Pantai Tiram Kolaborasi Keindahan Alam Dengan Kelezatan Kuliner

Sebuah buku yang legendaris “Suma Oriental” yang ditulis oleh Tome Pires pada tahun 1513 dan tahun 1515 menyebutkan bahwa kota Pariaman adalah salah-satu kota pelabuhan penting di pantai barat pulau Sumatera.

Sejarah panjang serta fakta sumber daya alam yang besar menjadikan Pariaman sebagai salah-satu daerah yang memprioritaskan wisata bahari menjadi pesona lokal yang pancarannya mampu mengundang orang luar Pariaman untuk datang ke sana.

Banyak sekali ragam wisata yang ada di Padang Pariaman Sumatera Barat, diantanya adalah Pantai Tiram. Sebuah pantai eksotis dengan luasa kawasan sekitar 10,5 hektar dengan lokasi yang strategis mudah dan cepat dijangkau oleh para wisatawan.

Gerbang Pantai Tiram
Gerbang Pantai Tiram. Sumber : pantaitiram.wordpress.com

Ada yang unik dari pantai ini. jika pantai-pantai lain mayoritas hanya mengandalkan keindahan panorama alam pantai saja, tetapi tidak dengan Pantai Tiram.

Pantai Tiram selain menghadirkan pemandangan yang mendamaikan hati dan mata wisatawan, tetapi pantai ini juga terkenal dengan lokasi wisata kuliner dengan citarasa khas lokal yang dijamin sangat bersahabat dengan lidah para traveler.

Keseriusan pemerintah setempat beserta pihak pengelola terhadap kemajuan, kenyamanan, dan keamanan pantai ini sudah tidak diragukan lagi. Khususnya bagi rumah makan yang menjual kuliner di atas harga yang telah ditetapkan, maka akan diberikan sanksi berat.

Wisata Kuliner Di Pantai Tiram
Wisata Kuliner Di Pantai Tiram. Sumber : trenzindonesia.com

Serius mas bro sanksinya sangat berat, rumah makan yang “nakal” tersebut akan diphoto kemudian dipublikasikan melalui media sosial bahwa rumah makan tersebut “nakal” dan tidak layak untuk dikunjungi.

Peraturan yang hebat, yang patut dicontoh oleh daerah lain untuk diterapkan di objek wisata masing-masing daerah. Supaya kenyamanan, dan kemanan pengunjung dapat terjaga, terutama aspek kepercayaan pengunjung.

Meskipun bentuk bangunan rumah makan yang ada di lokasi wisata Pantai Tiram belum maksimal, namun tidak serta merta menjadi sebuah gambaran rasa makanan yang disajikan. Hampir semua sajian di sana memiliki citarasa yang sangat lezat di lidah.

Keberadaan hewan yang sudah mulai langka yang sesekali berada di rawa seperti burung Bangau menjadi sebuah gambaran bahwa pantai ini masih cukup terjaga ekosistemnya. Tentu saja berkat dukungan dari semua pihak, baik masyarakat maupun pemerintahnya.

Suasana Asri Di Panta Tiram
Suasana Asri Di Panta Tiram. Sumber : pariwisataindonesiaaja.blogspot.com

Pantai Tiram adalah pantai yang masih “remaja”, karena lokasi ini baru dibuka di tahun 2007 serta dilakukan pengembangan dan revitalisasi pada tahun 2014.

Wajar saja jika kondisi bangunan yang ada di sekitar objek wisata tidak semegah Bali atau Pangandaran. Tetapi dari satu sisi merupakan kelemahan, namun di sisi lain menjadi sebuah keunggulan, karena dengan demikian keasriannya menjadi dayatarik tersendiri bagi para wisatawan.

Inilah pantai dengan seganap keindahan alam yang berkolaborasi dengan kelezatan kuliner khas Minang yang citarasanya sudah populer sampai ke mancanegara, Pantai Tiram.

Ragam Wisata Di Pantai Tiram

Ada beberapa ragam wisata atau aktivitas wisata yang bisa dilakukan oleh para wisatawan saat berada di kawasan Pantai Tiram yang pasti seru banget. Diantaranya adalah :

1. Pesona Pantai Tiram

Tentu saja ragam wisata yang pertama adalah pantai itu sendiri. Pantai Tiram dirancang serta dikembangkan menjadi pantai yang diharapkan mampu menjadi trend wisata keluarga.

Ombaknya yang  tidak terlalu besar, pemandangan matahari saat terbit dan terbenam, serta suara deburan ombak menjadi sebuah kenikmatan yang tak tergantikan.

Angin yang sesekali menyejukan tubuh, air pantai yang menyapu kaki, sambil bermain pasir bersama keluarga adalah momen yang luar biasa yang tidak boleh terlewatkan.

Saat cuaca cerah, tegak dan eksotisnya puncak Gunung Singgalang menjadi pemandangan yang membuat mata wisatawan tak ingin berhenti menatap keindahan ciptaan tuhan.

Pemandangan Pantai Tiram
Pemandangan Pantai Tiram. Sumber : tabloidbijak.com

2. Rawa Muara Tiram Dan Hutan Mangrove

Rawa dan Hutan Mangrove di Pantai Tiram menjadi sebuah benteng alami dari proses alam yang biasa terjadi di pantai, yaitu abrasi. Selaiin itu juga kehadiran rawa dan hutan ini menjadi pelengkap kesempurnaan pemandangan saat berkunjung ke Pantai Tiram.

