Wisata Alam Dan Wisata Keluarga, Di Pantai Sako Lokasinya

Padang adalah provinsi yang kaya akan ragam objek wisatanya. Dari mulai tema wisata keluarga, alam, edukasi, budaya, dan wisata kuliner.

Wisata pantainya saja yang berada di bawah pemerintah setempat pengelolaanya berjumlah 37 pantai. Semua pantai tersebut memiliki pesona yang tidak diragukan lagi, dan sebagaian besar nama pantainya sudah akrab di telinga para wisatawan.

Kini ada satu pantai yang sedang merangkak naik pesonanya di kalangan wisatawan, namanya Pantai Sako. Namun pantai ini pengelolaanya bukan di bawah Pemda, tetapi perorangan.

Pantai Sako layaknya sebuah surga yang tersembunyi di tanah Padang, karena masih banyak masyarakatnya yang belum mengetahui pantai ini.

Padahal, Pantai Sako adalah pantai yang sangat cocok sekali sebagai objek wisata keluarga dan objek wisata bertemakan alam dan edukasi.

Pantai Sako
Pantai Sako. Sumber : www.kompasiana.com

Secara letak juga, posisi, dan jarak dari pusat kota Padang sangatlah mudah dijangkau. Hanya berjarak kurang lebih sekitar 17 kilometer saja dengan total waktu tempuh 30-40 menit perjalanan.

Rute menuju lokasi Pantai Sako juga sangat menyenangkan. Pemandangan bukit-bukit hijau, udara yang menyejukan, serta objek wisata lainnya yang sangat cocok untuk bergembira bersama keluarga.

Ragam Wisata Dan Aktivitas Di Pantai Sako

Pantai Sako adalah pantai mungil namun memiliki keindahan tersendiri. Luas pantai Sako hanya 6000 meter persegi saja denga topografi pantai yang landai, pasirnya yang sedikit coklat, serta ombaknya yang sangat bersahabat.

Dengan demikian banyak ragam aktivitas yang bisa dilakukan saat berkunjung ke objek wisata ini. Diantaranya :

1. Bermain Pasir Dan Ombak

Biasanya para orang tua sedikit cemas saat membawa anak-anaknya pergi wisata ke pantai karena kondis ombaknya yang besar.

Berbeda hal dengan ombak yang ada di Pantai Sako, ombaknya sangat bersahabt sekali bahkan terbilang kecil. Sehingga anak-anak anda dapat mengenal tentang pantai secara leluasa. Tetapi harus tetap dalam pengawasan ya…

Area pasir pantai dapat digunakan dengan berbagai macam aktivitas, seperti :

  • Bermain sepak bola
  • Bermain Voli
  • Bermain air
  • Membuat istana pasir
  • Bahkan tidak jarang rombongan atlet beladiri bejarnya di atas pasir Pantai Sako
Pasir Pantai Sako
Pasir Pantai Sako. Sumber : travel.detik.com

2. Menikmati Pemandangan

Pantai Sako memang masih jarang dikunjungi para wisatawan, namun justru hal tersebut menjadikan lokasi pantai ini sangat cocok untuk sejenak menghela nafas dari hiruk pikuk kehidupan kota.

Udara pantai yang sejuk, ombak yang bersahabat, pemandangan kapal-kapal laut yang sedang berlayar ataupun berlabuh menjadi sebuah hal yang dapat menenangkan hati dan pikiran.

Lokasi Pantai Sako berdekatan dengan dermaga Bungus, sehingga panorama kapal-kapal laut menjadi bonus pemandangan saat berwisata di pantai ini.

Pesona Pemandangan Pantai Sako
Pesona Pemandangan Pantai Sako. Sumber : maosngebolang.blogspot.com

3. Spot Selfie

Fenomena selfie seakan menjadi sebuah kewajiban, dimanapun, dan kapanpun. Maka di setiap lokasi wisat selalu saja ada tempat yang sangat layak untuk melakukan selfie untuk diposting di media sosial.

Begitu juga di Pantai Sako. Selain pesona pantai dengan latar kapal laut dan bukit, di lokasi ini juga terdapat sederet pohon pinus yang berbaris rapi sehingga menjadi spot yang instagrammable.

