Air Terjun Lubuk Hitam, Wisata Alam Padang Favorit Milenial

Lupakan sejenak terkait dampak negatif dari kehadiran media sosial. Ternyata dampak positifnya banyak sekali, terutama bagi dunia ekonomi dan wisata.

Arus kemajuan teknologi tidak bisa dibendung, bahkan media sosial menjadi sebuah gaya hidup kususnya di kalangan milenial.

Dampak positif dari media sosial dirasakan juga oleh objek wisata Air Terjun Lubuk Hitam. Banyaknya orang yang memposting keindahannya, semakin banyak orang yang penasaran untuk datang ke lokasi wisata tersebut.

Air Terjun Lubuk Hitam Padang
Air Terjun Lubuk Hitam Padang. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Dan inilah review lengkap Air Terjun Lubuk Hitam sebagai lokasi wisata alam favorit kaum milenial, yang terletak di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat.

Nama Lain Air Terjun Lubuk Hitam

Selalu terdapat nama lain dari sebuah objek wisata yang ada di Indonesia. Begitupun dengan Air Terjun Lubuk Hitam yang terletak di Kota Padang ini.

Nama lain dari Air Terjun Lubuk Hitam adalah Air Terjun Lubuak Hitam. Hampir sama, yang membedakan di tataran pengucapan saja.

Air Terjun Lubuak Hitam Padang
Air Terjun Lubuak Hitam Padang. Sumber : www.kidalnarsis.com

Trekking Menuju Air Terjun Lubuk Hitam

Perjalanan menuju objek wisata Air Terjun Lubuk Hitam dari Kota Padang, adalah sebuah perjalanan keindahan. Lokasi Air Terjun Lubuk Hitam terletak setelah objek wisata pantai Caroline, atau pantai Carolina.

Jalan Dari Padang Menuju Air Terjun Lubuk Hitam
Jalan Dari Padang Menuju Air Terjun Lubuk Hitam. Sumber : www.youtube.com

Bagi yang belum belum tahu tentang Pantai Caroline, bisa klik linknya di sini : www.nativeindonesia.com

Akses jalan menuju objek wisata Air Terjun Lubuk Hitam bagi yang belum tahu, pasti akan sedikit sulit menemukannya. Papan informasinya juga kecil.

Yang menjadi patokan utama adalah Kantor Polsek Bungus, yang berada di samping jalan utama. Akses jalan menuju Air Terjun Lubuk Hitam supaya lebih leluasa harus menggunakan kendaraan roda dua atau motor.

Kondisi jalannya sudah cukup baik untuk dilalui hingga area parkiran. Bagi yang menggunakan kendaraan jenis mobil, akan terasa sempit menuju lokasi parkirannya.

Setelah sampai di lokasi parkiran, maka seperti biasa pengunjung harus melakukan trekking untuk sampai di lokasi utama Air Terjun Lubuk Hitam.

Sebetulnya spot yang tersaji di objek wisata Air Terjun Lubuk Hitam cocok sebagai destinasi wisata keluarga, bahkan di lokasi utama air terjunnya.

Namun kondisi trekkingnya yang masih berbentuk tanah, bebatuan, serta masih minim pagar pembatas kemanan, maka para orang tua tidak boleh melepaskan genggaman tangan anak-anaknya.

Jalur Trekking Berupa Tanah
Jalur Trekking Berupa Tanah. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Sebagai bentuk kehati-hatian, bagi yang membawa anak-anak cukup sampai di area parkiran saja. Karena di area tersebut terdapat kolam pemandian yang cocok bagi keluarga. Viewnya juga sangat menawan.

Kolam Pemandian
Kolam Pemandian. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Trekking awal memang masih cukup enak untuk dilalui, kondisi jalurnya sudah berbentuk plesteran, datar, tidak sempit, serta berada di samping aliran sungai.

Namun trekking selanjutnya masih berbentuk lapisan tanah dan bebatuan. Serta jalur trekking belum berbentuk trek khusus.

Sehingga untuk meminimalisir kesulitan arah, maka di beberapa titik sudah terpasang penunjuk arah yang ada di pepohonan.

View Alam Di Jalur Trekking
View Alam Di Jalur Trekking. Sumber : filanesia.com

Bagi anak=anak dan orang tua trekking seperti ini merupakan “masalah”, namun lain halnya dengan kaum milenial. Perjalanan menuju Air Terjun Lubuk Hitam adalah “surga penjelajahan”.

Setelah lelah menjelajah, maka di lokasi utama akan disajikan sebuah view alam yang sangat menawan. Terdapat 3 air terjun yang mampu memikat mata yang memandang, semuanya bernama Air Terjun Lubuk Hitam.

Air terjun yang paling atas bernama Air Terjun Lubuk Hitam Tingkaat 1, yang ada di tengah bernama Air Terjun Lubuk Hitam Tingkat 2, dan yang paling bawah disebut Air Terjun Lubuk Hitam tingkat 3.