Air rawa Muara merupakan bagian tak terpisahkan dari Pantai Tiram. Pasang surut air Rawa Muara sangat ditentukan kondisi air yang ada di pantai. Sepintas layaknya danau yang terpisah oleh pepohonan saja dengan pantai.

Rawa Dan Mangrove
Rawa Dan Mangrove. Sumber : www.yullhartono.com

3. Jembatan Penyebrangan

Jangan dibayangkan seperti JPO yang ada di jakarta ya….. Jembatan ini merupakan akses yang menghubungkan antara daratan dengan pantai yang terlebih dahulu melalui Rawa Muara.

Jembatan yang baru selain menjadi akses penghubung antara daratan dengan pantai, tetapi seringkali menjadi spot selfie favorit para wisatawan.

Karena bentuknya yang unik daan bagus, seolah-olah menjadi kewajiban bagi pengunjung untuk mengabadikan momen di jembatan ini, sebagai bukti bahwa mereka pernah ke Pantai Tiram.

Jembatan Penyebrangan
Jembatan Penyebrangan. Sumber : pakejpelanconganpadang.com

4. Makam Tokoh Agama

Lokasi objek wisata Pantai Tiram sangat dekat dengan makam pemuka agama Islam yang sudah sangat terkenal di Minagkabau. nama makam tersebut adalah makam Syekh Burhanudin.

5. Hammock Santuy

Boleh kan saya menyebutnya Hammock Santuy? karena lokasi Hammock yang berada di hutan pinus dekat Pantai Tiram, yang terikat dari pinus yang satu ke pinus yang lain, membuat aktivitas rebahan menjadi sebuah kenikmatan yang memanjakan.

Hembusan angin sepoi-sepoi, keteduhan pohon pinus yang menyapa tubuh, sambil merasakan tubuh kita berayun pelan di atas hammock, semakin memanjakan wisatawan untuk terlelap dan lupa dengan kepenatan hidup.

Inilah “wahana santuy” yang wajib dicoba oleh para traveler saat berkunjung ke sana. Pokoknya Santuynya Tuh Di Sini.

Hammock Santuy
Hammock Santuy. Sumber : www.trepelin.com

6. Wisata Kuliner

Selain menjadikan objek wisata Pantai Tiram menjadi wisata keluarga, tetapi kawasan Pantai Tiram diharapkan mampu menjadi sentra kuliner khas masyarakat lokal.

Banyak sekali ragam kuliner yang bisa dicoba keenakannya di lokasi ini. namun yang sohor adalah sajian Gulai Kapalo Lauk yang sangat enak sekali.

Kuah santan yang berpadu dengan pedasnya cabe rawit, ditambah wangi yang menggugah rasa dari rempah-rempah, ditambah empuknya daging kepala ikan menjadi penyulut “pemberontakan” perut seraya berteriak “lapaaaaar”. He…he…he….

Rumah makan tersebut berjejer mengahadapke arah pantai dengan view yang indah. Meskipun bangunan rumah makan tersebut belum tertatata secara optimal, tapi soal rasa mereka tak mau membuat pengunjung kecewa.

Bila ada rumah makan yang menerapkan harga di luar batas kewajaran, maka sanksinya akan membuat kapok si penjual yang “nakal”.

Pihak pemerintah, pengelola, keamanan, serta masyarakat kompak menjaga kenyamanan dan keamanan wisatawan saat berkunjung dan menikmati seluruh spot yang ada di Pantai Tiram.

Gulai Kapalo Lauk
Gulai Kapalo Lauk. Sumber : www.saribundo.biz

Lokasi Dan Alamat Pantai Tiram

Lokasi dan alamat objek wisata Pantai tiram berada di Nagari Tapakis Kecamatan Ulukan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman Provinsi Sumatera Barat.

Rute Menuju Pantai Tiram

Pantai Tiram lokasinya sangat strategis sehinga memudahkan para wisatawan untuk berkunjung ke objek wisata tersebut. Banyak pilihan transportasi yang bisa digunakan wisatawan untuk sampai di lokasi tersebut.

Jarak dari Bandara Internasional Minangkabau saja hanya 12 kilometer.

Jam Operasional

Objek wisata Pantai Tiram buka dari hari senin sampai Minggu dari pukul 06 pagi sampai pukul 07 malam.

Harga Tiket Masuk Pantai Tiram

Harga tiket untuk masuk ke lokasi Pantai Tiram yang ditetapkan oleh pengelola pada tahun 2020 adalah sebesar Rp. 10.000 / orang. Murah banget kan ?

Penginapan

Karena lokasi pantai yang strategis dan dekat dengan bandara internasional, maka banyak sekali penginapan yang dekat dengan Pantai Tiram. Adapun harga sesuai dengan fasilitas yang didapatkan.

Tips Wisata

  • Seluruh perlengkapan seperti : alat-alat, baju ganti, obat-obatan, kamera dipastikan sudah dibawa
  • Selalu utamakan kenyamanan dan keamanan dalam berwisata
  • Ikuti protokol yang  sudah ditetapkan oleh pihak pengelola
  • Jangan merusak area rekreasi
  • Jangan membuang sampah sembarangan

Penutup

Itulah keindahan pemandangan pantai yang berkolaborasi dengan kenikmatan wisata kuliner yang tersaji di Pantai Tiram. Sebagai catatan tambahan bahwa di Pantai Tiram selalu dilaksanakan event tahunan yang banyak menyedot animo wisatawan.

Untuk melihatnya, anda harus mengetahui jadwal pasti pelaksanaan event tersebut melalui situs resminya.

Baca juga:

Leave a Comment