Pantai dan Pulau Sikuai, Dulu Ditutup Sekarang Dapat Dinikmati Lagi

Pulau Sikuai merupakan salah satu pulau cantik yang ada di Sumatera Barat, yang harus kamu datangi. Pulau ini pernah begitu berjaya dengan banyaknya wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang untuk berlibur.

Keindahan Pulau Sikuai begitu sangat diminati, selain itu pulau yang memiliki luas sekitar 44 ha. ini juga dilengkapi dengan resort atau penginapan yang mewah.

Beberapa tahun yang lalu, Pulau Sikuai sempat ditutup karena adanya permasalahan yang timbul antara pihak pengelola dengan pihak Pemerintah setempat.

Namun saat ini Pulau Sikuai sudah dibuka kembali, dan masih indah serta layak untuk dijadikan destinasi wisata menarik bersama keluarga atau kawan komunitas.

Pulau Sikuai memiliki sebuah pantai yang sangat cantik, dengan air lautnya yang berwarna biru serta hamparan pasir putihnya yang lembut.

Meskipun tak bisa seperti dulu, namun masih banyak keseruan yang dapat kamu lakukan ketika berada di Pulau Sikuai ini, yakni:

Ragam Wisata Di Pantai dan Pulau Sikuai

1. Bersantai di Pantai

pantai sikuai
pantai sikuai. googla maps. sumber: Pascal Jacomet

Simak juga: main kano di Pantai Mutun.

Ragam wisata pertama yang harus kamu lakukan ketika berada di Pulau Sikuai ialah, menikmati indahnya Pantai Sikuai yang menggoda.

Pantai Sikuai memiliki arus yang cukup tenang, air lautnya yang berwarna biru sungguh indah dipadukan dengan hamparan pasir putihnya yang lembut.

Banyak pengunjung yang bersantai di atas hamparan pasirnya, di sekitar pantai berderet pohon kelapa yang dapat kamu gunakan untuk berteduh dari panasnya sinar matahari.

2. Hunting Keindahan Bawah Laut

kehidupan bawah lautnya
kehidupan bawah lautnya. google maps. sumber: Pascal Jacomet

Simak juga: Sunset pantai tanjung tinggi belitung.

Keindahan bawah laut Pantai Sikuai pun wajib untuk kamu jelajahi, airnya sangat jernih sehingga kegiatan snorkeling ataupun diving kamu akan lebih mudah.

Keindahan terumbu karang di Pantai Sikuai banyak diburu para pengunjung, apalagi di sekitar terumbu karangnya ikan-ikan dapat berenang dengan riang.

3. Mengelilingi Pulau Sikuai

mengelilingi pulau
mengelilingi pulau. google maps. sumber: Pascal Jacomet

Simak juga: Telusur Pulau derawan Kalimantan.

Pulau Sikuai memiliki luas sekitar 44 hektar, kamu dapat mengelilingi area pulau dengan menyusuri jalan setapak yang telah tersedia.

Berjalan diantara pepohonan yang rindang, ditemani angin sepoi-sepoi sungguh romantis jika mengelilingi Pulau Sikuai dengan pasangan.

Selain berjalan kaki, kamu juga dapat menyewa sepeda yang telah disediakan pengelola. Tidak menutup kemungkinan selama berjalan-jalan kamu akan bertemu dengan beberapa hewan.

Seperti biawak, burung, dan monyet. Hewan-hewan tersebut tidak akan menganggu, selama kamu tidak mengganggu mereka.

4. Hiking

panorama dari atas bukit
panorama dari atas bukit. google maps. sumber: Rudi Wijaya

Keseruan lain yang dapat kamu lakukan ketika berada di Pulau Sikuai ialah, mencoba untuk naik ke puncak bukit yang ada di Pulau Sikuai.

Waktu yang dibutuhkan untuk hiking tersebut sekitar 30 hingga 50 menit, hal tersebut tergantung pada kecepatan yang kamu lakukan.

Jalur trekking menuju puncak bukit pun bisa dibilang mudah, kamu hanya perlu menapaki tangga yang sudah disediakan.

Dari atas puncak bukit, kamu dapat menikmati keindahan panorama Pulau Sikuai secara menyeluruh tanpa ada yang menghalangi.

Sungguh menenangkan berada di atas bukitnya, sungguh indah pemandangan yang tersaji, sehingga membuat jiwa dan raga merasa tenang dan damai.

Semoga keindahan Pulau Sikuai dapat terus kita nikmati tanpa adanya masalah atau konflik yang dapat merugikan semua pihak.

4. Menginap Seru di Resort Pulau Sikuai

resort keren
resort keren. google maps. sumber: Pascal Jacomet

Simak juga: Ragam Tempat wisata di Padang.

Di Pulau Sikuai terdapat sebuah resort yang bernama New Sikuai Island Resort, yang memberikan fasilitas layaknya hotel bintang lima.

New Sikuai Island Resort memiliki 54 cottage, 9 ruangan besar serbaguna, serta puluhan kamar, selain itu terdapat kolam renang yang dapat kamu lakukan jika kamu ingin berenang dengan pemandangan laut lepas.

Harga yang ditawarkan sekitar Rp. 600.000an hingga Rp. 3jtan tergantung pada tipe kamar yang hendak kamu sewa. Akan lebih mudah jika kamu menggunakan jasa travel, yang akan mengatur semua keperluan kamu selama trip ke Pulau Sikuai.

Lokasi Pulau Sikuai

Lokasi Pulau Sikuai secara administrasi berada di Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Padang, Sumatera Barat.

Rute Menuju Pulau Sikuai

Rute menuju Pulau Sikuai dari Bukitinggi dengan mengarahkan kendaraan menuju Desa Sungai Pisang, untuk kemudian menyebrang menggunakan perahu menuju Pulau Sikuai.

Jika menggunakan jasa travel biasanya menggunakan speedboat yang akan membutuhkan waktu lebih cepat tentunya.

Jam Buka Pulau Sikuai

Sama halnya dengan pulau-pulau lain pada umumnya, jam operasional di Pulau Sikuai pun terbuka setiap hari selama 24 jam nonstop.

Yang perlu kamu perhatikan tentu saja ketersediaan perahu untuk menyebrang menuju Pulau Sikuai.

keseruan di pantai yang biru
keseruan di pantai yang biru. google maps. sumber: Den Bibob

Tiket Pulau Sikuai

Tiket masuk ke sebuah pulau biasanya gratis, biaya untuk ke Pulau Sikuai pun sama. Kamu hanya perlu menyediakan uang untuk biaya transportasi dan biaya menginap.

Fasilitas Pulau Sikuai

Fasilitas yang ada di Pulau Sikuai ialah yang berada di kawasan resortnya, resort dengan kelas bintang lima tentu pastinya memiliki fasilitas yang mumpuni.


Tinggalkan komentar