Aktivitas Wisata Dan Pesona Keindahan Air Terjun Lubuk Hitam

Air Terjun Lubuk Hitam merupakan air terjun bertingkat. Sehingga di lokasi utama terdapat lebih dari satu air terjun, namun namanya masih tetap sama, yaitu Air Terjun Lubuk Hitam.

Hal tersebut tentunya menjadi daya tarik utama dari objek wisata ini. beda tingkatan, tentu saja beda karakter air terjunnya. Namun memiliki kesamaan, yaitu sama-sama menawan.

1. Air Terjun Lubuk Hitam Tingkat 1

Air Terjun Lubuk Hitam Tingkat 1 adalah nama bagi air terjun yang lokasinya paling atas. Air Terjun Lubuk Hitam Tingkat pertama sampai tingkat ke 3 memiliki ketinggian yang sama sekitar 10 meter.

Karena lokasinya berada paling atas, maka view yang tersaji akan jauh lebih indah. Namun untuk melakukan aktivitas berenang dirasa kurang aman.

View Di Air Terjun Lubuk Hitam 1
View Di Air Terjun Lubuk Hitam 1. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Karena aliran air dari kolam utamanya akan langsung turun ke Air Terjun Lubuk Hitam tingkat 2. Berhati-hatilah saat di lokasi ini serta gunakan alas kaki yang tepat.

Dominasi bebatuan besar yang cukup licin,menuntut para pengunjung untuk selalu mengedepankan aspek keamanan dalam berwisata.

2. Air Terjun Lubuk Hitam Tingkat 2

Air Terjun Lubuk Hitam Tingkat 2, lokasinya berada di tengah-tengah Air Terjun Lubuk Hitam Tingkat 1 dan Air Terjun Lubuk Hitam Tingkat 3.

Air Terjun Lubuk Hitam Tingkat 2 memiliki ketinggian 10 meter, arus air yang turun juga cukup deras, serta masih didominasi oleh view bebatuan besar.

Air Terjun Lubuk Hitam Tingkat 2
Air Terjun Lubuk Hitam Tingkat 2. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Air Terjun Lubuk Hitam Tingkat 2 merupakan favorit kaum milenial. Karena di lokasi tersebut bisa melakukan aktivitas berenang, serta terkadang uji adrenalin dengan melakukan cliff jumping dari atas tebing.

Kolam utamanya sangat cocok bagi mereka yang sudah pandai berenang saja. Bagi yang masih belajar, tidak dianjurkan. Karena kolam utamanya cukup dalam.

3. Air Terjun Lubuk Hitam Tingkat 3

Air Terjun Lubuk Hitam Tingkat 3 merupakan air terjun yang berada paling bawah. Masih sama, memiliki ketinggian sekitar 10 meter.

Air Terjun Lubuk Hitam Tingkat 3
Air Terjun Lubuk Hitam Tingkat 3. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Inilah lokasi yang paling difavoritkan pengunjung. Hal tersebut dikarenakan tepat setelah kolam utama, terdapat spot kolam selanjutnya yang cocok untuk anak-anak.

Orang dewasa menghabiskan waktu di kolam utama dengan melakukan aktivitas berenang, atau cliff jumping. Sedangkan di kolam selanjutnya, anak-anak melakukan keseruan bermain air.

Di kolam lanjutan tersebut airnya berasal dari kolam utama, kemudian membentuk air terjun “mini”. Bahkan ada yang menyebut juga Air Terjun Lubuk Hitam mempunyai 4 tingkataan, dengan kehadiran spot tersebut.

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Lubuk Hitam

Lokasi dan alamat Air Terjun Lubuk Hitam berada di Kelurahan Teluk Kabung Utara, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat.

Rute Menuju Air Terjun Lubuk Hitam

Rute menuju objek wisata Air Terjun Lubuk Hitam dari Kota Padang hanya berjarak sekitar 30 menit saja perjalanannya. Dan lokasi masuknya berada di samping Polsek Bungus.

Setelah sampai di area parkir, maka para pengunjung harus melakukan trekking menuju lokasi utama Air Terjun Lubuk Hitam.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Lubuk Hitam

Harga tiket masuk Air Terjun Lubuk Hitam :

  • Rp. 5.000 per orang
  • Rp. 5.000 biaya parkir

Jam Operasional Air Terjun Lubuk Hitam

Jam operasional Air Terjun Lubuk Hitam adalah :

  • Senin – Kamis, buka dari pukul 14.00 – 18.00
  • Sabtu – Minggu, buka dari pukul 09.00 – 18.00
  • Hari Jumat tutup

Penginapan Di Air Terjun Lubuk Hitam

Tidak ada penginapan di lokasi objek wisata Air Terjun Lubuk Hitam

Penutup

Demikian info lengkap tentang Air Terjun Lubuk Hitam. Sebaagai catatan tambahan, para pengunjung harus membawa bekal makanan sendiri.

Karena di lokasi utama tidak ada warung yang berjualan. Selalu patuhi protokol kesehatan dan keamanan. Dan jangan membuang sampah sembarangan.

Karena “Sampahmu, Adalah Dosamu”.


Tinggalkan komentar