Pantai dan Pulau Sikuai, Resort Bintang 5 Menanti Pengelola

Pulau Sikuai mempunyai suasana yang tenang dan nyaman. Terdapat berbagai jenis tumbuhan tropis di bagian tengah pulau yang dapat ditemui oleh pengunjung.


Pantai Pulau Sikuai Padang denagnr esort mewah yang kini terbengkalai
Pantai Pulau Sikuai. Image via: wisataid.com

Pulau Sikuai cukup luas, sekitar 44 ha lebih. Sebuah luas yang sudah cukup untuk mendirikan sebuah resort. Sangat cocok sebagai tempat untuk wisata bahari skala internasional, sehingga dapat menunjang program pariwisata di Sumatera Barat. Namun sejak beberapa tahun lalu, fasilitas pulau sebagian besar terbengkalai. Karena ada masalah hukum antara pengelola dan pemerintah provinsi.

Area pulau Sikuai memiliki pantai yang sangat indah dengan pasir putih pantai yang eksotis. Pemandangan yang masih asri dengan barisan pepohonan di pinggir pantai dipadu dengan tenang suara ombak pantai.

Pulau juga memiliki pemandangan bawah laut yang tidak kalah cantik. Pengunjung akan lupa waktu saat menyelam menyapa biota laut yang penuh warna warni. Ada terumbu karang dan ikan-ikan yang sungguh cantik.

Setelah lelah beraktifitas, pengunjung dapat mengistirahatkan badan sejenak dengan menyaksikan momen matahari terbenam dari tepi pantai. Atau  jika masih ada tenaga tersisa, ada sebuah tempat yang disebut puncak pulau. Berbentuk seperti bukit yang dapat didaki selama 30 hingga 50 menit.

Dermaga pulau sikuai, sebaga titip masuk menikmati keindahan pulau
Dermaga pulau sikuai. Image via: @yusuf.liputo

Simak juga: Ragam Tempat wisata di Padang.

Lokasi Pulau Sikuai

Secara administrasi pemerintahan, pulau Sikuai masuk ke dalam wilayah kecamatan Bungus Teluk Kabung, kota Padang, provinsi Sumatra Barat.

Pulau Sikuai terletak di kecamatan Bungus Teluk Kabung atau sekitar 50-60 menit dari pusat kota Padang.

Rute Menuju Pantai Pulau Sikuai

Jarak menuju ke pantai dan pulau Sikuai memang cukup jauh dari pusat kota. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan para pengunjung tetap bisa menikmati keindahan dari kawasan wisata alam ini.

Perjalanan menuju ke pantai dan pulau Sikuai rata-rata dilakukan melalui Pelabuhan Muara. Selanjutnya, transportasi menuju ke area ini menggunakan perahu nelayan. Saat ini transportasi yang tersedia hanya menggunakan speedboat atau perahu nelayan.

Biaya transportasi perahu nelayan yang disewa oleh pengunjung untuk masih bisa mengunjungi salah satu island di Padang tersebut tidak terlalu mahal. Pengunjung hanya perlu menyewa perahu nelayan dengan harga atau tarif sewa membutuhkan biaya sekitar 600 ribu.

berlayar menuju pulau sikuai
Berlayar menuju pulau. Image via: cumilebay.com

Bagi para pengunjung yang memakai jasa tour, bisa menggunakan speedboat menuju ke pulau Sikuai. Tentu saja jauh lebih cepat dan juga tidak terlalu rumit. Akan tetapi biaya transportasi menjadi jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan kapal nelayan.

Jam Buka Pulau Sikuai

Untuk menikmati keindahan pantai dan pulau Sikuai, pengunjung bisa datang tanpa terikat waktu. Lokasi wisata ini buka terbuka 24 jam.

Tiket Pantai Sikuai

Gratis. Hal ini mungkin karena tidak ada lagi pengelola definitif untuk mengelola pantai dan pulau Sikuai ini.

Fasilitas Pantai Sikuai

Sejak tahun 1994 kegiatan wisata di pulau Sikuai memiliki fasilitas yang sangat mewah. Ada banyak penginapan seperti resort, villa, cottage, hingga hotel berbintang.

Namun karena masalah hukum, saat ini semua fasilitas itu tidak beroperasi. Semuanya masih ada namun terbengkalai tidak terurus.

Fasilitas yang ada saat ini, hanya fasilitas standar layaknya pantai-pantai yang dikelola secara tradisional.

Aktivitas Menarik di Pantai Sikuai

  1. Nikmati perahu kano

Kano di Pantai pulau Sikuai.
Kano di Pantai pulau Sikuai. Image via: erepublik.com

Simak juga: main kano di Pantai Mutun.

