Lembah Anai, Keindahan Cagar Alam Sejak 1922 yang Terlupakan

Saat melintas di area Lembah Anai wilayah Nagari Singgalang, pengendara akan menyaksikan keindahan air yang tertumpah dari tebing yang tinggi. Tak jarang pengendara memilih untuk berhenti sejenak, beristirahat sambil menikmati keindahan Air Terjun.


Cagar alam Lembah Anai dengan air terjun tepi jalan nya
Lembah Anai. Image via: popbela.com

Air terjun yang berada di pinggir jalan ini hanya salah satu dari tujuh air terjun yang dimiliki oleh kawasan Cagar Alam Lembah Anai. Selain di dalam kawasan cagar alam ini, pengunjung dapat menempuh perjalanan trekking selama sekitar 2 jam untuk dapat melihat keenam air terjun lainnya.

Untuk bisa menyaksikan keenam air terjun lainnya, pengunjung bisa berjalan kaki menyusuri cagar alam Lembah Anai selama kurang lebih dua jam. Jika lelah, tak ada salahnya untuk menepi sebentar dan mengamati pesona alam lebih lama. Rasa kagum akan bertambah saat menyaksikan bentangan alam yang mengelilingi lembah yang indah ini.

Deretan perbukitan hijau di kaki Gunung Singgalang menjadi dinding alam cantik. Dinding yang seakan ingin menyembunyikan eksotisme air terjun setinggi kurang lebih 35 meter ini. Terdapat pula rangkaian rel kereta tua yang berkelok melintas di atas jalan raya, yang letaknya tak jauh dari posisi air terjun.

Komposisi pemandangan alam nan mempesona ini menjadi surga bagi mereka yang hobi berwisata di alam terbuka.

Pose untuk foto cantik di lembah anai
Cantik di air terjun lembah anai. Image via: datawisata.com

Simak juga: Ragam Tempat wisata di Padang.

Perang Kemerdekaan di Lembah Anai

Pada masa Revolusi, tepatnya saat Agresi Militer Belanda II, kawasan ini menjadi basis perlawanan pejuang Republik. Operasi utama mereka adalah menghambat laju pasukan Belanda yang hendak menuju Padang Panjang dan Bukitinggi.

19 Desember 1948, Belanda mengepung garis pertahanan utama Indonesia di Lembah Anai, yang terletak antara Kayutanam dan PadangĀ  panjang . Belanda harus menghadapi perlawanan sengit, karena pasukan utama Republik dipusatkan di bukit-bukit di atas celah Anai yang terjal dan sempit.

Para pejuang Republik juga menghancurkan jembatan-jembatan dan menumbangkan pepohonan untuk menghambat gerak maju pasukan Belanda di lembah tersebut. Tak hanya itu, sambil perlahan mundur, mereka juga menghambat pasukan Belanda lewat para penembak runduk yang bersembunyi di celah-celah perbukitan.

Air terjun lembaha nai menjadi lokasi peritirahatan para pelintas jalur bukittinggi-padang
Pemberhentian favorit. Image via: @minang_sportswear

Lokasi Lembah Anai

Lembah Anai secara administrasi masuk dalam wilayah Nagari Singgalang, Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Rute Menuju Lembah Anai

Rute perjalanan yang harus di lalui pengunjung jika di mulai dari kota Padang cukup lumayan jauh. Pengunjung harus menempuh perjalanan selama hampir 5 jam, karena jarak dari kota Padang ke air terjun lembah anai sekitar 60 Km.

Jika anda belum mengetahui rute yang akan di lalui maka di rekomendasikan untuk menggunakan petunjuk jalan. Semua lelah dan penat selama perjalanan akan segera terbayar ketika pengunjung sampai di tempat wisata lembah anai.

Di sana tersaji pemandangan alam yang sangat luar biasa indah dengan suara gemericik air terjun di lengkapi dengan udara yang sejuk. Jika anda beruntung, maka akan menyaksikan pelangi dari hembusan air terjun lembah anai.

Anai resort, salah satu resort wisata di kawasan lembah anai
Anai resort. Image via: @edvian

Simak juga: Pesona Telaga Warna Dieng.

Jam Buka Lembah Anai

Lembah Anai terbuka untuk dikunjungi pengunjung kapan pun. Jadi lokasi ini terbuka 24 jam untuk dikunjungi.

Tiket Lembah Anai

Untuk menikmati keindahan Lembah Anai pengunjung tidak dikenakan tiket.

Fasilitas Lembah Anai

Berbagai fasilitas pendukung pariwisata tersedia di sekitar Lembah Anai. seperti lahan parkir yang luas, kios-kios souvenir, rumah makan, hingga penginapan.

Seiring perkembangan daerah ini, kawasan air terjun ini tidak hanya menjadi tempat singgah belaka, melainkan sudah berkembang menjadi salah satu destinasi pariwisata unggulan di Sumatera Barat

Daya Tarik Lembah Anai

Penetapan hutan Lembah ini menjadi kawasan cagar alam sudah cukup lama, tepatnya sejak tahun 1922 oleh pemerintah Hindia Belanda. Tetapi keberadaan cagar alam ini kurang dikenal sampai kini. Hal ini disebabkan, kurang sosialisasi dan promosi.

Di samping itu, daya tarik obyek wisata Air Terjun lebih banyak dikenal dari pada Cagar Alam ini sendiri.

Hutan Lembah berfungsi untuk menjaga kelestarian dan keseimbangan ekosistem alam agar tidak rusak dan tercemar. Lebat Hutan Lembah Anai berguna sebagai penjaga kestabilan iklim mikro, memasok produksi oksigen, dan menyerap CO2.

Keberadaan kawasan Cagar Alam bisa menjadi paru-paru alam untuk sirkulasi udara di Provinsi Sumatra Barat. Kawasan ini memiliki hamparan hutan hujan tropis yang lebat dengan aneka ragam jenis flora dan fauna.

Berikut beberapa daya tarik yang dimiliki oleh cagar alam Lembah Anai.

  1. Air Terjun Tepi Jalan

Rel kereta batu bara zamanbelanda di perlintasan lembah anai
Perlintasan Batu Bara. Image via: @wiraseto

Air Terjun Lembah Anai terletak di tepi jalan raya yang menghubungkan kota Padang dan Bukittinggi. Air Terjun indah ini memiliki ketinggian sekitar 35 meter.

Karena lokasi objek wisata ini mudah dijangkau, tempat wisata ini menjadi destinasi favorit wisatawan yang berkunjung ke Sumatera Barat. Air Terjun ini hampir setiap akhir pekan selalu ramai dikunjungi wisatawan. Pengunjung dapat mandi di air terjun ini.

Kawasan wisata Lembah Anai ini juga sangat cocok untuk bersantai sejenak di tengah perjalanan panjang menuju Bukittinggi. Pengunjung pun dapat berfoto dengan latar belakang air terjun yang berdiri kokoh di tepi jalan. Di sekitar air terjun ini juga berkeliaran banyak monyet yang memang mendiami kawasan air terjun ini.

  1. Flora

Bunga bangkai salah satu tanaman endemik sumatera di cagar alam lembah anai
Bunga bangkai di habitat asli. Image via: lampungpro.com

Simak juga: Kebun Raya Bogor.

Di dalam rindangnya hutan cagar alam, terdapat beberapa tanaman langka yang sekaligus menjadi daya tarik dari Cagar Alam Lembah Anai. Salah satunya adalah bunga bangkai (amorphyphalus titanum). Bunga bangkai ini tumbuh subur di tengah hutan.

Selain bunga bangkai ada juga beberapa tumbuhan kayu yang menjadi daya tarik kawasan cagar alam ini, di antaranya cangar, sapek, madang siapi-api (litsea adinantera), cubadak/cempedak air (artocarpus sp), madang babulu (gironniera nervosa), dan lain-lain.

  1. Fauna

Mengenai fauna penghuni cagar alam, juga memiliki varietas yang beragam. Ada hewan langka yang hampir punah, di antaranya harimau sumatra (phantera tigris sumatrensis), rusa (cervius timorensis), siamang (hylobates syndactylus), kera ekor panjang (macaca fascicu- laris), beruk (macaca nemestrena), trenggiling (manis java- nica), kancil (tragulus sp), tapir, dan biawak.

monyet di tepi jalan sepnajnag lembah anai
Monyet tepi jalan. Image via: pelangiholiday.com

Hewan yang sering dijumpai oleh pengunjung ketika melewati kawasan ini, adalah kera ekor panjang, siamang, dan beruk. Ketiga hewan ini selalu bergerak untuk mencari buah-buahan yang terdapat di kawasan hutan hingga ke pinggir jalan raya.

Selain hewan-hewan tersebut, Cagar Alam juga dihuni oleh aneka burung. Burung-burung itu seperti elang (accipitriade sp), burung balam (bolumbidae), burung punai, dan burung puyuh. Burung elang biasanya hidup di atas pohon tinggi.

Kawasan Hutan Cagar Alam Lembah Anai ini merupakan rumah bagi berbagai macam kupu-kupu (troides neo miranda). Hasil penelitian beberapa mahasiswa Universitas Andalas (UNAND) Padang meneyebutkan, di sekitar Cagar AlamĀ  terdapat sekitar 60 jenis populasi kupu-kupu. Aneka kupu-kupu tersebut selalu menghiasi hutan di kala pagi menjelang siang dengan warna-warni yang menawan.

Kupu-kupu Troides banyak terdapat di cagar alam lembah anai
Keluarga Troides miranda. Image via: www.muizonrieunier.com/

Simak juga: Surga kupu kupu TN Bantirung.

Objek Wisata Dekat Lembah Anai

Setelah beristirahat sejenak di Area sekitar lembah anai, Pengunjung juga bsia mencoba menengok beberapa lokasi wisata di dekat dekat sana.

Dalam jarak tidak sampai 2 km arah ke Padang Panjang, terdapat Mato Aia Play Ground. Mato aia memiliki 3 kolam renang untuk anak anak. Kelebihan lokasi ini adalah memiliki pondok pondok tempat beristirahat yang tepat berada di sisi kanan kolam renang. Jadi pengunjung dewasa bisa beristirahat di sana sekaligus mengawasi anak anak main dan berenang.

Jika lanjut ke arah padang panjang, dalam jarak 8 km, pengunjung bsia menemukan Mifan Water Park. Mifan Waterpark Padang Panjang merupakan water park terbesar di Sumatera Barat. Wahana yang dimiliki juga sangat lengkap. Memiliki dua area permainan, yaitu Arena Waterpark (Permainan Basah) dan Drypark (Permainan Kering).

Dari reviu kami ini mengenai lembah Anai, tentu anda sudah bisa menerka-nerka bagaimana keseruan yang dirasakan jika berwisata ke sana. Jadi kalau ada jadwal kunjungan ke Sumatera Barat, pastikan lokasi ini masuk dalam daftar lokasi tujuan berlibur.

 

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment