Pantai Gandoriah, Pantai Cantik Hanya 20 Meter Dari Stasiun Pariaman

Ingin berwisata ke pantai bersama keluatga atau teman-teman, tapi malas nyetir kendaraan, atau cape naik turun kendaraan umum, belum lagi ditambah jarak yang jauh serta akomodasi dalam tas yang berat.

Bukankah itu persoalan yang senantiasa datang saat traveler ingin berwisata? Ingin berwisata ke pantai yang dekat dengan pemberhetian terakhir transportasi publik, biar santuy, nggak ribet, nggak cape, itulah keinginan terbesar orang-orang yang ingin berlibur.

Tenang saja, dengan membaca artikel ini anda sudah mendapatkan jawabanya. Ini bukan hoax, ini fakta tentang Pantai Gandoriah, sebuah pantai yang cantik hanya 20 meter saja dari Stasiun Pariaman dan 100 meter dari pusat kota Pariaman.

Pantai Gandoriah
Pantai Gandoriah. Sumber : www.ayokepariaman.id

Letak Stasiun Pariaman berada tepat di depan gerbang masuk Pantai Gandoriah, maka wajar saja jika setiap akhir pekan banyak pengunjung yang memadati pantai ini karena aksesnya yang mudah bagi para wisatawan.

Pintu Masuk Pantai Gandoriah
Pintu Masuk Pantai Gandoriah. Sumber : wonderfulpariamancity.blogspot.com

Pantai Gandoriah adalah sebuah pantai di Pariaman yang memiliki pemandangan yang luar biasa indah, konturnya yang landai, serta gugusan pulau-pulau kecil menjadi penyempurna keindahan Gandoriah.

Pantai ini menjadi gerbang awal untuk masuk ke pantai lainnya yang tak kalah cantik dari pantai Gandoriah, dan pantai-pantai tersebut dikenal dengan 6 gugusan pantai Gandoriah. Diantaranya :

  • Pulau Kasiak
  • Pulau Angso
  • Pulau Tangah
  • Pulau Ujung
  • Pulau Gosong
  • Pulau Bando
Keindahan Pulau Angso
Keindahan Pulau Angso. Sumber : nasional.republika.co.id

Sejarah Nama Pantai Gandoriah

Pantai Gandoriah berasal dari nama seorang gadis dalam xerita rakyat Minagkabau. Namun cerita ini hanya segelintir pihak saja yang mengetahui, diantaranya para sesepuh masyarakat.

Sebuah perjalanan cinta seorang pemuda yang bernama Anggun Nan Toga dengan seorang putri yang tak lain adalah sepupunya yang bernama Gandoriah.

Suatu saat Anggun Nan Toga pergi berangkat mencari ke tiga pamanya yang telah lama pergi dan tidak kembali ke perantauan..

Perginya Nan Toga tidak sendiri, dia berangkat bersama temannya. Singkat cerita, satu per satu pamanya dapat ditemukan. Namun sayang sekali sebelum ke tiga pamannya dapat ditemukan, teman Anggun Nan Toga berkhianat pulang terlebih dahulu.

Kepulangan teman Anggun Nan Toga menjadi prasangka buruk bagi putri Gandoriah, sang putri menganggap bahwa kekasihnya telah meninggal.

Akhirnya Gandoriah menjalani hari dengan kesedihan yang mendalam, lalu dia memutuskan untuk bersemedi di Gunung Ledang.

Anggun Nan Toga akhirnya bertemu kembali dengan sang putri Gandoriah, namun pertemuan ini menjadi sebuah kenyataan pahit yang harus diterima oleh keduanya. Bahwa keduanya adalah saudara sepersusuan yang tidak boleh menikah.

Inilah kisah sebagai cikal bakal nama Pantai Gandoriah, adapun nama Nan Toga sudah dijadikan nama sebuah hotel tertua yang ada di dekat pantai Gandoriah.

Pantai Gandoriah Nama Kisah Putri Gandoriah
Pantai Gandoriah Nama Kisah Putri Gandoriah. Sumber : www.indonesiakaya.com

Ragam Aktivitas Yang Bisa Dilakukan Di Pantai Gandoriah

Bagi para wisatawan yang datang ke Pantai Gandoriah dapat melakukan aktivitas yang sudah pasti akan menyajikan kebahagiaan, apalagi jika liburan tersebut bersama keluarga,

Adapun ragam aktivitas yang bisa dilakukan oleh para wisatawan di Pantai Gandoriah adalah sebagai berikut :

1. Berenang

Jernihnya air pantai serta ombak yang tidak terlalu besar, maka lokasi Pantai Gandoriah menjadi cocok untuk melakukan aktivitas berenang atau snorkeling.

2. Selancar

Di pantai ini bisa juga melakukan aktivitas selancar, meskipun ombaknya tidak terlalu besar, namun sangat disukai oleh para peselancar.

3. Wahana Permainan Anak

Wisata Pantai Gandoriah menjadi sangat cocok menjadi wisata keluarga. karena di lokasi sekitar pantai banyak sekali area permainan yang mampu memanjakan mereka.

Wahana Bermain Anak Di Pantai Gandoriah
Wahana Bermain Anak Di Pantai Gandoriah. Sumber : kelanaku.com

Diantara jenis permainan anak-anak tersebut adalah sebagai beriku :

  • Mobil-mobilan
  • Motor-motoran
  • Odong-odong
  • Perosotan / Seluncur Anak
  • Rumah Pohon

Dan masih banyak lagi permainan lainya yang akan membuat tawa riang anak-anak, terlebih lagi saat libur tiba.

