuem ini menerima siapa saja yang ingin memanfaatkan museum untuk berkegiatan. Yang penting acaranya bermanfaat bagi banyak orang. Dari ruang kecil yang mereka bangun bersama ada harapan besar untuk bisa merawat rekam jejak peradaban manusia.

Museum huruf, tidak hanya mengoleksi kisah kesejarahan aksara. Tidak mengoleksi benda kuno. Hampir semua benda yang ada di sana adalah replika. Museum ini sering dikunjungi oleh berbagai lapisan masyarakat termasuk siswa sekolah. Ada yang hanya ingin melihat isi museumnya, dan ada yang mencari data.

Terjemahan Huruf Braille

Bagian terbaik dari museum ini adalah diterjemahkannya paparan sejarah aksara itu ke dalam huruf Braille. Sehingga pengunjung dengan keterbatasan netra bisa tetap mengakses informasi di museum ini.

Museum Huruf ini sengaja menerjemahkannya ke dalam huruf Braille agar kawan-kawan difabel bisa turut memanfaatkan museum huruf ini. Sebuah museum yang edukatif dan inklusif untuk semua orang.

Fasilitas Museum Huruf Jember

fasilitas museum huruf jember
fasilitas museum huruf jember. google maps. sumber : Wildan Erza Pratama

Berikut adalah fasilitas dan sarana umum yang tersedia di Museum Huruf Jember.

  • Area parkir
  • Toilet
  • Museum Shop
  • Perpustakaan
  • Tempat Kopi
  • Area tempat duduk
  • Ruang diskusi dan lain-lain.

Hotel Sekitar Museum Huruf Jember

Hotel, villa atau penginapan sekitar Museum Huruf Jember.

  • Java Lotus Hotel Jember
    Berjarak 1,2 km dari Museum Huruf Jember.
    Jl. Gatot Subroto No.47, Tembaan, Kepatihan, Kec. Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68131. (0331) 5102777.
  • Hotel Royal Jember
    Berjarak 1,3 km dari Museum Huruf Jember.
    Hotel bintang 3. Jl. Karimata No. 50 Kav. 2, Sumbersari, Jl. Rotawu No.2, Gumuk Kerang, Sumbersari, Kec. Sumbersari, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68121. (0331) 326677.
  • HOTEL FORTUNAGRANDE JEMBER formerly Hotel Dafam Fortuna Jember
    Berjarak 1,3 km dari Museum Huruf Jember.
    Jl. Karimata No.43, Gumuk Kerang, Sumbersari, Kec. Sumbersari, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68121. (0331) 321888.
  • Hotel 88 Jember
    Berjarak 1,3 km dari Museum Huruf Jember.
    Hotel bintang 3. Jl. Diponegoro No.43, Tembaan, Kepatihan, Kec. Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur 31114. (0331) 482555.
  • Grand Valonia
    Berjarak 1,7 km dari Museum Huruf Jember.
    Jl. Tidar Gg Valonia No.1, Krajan Barat, Sumbersari, Kec. Sumbersari, Kab. Jember, Jawa Timur 68121.

Video Museum Huruf Jember

Video Museum Huruf Jember berikut dikutip dari channel : hikmah jannatun Na’immah

Penutup

Museum Huruf lahir dari semangat sukarela dari banyak relawan pecinta sejarah pada tahun 2017. Sebuah museum yang menyajikan pengetahuan dari berbagai macam aksara dan peradaban yang ada di dunia. Museum khusus yang memberikan informasi tentang aksara serta bahasa dari beragam masyarakat. Tempat belajar sejarah aksara dunia yang berlokasi di Kabupaten Jember, Jawa Timur.