Wisata Pantai Santolo di Garut Selatan

Pantai Santolo merupakan salah satu tempat wisata di Garut yang sudah cukup lama dikenal. Pantai Santolo mempunyai bentang pantai yang cukup panjang, dengan pasir putih yang halus.

Tempat wisata ini masih tidak begitu ramai dengan pengunjung sehingga anda bisa benar-benar menikmati suasana pantai yang masih lumayan bersih.

Lokasi Pantai Santolo

Pantai Santolo terletak di wilayah kecamatan Cikelet Garut, namun terletak lebih dekat ke Pameungpeuk. Jarak dari pusat kota Garut kurang lebih 88 KM .

Sarana jalan menuju lokasi pantai dari Garut cukup bagus, hanya di sebagian kecil jalan saja yang masih bergelombang.

Bahkan menjelang kecamatan Cikelet sampai dengan Pameungpeuk jalan sudah mulus di hotmix dan cukup lebar .

Hanya saja anda harus berhati-hati karena tipe jalannya yang khas daerah pegunungan ; terus berkelok-kelok sepanjang perjalanan . Namun hal ini akan tertutupi dengan pemandangan alami selama dalam perjalanan.

Baca juga: review Kebun mawar situhapa

pantai santolo - jembatan di pulau santolo

Lihat juga: review Karacak Valley

pantai santolo - pelabuhan

pantai santolo garut

pantai santolo

Artikel lainnya; info Pantai Rancabuaya

Pulau Santolo

Pulau santolo merupakan pulau kecil yang terletak persis di daerah pantai santolo. Pulau ini hanya dipisahkan oleh sungai kecil yang menjadi muara dan pelabuhan cilaut eureun, serta dipisahkan dengan jembatan gantung yang sayangnya sudah tidak berfungsi lagi .

cilaut eureun garut

Untuk menyeberang ke pulau ini anda bisa menggunakan jasa perahu yang bertarif Rp 2000 saja sekali jalan (Rp 4000/orang pulang-pergi) . Disini anda bisa menemukan pantai yang tidak kalah cantiknya, juga peninggalan pintu air yang dibangun di zaman Belanda.

Jalan Menuju ke Lokasi

Untuk menuju lokasi wisata Pantai Santolo, dan Pulau Santolo diatas, anda bisa melalui ;

  • Rute Garut – Cikajang – Pameungpeuk . Kondisi jalan sudah bagus, hanya di sebagian kecil jalan yang masih bergelombang .
  • Rute Bandung – Pangalengan – Rancabuaya – Santolo .

Jika menggunakan angkutan umum, anda bisa menggunakan angkutan Elf dari Garut jurusan terminal guntur – Pameungpeuk. Dan disambung dengan angkutan desa ke pantai Pameungpeuk. Sarana umum seperti Mesjid, toilet, rumah makan, dan tempat menginap sudah banyak tersedia dengan tarif cukup murah.

Simak juga info wisata Cipanas Garut lengkap.

Peta lokasi pantai santolo, pantai sayang heulang, dan pulau santolo Garut

Tempat wisata pantai ini bisa jadi tujuan utama anda kalau berlibur ke Garut.

Selamat berlibur!


51 pemikiran pada “Wisata Pantai Santolo di Garut Selatan”

  1. maaf gan..pulo santolo masuk wilayah pantai sayangheulang bukan pantai santolo..pantai santolo hanya tempat bersandarnya perahu para nelayan…banyak wisatawan tyang tidak mengetahuinya..sehingga banyak biaya yang harus di keluarkan apabila mau ke pulo santolo..diantaranya kalo masuk pulo santolo lewat pantai santolo anda kena banyak biaya 1.portal masuk pantai santolo..2..biaya parkir di sanmtolo..3 tiket perahu…4 tiket masuk pulo santolo….tetapi kalo masuknya dari pantai sayangheulang anda hanya kena biaya portal saja…karena semua tadi masuk wilayah teritorialnya pantai sayangheulang….by..dani sabila hp 082129705000 ( siap membantu anda untuk berwisata ke pantai santolo atau sayngheulang )

    Balas
  2. Terimakasih untuk artikelnya sangat membantu sekali karena november ini saya mau telusur pantai disekitaran garsel, jadi bisa persiapan dari sekarang terimakasih Tuhan memberkati Mau Keliling Indonesia….!!!

    Balas
  3. Pa dani..kmaren sy menginap di sayang heulang..di karang laut..cuma sayang..pintunya rusak..susah dikunci..hehehee..
    sayangnya di pantai sayang heulang susah cari makan..krna kita hrs ke pantai santolo buat cari makan.. pantainya bagus..cuma ya itu..sampahnya byk..

    Balas
    • hehehe….mohon maaaf yang sebesar-besarnya atas ketidaknyamananya murni kesalahan kami tidak telaten dalam mengawasi..sekali lagi mohon maaf dan terimakasih atas informasinya…sekarang sudah kami perbaiki…hatur nuhun…….

      Balas
  4. Betul sekali… tgl 1 Januari 2016, saya dengan keluarga besar ke pantai Santolo… ternyata tidak seindah yg dipromosikan… masuk pantai bayar.. dengan tarif yg tidak jelas… Parkir… mahal… 10 rb… kl menginap 20 rb… nyebrang ke pulau Santolo.. bayar… masuk P. santolo… bayar lagi…. Penginapan… juga muahal… padahal tempatnya jauh dari layak huni…belum lagi harga makanan yg muahal banget…. cukup sekali saja… 🙁

    Balas
    • sepertinya yg mba tinagunawan sebutkan bisa dikatakan ‘penyakit’ umum dari tempat wisata di kita ya..
      rame dikit langsung muncul banyak pungutan ga jelas, harga mahal bikin kapok pengunjung, fasilitas ga sesuai..

      apalagi kalau musim liburan, harga-harganya langsung naik tinggi biasanya

      Balas
      • Akang teteh saya mau wisata ke pantai sayangheulang dari bandung menggunakan motor baiknya lewat garut atau pangalengan? Terus referensi tempat istirahat yg bagus dmna soalnya waktu itu ke santolo kurang nyaman trims.

        Balas
        • kalau saya dari bandung lebih pilih jalur pangalengan sih, lebih bagus jalannya..
          Cuman harus hati-hati saat masuk daerah garut karena banyak belokan dan tikungan tajam

          Balas
    • sekedar info aja..sebetulnya pantai santolo sudah tidak nyaman lagi untuk berwisata..apalagi kalo pada hari hari libur panjang..padat,pungutan liar,sampah,harga pada naik 2 kali lipat…agar lebih nyaman tidak banyak pungutan liar kendaraan simpan aja di sayangheulang ke pulo santolo jalan kaki aja ( santolo-sayangheulang sebelahan hanya beda desa saja) kunjunganya ambil hari biasa saja biar harga pada standar…hatur nuhun……..

      Balas
  5. hahahahaha______photo itu kan sebuah momment ya makanya apapun perjuangan utk menuju kelokasi sangat pahit, tetep ajj pencinta selfie grudugan kesana, apalagi kalo tempt itu baru 1 atw 2 x dikunjungi, jd para pemburu selfie membayarnya dgn gbr hehehee

    Balas
  6. agan-agan santolo makin padat,agar nyaman parkir luas mendingan masuknya lewat pantai sayangheulang ke pantai santolo tinggal jalan kaki aja atau ke pulo santolo, camping groun luas,mangga diantos…

    Balas
    • kang punten kalo dari sayangheulang menuju pantai santolonya seberapa jauh? terus harga penginapan di vila karang laut berapa harganya? masih bimbang nih kg tau untuk persiapan totalitas harga buat ke sana

      Balas
  7. berbagi cerita : salah satu pengunjung datang ke pantai santolo dia tidak mau bayar parkir liar karena dia merasa asli orang sana buat apa bayar parkir liar yg gak jelas..eh tanpa sepengetahuan kendaraanya di rusak..mohon hati-hati dengan kendaraan anda dan apabila ada yang mengganggu tolong segera lapor ke pol air atau dinas perairan setempat..

    Balas
  8. Bisa info rate penginapan rata2 di sana berapa? Rencana tgl 23 mei 2016 ini akan menuju kesana via cianjur selatan.terima kasih sebelumnya atas infonya kang Deni

    Balas
  9. Rencana tgl 16 mei mo bw anak2 k pantai sayangheulang,kira2 pantainya aman ga bwt anak2?? Mksudnya ombaknya g gede2 kan hehe trs penginapan yg murah dmn?? Kisaran brp ya per mlm nya??

