Geopark Belitung, 17 Geosite Di Bumi Laskar Pelangi

|

Geopark Belitung adalah geopark yang berlokasi di Pulau Belitung yang akan mulai dikenal dunia. Karena hanya tinggal setahap lagi ditetapkan oleh UNESCO sebagai geopark yang berskala internasional.

Geopark Belitung tentu saja akan menjadi tambahan “mahkota wisata” bagi Indonesia. Perlu diketahui, bahwa penetapan Geopark oleh UNESCO tentu saja melalui tahap penilaian dari semua aspek.

Geopark Belitung patut diapresiasi oleh semua pihak, karena penilaian UNESCO tehadap Geopark Belitung mendapatkan nilai tertinggi, pada sidang konsel tanggal 20 Desember 2020.

Belitung Geopark
Belitung Geopark. Sumber : belitonggeopark.net

Perlu diketahui bahwa saat ini, geopark terbanyak masih dipegang oleh negara China. Dan Indonesia setidaknya memiliki 5 geopark yang diakui dunia, yaitu :

  1. Kaldera Toba, ditetapkan pada tanggal 02 Juli tahun 2020
  2. Ciletuh, dietapkan pada tahun 2018
  3. Rinjani, ditetapkan pada tahun 2018
  4. Gunung Sewu, ditetapkan pada tahun 2015
  5. Geopark Batur, ditetapkan pada tahun 2012

Dan sebentar lagi, geopark di Indonesia yang diakui oleh UNESCO akan bertambah. Tentu saja dengan kehadiran Geopark Belitung.

Pesona Budaya Geopark Belitung
Pesona Budaya Geopark Belitung. Sumber: belitonggeopark.net

Dan inilah review tenang Geopark Belitung yang sudah berhail kami rangkum dari berbagai sumber, sebagai referensi awal untuk traveler menentukan destinasi wisata saat liburan nanti.

Siapkan dulu kopinya Bosque… Karena pembahasannya akan cukup panjang, namun Bosque akan dibuat berdecak kagum, dan bangga sebagai warga negara Indonesia.

Perbedaan Geopark Dan Geosite

Sebelum kita msuk ke pembahasan lainnya tentang Geopark Belitung, ada baiknya mengenal terlebih dahulu apa perbedaan antara geopark dengan geosite.

1. Pengertian Geopark Menurut UNESCO

Pengertian geopark versi UNESCO adalah sebuah kawasan yang memiliki unsur-unsur geologi terkemuka. Adapun unsur-unsur tersebut meliputi:

  • Arkeologi
  • Ekologi
  • Budaya

2. Pengertian Geosite

Devinisi geosite menurut versi National Geographic adalah adalah tempat yang memiliki rekam jejak penting tentang sejarah bumi.

Rekam jejak terebut, biasanya seperti :

  • Bebatuan atau cadas
  • Alam
  • makhluk hidup

Daya Tarik Geopark Belitung

Secara umum, pesona keindahan Geopark Belitung terbagi menjadi dalam 3 kategori, yaitu :

  • Geological Heritage
  • Bio Diversity
  • Cultural Heritage

Yang tersebar di sebuah kawasan dengan luas sekitar 4.800 kilometer persegi berupa daratan, dan 13.000 meter persegi berupa lautan.

Geopark Belitung pengelolaannya di bawah Badan Pengelola Geopark Pulau Belitong. Badan tersebut terbentuk atas kerjasama dari Pemerintah Belitung, dan Belitung Timur.

Berdasarkan data dari belitonggeopark.net, daya tarik Geopark Belitung terletak pada 17 pesona keindahan lokasi geositenya. Yaitu :

1. Juru Seberang

Restoran Keren Juru Seberang Geopark Belitung
Restoran Keren Juru Seberang Geopark Belitung. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Pesona keindahan Juru seberang adalah:

  • Kawasan yang kaya kandungan timah
  • Sebuah lokasi rehabilitasi pasca tambang, yang dijadikan tambak udang dan kepiting
  • Pantai pasir putih
  • Hutan bakau
  • Ditemukan fosil hewan dari 542 juta tahun yang lalu
  • Restoran dengan bentuk kapal

Lokasi dan alamat Juru Seberang berada di Desa Juru Seberang, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

Harga tiket masuk wisata Juru seberang Rp. 10.000 per orang. Dan fasilitas di Juru Seberang sudah sangat lengkap bagi kebutuhan para wisatawan.