Wahana Permainan Anak Di Pantai Gandoriah
Wahana Permainan Anak Di Pantai Gandoriah. Sumber : akurat.co

4. Banana Boat

Perahu karet yang berbentuk seperti pisang disebut Banana Boat dan melaju karena ditarik perahu bermesin lainya.

Banana Boat sangat cocok jika dijajal secara bersama-sama, meskipun menegangkan tetapi sangat seru untuk dicoba. Traveler jangan takut, karena saat menaiki Banana Boat seluruh penumpang sudah dilengkapi dengan keamanan.

5. Jelajah Pulau

Kehadiran Pantai Gondariah seakan menjadi gerbang awal menuju keindahan lainya yang terhampar di 6 gugusan pulau, Diantaranya :

  • Pulau Kasiak
  • Pulau Angso
  • Pulau Tangah
  • Pulau Ujung
  • Pulau Gosong
  • Pulau Bando

Menuju pulau-pulau tersebut telah tersedia Speed Boat atau Jet Ski, tentu saja traveler wajib menjelajah semua pulau-pulau tersebut. Karena beda pulau beda sensasi, beda keindahan, serta beda spot wisatanya.

Angkutan Menuju Pulau Terdekat
Angkutan Menuju Pulau Terdekat. Sumber : www.goriau.com

6. Bermain Pasir

Bangunlah kebersamaan bersama keluarga dengan bermain pasir Pantai Gandoriah. Membentuk bangunan istana dengan pasir, sesekali roboh karena keusilan ombak menjadi wahana kebersamaan yang tak terlupakan.

Suasana Di Atas Pasir Pantai Gandoriah
Suasana Di Atas Pasir Pantai Gandoriah. Sumber : sumbar.travel

7. Spot Selfie

Keindahan Pantai Gandoriah beserta gugusan pulau-pulau kecil menyajikan pesona yang memanjakan mata.

Keindahan menjadi sajian utama bagi para wisatawan, sehingga terdapat banyak spot selfie yang sangat layak untuk diposting di media sosial.

Terdapat satu spot favorit pengunjung, yaitu spot yang berbentuk hampir setengah lingkaran yang menghadap ke laut. Dan di spot tersebut terdapat tulisan Pantai Gandoriah.

Abadikan setiap momen kebersamaan, momen kebahagiaan, berlatarkan keindahan yang luar biasa.

Spot Selfie Favorit
Spot Selfie Favorit. Sumber : commons.wikimedia.org

8. Kuliner Khas Lokal

Para wisatawan yang datang tinggal duduk saja sambil menikmati keindahan pantai, lalu tak lama berselang akan datang para penjaja makanan yang menawarkan sajian yang berbeda-beda, dari mulai seafood, makanan ringan, sampai makanan khas Pantai Gandoriah yaitu “Nasi Sek”.

Nasi Sek adalah singkatan dari Saratuaih Kanyang yang berarti seratus kenyang. Namun sekarang maknanya menjadi berbeda, bukan seratus kenyang, tetapi menjadi Saribu Kanyang.

Nasi Sek
Nasi Sek. Sumber : travel.tempo.co

Ada juga makanan khas Pariaman yang disebut “Sala Lauak”, yaitu makanan yang berbentuk gumpalan sebesar ibu jari yang terbuat dari adonan daging ikan dan tepung, kemudian digoreng.

Soal rasa jangan ditanya sob, enak banget pokoknya.

Sala Lauak
Sala Lauak. Sumber : posmetropadang.co.id

Alamat Dan Lokasi Pantai Gandoriah

Alamat dan lokasi Pantai Gandoriah berada di Jalan Nasri Nasar Komplek Wisata Gandoriah Desa/Kelurahan Pasir Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman Provinsi Sumatera Barat.

Rute Menuju Panta Gandoriah

Rute menuju Pantai Gandoriah sangatlah mudah, para wisatawan bisa naik kereta api yang menuju Stasiun Pariaman. Dan tepat di depan Stasiun Pariaman langsung berada di depan gerabng masuk Pantai Gandoriah.

Jika melalui kota Pariaman, para traveler tidak akan sulit menuju lokasi. Karena lokasi dari pusat Kota Pariaman hanya berjarak 100 meter.

Banyak sekali angkutan umum yang akan membawa wisatawan ke lokasi objek wisata.

Tiket

Dilansir dari antaranews.com Senin 31 Agustus 2020 bahwa pemerintah Kota Pariaman akan menerapkan tiket masuk ke sejumlah objek wisata pantai untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Biaya tersebut sebesar Rp.3000 / orang non tunai diluar biaya parkir. Dan Portal pembayaran non tunai tersebut sedang dilaksanakan.

Penginapan

Karena lokasi Pantai yang sangat strategis, maka fasilitas di Pantai Gandoriah sudah banyak, termasuk penginapan ataupun hotel.

Penutup

Geliat wisat bahari dari tahun ke tahun memperlihatkan prospek yang patut dibanggakan. Persaingan dunia wisata bahari memicu hal positif, salah-satunya beradu kreatifitas.

Sebagai pengunjung tinggal memilih, dan menikmati, tetapi jangan lupa untuk tetap merawatnya.

Baca juga:

Leave a Comment