    Balas
    • aman dari ombak mba, di pantai sayang heulang ada bentangan karang yang luas jadi ombak ngga langsung kena ke pantai..
      bisa main-main dikarang melihat ikan-ikan kecil. Tapi tetap harus hati-hati karena ada juga lubang di karang yang lumayan dalam..

      Balas
  10. Kang dani.. saya dari purwakarta.. rencananya saya mau ke santoli habis idul fitri ini.. saya mau bawa rombongan.. mohon di bantu ya kang…

    Balas
  11. Rencana saya mau kesana 1minggu setelah lebaran, cuman masih bingung soal penginapan, mungkin yg punya info bisa langsung hubungi saya ke bbm 582605A9

    Balas
    • Terakhir ke tkp mah lumayan bagus mang, lamun lewat jalur selatan jalanna bagus enakeun buat touring..
      buat penginapan sy kurang tau yeuh, tapi cobian sajah colek kang Dani sabila di komen sebelumna..aya posting penginapan+nomor telepon sugan wae cocok 😀

      Balas
    • kyknya lumayan rada bahaya kalau bis gede, jalannya kecil dan belok-belok tajam dari selepas Cikajang sampai sebelum masuk pameungpeuk..

      kalau bis 3/4 masuk sih, soalnya dulu ada trayek bus 3/4 dari bandung ke pameungpeuk

      Balas
    • Via rute Garut – Cikajang – Pameungpeuk Insya Allah aman om.. Kalau pakai motor sebisa mungkin ngga terlalu malam, banyak rute jalan yang sepi bgt antara cikajang-pameungpeuknya..

      via rute bandung – pangalengan – rancabuaya kalau malem lumayan sepi bgt mulai dari pangalengan ..kalau sy sih tidak menyarankan ambil jalur ini kalau malam, apalagi kalau naik motor

      Balas
  12. mau tanya dong kang dani , rencana tgl 11 ini mau ksana touring sama temen” .
    enaknya nginep d.sayangheulang apa santolo yaa ??
    tkutnya klo d.santolo bnyak pungutan liar kaya pas lburan taun baru kemaren , parkir ajh 10rbu .
    makasih .

    Balas
  13. saya kemarin tgl 1januari 2017 touring cimahi ke pantai garsel.brangkat pagi via pangalengan cisewu jalan mulus,pemandangan alus.tujuan pertama rancabuaya cuman muter doang.banyak karang.tarif masuk mobil 20rb.motor 10rb.tujuan kedua santolo.tp kjbak macet 2km sblm santolo.krn lama stug,eh banyak mobil pd mrapat ke pantai karang papak.pantainya bersih,sepi,mantap.tarif 3rb/org.

    Balas
  14. min klo mau ke pantai sayangheulang dari rute tasik lewat jalur selatan aman gk ya?? penginapannya nyaman gk min coss ane blom pernah ke pantai itu.
    grazie min

    Balas
  15. Kang dani abi enjing bade k santolo ngangge motor .. dupi lebet na sae kamana k cilaut eren atanapi k sayang helang .. kinten kinten lebet na sabaraha .. pangaos penginapan na sabaraha .. hatur nuhun infona

    Balas
  16. Kondisi cuaca skrng rute garut kota ke santolo aman ga mas ? Maksudnya skrng kan lg musim ujan kira kira jalanan msh aman dri longsor atau sejenisnya mas ? Krn kan banyak tebing nya ya nama.a jalan gunung ..
    Thanks infonya

    Balas
    • Aman mba,rute nya cukup ramai kok.. paling hati-hati aja antara Cikajang – Pameungpeuk. suka sering turun kabut tebal kalau musim hujan gini.

      Balas
  17. Akhir Januari ini rencana mau k Garut. Buat keluarga tetep lebih baik ke Sayangheulang ato Santolo ya ? Apakah Santolo masih banyak sampah & banyak punglinya? Mohon infonya kang

    Balas
  18. Kemarin 9 juni 18 ke santolo. Parkir 15rb padahal 1jam. Naik perahu janji nya 5rb pp per orang, pas bayar jemput 10rb pp per orang. Masuk di pulau santolo kena lagi 3rb per orang. Parkir n perahu serasa dirampok.

    Balas

Tinggalkan komentar