Air Terjun Sarasah Batimpo, Surga yang Pernah Dilupakan

Air terjun seyogyanya selalu berada didalam hutan atau diantara tebing yang tinggi. Mengapa demikian? Supaya senantiasa selalu terjaga, terjaga aliran airnya, terjaga keasrian alamnya, terjaga ekosistem yang tumbuh disekitarnya.

Air terjun mengalirkan air yang deras dan jernih, yang bisa digunakan oleh kita. Aliran air terjun dapat kita manfaatkan sebagai sumber pembangkit listrik tenaga air (PLTA), sebagai sumber mata air untuk kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya.

Air yang terus mengalir tanpa henti merupakan hadiah Tuhan untuk kita, makhluk hidup yang menggantungkan hidupnya pada air. Bisakah kamu bayangkan hidup tanpa air?

Air Terjun Sarasah Batimpo adalah surga yang pernah dilupakan. Kenapa? Karena sebenarnya sudah 10 tahun yang lalu Air Terjun Batimpo ini ditemukan, namun baru sekarang menggeliat kembali dan mulai menampakkan taringnya.

Geliat Wisata Air Terjun Sarasah Batimpo
Geliat Wisata Air Terjun Sarasah Batimpo. Sumber : www.trepelin.com

Memang di Solok masih banyak tersimpan keindahan wisata bahari yang masih belum dikembangkan. Jika kita mempunyai niat untuk mempertahankan keasrian alam yang dititipkan Tuhan, maka tak mungkin akan memberikan dampak positif bagi kita manusianya juga.

Perlu adanya perhatian dari Pemerintah untuk ikut meningkatkan potensi bahari yang sudah tersedia. Buktinya saat ini Air Terjun Sarasah Batimpo sudah mulai dikunjungi para wisatawan. Karena di sini kita bukan hanya akan menikmati keindahan ketiga air terjunnya saja, melainkan kita akan diajak mengamati ekowisata berupa balai benih ikan.

Keindahan Air Terjun Sarasah
Keindahan Air Terjun Sarasah. Sumber : paketwisatapadang.com

Seperti apa sih keindahan Air Terjun Sarasah Batimpo? Penasaran? Check it dot!

Pesona Keindahan Air Terjun Sarasah Batimpo

Air Terjun Sarasah Batimpo terletak didalam hutan dan mempunyai tiga tingkatan air terjun. Setiap air terjun mempunyai tinggi yang berbeda-beda. Kita harus bersabar dalam menyusuri ketiga air terjun tersebut.

Tingkatan Air Terjun Sarasah Batimpo
Tingkatan Air Terjun Sarasah Batimpo. Sumber : rentalmobilpadang.co.id

Hal itu karena kita harus menyusuri jalan diatas bebatuan yang besar, dan dengan keadaan hutan yang masih alami.

Selain menikmati keindahan Air Terjun Sarasah Batimpo, kita juga dapat mencoba track pendakian di sekitarnya dan boleh banget kamu mengadakan kegiatan camping di sana.

Kondisi alam Air Terjun Sarasah Batimpo masih sangat asri, dan belum tersedia fasilitas pendukung lainnya seperti kamar mandi, mushola, dan warung-warung yang dapat menjajakan makanan sesuai kebutuhanmu.

Jadi, untuk kamu yang akan camping di sekitar Air Terjun Sarasah Batimpo kamu harus siap-siap back to nature. Namun dijamin, kamu nggga akan nyesel deh. Air terjun selalu punya cara untuk menarik kita kembali.

Air Terjun Sarasah Batimpo Masih Asri
Air Terjun Sarasah Batimpo Masih Asri. Sumber : bellvafom.com

Lokasi dan Alamat Air Terjun Sarasah Batimpo

Lokasi Air Terjun Sarasah Batimpo terletak di Desa Laing, Tanjung Harapan, Kota Solok, Sumatera Barat.

Rute menuju Air Terjun Sarasah Batimpo

Rute menuju Air Terjun Sarasah Batimpo, dari pusat kota Solok hanya berjarak sekitar 3 Km saja. Sesampainya di area parkir Air Terjun Sarasah Batimo kamu harus berjalan kaki sejauh 500 m.

Seperti halnya jika kamu ingin mengunjungi sebuah air terjun kamu harus menyusuri jalan diatas bebatuan yang besar yang dibawahnya mengalir air sungai yang berasalah dari aliran Air Terjun Sarasah Batimpo.

Sesampainya kamu di lubuk yang pertama atau sekitar 100 m kamu berjalan, kamu akan menemukan air terjun yang pertama.

Tiket masuk menuju Air Terjun Sarasah Batimpo

Tiket masuk menuju Air Terjun Sarasah Batimpo ini masih gratis ya, pengelola setempat belum menetapkan besaran tiket masuk yang harus kamu bayar. Kamu hanya perlu membayar biaya parkirnya saja, yaitu sebesar Rp. 5.000,- saja.

Tips Wisata

Untuk kamu yang mau berangkat ke Air Terjun Sarasah Batimpo sebaiknya kamu harus persiapkan hal-hal berikut ini:

  • Siapkan kondisi kamu seprima mungkin, supaya kamu dapat menjelejah dan menemukan ketiga air terjun di lokasi Air Terjun Sarsah Batimpo.
  • Siapkan perbekalan makanan dan minuman yang cukup, karena di Air Terjun Sarasah Batimpo belum tersedianya warung-warung penjaja makanan.
  • Pastikan kondisi cuaca sedang cerah, nggga mendung apalagi hujan.
  • Menjelajahlah bersama teman untuk menambah keseruan penjelajahan.
  • Isi gadget kamu harus dipastikan full charge, untuk dapat menangkap setiap momen di Air Terjun Sarasah Batimpo.
  • Selalu jaga kebersihan lingkungan, dengan tidak membuang sampah sembarangan atau mencorat coret batu yang ada.

Penutup

Air Terjun Sarasah Batimpo menyuguhkan keindahan air terjun yang berbeda di setiap tingkatannya. Sudah sepatutnyalah kita untuk menjaga dan melestarikan potensi alam yang ada di sekitar kita.

Jika bukan kita siapa lagi, setiap orang mempunyai tugas untuk senantiasa menjaga alam di sekitarnya. Untuk kamu yang datang mengunjungi Air Terjun Sarasah Batimpo Solok, tetaplah jaga alamnya seperti sedia kala.

Jika kita menjaga alam, maka alam akan menjaga kita. Jika kita merusak alam maka alam akan merusak kita.

Siapkan foto terbaikmu saat mengunjungi Air Terjun Sarasah Batimpo ya!

Baca juga:

Leave a Comment