2. Terong Tourism Village

Desa Wisata Terong Geopark Belitung
Desa Wisata Terong Geopark Belitung. Sumber: belitonggeopark.net

Terong Tourism Village merupakan desa wisata Terong, yang notabene sebagai lokasi percontohan rehabilitasi pasca tambang timah.

Lokasi dan alamat Terong Tourism Village berada di Kelurahan Terong, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

3. Kuale Granite Mangrove Forest

Mangrove Kuale Geopark Belitung
Mangrove Kuale Geopark Belitung. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Kuale Granite Mangrove Forest merupakan hutan mangrove granit yang ada di Kuale. Namun, pesona keindahannya bukan terbatas pada hal tersebut saja.

Ada beberapa pesona keindahan lainnya dari Kuale Granite Mangrove Forest, yaitu :

  • Sungai Kuala, yang terbentuk akibat peregseran dua lempeng yang terjadisekitar 145 juta tahun yang lalu
  • Spesies mangrove dari abad ke 19
  • Terdapat salah-satu masjid tertua, dan bersejarah di Belitung
  • Ditemukan Balok Granit berusia 208 – 245 M

Lokasi dan alamat Kuale Granite Mangrove Forest berada di Desa Kuale Sijuk, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

Para wisatawan bisa membayar tiket untuk naik perahu, mengelilingi indahnya kawasan hutan mangrove yang ada di sana.

4. Peramun Hill Granite Forest

Peramun Hill Geopark Belitung
Peramun Hill Geopark Belitung. Sumber: belitonggeopark.net

Geosite selanjutnya dari Geopark Belitung adalah Peramun Hill Granite Forest. Adalah kawasan hutan yang terkenal dengan banyaknya tumbuhan yang memiliki khasiat herbal, atau ramuan.

Karena nama Peramun diambil dari kata ramuan. Selain itu, hutan tersebut dikenal juga sebagai hutan granit, dengan beberapa spot yang instagramable di titik puncaknya.

Lokasi dan alamat Peramun Hill Granite Forest berada di Desa Aik Selumar, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

5. Tanjung Kelayang Trias Granite

Pantai Tanjung Kelayang Geopark Belitung
Pantai Tanjung Kelayang Geopark Belitung. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Pesona keindahan Tanjung Kerayang Trias Granite sebagai bagian dari Geopark Belitung adalah:

  • Keindahan pantai, dan pulau lainnya di atas bebatuan
  • Pulau kecil yang terbentuk dari bebatuan
  • Morfologi laut yang sudah berusia 213 juta tahun yang lalu
  • Morfologi lingkungan laut dengan status warisan geologi skala internasional

Lokasi dan alamat Tanjung Kerayang Trias Granite berada di Desa Keciput, Kecamatan Tanjung Kelayang, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

6. Batu Bedil Trias Granite Rock

Batu Bedil Geopark Belitung
Batu Bedil Geopark Belitung. Sumber: belitonggeopark.net

Batu Bedil Trias Granite Rock merupakan salah-satu geosite yang terkenal dari Geopark Belitung. Karena di Batu Bedil Trias Granite Rock merupakan spot terbaik menikmati pesona keindahan Laut Natuna.

Spot terindah saat berada di atas batuan granit trias, yang memanjang ke arah laut, serta dilengkapi dengan fasilitas spot foto.

Lokasi dan alamat Batu Bedil Trias Granite Rock berada di Desa Sungai Padang, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

7. Nam Salu Open Pit

Kubangan Tambang Timah Geopark Belitung
Kubangan Tambang Timah Geopark Belitung. Sumber: belitonggeopark.net

Jalan menuju Nam Salu Open Pit salah – satunya pengunjung harus berjalan kaki, menempuh jarak 400 meter untuk sampai di lokasi utama.

Jangan kaget saat sampai di lokasi utama, yang anda lihat bukanlah kawah. Tetapi kubangan besar tersebut bekas tambang timah, yang membentuk seperti kawah besar.

Selain itu, pesona keindahan Nam Salu Open Pit terpancar dari bebatuan yang sudah ada sekitar 300 juta tahun yang lalu.

Lokasi Nam Salu Open Pit terletak di Gunung Kik Karak, dan alamat Nam Salu Open Pit berada di Desa Senyubuk, Kecamatan Kelapa Kampit, Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung.

8. Lumut Hill

Lumut Hill Atau Gunung Lumut Geopark Belitung
Lumut Hill Atau Gunung Lumut Geopark Belitung. Sumber: belitonggeopark.net

Lumut Hill selain sebagai geosite dari Geopark Belitung, tetapi juga sebagai titik tertinggi yang ada di Belitung, khususnya di sebelah Tenggara.

Pesona keindahan lainnya dari Lumut Hill adalah kawasan yang ditumbuhi oleh 9 jenis anggrek, 9 jenis lumut, dan beberapa jenis dari pasakbumi.

Hebatnya lagi, sumber mata air yang ada di Lumut Hill tidak pernah kering sepanjang tahun. Olehkarena itu, sumber mata air tersebut dikeramatkan, karena menjadi salah-satu aumber air utama bagi masyarakat Belitung.

Lokasi dan alamat Lumut Hill berada di Desa Limbongan, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung.

9. Batu Pulas Trias Granite Rock

Pantai Tanjung Batu Pulas Geopark Belitung
Pantai Tanjung Batu Pulas Geopark Belitung. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Batu Pulas Trias Granite Rock atau disebut juga Batu Pulas Trias Batu Granit adalah geosite yang menawarkan keindahan pantai, yang berpadu dengan bebatuan besar  yang sudah berumur.

Jangan heran, jika geosite yang ada di kawasan Geopark Belitung didominasi oleh bebatuan yang sudah ada dari ratusan tahun yang lalu.

Lokasi dan alamat Batu Pulas Trias Granite Rock atau Batu Pulas Trias Batu Granit berada di Desa Cendil, Kecamatan Kelapa Kampit, Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belutung.

10. Cendil Heath Forest

Hutan Kerangas Hutan Cendil Geopark Belitung
Hutan Kerangas Hutan Cendil Geopark Belitung. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Cendil Heath Forest atau Hutan cendil adalah hutan yang ditumbuhi oleh beragam tanaman yang mampu dijadikan obat herbal.

Namun, Cendil Heath Forest atau Hutan cendil sangat rentan dengan kebakaran. Oleh karena itu, para pengunjung, khususnya perokok, dilarang keras membuang puntung rokok sembarangan.

Lokasi dan alamat Cendil Heath Forest atau Hutan Cendil berada di Desa Lintang, Kecamatan Simpang Renggiang, Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung.

11. Tebat Rasau Cenozoic Swamp

Rawa Purba Tebat Geopark Belitung
Rawa Purba Tebat Geopark Belitung. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Tebat Rasau Cenozoic Swamp atau Rawa Tebat Rasau adalah Rawa Purba yang masuk sebagai bagian dari Geopark Belitung.

Disebut rawa purba dikarenakan Tebat Rasau Cenozoic Swamp, atau Rawa Tebat Rasau sudah ada sejak jaman Sundaland, dan tempat yang nyaman bagi populasi ikan arwana.

Lokasi dan alamat Tebat Rasau Cenozoic Swamp, atau Rawa Tebat Rasau berada di Desa Lintang, Kecamatan Simpang Renggiang, Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung.

