Lembah Anai, Cagar Alam Indah Di Jalur Padang Panjang-Bukittinggi

Lembah Anai merupakan sebuah jalur yang menghubungkan Padang Panjang – Bukittinggi. Jalur tersebut sangat terkenal akan keindahan alam yang akan disaksikan selama perjalanan.

Apalagi terdapat sebuah air terjun yang cukup tinggi, yang letaknya berada di pinggir jalan raya sehingga dapat terlihat jelas ketika kamu melewatinya.

Air Terjun tersebut biasa disebut Air Terjun Lembah Anai, di Lembah Anai sendiri terdapat sekitar 6 air terjun yang dapat kamu eksplor.

lembah anai
lembah anai. google maps. sumber: Satria Piliang

Simak juga: Ragam Tempat wisata di Padang.

Maka dari itu banyak pengunjung yang beristirahat sejenak untuk menikmati kesegaran Air Terjun Lembah Anai ini, sebelum melanjutkan perjalanan kembali.

Lembah Anai menyimpan keindahan alam dan kekayaan hayati yang sangat beragam, perlu meluangkan waktu khusus jika kamu ingin mengenal lebih dekat lembah ini.

Berikut ulasan singkat mengenai Lembah Anai di wilayah Nagari Singgalang:

Sejarah di Balik Lembah Anai

Lembah Anai ternyata menjadi saksi bisu akan apa yang terjadi waktu Agresi Militer Belanda II, dimana kawasan ini dijadikan basis perlawanan oleh para pejuang Republik Indonesia.

Karena lokasi Lembah Anai yang masih berupa bukit-bukit yang terjal dan sempit. Tujuan dari operasi tersebut ialah untuk menghambat laju pasukan Belanda yang hendak menuju ke Padang Panjang dan Bukittinggi.

Sekitar tanggal 19 Desember 1948, Belanda berhasil mengepung garis pertahanan Pejuang Minang di Lembah Anai. Para pejuang kemerdekaan tersebut melakukan perlawanan dengan sengit.

Lokasi Lembah Anai yang masih rindang membuat pihak Belanda kesusahan untuk menemukan para pejuang Minang, apalagi mereka menghancurkan jembatan penghubung dan menumbangkan pepohonan supaya pergerakan pasukan Belanda terhambat.

Bentuknya yang masih berupa perbukitan pun dimanfaatkan pejuang untuk bersembunyi dan memantau pergerakan yang dilakukan pasukan Belanda.

Lokasi Lembah Anai

Lokasi dan alamat Lembah Anai berada di wilayah Nagari Singgalang, Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Rute Menuju Lembah Anai

Rute menuju Lembah Anai jika bergerak dari kota Padang dengan menempuh jarak sekitar 60 km, atau sekitar 5 jam perjalanan.

Jalur yang dilalui sangat mulus karena sudah beraspal, namun harus berhati-hati karena kondisi jalannya yang sedikit berkelok-kelok.

Pemandangan yang tersaji sepanjang perjalanan sungguh sangat mengagumkan, sejuknya udara pun dapat kamu rasakan.

Simak juga: Pesona Telaga Warna Dieng.

Jam Buka Lembah Anai

Jam operasional dari Lembah Anai sendiri, tidak ada ketentuan akan waktu kunjungan. Itu artinya kamu dapat mengunjungi Lembah Anai kapan saja.

Namun, mengingat lokasinya yang belum dilengkapi dengan penerangan yang cukup dan keadaan masih sangat rindang, alangkah baiknya jika datang ketika matahari masih bersinar dengan terang.

Tiket Lembah Anai

Tiket masuk mengeksplor Lembah Anai masih gratis, kamu ngga perlu membayar biaya tertentu untuk menikmati keindahannya.

Kamu hanya perlu menyiapkan biaya untuk biaya parkir kendaraan yang kamu gunakan.

daya tarik lembah anai
daya tarik lembah anai. google maps. sumber: Ilmu_penerbangan

Fasilitas Lembah Anai

Karena semakin banyaknya pengunjung yang datang untuk menikmati keindahan Lembah Anai, maka disediakanlah fasilitas pendukung di sekitar Lembah Anai. Yakni:

  • Area parkir kendaraan
  • Warung-warung makanan dan minuman

Daya Tarik Lembah Anai

Lembah Anai sejak tahun 1922, telah ditetapkan oleh Pemeritah Hindia Belanda sebagai kawasan cagar alam. Karena banyaknya flora dan fauna yang hidup di sekitarnya.

Selain itu, Lembah Anai pun merupakan salah satu penghasil Oksigen untuk menjaga kwalitas udara di Sumatera Barat, khususnya di Kabupaten Datar agar tetap segar.

Berikut beberapa daya tarik yang dimiliki oleh cagar alam Lembah Anai:

1. Air Terjun Lembah Anai

air terjun lembah anai
air terjun lembah anai. google maps. sumber: Elisa Kembaren

Simak juga: Surga kupu kupu TN Bantirung.

Daya tarik yang pertama dari keindahan Lembah Anai ialah dengan keberadaan sebuah air terjun yang berada di tepi jalan. Air terjun tersebut memiliki tinggi sekitar 35 meter, sehingga sudah terlihat dari kejauhan.

Air yang dialirkannya cukup deras dan bersih, keindahannya mampu menghipnotis siapa saja yang melintas untuk bersitirahat sejenak dan menikmati kesegaran air terjunnya.

Untuk menikmati keindahan air terjun dari dekat kamu harus membayar tiket masuk sebesar:

  • Rp. 5.000,- dewasa
  • Rp. 3.000,- anak-anak

Keadaan air yang dialirkan sangat dipengaruhi debit air yang berasal dari Sungai Batang Lurah, sehingga sangat tergantung pada cuaca.

Masyarakat setempat percaya bahwa air yang mengalir di Air Terjun Lembah Anai berasal dari Telaga Dewi, yakni tempat mandinya para dewi.

Sehingga mereka mempercayai bahwa siapa saja yang membasuk wajah mereka dengan air yang berasal dari Air Terjun Lembah Anai ini akan awet muda.

bermain air di air terjun lembah anai
bermain air di air terjun lembah anai. google maps. sumber: zulkarnedi dodi.basamo

Terlepas dari hal tersebut, keseruan yang dapat kamu lakukan ketika berada di Air Terjun Lembah Anai ialah:

  • Bermain air
  • Bermain perahu karet
  • Berfoto

2. Keberagaman Flora dan Fauna

Keberagaman Flora yang ada di kawasan cagar alam Lembah Anai ini diantaranya adanya bunga bangkai yang tumbuh di tengah hutan.

Selain itu ada juga beberapa tumbuhan kayu seperti cangar, sapek, madang siapi-api (litsea adinantera), cubadak/cempedak air (artocarpus sp), madang babulu (gironniera nervosa), dan lain-lain.

lembah anai yang sejuk
lembah anai yang sejuk. google maps. sumber: Zul fahmi

Adapun Fauna yang mendiami kawasan cagar alam ini diantaranya ada beberapa hewan langka yang hampir punah, seperti harimau sumatra (phantera tigris sumatrensis), rusa (cervius timorensis), siamang (hylobates syndactylus), kera ekor panjang (macaca fascicu- laris), beruk (macaca nemestrena), trenggiling (manis java- nica), kancil (tragulus sp), tapir, dan biawak.

Ada pula beragam jenis burung yang hidup berdampingan dengan hewan lainnya, seperti elang (accipitriade sp), burung balam (bolumbidae), burung punai, dan burung puyuh. Burung elang biasanya hidup di atas pohon tinggi.

Selain itu kawasan cagar alam Lembah Anai ini pun memiliki sekitar 60 jenis populasi kupu-kupu yang sangat cantik dan berwarna-warni. Hal tersebut berdasarkan hasil dari penelitian beberapa mahasiswa Universitas Andalas (UNAND) Padang.

3. Spot Foto Alami

spof foto favorit
spof foto favorit. google maps. sumber: Yenni Dewi

Simak juga: Kebun Raya Bogor.

Daya tarik yang terakhir dari Lembah Anai ialah pemandangannya yang masih sangat asri dan alami, sehingga sangat cantik untuk menjadi latar sebuah foto maupun video.

Banyak dari pengunjung yang mengabadikan keindahan Lembah Anai, kemudian mempostingnya di berbagai media sosial yang dimiliki.


Tinggalkan komentar