Pengunjung bisa menikmati keindahan perairan pantai di sekitar pulau Sikuai dengan menggunakan kano. Pengelola pantai menyewakan banyak kano, yang ditawarkan di sekitar pantai. Gelombang ombak yang tenang, hanya berupa riak-riak kecil, nyaman dan aman untuk dijelajahi dengan kano.

Pengunjung bisa memilih untuk menggunakan Kano tunggal ataupun Kano tandem bersama dengan teman perjalanan. Selain itu bisa juga menggunakan kano tunggal namun dilakukan secara berkelompok. Sehingga menimbulkan keseruan dan kenangan akan kebersamaan yang indah bersama rekan-rekan satu rombongan.

Dengan menggunakan perahu kano, pengunjung bisa menjelajah pantai di sekitar Pulau. Bahkan kalau berani, mengelilingi pulau yang tidak terlalu luas. Dengan Kano pengunjung bisa menyaksikan panorama pantai dengan leluasa dan pelan-pelan.

Hal itu berbeda dengan menjelajah pantai Pulau menggunakan perahu boat yang berkecepatan tinggi. Suasana malah menjadi tidak khusuk dan khidmat. Mungkin dua hal ini yang menyebabkan pengunjung yang menyewa kano selalu banyak

  1. Pemandangan atas bukit

Pemandangan dari puncak pulau Sikuai
Memandang dari puncak Sikuai. Image via: trepelin.com

Bagi pengunjung yang ingin menikmati undangan pulau Sikuai secara keseluruhan bisa mencoba untuk naik ke puncak pulau. Puncak pulau berbentuk seperti bukit yang dapat didaki selama 30 hingga 50 menit.

Dari puncak ini pengunjung dapat menikmati keindahan pulau sikuai secara menyeluruh. Pengunjung juga bisa berfoto-foto untuk dokumentasi atau untuk sekedar dipamerkan di Instagram. Yang jelas foto foto yang diambil di pulau ini akan menjadi kenang-kenangan akan keindahan berwisata di pulau Sikuai.

Pemandangan di atas Bukit lebih menarik lagi apabila pengunjung mendaki bukit ini pada pagi hari saat matahari baru terbit. Ketika langit perlahan lahan berubah warna dari gelap ke terang, lalu pada moment tertentu sang surya seakan melompat dari kegelapan ke dalam Terang.

Pemandangan tak kalah indah juga bisa dinikmati ketika sore hari. Ketika matahari menenggelamkan dirinya di balik Cakrawala dengan langit yang perlahan-lahan berubah warna dari biru menjadi merah Lembayung ungu dan akhirnya gelap sungguh sebuah pengalaman yang tak terlupakan jika bisa mengamati seluruh proses tersebut hanya dari satu tempat saja

  1. Snorkeling

pantai pulau sikuai yang ideal untuk renang
Ideal untuk berenang. Image via: @kelantara_id

Air di perairan pantai pulau Sikuai sangat jernih dengan ombak yang tenang, membuatnya menjadi cocok untuk tempat berenang. Beberapa Resort di pantai juga menyediakan kolam renang sebagai fasilitas. Jadi pengunjung bisa memilih untuk berenang di kolam yang disediakan Resort ataupun untuk berenang di alam bebas dengan terjun langsung ke laut pantai.

Berenang di pulau Sikuai juga bisa disempurnakan dengan melakukan snorkeling. Seluruh peralatan seperti kacamata masker kampung dan sepatu katak tersedia di Pulau ini untuk di sewa. Pengunjung bisa menikmati berbagai macam ikan laut yang berkejaran di antara terumbu karang berwarna-warni.

  1. Menanam terumbu karang

Kita semua tahu kalau terumbu karang merupakan biota laut yang sangat penting dalam kehidupan ekosistem laut beserta isinya. Namun mirisnya, tidak sedikit terumbu karang yang telah rusak di beberapa bagian negeri ini.

Menyadari hal itu, pengelola pulau Sikuai mendorong pengunjung untuk berpartisipasi dalam rehabilitasi terumbu karang. Pengunjung akan di ajak langsung untuk menanam terumbu karang sekaligus menumbuhkan rasa kepedulian terhadap kelestarian laut.

Pengunjung yang ingin berpartisipasi menanam terumbu karang bisa melaporkan diri pada pegawai new Sikuai Island Resort. Pengunjung akan diajari cara bertanam dan langsung praktek menanam tumbuh Karang.