Tidak sedikit para calon pengantin yang melakukan foto pre wedding diantara pohon pinus tersebut. Dan hasilnyapun sangat bagus sekali.

Kehadiran pohon pinus selain menjadi spot selfie, tetapi menjadi tempat favorit pengunjung yang ingin menikmati pemandangan pantai tanpa terkena teriknya sinar matahari.

Spot Selfie Pohon Pinus
Spot Selfie Pohon Pinus. Sumber : maosngebolang.blogspot.com

4. Warung / Kedai

Di pantai ini juga sudah ada beberapa warung yang menjajakan makanan dan minuman sebagai pelepas dahaga dan lapar setelah lelah menyusuri indahnya Pantai Sako.

Harga jajanan di warung / kedai tersebut terbilang sangat bersahabat dengan dompet para pengunjung.

5. Pelabuhan Perikanan Samudera Bungus

Tidak jauh dari lokasi pantai terdapat Pelabuhan Perikanan Samudera Bungus. Lokasi ini bukanlah lokasi objek wisata, tetapi sebagai pelabuhan bongkar muat bagi kapal-kapal yang membawa ikan Tuna.

Pelabuhan ini telah ditetapkan sebagai sentra Ikan Tuna Indonesia bagian barat. Iikan Tuna yang dibongkar muat di pelabuhan ini nantinya akan dikirim ke luar negeri, khususnya negara Jepang.

Karena statusnya bukan sebagai objek wisata, maka untuk masuk area pelabuhan harus memiliki ijin terlebih dahulu dari pihak keamanan. Jika anda beruntung, maka anda akan diijinkan untuk melihat panorama yang tersaji di dalam.

Pelabuhan Perikanan Samudera Bungus
Pelabuhan Perikanan Samudera Bungus. Sumber : targetsumbar.net

Wisata Kuliner Khas Padang

Setelah menyusuri objek wisata Pantai Sako serta lokasi lainya yang dekat dengan pantai tersebut, maka jangan lewatkan momen berharga lainya yaitu wisata kuliner khas padang.

Memang, rumah makan Padang sudah banyak tersebar di seluruh nusantara. Tetapi mencoba masakan khas Padang di kota Padang nya tentu akan menghadirkan pengalaman rasa yang berbeda.

Kuliner khas padang yang sudah mendunia adalah Rendang. Ternyata Rendang adalah kuliner yang sangat bersahabat di lidah setiap manusia tanpa membedakan negaranya.

Dunia Internasional mengenal Indonesia selain karena wisata dan kekayaan alamnya, tetapi mereka juga mengenal akan khazanah kulinernya, khususnya Rendang.

Rendang
Rendang. Sumber : perjalanandunia.com

Lokasi Dan Alamat Pantai Sako

Lokasi dan alamat Pantai Sako berada di pesisir pantai Nagari Labuhan Tarok Kelurahan Bungus Barat Kecamatan Teluk Bungus Kabung Kota Padang Provinsi Sumatera Barat.

Rute Menuju Pantai Sako

Rute menuju Pantai Sako hanya melewati jalur Padang-Painan, dengan jarak Padang ke lokasi pantai sekitar 17 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 30-40 menit perjalanan.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke Pantai Sako adalah Rp. 10.000 / orang

Jam Operasional

Pantai Sako beroperasional dari mulai pukul 05.00 sampai dengan pukul 19.30 dari hari Senin sampai hari Minggu.

Penginapan

Sudah ada beberapa penginapan yang dekat dengan Pantai Sako dengan harga yang berbeda-beda. Adapun perbedaan harga tergantung jenis penginapan serta fasilitasnya.

Penutup

Pantai Sako dengan keramahannya menjadi objek wisata yang tepat bagi keluarga anda. Dan Padang adalah surga wisata dan surga kuliner yang memancarkan pesonanya sampai ke dunia internasional.

Jadilah pengunjung yang bijak dengan cara membuang sampah pada tempatnya ya… selamat berlibur dan tetap bersyukur.

Baca juga:

Leave a Comment