Mahakarya Cinta, Pantai Caroline

Alkisah, pada tahun 1984 Zainal Zein beserta pasangannya yang bernama Jusna Zein datang ke sebuah pantai yang masih asri, elok, nan memikat namun belum mempunyai nama.

Atas dasar kecintaan pasangan tersebut kepada anak perempuannya, serta atas dasar keindahan pantai yang mempesona, maka pantai tersebut diberi nama Pantai Caroline, sesuai dengan nama anak perempuan mereka Caroline.

Nama Caroline akhirnya melekat di masyarakat sampai sekarang untuk sebuah pantai yang mungil nan eksotis di sebelah selatan Kota Padang Provinsi Sumatera Barat.

Itulah sepenggal kisah sejarah awal penyebutan nama Caroline bagi Pantai Caroline Padang Sumatera Barat.

Pantai Caroline
Pantai Caroline. Sumber : plesirankotatua.blogspot.com

Pantai Bungus, adalah nama lain dari Pantai Caroline. Nama Bungus diambil karena lokasi pantai yang berada di Bungus Selatan sekitar 20 kilo meter dari pusat kota Padang.

Keindahan Pantai Caroline sudah tidak bisa diragukan lagi, dihiasi hamparan pasir putih yang bersih dan halus, sehingga tidak heran banyak orang yang bermain pasir di bibir pantai.

Pantai Caoline dibentangkan oleh laut biru yang sangat indah pada siang hari namun akan berubah menjadi kecoklatan saat sore hari diakibatkan pembiasan cahaya matahari.

Pantai Caroline dikelilingi pepohonan yang sangat rindang, sehingga menghilangkan kesan panas dari sebuah pantai. Pepohonan yang rindang tersebut dapat digunakan untuk berteduh di bawah sinar matahari saat menikmati keindahan Pantai.

Suasana saat menjelang matahari terbenam begitu romantis dan memanjakkan mata yang memandanginya. Pantai ini juga dekat dengan beberapa pulau kecil yang bisa dikunjungi dengan menyewa perahu.

Kondisi pantai cukup ramai pada akhir pekan, namun jika datang pada hari biasa, suasana sepi dan deburan ombak yang menenangkan.

Keindahan Pantai Caroline sudah terdengar gaungnya sampai ke penjuru Indonesia, tidak salah jika pantai ini disebut-sebut sebagai salah satu pantai terindah yang ada di Indonesia.

Caroline menjadi sebuah mahakarya cinta dua pasang insan, Caroline adalah pancaran rasa kasih sayang terhadap seorang anak, Caroline adalah pantai kebanggaan masyarakat Padang dan Indonesia.

Keindahan Pasir Putih Pantai Caroline
Keindahan Pasir Putih Pantai Caroline. Sumber : yukpigi.com

Ragam Wisata Di Pantai Caroline

Terkenalnya suatu destinasi wisata tentu tidak hanya menyajikan satu spot saja di area tersebut. Banyaknya pengunjung yang datang salah-satu faktornya adalah banyaknya ragam wisata yang bisa dinikmati dalam satu kawasan.

Begitupun dengan Pantai Caroline, terdapat ragam wisata yang dapat dinikmati oleh para traveler. Diantaranya :

1. Selancar Bagi Pemula

Kondisi ombak yang tidak terlalu besar serta garis pantai yang relatif pendek, maka menjadikan Pantai Caroline menjadi pantai yang cocok bagi peselancar pemula.

Tetapi yang menjadi catatan bahwa di pantai ini belum tersedia alat penyewaan selancar. Jadi para pengunjung yang mau, ya harus bawa sendiri alatnya.

Selancar Bagi Pemula
Selancar Bagi Pemula. Sumber : www.youtube.com

2. Snorkeling

Pantai Caroline memiliki perairan yang bersih. Hal tersebut sangat cocok bagi para wisatawan yang hobi snorkeling, berenang, bahkan memancing.

Tidak hanya itu, diving di pantai ini layak untuk dicoba. Karena besarnya potensi kekayaan alam bawah laut menjadi surga tersembunyi di Caroline.

Berenang Di Pantai Caroline
Berenang Di Pantai Caroline. Sumber : rentalmobilpadang.co.id

3. Mercusuar

Ah biasa, mercusuar pasti ada hampir di setiap pantai. Tapi tunggu dulu, mercusuar di Pantai Caroline berbeda dengan mercusuar yang ada di pantai lainnya.

Perbedaannya karena bangunan tersebut telah ada sejak jaman penjajahan Belanda. Nilai  klasik, serta menjadikan mercusuar tersebut sebagai spot selfie favorit pengunjung.

Seolah memotret dari atas pesawat ketika kita mengabadikan momen di atas mercusuar. Bahkan Teluk Bayur dapat terlihat mempesona dari puncak mercusuar.

4. Jelajah Pulau

Tanggung, jangan hentikan kenikmatan berwisata hanya sampai di Pantai Caroline saja. Tetapi coba lanjutkan menjelajah pulau-pulau kecil eksotis yang ada di dekat Caroline.

Tenang, untuk menjelajah pulau-pulau tersebut anda tentunya tidak mesti membawa perahu sendiri dari rumah, wkwkwk.

Di Pantai Caroline sudah banyak masyarakat yang menyediakan penyewaan perahu untuk menjelajah pulau-pulau tersebut.

Harga penyewaan perahu sebetulnya bisa ditawar, bahkan jika anda datang bersama rombongan maka harga sewanya akan lebih murah.

Jadi, sebelum sampai di lokasi Pantai Caroline ada baiknya selama di perjalanan anda belajar untuk tawar menawar harga, boleh dipraktekan bersama teman atau keluarga anda. Wkwkwkwk.

Sewa Perahu
Sewa Perahu. Sumber : iklantravel.com

5. Pasir Putih

Pantai Caroline terkenal salah-satunya karena kebersihan pantai serta pasirnya yang putih. Area pasir putih menjadi tempat yang cocok bagi para wisatawan untuk bermain bersama anak tercinta.

Membuat istana pasir, bermain sepak bola, atau duduk menikmati indahnya panorama alam sekitar sambil duduk di atas pasir menjadi sederet kenikmatan berwisata di Pantai Caroline.

Pohon-pohon khas pantai seperti pohon kelapa yang berbaris, serta beberapa pohon lain menjadi tempat berteduh saat cuaca mulai terik di area pasir pantai.

Nikmati hembusan angin sepoi-sepoi, sambil minum air kelapa muda. Dan jangan lewatkan kegembiraan tersebut untuk selalu bersama keluarga anda.

Karena sejatinya Pantai Caroline adalah lambang kecintaan terhadap anak.

Indahnya Pantai Caroline
Indahnya Pantai Caroline. Sumber : ourbinocular.blogspot.com

Lokasi

Pantai Caroline terletadi di Sumatera Barat dengan alamat lengkap : jalan Padang Painan, Desa/Kelurahan Bungus Selatan Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang Sumatera Barat – 25226.

Rute

Posisi Pantai Caroline tidak jauh dari pusat Kota Padang, kurang lebih 30 kilo meter. Sekitar 30-40 menit perjalanan menuju lokasi.

Rute menuju pantai tidaklah sulit, bisa menggunakan semua jenis kendaraan baik motor maupun mobil, karena lokasinya berada tidak jauh dari jalan raya Padang Painan.

Tiket

Tiket masuk area Pantai Caroline Free alias gratis

Penginapan

Di area Pantai Caroline sudah banyak tersedia penginapan dengan berbagai jenis pilihan dari mulai kelas melati sampai cottage yang sangat bagus.

Catatan Akhir

Sampah adalah salah-satu musuh terbesar manusia saat ini. dimanapun dan kapanpun selalu ditemukan fenomena sampah yang berserakan.

Pantai Caroline masih terjaga keindahan serta kebersihannya, oleh karena itu saat berkunjung ke lokasi tersebut jangan sampai anda bersama keluarga membuang sampah sembarangan.

Mari ajarkan anak-anak kita dari sejak dini untuk merawat dan menjaga alam sekitarnya. Selamat berlibur…

Baca juga:

Leave a Comment