  1. Menjelajah pulau

Jalan susur pantai pulau sikuai
Jalan susur pantai. Image via: gosumatra.com

Simak juga: Telusur Pulau derawan Kalimantan.

Pulau seluas 44 hektar ini terbuka untuk dijelajahi ke seluruh bagian. Di Pulau ini tidak ada properti pribadi selain yang dikelola oleh pengelola Resort. Petualangan bisa diawali dengan berjalan kaki mengitari pulau.

Demi membuat Perjalanan menjelajah pulau yang lebih bermakna dalam mengeksplorasi keberadaan pulau, pihak pengelola menyediakan pemandu. Pemandu yang akan menemani pengunjung selama perjalanan keliling pulau. Pemandu yang sama akan bercerita tentang seluk-beluk serta sejarah pulau Sikuai.

Bagi pengunjung yang enggan berjalan kaki Karena faktor tidak terbiasa atau lainnya, bisa memilih sepeda. Di depan pintu utama New Sikuai Island Resort berjajar sepeda-sepeda yang siap digunakan. Lintasan mengelilingi pulau dengan sepeda sama dengan lintasan mengelilingi pulau dengan jalan kaki.

Mengelilingi pulau sambil jalan kaki atau bersepeda santai, adalah sebuah refreshing yang sempurna. Badan jadi sehat pikiran jadi tenang

  1. Fotografi alam

Foto yang luar biasa di pulau sikuai
Foto luar biasa. Image via: saribundo.biz

Bagi yang suka bidang fotografi Pulau Sikuai merupakan objek yang paling indah. Setiap sudut pulau sikuai dapat dijadikan sebagai objek menarik dan mempunyai daya tarik tersendiri untuk diabadikan dalam kamera. Begitu juga dengan aktivitas penghuni, bisa dijadikan objek menarik dan mempunyai cerita tersendiri.

Selama jalan-jalan, pengunjung akan menemui berbagai macam keunikan. Tidak tertutup kemungkinan pengunjung bertemu dengan berbagai jenis hewan tropis seperti burung, biawak serta monyet. Tidak perlu takut karena semua hewan tersebut tidak akan menyerang dan mengganggu. Sungguh indah, bisa melihat hewan-hewan pulau berkeliaran bebas dan leluasa. Mereka bisa menjadi objek foto yang sangat indah dan tentu saja otentik.

sunset di pulau sikuai
Sunset pantai pulau sikuai. Image via: erepublik.com

Simak juga: Sunset pantai tanjung tinggi belitung.

Tips Mengunjungi Pantai Sikuai

Berikut ada tip yang bisa dipertimbangkan untuk dicatat, saat akan berkunjung wisata Pulau Sikuai.

  • Konfirmasi dan booking dari jauh-jauh hari sebelum berangkat.
  • Ajak teman yang memang suka pergi pantai dan laut.
  • Jangan membawa barang bawaan yang berlebihan.
  • Jangan mengkonsumsi alkohol atau obat-obatan terlarang selama perjalanan.
  • Jangan lupa membawa kamera saku untuk mengabadikan momen-momen tertentu.
  • Selalu membawa sunblock agar kesehatan kulit terjaga dan yang lebih penting jangan lupa membawa obat-obatan bagi yang punya penyakit khusus.
Foto selfie di pulau sikuai
Cantik di Sikuai. Image via: Afrijon Ponggok https://www.youtube.com/watch?v=v7i3zYip2ko

Objek Wisata Dekat Pantai Sikuai

Setelah puas dan lelah seharian berwisata dan menyelam di pulau sikuai, pengunjung bisa melanjutkan kunjungan wisata ke lokasi yang bisa dibawa santai. Mengamati kegiatan sosial masyarakat berinteraksi dalam kegiatan bisnis. Pilihan itu adalah Teluk Bayur. Pelabuhan legenda sejak zaman Belanda ini berjarak 28 km ke arah utara.

Jika keinginan adalah bersantai dengan duduk-duduk dan menikmati keindahan alam yang sepi manusia. Bisa memilih 25 km ke arah selatan. Di sana ada Puncak Mandeh. Pengunjung bisa duduk-duduk santai di puncak ini, menikmati indah teluk mandeh dan jajaran pulau-pulau di dalamnya yang luar biasa.

Itulah beberapa informasi soal pantai dan pulau sikuai yang bisa kami bagikan. Segera rencanakan untuk menghabiskan waktu liburan di Padang. Apalagi Padang bukan hanya Pulau ini saja, ada banyak lagi objek wisata di padang lainnya yang bisa dikunjungi.

 

 

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment