Pulau Kasiak, Wisata Ke Pulau Milik Sendiri

Indonesia merupakan negara kepulauan yang dikenal sebagai surga wisata bahari di dunia. Keindahan laut yang kita miliki ini telah membuat Indonesia menempati posisi Best Dive Destination 2019 selama tiga tahun berturut-turut versi Dive Magazine UK. Indonesia selalu unggul untuk kategori destinasi, resor, serta liveaboards terbaik.

Salah satu wisata bahari yang wajib kita singgahi adalah Pulau Kasiak. Pulau yang memiliki lanskap indah ini terletak di Pariaman, Sumatera Barat.

Pulau ini mempunyai daya tarik alamiah karena kondisi alamnya yang terjaga. Pasir pantainya yang putih, air laut yang jernih dan suasana yang tenang membuat orang yang berkunjung ke Pulau Kasiak serasa punya pulau pribadi.

Pulau Kasiak
Pulau Kasiak. Sumber : wisato.id

Tempat wisata di Sumatera Barat ini memiliki seluas 2,5 hektar. Kondisi air laut di Pulau Kasiak cenderung tenang dengan ombak yang tidak begitu besar. Sehingga akan sangat aman berkegiatan di pulau ini.

Airnya yang jernih membuat kita bisa melihat keindahan biota bawah lautnya dari permukaan.

Selain itu, Pulau Kasiak juga merupakan habitat penyu-penyu. Jenis penyu yang bisa dijumpai di pulau ini adalah penyu belimbing dan penyu sisik.

Pulau Kasiak Sensasi Pulau Milik Sendiri
Pulau Kasiak Sensasi Pulau Milik Sendiri. Sumber : travel.detik.com

Di sini kamu juga bisa melihat mercusuar setinggi 40 meter yang berfungsi sebagai menara penunjuk arah untuk perahu dan kapal-kapal yang berlayar di sekitar Pariaman.

Tenang, indah, dan serasa pulau sendiri adalah kienikmatan saat berkunjung ke pulau ini, sehingga sangat cocok bagi traveler yang sudah lelah dengan beban kerja di minggu ini.

Jauh dari hiruk pikuk perkotaan, bisingnya suara kendaraan, tebalnya beton dan tingginya gedung pencakar langit untuk sesaat akan hilang dari mata, telinga, dan pikiran. Yang ada hanyalah kenikmatan atas pesona alam yang menakjubkan.

Pemandangan dari Atas Mercusuar Pulau Kasiak
Pemandangan dari Atas Mercusuar Pulau Kasiak. Sumber : wartawisata.id

Spot Wisata Pulau Kasiak

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh para wisatawan saat berkunjung ke pulau kasiak. Diantaranya :

1. Memancing

Para wisatawan yang datang ke Pulau Kasiak bisa juga melakukan aktivitas memancing. Hanya saja peralatanya harus dibawa dari rumah masing-masing. Karena di sana belum tersedeia sewa alat pancing.

Memancing tentu saja akan menguji kesabaran dan keahlian apalagi bukan di kolam. Keseruan memancing di Pulau Kasiak tentu akan berbeda sensasinya dengan di tempat-tempat lainya, yang jelas di sini lebih seru.

2. Snorkeling / Berenang

Ombaknya yang tenang, air laut yang jernih, serta kaya dengan khazanah bawah laut menjadi surga bagi para pecinta snorkeling.

Tetapi, di pulau ini belum ada tempat penyewaan alat untuk snorkeling. Jadi harus bawa dari rumahnya masing-masing ya.

Oh iya, tidak sedikit lho wisatawan yang mengabadikan keseruan saat snorkeling di pulau ini dengan jepretan kamrenya. So pasti indah banget.

Jernihnya Air Laut Cocok Untuk Snorkeling
Jernihnya Air Laut Cocok Untuk Snorkeling. Sumber : www.saribundo.biz

3. Habitat Penyu

Saat sampai di pulau tersebut, traveler jangan kaget ketika ada yang berjalan merangkak melewati telapak kaki. Itu bukanlah hantu atau monster laut, itu adalah penyu.

Pulau Kasiak adalah penangkaran alami dari jenis Penyu Belimbing dan Penyu Sisik. Dan pengelolanya adalah Konservasi Penyu milik pemerintah Kota Pariaman.

Maka jangan heran saat anda berada di pantai dari Pulau Kasiak, anda akan melihat penyu yang naik ke permukaan dan berjalan menyusuri bibir pantai.

Penyu Di Pulau Kasiak
Penyu Di Pulau Kasiak. Sumber : www.pariamantoday.com

4. Mercusuar Pulau Kasiak

Dari bawah saja keindahan pulau ini sangat mempesona, apalagi jika dilihat adari atas. Dan hasrat tersebut bisa terealisasi saat pengunjung naik ke atas sebuah mercusuar yang ada di pulau mungil ini.

Rasa susah payah menaiki anak tangga akan dibayar tuntas dengan keindahan alam saat berada di puncak mercusuar.

Pesona Pemandangan Saat Di Mercusuar Pulau Kasiak
Pesona Pemandangan Saat Di Mercusuar Pulau Kasiak. Sumber : genpiknik.com

Lokasi Dan Alamat

Lokasi dan Alamat Pulau Kasiak berada di Desa / Kelurahan Kp. Perak Kecamatan Pariaman Tengah Kabupaten Padang Pariaman Provinsi Sumatera  Barat.

Rute

Pulau Kasiak terlatak 56 KM dari Kota Padang. Untuk bisa sampai ke pulau eksotis ini kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau pun transportasi umum.

Jika kamu menggunakan moda transportasi umum salah satu pilihan terbaiknya adalah menggunakan kereta api menuju ke Stasiun Padang Pariaman.

Dari stasiun kamu bisa menyusuri jalan menuju Pantai Gondoriah. Setelah sampai di Pantai Gondoriah pelancong bisa menyewa perahu milik nelayan setempat untuk menyeberang ke Pulau Kasiak.

Kapasitas perahu Nelayan maksimal bisa menganggkut 6 penumpang dengan tarif ongkos Rp. 30.000 per orang. Waktu tempuh perjalanan laut dari Pantai Gondoriah ke Pulau Kasiak kurang lebih 15 sampai 30 menit, tergantung cuaca.

Penutup

Keindahan pulau – pulau kecil yang ada di Pariaman memang sudah terkenal sejak jaman dahulu. Pesona keindahan adalah satu dari sekian banyak alasan Pariaman menjadi terkenal

Pulau Kasiak adalah satu dari sekian banyak pulau yang mempesona. Oleh karena itu bagi para wisatawan untuk senantiasa menjaga kelestarian alam dan habitat yang ada di kawasan tersebut.

Selamat berlibur, be happy.

Baca juga:

Leave a Comment