12. Burung Mandi Cretaceous Granidiorite

Vihara Bersejarah Geopark Belitung
Vihara Bersejarah Geopark Belitung. Sumber: belitonggeopark.net

Burung Mandi Cretaceous Granidiorite mempunyai daya tarik view alam yang sangat indah, dan sebagai destinasi wisata bersejarah. Di antara daya tarik tersebut adalah:

  • Gunung Burung Mandi
  • Pantai Burung Mandi
  • Air Terjun
  • Biara tertua, dan terbesar yang ada di Belitung, yaitu Vihara Dewi Kuan Im

Lokasi dan alamat Burung Mandi Cretaceous Granidiorite berada di Desa Burung Mandi, Kecamatan Damar, Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung.

13. Siantu Pillow Lava

Siantu Pillow Lava Geopark Belitung
Siantu Pillow Lava Geopark Belitung. Sumber : belitonggeopark.net

Siantu Pillow Lava menjadi geosite yang sangat penting bagi Geopark Belitung, dikarenakan di lokasi tersebut terdapat Lava Bantal yang diperkirakan sudah berumur 60 juta tahun yang lalu.

Lokasi dan alamat Siantu Pillow Lava berada di Desa Sijuk, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

14. Tajam Mountain

Tajam Mountain Geopark Belitung
Tajam Mountain Geopark Belitung. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Daya tarik Tajam Mountain, atau Gunung tajam selain dari bebatuan adalah :

  • Hutan yang terjaga kelestariannya
  • Air Terjun Gurok Beraye
  • Makam Kerajaan Badau

Lokasi dan alamat Gunung Tajam atau Tajam Mountain berada di Desa Kacang Butor, Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

15. Baginda Rocks

Pesona Batu Baginda Geopark Belitung
Pesona Batu Baginda Geopark Belitung. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Baginda Rocks adalah bukit batu besar, lokasinya dekat dengan Gunung Baginda. Adapun alamat dari Baginda Rocks atau Bukit Batu bagina berada di Desa Burung Mandi, Kecamatan Damar, Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung.

16. Punai Beach

Pantai Punai Geopark Belitung
Pantai Punai Geopark Belitung. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Punai Beach atau Pantai Punai merupakan pantai eksotis, dengan air laut yang masih bersih, dan berwarna biru.

Sebagai bagian dari Geopark Belitung dikarenakan di pantai tersebut terdapat bebatuan yang menegaskan sebagai sebuah geosite.

17. Garumedang Tektite

Garumedang Tektite merupakan kawasan konervasi, serta kawasan yang menjadi sejarah pertambangan Timah di Belitung.

Lokasi dan alamat Garumedang Tektite berada di Desa Burung Mandi, Kecamatan Damar, Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung.

Harga Tiket Geopark Belitung

Harga tiket dari 17 destinasi wisata atau geosite yang masuk ke dalam Geopark Belitung beragam. Dari mulai yang gratis, dan ada juga yang tiket masuknya Rp. 10.000 per orang.

Lokasi Dan Alamat Geopark Belitung

Lokasi dan alamat Geopark Belitung berada di Kabupaten Belitung, serta Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung.

Rute Menuju Geopark Belitung

Rute tercepat menuju Geopark Belitung jika dari Jakarta bisa menggunakan pesawat terbang. Adapun akes jalan menuju 17 geosite, mayoritas jalannya sudah sangat baik, dan dekat dengan pusat kota,

Fasilitas Di Geopark Belitung

Fasilitas di geosite yang masuk ke dalam Geopark Belitung sebagian besar sudah sangat lengkap, untuk memberikan kenyamanan bagi para wisatawan.

Penginapan Di Geopark Belitung

Karena lokasi 17 geosite rata-rata dekat dengan pusat kota, maka para pengunjung tiak akan kesulitan menemukan penginapan.

Penutup

Itulah info tentang Geopark Belitung, kita nantikan penetapan Geopark Belitung oleh UNESCO semoga bisa berjalan lancar.