Pantai Sulamadaha, Perairan Teluk Sejernih Cermin di Pulau Ternate

Pantai Sulamadaha  menyajikan keindahan luar biasa layaknya secuil surya yang turun dari langit. Hamparan pasir yang kehitam-hitaman dengan lautan berwarna biru jernih, menyambut pengunjung. Deburan ombak serta terumbu karang di sekitar pantai semakin menambah keeksotisan tempat tersebut.

Pantai Sulamadaha  menyajikan keindahan luar biasa layaknya secuil surya yang turun dari langit. Hamparan pasir yang kehitam-hitaman dengan lautan berwarna biru jernih, menyambut pengunjung
Pantai Sulamadaha. Image via: hipwee.com

Air di pantai Sulamadaha sangat jernih. Bahkan batuan karang yang berada di dasar air terlihat jelas. Sangat cocok sekali bila pengunung ingin menceburkan diri ke dalam air dan berenang. Suasana pantai yang sepi, sejuk dan tenang akan membuat suasana hati semakin damai menikmati alam.

Selain pantai, pengunjung juga bisa menyusuri tebing yang mengelilingi pantai. Disana pengunjung akan menemukan jalan setapak yang akan membawa ke sebuah laguna. Tempat ini bernama Saomadaha, Saomadaha sendiri merupakan teluk kecil dengan air yang sangat jernih.

Rata-rata pengunjung yang berkunjung ke Ternate menggunakan Pantai Sulamadaha sebagai tempat untu berenang. Bahkan juga bisa melakukan aktifitas olahraga air seperti snorkeling ataupun banana boat di tempat ini.

Pengunjung juga bisa menyewa perahu hanya untuk sekedar bersantai di atasnya sambil berkeliling sekitaran Pantai Sulamadaha.

pasir hitam Pantai Sulamadaha
Pasir hitam Sulamadaha. Image via: @anakubt

Simak juga: Ragam Wisata di Maluku Utara

Lokasi Pantai Sulamadaha

Pantai Sulamadaha terletak di Desa Sulamadaha, Ternate, Provinsi Maluku Utara.

Jarak dari pusat Kota Ternate ke pantai ini hanya sekitar 14 kilometer atau 30 menit saja.

Rute Menuju Pantai Sulamadaha

Rute menuju tempat wisata ini memerlukan waktu sekitar 30 hingga 60 menit perjalanan dari pusat kota.Pengunjung bisa menggunakan taksi, angkutan umum atau mobil sewaan yang banyak ditawarkan saat anda berada di sekitar bandara Sultan Babullah.

Jam Buka Pantai Sulamadaha

Tidak ada ketentuan pasti mengenai jam buka kunjungan pantai Sulamadaha. Jadi bisa dianggap pantai ini buka 24 jam sehari.

Pantai Sulamadaha memiliki perairan Sebening kaca
Sebening kAca. Image via: genpi.co

Tiket Pantai Sulamadaha

Bila anda ingin masuk ke lokasi wisata Pantai Sulamadaha Maluku Utara ini, pengunjung tidak akan dikenakan biaya alias gratis.

Tetapi jika anda ingin melakukan berbagai macam aktivitas seperti diving, snorkeling atau berkeliling dengan perahu kano. Maka sudah disediakan tarif tersendiri.

Fasilitas Pantai Sulamadaha

Semua kegiatan di pantai Sulamadaha dikelola oleh warga setempat. Warung-warung makanan dan pengelolaan pantai pun dikerjakan mandiri oleh warga setempat, namun operasionalnya tetap di bawah pengawasan pemerintah daerah Ternate.

Saat liburan dan akhir pekan biasanya warga Ternate menggunakan Pantai Sulamadaha sebagai tempat rekreasi. Mereka biasa berenang, naik perahu, bersantai, bahkan melakukan aktifitas olahraga air seperti snorkeling ataupun banana boat di tempat ini.

Daya Tarik Pantai Sulamadaha

  1. Pantai yang indah

Panorama Indah Pantai Sulamadaha
Pantai yang Indah. Image via: @anna_soetjipto

Simak juga: Benteng Tolukko Ternate

Kecantikan pantai Sulamadaha bisa dibuktikan ketika anda pertama kali memasuki wilayah pantainya. Kendaraan bermotor bisa diparkir di sebuah tempat yang tak jauh dari pantai. Pengunjung harus sedikit berjalan sampai menuju wilayah pantai.

Pengunjung akan disambut banyak kios penjaja makanan dan minuman saat pertama kali masuk. Ada banyak sekali deretan kursi dengan warna-warni yang sangat ceria. Pantai ini didominasi dengan pasir hitam dan juga batuan karang yang berdiri kokoh di sekitarnya.

Semuanya tertata rapi menjadi daya tarik khusus bagi sulamadaha. Bila pengunjung merupakan salah satu pecinta diving dan snorkeling, maka jangan sampai anda lewatkan pantai ini. Sebab perairan-nya yang begitu jernih bisa cocok digunakan untuk aktivitas diving dan snorkeling

Perairan pantai Sulamadaha Bening dan Mempesona cocok untuk snorkeling
Bening dan Mempesona. Image via: @ekaekania

Pengunjung tentu bisa membayangkan keseruan menjelajah dunia bawah laut dengan kejernihan air di pantai Sulamadaha ini. Namun Karena di sini belum ada dive center, maka pengunjung harus membawa perlengkapan diving dari rumah atau menyewa di pusat kota Ternate.

Buat anda yang tidak bisa berenang jangan khawatir. Karena masih tetap bisa menikmati keindahan pantai ini dengan menyewa pelampung seharga 15 sampai 20 ribu. Atau bisa menyewa ban sekitar Rp6.000 lalu anda juga bisa menyewa perahu cano untuk mengelilingi hutan dengan tarif Rp35.000.

Satu lagi keungulan Pantai Sulamadaha adalah jumlah turis yang datang tak seramai pantai di Jawa atau Bali. Ditambah lagi pantai ini dikelilingi tebing dan pepohonan rindang sehingga terdapat kesan privat saat datang ke pantai ini.

  1. Air Sebening Kaca

efek Kapal “melayang” di antai sulamadaha karena beningnya perairan teluk
Kapal “melayang”. Image via: @wisataanaknegeri

Simak juga: Pantai Bandealit Jember

Menyusuri tebing yang mengelilingi pantai, pengunjung dapat menemukan sebuah jalan setapak yang membawa menuju satu tempat cantik lainnya. 10 menit berjalan kaki, pengunjung akan seperti berada di satu wilayah rahasia yang berupa laguna.

Tempat ini bernama Saomadaha dan merupakan teluk kecil dengan air yang sangat jernih. Pengunjung seperti berada di tempat yang biasa ada di lukisan saja. Batuan karang berwarna dapat jelas terlihat dari atas permukaan air tanpa harus menjatuhkan diri ke dalam air.

Akan lebih maksimal lagi bila saya memutuskan untuk berenang di Saomadaha. Air yang sejuk dan suasana tenang akan menjadi perpaduan sempurna untuk menikmati hidup.

Pantai eksotis yang masih alami ini juga di juluki sebagai Pantai Kaca Karena air laut disini sangat jernih seperti kaca. sehingga pantai ini dikenal dengan sebutan pantai Sebening kaca. Di tempat wisata ini pengunjung akan melihat keindahan kapal yang terapung di pantai terlihat seperti melayang-layang.

Efek melayang ini, diakibatkan karena bagian dasarnya nampak terlihat jelas dari permukaan. Bahkan dasar pantainya juga terlihat jernih seperti kita melihat akuarium alam yang eksotis.

  1. Snorkeling dan Diving

Snorkeling di Perairan bening Pantai Sulamadaha.
Snorkeling di Sulamadaha. Image via: @ekaekania

Untuk menuju lokasi diving atau snorkeling, yang disebut masyarakat setempat dengan hol, pengunjung harus berjalan kaki sekitar 10 menit melati jalan setapak menanjak.Meskipun jalan menuju Hol  bisa dilalui sepeda motor, namun lebih banyak yang memilih jalan kaki sembari menikmati panorama pantai. Sepanjang perjalanan, banyak ditemui warung-warung yang menjual makanan dan minuman seperti mi instan, pisang goreng mulut bebek dan kelapa muda.

Setibanya di Hol, pengunjung akan disugukan pemandangan berbeda. Hol yang masih merupakan bagian pantai Sulamadaha memiliki dua warna air yaitu bening dan biru kehijauan. Airnya yang jernih membuat wisatawan tak melewatkan kesempatan menyelam.

Teluk Pantai Sulamadaha dari atas.
Teluk Sulamadah dari atas. Image via: @wisnualbaasith

Simak juga: Telaga Bleder di kaki gunung andong

Menurut pengunjung, pantai Sulamadaha menjadi lokasi favorit snorkling selama berada di Ternate. Di Hol berbagai jenis ikan seperti, Ikan Jagungan atau Harleyquin filefish, Ikan buntal dan ikan Kerapu Tutul serta  terumbu karang bisa dilihat.

Sangat menyenangkan menyelam di pantai Sulamadaha. Pengunjung bisa melihat aneka ikan dan terumbu karang. Namun memang ada beberapa lokasi yang terumbu karangnya sudah rusak. Tapi tidak menyurutkan kegemaran menyelam di tempat ini.

Selain menyelam, pengunjung juga bisa menikmati permainan air seperti Banana Boat. Setiap orang dikenakan tarif Rp 35.000 untuk mencoba wahana ini.

menikmati sunyi di damai pantai Sulamadaha
Menikmati sunyi. Image via: @sorayanastiti

Objek Wisata Dekat Pantai Sulamadaha

Objek wisata laind I dekat pantai Sulamadaha, adalah Pantai Jikomalamo. Pemandangan sunset menjadi ikon utama Pantai Jikomalamo. Keindahan perpaduan warna biru dan oranye dari langit jadi buruan para wisatawan.

Menariknya, tak ada pungutan biaya untuk masuk ke sini. Namun, pengunjung harus menyewa kapal untuk menyeberang dari Hol Sulamadaha dengan biaya sekitar Rp200-250 ribu.

Selain indah di pantainya, di daratan ternate juga terdapat objek indah. Salah satunya adalah Danau Ngade. Danau yang dikenal dengan nama Laguna ini punya kecantikan luar biasa. Saat melihat pemandangan melalui ketinggian, disuguhkan keindahan danau dengan latar lautan dan pegunungan.

Ada banyak spot foto menarik, seperti gardu pandang dan ayunan yang menghadap langsung ke Danau Ngade.

Setelah puas menikmati semua keindahan pantai Sulamadaha, mengistirahatkan kaki sembari makan mie instan dan pisang goreng di pantai ini sambil menikmati suasana pantai memang paling sip. Siapa mau coba?

Baca juga:

Leave a Comment