Objek Wisata Danau Kembar, Destinasi Baru Yang Memikat Hati Pengunjung

Solok, tidak ada habisnya pembicaraan tentang kota ini dari sudut destinasi wisata yang dimilikinya. Wisata kuliner, ada dan tentunya soal rasa tidak usah ditanya lagi. Wisata edukasi juga ada, apalagi jika berbicara objek wisata bertemakan alam, sudah pasti jagonya.

Kini di Solok hadir sebuah objek wisata “baru” yang keindahannya membuat khawatir objek wisata lain yang sudah “senior” jam terbangnya. Nama objek wisata tersebut adalah Danau Kembar.

Pesona danau tersebut begitu memikat hati para pengunjung, suasana dan spot yang tersaji tidak kalah dengan pemandangan yang ada di New Zealand.

Danau Kembar
Danau Kembar. Sumber : www.holamigo.id

Istilah kembar disematkan karena danau tersebut ada dua namun lokasinya berdekatan. Yang satu di atas atau disebut juga Danau Dieteh, yang ke dua Danau Di bawah.

Uniknya lagi, penyebutan Danau Di Atas justru menunjukan lokasi danau yang berada di bawah. Dan sebaliknya, Danau Di Bawah untuk lokasi danau yang berada di atas.

Dua danau ini hanya dipisahkan oleh satu bukit yang memiliki lebar 300 meter, serta perbedaanya hanya pada tinggi dan kedalamnya saja. Maka sangat sesuai jika disebut kembar.

Danau Kembar Wisata Unggulan Solok
Danau Kembar Wisata Unggulan Solok. Sumber : ww.netralnews.com

Luas Danau Dieteh adalah 1.720 meter persegi, kedalaman 44 meter, dengan panjang 6,25 kilometer dan lebar 2,75 kilometer. Adapun permukaan airnya berada di ketinggian 1.600 mdpl.

Adapun Danau Di Bawah memiliki luas 1.690 meter persegi, lebih kecil sedikit dari Danau Dieteh. Panjangnya 5,62 kilometer dan lebar 3 kilometer.

Tetapi urusan kedalaman, Danau Di Bawah menjadi pemenang, dengan kedalaman 886 meter. Dan Danau Di Bawah  memiliki ketinggian 1.566 mdpl, yang artinya permukaan air di Danau Di Bawah sama dengan dasar air di Danau Di Atas. Unik bukan ?

Ada perbedaan lainya, Danau Di Atas letaknya di samping jalan Padang Muara Labuh, dan Danau Di Bawah berada di Nagari Bukit Sileh.

Suhu di lokasi objek wisata sangat dingin, jadi sangat direkomendasikan untuk membawa perlengkapan penghangat badan seperti jaket. Suhu di Danau Kembar berkisar 14 sampai 16 derajat celcius.

Hawa dingin tersebut karena lokasinya berada di dataran tinggi serta berdekatan dengan objek wisata lainya yang tidak kalah menarik, yaitu Kebun Teh Alahan Panjang atau disebut juga Kebun Teh Danau Kembar.

Bisa dibayangkan keindahanya layaknya di New Zealand, lalu hamparan perkebunan teh yang hijau, serta Gunung Talang yang indah, menjadikan Danau Kembar menjadi destinasi baru yang akan memikat hati para traveler.

Danau Kembar Seperti Suasana Di Luar Negeri
Danau Kembar Seperti Suasana Di Luar Negeri. Sumber : travelingyuk.com

Ragam Spot Di Area Danau Kembar

Sekarang mari kita menjelajah lebih dalam tentang kenikmatan wisata apa saja yang akan didapatkan oleh pengunjung saat berada di danau kembar.

1. Pemandangan Alam Yang Memanjakan Mata

Terdapat beberapa keindahan yang dapat dijumpai oleh pengunjung saat berada di danau kembar. Diantaranya :

  • Kebun Teh Danau Kembar
  • Gunung Talang
  • Perkebunan Sayur Mayur

Semua pemandangan tersebut dijamin memanjakan mata pengunjung. Dan yang pasti sangat cocok untuk diposting di media sosial anda.

Gunung Dan Perkebunan Teh Di Area Danau Kembar
Gunung Dan Perkebunan Teh Di Area Danau Kembar. Sumber : www.holamigo.id

2. Penjual Bunga

Jika traveler berkunjung ke Danau Kembar bersama pasangan, maka itu tidak akan sia-sia. Karena di lokasi tersebut bukan hanya indah pemandangannya saja, tetapi ada penjual Bunga Sarai Gunuang yang berwarna merah yang akan menambah romantisnya perjalanan wisata anda.

Bunga ini bisa bertahan lama, dan biasanya menjadi ciri para wisatawan telah berkunjung ke lokasi Danau Kembar.

Harga bunganya bervariasi, yang kecil Rp.5000, sedangkan yang besar Rp.15.000

3. Memancing

Bagi yang hobi memancing, cobalah sensasi memancing di objek wisata danau Kembar. Tentunya sensasi yang tidak akan didapatkan di tempat lain.

Hawa yang sejuk beserta kesempurnaan lukisan alam akan menjadi pengobat jenuh anda saat menunggu ikan yang nyangkut di kail.

Memancing Di Objek Wisata Danau Kembar
Memancing Di Objek Wisata Danau Kembar. Sumber : ksmtour.com

4. Menjelajah Danau

Terdapat perahu yang disiapkan bagi pengunjung yang ingin menyusuri Danau Kembar. Tentu saja sebuah kenikmatan yang tiada tara saat berada di atas danau dengan pemandangan yang sempurna.

Tapi hati-hati ya, jangan terlalu banyak aksi di atas perahu tersebut. Cukup santai saja sambil menikmati keindahan alam sekitar apalagi jika anda membawa kamera.

Jelajah Danau Menggunakan Perahu
Jelajah Danau Menggunakan Perahu. Sumber : www.kbknews.id

5. Fasilitas Outbound

Salah-satu wahana favorit pengunjung adalah wahana Out Bound. Di wahana ini  para pengunjung dapat menikmati ragam tantangan berbalu keceriaan, kebersamaan, berlatarkan pemandangan yang memanjakan mata.

6. Warung Penjaja Makanan Dan Minuman

Saat lelaah, dan perut mulai keroncongan, para wisatawan tinggal menuju ke warung terdekat dengan area danau.

Di sana telah tersaji teh hangat, kopi panas, serta makanan khas Alahan Panjang. Sola rasa tentu saja tidak usah diragukan lagi. Karna masakan Alahan Panjang adalah salah-satu kiblat kuliner Minangkabau.

Legenda Tentang Terbentuknya Danau Kembar

Mayoritas objek wisata di Indonesia memiliki legenda lokal yang sangat legendaris, begitupun dengan Danau Kembar.

Konon, di dasar danau kembar terdapat naga raksasa yang dibantai oleh pembuat tonggak yang bernaama Niniak Gadang Bahan.

Kemudian bangkai naga tersebut membentuk seperti angka delapan, lalu tertimbun tanah. Pada akhirnya tergenaglah air yang membentuk dua danau besar yang diberi nama Danau Kembar.

Danau Kembar Danau Penuh Legenda
Danau Kembar Danau Penuh Legenda. Sumber : www.hipwee.com

Alamat Dan Lokasi Danau Kembar

Alamat Danau kembar berada di Kecamatan Danau Kembar, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat

Rute Menuju Danau Kembar

Jika perjalanan anda dimulai dari Padang, maka tinggal naik bus menuju Alahan Panjang atau Muaralabuh. Adapun ongkos bus nya Rp. 10.000 saja.

Setelah bus berhenti Pasar Simpang, lalu traveler tinggal naik ojeg dengan tarif yang bersahabat. Jika jalur kanan yang anda tuju, maka anda akan menuju Danau Dieteh. Sementara di jalur yang lain akan membawa traveler menuju Danau Di Bawah.

Jam Operasional

Jam Operasional Danau Kembar 24 jam

Tiket

Harga tiket masuk objek wisata Danau Kembar Gratis

Penginapan

Di area wisata Danau Kembar sudah ada penginapan bagus yang sangat recommended untuk menginap walaupun sehari.

[enginapan dengan bangunan yang sangat eksotis layaknya di luar negeri ditambah berada di tengah suasana alam yang menenangkan menjadi penyempurna berwisata ke Danau Kembar.

Untuk urusan harga menyesuaikan dengan fasilitas yang diberikan tentunya.

Penginapan Di Objek Wisata Danau Kembar
Penginapan Di Objek Wisata Danau Kembar. Sumber : penginapan.net

Penutup

Potensi alam Indonesia seolah-olah tanpa batas, setiap waktu bermunculan destinasi wisata baru. Danau Kembar kini bersiap menarik hati para wisatawan untuk datang ke lokasi tersebut.

Selamat berlibur, utamakan kenyamanan dan keamanan ya…

Baca juga:

Leave a Comment