Pantai Padang, Spot Sunset Kebanggaan Tanah Minang

Salah satu icon wisata favorit di kota Padang adalah Pantai Padang. Tempat wisata di Padang yang memanjang di sisi barat ibukota Provinsi Sumatera Barat ini hampir tiap hari ramai dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun luar. Boleh dikatakan, yang datang berkunjung ke kota Padang belum dianggap sah jika belum menyempatkan singgah di pantai yang Sunsetnya terlihat sangat indah ini.


Pantai Padang
Pantai Padang. Image via: @pantaipadang

Area di sekitar Pantai bersih dan tertata rapi. Para pengunjung leluasa dan dimanjakan saat menikmati keindahan pemandangan pantai. Pengunjung juga bisa merasakan hangat ombak yang pecah di bibir pantai. Pengunjung dapat menikmati pantai ini dengan bermain layang-layang, sepatu roda hingga bersepeda.

Di sisi utara pantai Padang, terdapat barisan kios-kios yang khusus dibangun dengan rapi. Jajaran kios ini menjajakan berbagai macam barang atau jasa. Kafe, pakaian hingga cenderamata. Sementara di belakang pantai, danau cimpago menawarkan pemandangan yang juga tak kalah menarik. Dari kejauhan juga terlihat Gunung Padang yang gagah menjulang..

Dengan pasir berwarna cokelat, Pantai Padang bisa menjadi lokasi untuk berjemur, berenang sampai berselancar. Bagi perenang awam harus berhati-hati karena ombak Pantai ini cukup besar. Pantai Padang sangat sering dijadikan arena atau lokasi acara-acara besar seperti event wisata tahunan Kota Padang, Festival Siti Nurbaya. Bahkan beberapa kali dilewati untuk rute Tour de Singkarak.

Pantai Padang di tengah Kota
Pantai di Tengah Kota. Image via: @pantaipadang

Lokasi Pantai Padang

Pantai ini terletak pada kawasan padat perkotaan di Kecamatan Padang Barat. Pantai ini membentang dari daerah Purus hingga muara Batang Arau.

Pantai Padang berjarak kurang lebih 23 km dari Bandar Udara Internasional Minangkabau, yang bisa ditempuh dalam 30 menit perjalanan dengan mobil.

Rute Menuju Pantai Padang

Pantai Padang terletak tidak berapa jauh dari pusat kota. Bahkan dapat dianggap ada di area pusat Kota. Karena itu akses menuju pantai sangat mudah. Bisa ditempuh dengan berbagai mode transportasi, baik privat maupun publik.

Jam Buka Pantai Padang

Mengingat lokasi pantai yang berada di area pemukiman yang padat, yang aktivitas penduduk tidak pernah putus, demikian juga dengan pantai ini. Pantai ini terbuka untuk pengunjung 24 jam sehari, 7 hari seminggu.

Tiket Pantai Padang

Untuk bisa menikmati keindahan panorama pantai di pantai Padang ini, pengunjung tidak dikenakan tiket masuk. Alias Gratis.

Pengujung hanya perlu membayar biaya parkir. Rp 2.000,- untuk motor, dan Rp 5.000,- untuk mobil.

Paramotor Pantai Padang
Paramotor Pantai Padang. Image via: @dedetsaugia

Fasilitas Pantai Padang

Pantai Padang sendiri telah memiliki fasilitas seperti trotoar bagi para pejalan kaki, lalu juga terdapat tempat pemberhentian bus pariwisata gratis yang ditandai dengan adanya palang. Lalu terdapat musola serta mesjid yang dapat ditemukan di sepanjang pantai. Ada juga sebuah lapangan bola basket yang terletak di Jl. Samudera.

Selain dapat menaiki bus pariwisata gratis, di sepanjang garis Pantai Padang dapat ditemukan berbagai jajanan seperti buah kelapa, jagung bakar, soto hingga bakso tusuk.

Aktivitas Menarik di Pantai Padang

Ada berjibun keindahan yang disimpan oleh Pantai ini. Yang mana semuanya siap membuat pengunjung terpesona dan mengenangnya dalam waktu yang lama.

Begitu tiba di kawasan pesisir, keindahan pemandangan alam yang pertama menyambut adalah gulungan ombak laut yang besar dan menghantam bebatuan. Garis pantainya yang panjang membuat pemandangan yang tersuguh semakin terlihat eksotis dengan latar belakang Gunung Padang yang tampak di kejauhan.

Beriut ini kami kemukakan berberapa kekayaan yang dimiliki pantai ini. Yang semuanya bisa dinikmati dalam 1 kesempatan kunjungan.

  1. Sunset

Sunset Pantai Padang
Sunset Pantai Padang. Image via: https://www.saribundo.biz/eksotisnya-sunset-pantai-padang-sumatera-barat.html

Saat senja tiba dan matahari mulai terbenam suasana magis dihadirkan pantai ini. Matahari yang turun perlahan-lahan ke batas pandang antara langit dengan laut akan menyemburatkan warna kuning keemas-emasan yang dibiaskan oleh air.

Pantai Padang yang menghadap ke Barat, ke arah samudera luas menawarkan keindahan alam Sunset. Pantai ini memberikan kemewahan kepada pengunjung untuk melihat sunset yang dramatis. Karena pesona Sunset yang ditawarkan ini, menjadikan Pantai Padang banyak dikunjungi pada waktu sore hari.

  1. Kuliner

kuliner pantai Padang
Kuliner Pantai Padang. Image via: detik.com

Saat mengunjungi pantai Padang, pengunjung tidak perlu merisaukan soal makanan dan minuman. Pantai ini menyediakan fasilitas yang memadai yang terdiri dari banyak pedagang keliling dan kios-kios yang menjual berbagai macam makanan dan minuman. Mulai dari minuman dingin dan minuman bersoda, es kelapa muda, telur rebus, kacang rebus serta yang lain.

Terdapat pula area kuliner yang dihiasi tenda-tenda pedagang yang tertata rapi dan menyediakan berbagai macam kuliner khas Padang seperti Langkitang, Pensi, serta menu-menu lainnya yang menggoyang lidah.

Beragam pilihan tempat untuk bersantap pun tersedia di sepanjang pantai. Menu yang tersaji mulai dari lontong pical, jagung bakar, rujak, sate, gorengan, hingga ikan laut. Menu ikan laut disajikan segar, karena berasal dari tangkapan nelayan sekitar.

  1. Spot Foto

Spot Foto Pantai Padang
Foto cantik. Image via: pelangiholiday.com

Sembari mencapai tujuan utama untuk menikmati keindahan panorama laut dan pantai, pengunjung juga bisa mengambil foto indah di pantai ini. Pengunjung yang berkunjung ke pantai ini, dapat mengambil foto kenang kenangan dengan berselfie ria.

Untuk selfie ria di pantai Padang, dapat dilakukan dengan memanfaatkan spot-spot cantik yang ada di Taman Muaro. Juga bisa memanfaatkan spot yang tidak dapat ditemui di objek-objek wisata lain, yaitu Tugu IORA. Tugu IORA bentuknya menyerupai rambu petunjuk arah. Namun yang ditunjukkan bukan kota, tapi nama-nama negara yang tergabung dalam Asosiasi Negara-Negara di Kawasan Samudra Hindia.

Selain tugu IORA, objek lain yang juga menjadi favorit warga adalah monumen bertuliskan ‘Kota Padang’ dan Monumen Merpati Perdamaian.

  1. Menikmati Bersantai

Pantai Padang Ramah Anak
Pantai Ramah anak. Image via: idntimes.com

Beristirahat sejenak dari kesibukan harian dan berbagai masalah yang ada, tentu adalah hal berguna. Istirahat semacam itu bukan hanya sola istirahat badan, namun juga mengistirahatkan jiwa dari penatnya beban kerja dan tekanan kehidupan.

Duduk santai di Taman Muaro juga menjadi aktifitas yang menyenangkan. karena mata akan dimanjakan oleh indahnya bunga dan berbagai macam jenis tanaman yang ditata sedemikian indah. Bagi pengunjung yang datang bersama keluarga dan membawa putra-putri yang masih anak-anak disini juga ada fasilitas yang tersedia. Tidak perlu khawatir mereka akan bosan dan mengajak pulang. Karena di kawasan pantai Padang, tersedia arena bermain anak-anak. Fasilitas mainan anak-anak itu diisi dengan kereta kelinci dan berbagai macam wahana permainan yang dapat disewa dengan biaya yang murah.

  1. Trek Jogging

track jogging Pantai Padang
Track Jogging tepi Pantai. Image via: sumselupdate.co

Olahraga sudah menjadi gaya hidup bagi anak-anak muda. Dewasa ini, olahraga yang populer adalah olahraga yang bisa dilakukan sambil sekalian bersenang-senang. Jogging memenuhi memenuhi syarat untuk kedua hal ini. Jogging bisa menjadi sarana olahraga dan juga bisa menjadi sarana untuk bersenang-senang berkumpul bersama teman-teman satu komunitas.

Menyadari potensi olahraga rekreasi ini, pemerintah Padang membangun track jogging di Pantai Padang ini. Track yang membentang di sepanjang pantai dan sekitar taman, membuat kegiatan olahraga sekaligus kegiatan cuci mata. Cuci mata melihat keindahan panorama pantai Padang, dan cuci mata melihat keanekaragaman macam pengunjung yang datang ke pantai ini.

Bagi yang ingin jogging, tempat ini pun favorit karena trotoar yang lebar dan rapi. Warga bisa lari sore sembari merasakan embusan angin laut. Di Pantai Padang juga tersedia penyewaan sepeda untuk pengunjung yang ingin berkeliling tanpa kendaraan bermotor.

Spot Foto Pantai Padang
Ikutan foto dong Mbak!. Image via: merdeka.com

Objek Wisata Dekat Pantai Padang

Bagi pengunjung yang berwisata dalam perjalanan panjang. Tentu tidak cukup hanya mengunjungi 1 objek di sebuah wilayah. Tentu ada keinginan untuk mengunjungi objek wisata lain di daerah tersebut. Untuk memenuhi tujuan itu, ada beberapa objek yang bisa dieksplorasi yang tidak kalah indah, namun lokasinya berdekatan dengan pantai Padang.

Mesjid Raya Sumbar Padang. Mesjid ini Unik. Umumnya mesjid Jami di Indonesia memiliki arsitektur kubah gaya timur tengah atau Eropa timur yang berbentuk bawang. Namun hal berbeda ada di mesjid Ini. Mesjid ini arsitektur atapnya mengadopsi rumah gadang Minang. Mesjid berarsitektur indah ini jaraknya hanya 4 km dari Pantai Padang.

Bagi pengunjung yang tertarik dengan wisata budaya dan sejarah, bisa mencoba museum Adityawarman. Museum budaya provinsi Sumatra Barat yang terletak di Kota Padang, yang jaraknya hanya 4 km dari Pantai Padang. Museum ini memiliki julukan Taman Mini ala Sumatra Barat.

Masjid Raya Sumbar dekat Pantai Padang
Masjid Raya Sumbar. Image via: tribunnews.com

Demikian dulu obrolan kita soal pantai Padang nan mempesona ini. Pastikan dalam kesempatan berwisata ke tanah Sumatera, khususnya Sumatera Barat, pantai ii masuk dalam daftar kunjungan anda. Dijamin tidak akan menyesal.

 

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment