Pantai Tanjung Tinggi, Saat Bebatuan Memancarkan Pesona

Pantai Tanjung Tinggi di Belitung, menjadi terkenal sejak dijadikan lokasi syuting film Laskar Pelangi. Pantai indah yang unik dengan banyaknya batu-batu granit raksasa ini membuat banyak wisatawan penasaran dan ingin berkunjung. Selain Film terkenal Laskar Pelangi, film Sang Pemimpi juga menjadikan pantai ini sebagai salah satu tempat syuting.


Pantai tanjung tinggi
Pantai Tanjung Tinggi. Image via: belitunginparadise.com

Selain kecantikan pantainya, daya tarik dari Pantai Tanjung Tinggi sebenarnya ada pada hamparan batu-batu granit. Batu-batu granit raksasa yang ada di sekitar pantai demikian unik. Batuan ini tepatnya berada di sebelah timur pantai. Batu-batu tersebut memiliki ukuran yang beraneka ragam, ada yang sangat besar dan relatif kecil. Untuk pengunjung yang hobi fotografi, bisa mengambil objek batu-batu tersebut sebagai objek foto. Atau bisa juga memfoto model, dengan latar belakang Pantai dan matahari terbenam.

Tidak hanya menikmati pesona kecantikan panorama pantai saja, pengunjung juga bisa melakukan berbagai macam aktivitas. Aktivitas yang bisa Anda lakukan di pantai ini yaitu, berjemur, berenang, memancing, snorkeling, menyelam, dan menyewa jetski. Selain itu ada juga fasilitas menjelajah dengan kano atau perahu karet.

Jika pengunjung ingin  melakukan penyelaman, pengunjung akan menjumpai berbagai jenis, bentuk dan warna spesies laut. Spesies hewan laut itu menghuni pantai ini beserta “rumah-rumahnya” yang terbuat dari terumbu karang.

Pantai berbatu Tanjung Tinggi
Pantai Berbatu. Image via: tripadvisor.com

Lokasi Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi berada di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung. Pantai ini terletak di sebelah utara pulau Belitung, jaraknya 37 km dari pusat kota Tanjungpandan.

Rute Menuju Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi terletak di Belitung Barat. Dari bandara H.A.S. Hanandjoeddin membutuhkan waktu 1 jam perjalanan.  Pengunjung dapat mengambil rute melalui Tanjung Pandan-Tanjung Kelayang. Rute ini memang lebih panjang dari rute lain, tapi rute ini melewati banyak restoran, ATM, dan warung. Semua fasilitas itu tentu diperlukan untuk membeli persediaan untuk piknik asyik di pantainya.

Ada rute lain yang bisa ditempuh, dan lebih singkat waktunya.  Rute itu lewat Jl.Sudirman-Jl.Sjiuk. Dari sini akan tembus ke Jl. Tanjung Pandan-Tanjung Kelayang. Dengan melalui rute ini, pengunjung bisa istirahat sejenak, mampir ke Danau Kaolin.

Masalah  kelancaran transportasi, tidak perlu khawatir. Jalanan Belitung tidak macet. Kondisi jalan juga relatif sepi dan kualitasnya terjaga baik.

sunset di atas batu Pantai tanjung tinggi
Sunset di atas Granit. Image via: @lis.madna_captures

Jam Buka Pantai Tanjung Tinggi

Pantai ini tidak memiliki jam operasional yang pasti. Jadi secara praktis, pantai ini buka 24 jam.

Tiket Pantai Tanjung Tinggi

Untuk menikmati keindahan pantai laskar pelangi ini, pengunjung dikenakan tiket Rp 10.000. Biaya itu masih ditambah dengan pungutan parkir.

Fasilitas Pantai Tanjung Tinggi

Fasilitas di Pantai Tanjung Tinggi relatif lengkap. Terdapat warung makan, toilet umum, serta sarana dan prasarana wisata seperti persewaan jetski dan kano.

Bagi pengujung yang bermalam di sekitar pantai, ada beberapa penginapan yang tersedia. Penginapan itu mulai dari kelas homestay hingga hotel berbintang.

Rata-rata penginapan di daerah ini dibanderol dengan harga Rp.150.000 sampai  Rp.250.000. Untuk kamar dengan harga Rp. 150.000 bisa diisi dengan kapasitas maksimal 2 orang. Fasilitas dalam kamar biasanya terdiri dari AC, kamar mandi dalam, TV, dan sarapan. Beberapa hotel juga menyediakan fasilitas WiFi sehingga pengunjung bisa segera mengunggah foto yang diambil ke acc media sosial masing-masing.

