Air Terjun Lubuak Rantiang, Harta Terpendam di dalam Hutan

Alam selalu menyuguhkan hal-hal yang menakjubkan. Tak pernah bosan kita menikmati keindahan alam yang telah Tuhan berikan. Pulau Sumatera senantiasa menyuguhkan keindahan alam yang masih asri.

Air terjun selalu menawarkan sensasi yang berbeda. Bagi kalian para pencinta air terjun, cobalah kunjungi Air Terjun Lubuak Rantiang atau sering juga disebut Air Terjun Lubuak Ngalauan namun dikenal juga dengan nama Sarasah Lubuak Rantiang.

Apapun sebutan yang disematkan untuk Air Terjun Lubuak Rantiang ini, satu yang pasti air terjun tersebut akan memberikan kita keindahannya yang tersembunyi. Disebut “Lubuak” karena  air terjunnya seperti kolam aliran sungai.

Air Terjun Lubuak Rantiang
Air Terjun Lubuak Rantiang. Sumber : rentalmobilpadang.co.id

Air Terjun Lubuak Rantiang atau Air Terjun Lubuak Ngalauan berada di tengah hutan, maka pantaslah jika kita sematkan sebagai harta yang terpendam di dalam hutan.

Air Terjun Lubuak Rantiang berada di Kecamatan Koto Tangah, Padang. Kota Padang adalah Kota terbesar di Pantai Barat Pulau Sumatera dan merupakan Ibu Kota Provinsi Sumatera Barat.

Air Terjun Lubuak Rantiang Berada Di Hutan
Air Terjun Lubuak Rantiang Berada Di Hutan. Sumber : jejaktrip.com

Banyak hal yang akan kamu temui apabila mengunjungi Air Terjun Lubuak Rantiang ini, kamu akan merasakan sensasi air terjun yang berbeda dari biasanya. Kenapa bisa begitu, penasaran? Simak baik-baik ulasan berikut ini ya, check it dot!

Pesona Keindahan di Air Terjun Lubuak Rantiang

Air Terjun Lubuak Rantiang memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan air terjun pada umumnya. Air Terjun ini hanya memiliki ketinggian sekitar 6 meter. Tidak seperti air terjun pada umumnya yang biasanya memiliki ketinggian diatas 10 meter.

Namun meskipun begitu Air Terjun Lubuak Rantiang menawarkan keindahan yang luar biasa. Apalagi yang kita tunggu saat kita mengunjungi air terjun, ya tentu saja bermain air atau bahkan berenang.

Berenang Di Air Terjun Lubuak Rantiang
Berenang Di Air Terjun Lubuak Rantiang. Sumber : rentalmobilpadang.co.id

Kolam Air Terjun Lubuak Rantiang cukup luas untuk kamu jelajahi dengan berenang, tapi tetep kamu mesti hati-hati karena ada batasan sejauh mana kamu boleh berenang. Batasan tersebut ditandai dengan seutas rotan yang memanjang membelah kolam.

Keindahan Air Terjun Lubuak Rantiang masih asri, air kolamnya berwarna kehijauan pas banget untuk kamu melepas penatnya perjalanan dengan berenang di kolam Air Terjun Lubuak Rantiang.

Air Terjun Lubuak Rantiang Sangat Jernih Airnya
Air Terjun Lubuak Rantiang Sangat Jernih Airnya. Sumber : www.kidalnarsis.com

Disekitar kolam terdapat batu-batu yang besar yang biasa dijadikan spot untuk kamu meloncat ke kolam, tapi harus hati-hati karena bebatuannya licin.

Kamu bisa menaiki bebatuan tersebut untuk selanjutnya meloncat dengan gayamu, atau dengan cara bergelantungan dengan menggunakan ranting pohon yang menjuntai dan byurrr kamu menceburkan diri ke kolam Air Terjun Lubuak Rantiang.

Meloncat Dari Atas Air Terjun
Meloncat Dari Atas Air Terjun. Sumber : hit.politik.us

Terasa bebas tanpa beban bukan, itulah alam. Dengan keindahannya ia mampu membuai siapa saja. Keindahannya membuat kita melupakan kepenatan dan keletihan perjalanan menuju Air Terjun Lubuak Rantiang.

Pemandangan Yang Menentramkan Jiwa
Pemandangan Yang Menentramkan Jiwa. Sumber : www.kidalnarsis.com

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Lubuak Rantiang

Lokasi dan alamat Air Terjun Lubuak Rantiang berada di Sungai Angah Bangek, Kelurahan Balai Gadang, Kecamatan Koto Tangah Kota Padang Provinsi Sumatera Barat.

Rute Menuju Air Terjun Lubuak Rantiang

Rute menuju Air Terjun Lubuak Rantiang jika kamu berangkat dari arah kota, kamu akan menempuh perjalanan sejauh 25 km, akses jalannya ada yang sudah diaspal namun ada juga yang masih bebatuan.

Kamu terus lurus ikuti saja jalan yang sudah ada dan setelah sampai kampus IAIN Imam Bonjol, kemudian belok ke kiri dan turun menyusuri tepian sungai yang ada di sebelah kirinya.

Kamu harus bersabar untuk sampai ke lokasi Air Terjun Lubuak Rantiang. Karena kamu harus berjalan menyusuri hutan dan melewati 4 sungai. Kamu pun harus menaiki dan menuruni bukit, masuk kedalam hutan tropis basah yang masih rimbun . setelah melakukan perjalanan yang cukup menguras tenaga dan memakan memakan waktu sekitar kurang lebih 1 jam perjalanan sampailah kamu di Air Terjun Lubuak Rantiang.

Tiket Masuk Menuju Air Terjun Lubuak Rantiang

Tiket masuk menuju Air Terjun Lubuak Rantiang terjangkau banget, kamu hanya cukup membayar tiket sebesar Rp. 5.000,-/orang. Murah banget kan!

Kuliner Khas Kelurahan Balai Gadang, Kecamatan Koto Tangah

Kota Padang terkenal dengan makanan yang bersantan dan pedas. Siapa sih diantara kalian yang belum pernah makan rendang? Rendang ditetapkan sebagai makanan terenak nomor satu di dunia loh.

Untuk kamu yang ingin menikmati sensasi makanan bersantan yang lain, namun memiliki cita rasa yang khas. Maka kamu wajib datang ke Kue Mangkuak Mak Syamsibar yang  terletak di Jalan Kenangan Air ingin, Kelurahan Balai Gadang Koto Tangah Padang.

Kue mangkuak ini berbeda dengan kue mangkuak yang lain. Karena masih menggunakan cara yang tradisional dan dibuat langsung olah tangan Mak Syamsibar, yang kini telah lanjut usia.

Warung Kue Mangkuak Mak Syamsibar masih sangat sederhana, hanya terbuat dari puing-puing kayu serta beratapkan daun pohon sagu. Namun warung tersebut tidak pernah sepi dari pengunjung yang ingin merasakan Kue Mangkuak buatan Mak Syamsibar.

Kenapa kue buatan Mak Syamsibar selalu diburu? Karena dalam proses pembuatannya Mak Syamsibar masih menggunakan cara tradisional. Cetakan kuenya terbuat dari tempurung kelapa yang sudah dibersihkan, dan cara memasaknya pun masih menggunakan tungku api.

Kue Mangkuak
Kue Mangkuak. Sumber : www.cendananews.com

Kua Mangkuak berbentuk seperti bulan purnama yang ditengahnya dihiasi adonan gula merah. Rasanya manis dan legit. Harganya pun terbilang murah, cukup membayar Rp. 2.000,- per mangkoknya. Ada dua varian rasa yang ditawarkan yaitu, adonan gula merah atau adonan tapai.

Tips Wisata menikmati keindahan Air Terjun Lubuak Rantiang

Ada beberapa tips nih buat kamu yang akan mengunjungi Air Terjun Lubuak Rantiang

  • Siapkan kondisi kamu sebaik-baiknya, karena nanti kamu akan melalui medan yang cukup berat dan panjang.
  • Usahakan bawa perlengkapan seperlunya saja.
  • Bawalah makanan dan minuman yang cukup.
  • Pastikan kondisi cuaca cerah, tidak sedang mendung atau bahkan turun hujan.
  • Tetap menjaga kebersihan area Air Terjun Lubuak Rantiang.
  • Siapkan gaway kamu agar tetap on saat berada di Air Terjun Lubuak Rantiang.

Penutup

Air terjun, susah untuk digambarkan bagaimana itu bisa terjadi. Bagaimana bisa air mengalir bisa begitu memanjakkan mata. Bagaimana bisa air mengalir dari atas ke bawah menjadi sesuatu yang dapat membuat kita tertarik dan sangat menikmatinya.

Itulah alam, alam bekerja tanpa bisa kita nalar. Tak usahlah kita fikirkan bagaimana cara alam memanjakan kita, kita hanya perlu tetap menjaganya seperti sedia kala.

Tanpa merusak, tanpa merubah menjadi hal yang tidak benar. Syukuri, nikmati, dan jaga itulah tugas kita terhadap alam.

Selamat menikmati keindahan Air Terjun Lubuak Rantiang ya, dijamin perjalanan yang melelahkan akan terbalaskan. Siapkan foto terbaikmu ya!

Baca juga:

Leave a Comment