Daya Tarik Pantai Tanjung Tinggi

  1. Teluk yang Tenang

Teluk Tanjung Tinggi
Teluk Tanjung Tinggi. Image via: kompas.com

Pantai Tanjung Tinggi berbentuk busur derajat dengan diameter 100 meter. Di sepanjang pantai ini, pengunjungakan melihat pemandangan yang sangat indah dan unik karena perbedaan pasang naik dan pasang surutnya sangat sedikit.

Karena berbentuk teluk, maka arus ombak di pantai ini relatif tenang. Kondisi ombak ini sangat cocok untuk kegiatan olahraga air.

Tanjung Tinggi juga dinamakan Pelabuhan Bilik. Penamaan ini diberikan masyarakat lokal, karena dahulu tempat ini adalah pelabuhan nelayan. Nelayan yang berlabuh di sini, adalah nelayan penduduk desa Keciput atau Tanjung Tinggi.

Saat bermain air, Pengunjung tidak perlu khawatir dengan serangan ikan hiu. Di pantai ini tidak pernah terlihat ada ikan hiu. Yang perlu diwaspadai hanya keberadaan ubur-ubur. Ubur-ubur memang tidak mematikan, namun sengatnya sangat menyakitkan, terutama yang berukuran besar.

  1. Lokasi Hunting Foto

CAntik di Bebatuan Pantai Tanjung Tinggi
Cantik di Bebatuan. Image via: @albert_nitya

Yang membuat pantai di Belitung berbeda dari pantai lainnya di Indonesia adalah bebatuan granit. Puluhan batuan granit raksasa beragam ukuran menghiasi pantai dan terlihat sangat instagramable. Begitu juga dengan Pantai Tanjung Tinggi yang memiliki bebatuan granit raksasa di kedua ujung pantai.

Bagi pengunjung yang suka mencari sudut-sudut instagramable, jangan hanya bersantai-santai di pinggir pantai. Pengunjung bisa mencoba menjelajahi bebatuan granit di pantai Tanjung Tinggi Sejatinya di balik bebatuan granit raksasa tersebut tersembunyi rapi pemandangan pantai yang tak kalah menarik.

Bebatuan beragam ukuran tersebar di pinggir pantai. Pengunjung bisa saja mencoba naik ke atas batu untuk mengambil foto. Namun harus hati-hati, karena ada bagian bebatuan yang juga licin. Setelah puas bermain air dan hunting foto, traveler bisa bersantai di warung-warung yang ada di pinggir pantai. Akan lebih nikmat panas-panas begini minum es kelapa muda.

  1. Sunset

Sunset Kemerahan Pantai Tanjung Tinggi
Sunset merah Tanjung Tinggi. Image via: travel.detik.com

Jika berkunjung ke Belitung dan ingin menikmati hangatnya matahari terbenam, Pantai Tanjung Tinggi ini adalah slaah satu pilihan utama. Pantai yang terletak di utara pulau Belitung ini merupakan salah satu tempat yang sempurna untuk melihat pergerakan matahari yang tengah menuju tempat peraduannya.

Ketika terbenamnya sang surya telah menjelang dan sinarnya yang kuning keemasan itu memapar bebatuan dan air pantai, suasana pantai menjadi berkilauan. Pengunjung bisa memilih, apakah mau memotret ke arah timur, atau ke ufuk barat, tempat sang mentari dan guratan garis-garis cakrawala berada. Keduanya sama-sama begitu cantik dan menawan.

Saat senja datang, di pantai ini umum ditemui terdapat puluhan fotografer yang bersenjatakan lengkap mulai dari kamera, filter GND ( Graduated Neutral Density), shutter timer dan tak lupa tripod yang sudah tegak berdiri. Mereka semua sudah bersiap di posisi favorit masing-masing dengan lensa kamera terhunus, menghadap ke arah matahari.

  1. Aktivitas Pantai

Sewa Perahu Karet PAntai Tanjung Tinggi
Sewa Perahu Karet. Image via: tempo.co

Di wisata pantai Belitung ini, pengunjung tidak hanya diajak atau hanya jalan-jalan sambil menikmati pemandangan pantai. Pengunjung juga dapat menikmati berbagai aktivitas pantai. Pengunjung dapat melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan. Mulai dari berenang, berjemur, memancing, menyelam, snorkeling, main kano, hingga main jetski.

Tarif sewanya pun bervariasi dari mulai Rp 10 ribu rupiah untuk pelampung sampai dengan Rp 70 rupiah untuk perahu karet dan kano. Di sini juga banyak pedagang asongan yang menjual kacamata renang, kalau pengunjung yang ingin main air lupa membawanya.

  1. Kuliner Khas

kuliner Pantai Tanjung Tinggi
Kuliner Pantai Tanjung Tinggi. Image via: new.kulinerbelitung.com

Di pantai ini juga terdapat warung-warung yang menyediakan berbagai macam makanan seafood.

Setelah lelah melakukan berbagai aktivitas, pengunjung bisa beristirahat di rumah makan yang ada di sekitar pantai.

Pulau Belitung terkenal dengan penghasil sea food berkualitas ekspor. Sebagian besar ikan dan udang yang dihasilkan nelayan di pulau ini diekspor ke manca negara. Oleh karena potensi ikan laut yang besar, maka banyak makanan atau kuliner Belitung dengan bahan dasar makanan hasil laut.

Di sekitar Pantai Tanjung Tinggi banyak dijumpai warung-warung yang menjual sea food, mulai dari Gangan, ikan bakar, udang, cumi-cumi dan lain lainnya. Pengunjung dapat mencoba beberapa tempat makanan tersebut secara berganti ganti, agar ada variasi rasa dan suasana..

Jangan lupa untuk menikmati salah satu makanan khas Belitung, yang bisa Anda temukan di pantai ini yaitu Gangan. Gangan adalah masakan yang berupa sayur yang menggunakan kunyit sebagai bumbu utamanya. Kemudian diolah bersama nanas muda dan kepala ikan. Gangan memiliki rasa asam-pedas yang akan menambah selera makan Anda.

Teman Perjalanan di Pantai Tanjung Tinggi
Teman Seperjalanan. Image via: @theresiatristanti

Tips Mengunjungi Pantai Tanjung Tinggi

Mengingat wisata ke pantai tanjung tinggi tergolong wisata luar daerah dan jarak jauh, perlu dibuat persiapan matang agar perjalanan jauh itu tidak sia-sia. Atau paling tidak kesenangannya tidak diperoleh maksimal. Berikut beberapa tips yang mesti diperhatikan saatt merencanakan berwisata di pantau tanjung tinggi dan juga pantai-pantai sekitarnya di pulang belitung.

  • Pastikan membawa perbekalan yang mencukupi. Misalnya air mineral dan makanan kecil. Di beberapa area di pulau ini masih jarang terdapat warung atau mini market.
  • Bawa obat-obatan pribadi maupun obat umum, untuk jaga jaga. Misalnya obat sakit kepala, penurun panas, paracetamol, balsem, alkohol, dan betadine.
  • Bawa tabir surya dan lotion anti nyamuk.
  • Waktu terbaik mengunjungi wisata pantai di pulau Belitung adalah bulan April-Juni. Saat itu musim kemarau, ombak relatif tenang dan langit biru cerah. Alternatif kedua, bulan Februari- maret juga bisa, karena ombak tidak tinggi.
Terjebak Senja
Terjebak senja. Image via: @jepriwijaya_

Objek Wisata Dekat Pantai Tanjung Tinggi

Selain pantai tanjung tinggi, di pulau Belitung ada beberapa objek wisata lain. Misalnya pantai Tanjung Kalayang yang jaraknya hanya 12 km. Pantai ini terkenal dengan wisata jelajah pulaunya. Karena di depan pantai banyak terdapat pulau-pulau kecil.

Jika tertarik dengan wisata dataran tinggi, tidak jauh dari pantai tanjung tinggi terdapat bukit Peramun. Lokasi ini jaraknya hanya 5 km saja. Bukit Paramun terkenal sebagai tempat yang penuh dengan satwa liar. Jika pengunjung mau diam sejenak saja, maka akan dapat mendengar dan melihat monyet, burung, dan cicadas. Angin dan pemandangan luar biasa dapat dinikmati ketika mencapai puncak. Pengunjung bahkan dapat melihat Pulau Lengkuas di kejauhan. Untuk menjelajahi dataran tinggi ini dipungut biaya pemandu sebesar Rp 10.00 per orang.

Demikian kisah kami mengenai pantai laskar Pelangi ini. Pastikan anda mengunjungi pantai ini ketika nanati ada kesempatan menjelajah Pulau Belitung.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment