Pantai Nirwana Padang, Pantai Mempesona di Sebelah Teluk Bayur

Pantai Nirwana Padang banyak ditumbuhi pohon kelapa, yang membuat pantai terlihat indah. Terlebih saat air surut, Batu karang dan koral kecil yang bertebaran di sepanjang pantai. Keindahan ini membuat Pantai Nirwana menjadi favorit para fotografer.


Pantai Nirwana Padang, pnatai indah nan rindang di dekat pusat keramaian kota
Pantai Nirwana Padang. Image via: jejak-kenzie

Dari Pantai Nirwana pengunjung dapat melihat kapal-kapal yang sedang bersandar di pelabuhan Teluk Bayur. Saat senja menjelang malam, keindahan Pantai Nirwana semakin menampakkan  wujudnya. Lampu-lampu kapal dan lampu pelabuhan Teluk Bayur terlihat sangat indah dan membuat suasana pantai menjadi romantis.

Pantai Nirwana Padang sering disebut sebagai pantai surga karena panorama pantai yang menakjubkan, dengan hamparan pasir putih. Bahkan ada cerita soal pasir dan air laut di Pantai Nirwana bisa digunakan untuk terapi. Hal ini membuat Pantai Nirwana selalu dipadati pengunjung.

Kelebihan lain Pantai Nirwana adalah dikelilingi daerah perbukitan dengan tanaman tropis. Keberadaan bukit itu membuat pengunjung bisa menikmati sunset saat menjelang petang dengan suasana yang sangat indah.

Menikmati sunset di Pantai Nirwana merupakan salah satu aktivitas favorit pengunjung pantai ini. Untuk dapat melihat Sunset yang sangat jelas, sebaiknya datang ke pantai saat bulan Juni sampai Agustus.

kala senja di pantai nirwana Padang
Kala Senja. Image via: tempatwisatamu.com

Simak juga: Ragam Tempat wisata di Padang.

Lokasi Pantai Nirwana Padang

Lokasi Pantai Nirwana berada di alamat Jalan Raya Padang – Painan, Teluk Bayur, Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat.

Pantai Nirwana terletak di Pantai Barat Sumatera berjarak sekitar 14 km dari Kota Padang. Pantai yang memanjang ini berlokasi tidak jauh dari Pelabuhan Teluk Bayur .

Rute Menuju Pantai Nirwana Padang

Untuk menuju pantai nirwana padang sangat mudah, terutama jika berangkat dari pusat Kota Padang. Mengguankan kendaraan pribadi bisa dengan menuju ke arah selatan dari Teluk Bayur.

Jika memilih menggunakan kendaraan umum, dapat naik angkutan umum jalur 437 dari arah Pasar Raya Padang. Perjalanan menuju ke obyek wisata ini nantinya akan melewati jalur Sutan Syahrir. Dilanjutkan ke arah Jalan Padang – Bengkulu.

Jalur lain yang bisa digunakan adalah jalan Padang–Muko-muko dengan kondisi jalan yang mulus. Setelah itu melewati pinggiran ceruk dimana termasuk ke dalam salah satu Teluk Bungus.

Pasir pantai nirwana padang yang landa dan luas
Pasir pantai. Image via: wisatatrend.com

Selama perjalanan ini tidak jarang ada sekelompok monyet ekor panjang melalui batuan padas besar atau berada di sekitar area pepohonan. Biasanya meminta upeti atau jatah makanan dari para pengunjung yang lewat.

Jam Buka Pantai Nirwana Padang

Saat hendak berkunjung ke pantai nirwana padang, pengunjung bisa datang pada jam 06.00 pagi sampai jam 18.00 sore.

Tiket Pantai Nirwana Padang

Untuk mengunjungi pantai nirwana padang, pengunjung tidak dipungut biaya. Gratis.

Fasilitas Pantai Nirwana Padang

Pantai Nirwana Padang menyediakan fasilitas pendukung wisata yang cukup lengkap. Di sekitar pantai tersedia kafetaria, arena bermain anak, dan juga persewaan perahu bagi yang ingin mendayung atau bermain kano di sekitar laut.

Disini juga bisa digunakan untuk camping lengkap dengan penyewaan tenda.

Aktivitas Menarik di Pantai Nirwana Padang

  1. Mengamati Pelabuhan Teluk Bayur

ramainya kapal eluar asuk teluk bayur, pelabuhan legendaris di dekat pantai nirwana padang
Ramainya kapal. Image via: thearoengbinangproject.com

Simak juga: Pantai Manakara.

Mengamati aktifitas nelayan di pelabuhan memang memberikan kesan berbeda. Kegiatan mereka menaik turunkan perahu, menurunkan ikan dari perahu, sungguh terlihat sangat hidup.

Demikian juga dengan mengamati aktifitas kapal di pelabuhan, arus keluar masuk kapal di pelabuhan memberikan nuansa khas yang tidak ada pada terminal angkutan darat.

Dari Pantai Nirwana kamu bisa menyaksikan kapal-kapal, baik kapal penumpang atau kapal dagang yang akan atau sedang bersandar di pelabuhan Teluk Bayur. Tak putus-putus kapal berbagai ukuran terlihat berlalu lalang di pelabuhan itu.

Saat senja menjelang malam, keindahan Pantai Nirwana tidak kalah mempesona dibandingkan ketika saat siang hari. Lampu kelap-kelip dan semua lampu yang menyala di pelabuhan Teluk Bayur terlihat sangat indah dan membuat suasana di kawasan pantai menjadi sangat romantis.

  1. Menikmati Pantai

Pantai indah padang yang mendamaikan hati
Pantai indah. Image via: liburanesia.com

Pantai Nirwana padang terkenal akan keindahan alamnya. Sepanjang pesisir Pantai Nirwana banyak ditumbuhi oleh pohon-pohon kelapa yang semakin membuat pantai ini terlihat indah. Barisan kelapa condong di pantai, sungguh mengingatkan pada lukisan-lukisan indah yang bertemakan keindahan pantai.

Suasana menjadi spesial saat air pantai dalam keadaan pasang surut. Batu karang dan koral kecil yang bertebaran di sepanjang pantai mempercantik suasana. Kondisi indah ini membuat lokasi ini menjadi favorit para fotografer.

Mereka berebut ingin menangkap keindahan Pantai Nirwana dengan kameranya. Pantai Nirwana Padang sering disebut sebagai pantai surga karena panorama air laut yang menakjubkan. Hamparan pasir putih yang mempesona bahkan diyakini air laut di Pantai Nirwana bisa digunakan untuk terapi. Maka tidak heran setiap hari libur Pantai Nirwana selalu dipadati pengunjung..

  1. Menikmati Sunset

sunset memikat hati di pantai nirwana padang
Sunset. Image via: bayubara.com

Simak juga: Pantai Mutiara.

Seperti umumnya para pengunjung pantai, pengunjung pantai ini pun sangat menantikan momen matahari tenggelam. Sunset di pantai nirwana padang merupakan salah satu yang terindah hal ini karena Pantai menghadap ke barat dan di depan pantai adalah samudera luas.

Menikmati matahari terbenam di Pantai Nirwana juga menjadi salah satu aktivitas favorit para wisatawan yang mengunjungi pantai ini.

Kelebihan dari Pantai Nirwana ini adalah air laut nya terbilang sangat jernih dikelilingi daerah perbukitan dengan tanaman tropis. Kamu bisa menikmati sunset saat menjelang petang dengan suasana yang sangat indah dan romantis.

Dan jika kamu ingin melihat matahari terbenam yang sangat jelas, maka sebaiknya datang ke Pantai Nirwana Padang pada saat bulan Juni sampai bulan Agustus. keindahan sunset yang dipadukan dengan pemandangan perahu-perahu nelayan tentu akan membuat liburan di pantai ini akan lebih berkesan.

  1. Berburu foto cantik

berfoto cantik dengan pose bebas di pantai nirwana padang
Mengejar asa. Image via: @fitrysoraya25

Memotret di pantai itu memang sangat menyenangkan. Relatif gampang karena pada dasarnya view yang tersaji sudah bagus, jadi tak perlu susah-susah mencari angle supaya foto terlihat indah. Namun sering kali ada hal kecil yang terlupakan yang mengurangi keindahan foto yang diperoleh.

Saat ingin mengambil foto di pantai nirwana padang pengunjung tidak disarankan datang saat siang terik. Cahaya berlebih akan membuat langit terlihat putih dan laut tampak pucat. Hasil foto yang dihasilkan pun akan tampak kurang menarik. Waktu paling bagus untuk memotret pantai adalah sebelum jam 9 pagi, saat langit masih biru. Bisa juga setelah jam 4 sore ketika matahari mulai tenggelam.

Jika ingin membuat foto indah saat sunset di pantai nirwana padang ini, jangan memakai baju putih. Saat sunrise atau sunset, foto akan cantik dengan foto siluet. Warna putih membuat siluet kurang sempurna.

Pakaian yang tepat untuk berfoto cantik di pantai nirwana Padang, adalah warna merah dan kuning. Sebab, dua warna tersebut kontras dengan warna laut yang biru. Warna itu akan tampak sangat menyala di kamera dan bakal menghasilkan potret yang menarik.

cantik saat senja, menjadi sempurna dnegan latar sunset pantai nirwana padang
Cantik Saat senja. Image via: @vioviolitaa

Simak juga: Pesona Tanjung Bira.

Objek Wisata Dekat Pantai Nirwana Padang

Setelah mengunjungi pantai nirwana padang, tidak ada salah jika melanjutkan penjelajahan ke pantai- pantai lain di sekitar padang. Tidak seberapa jauh dari sini ada pantai Air Manis, yang berjarak 9 km. Pantai ini populer sebagai pantai tempat Malin Kundang dikutuk oleh bunya dan menjadi batu. Batu malin kundang sampai saat ini masih bisa ditemukan di sekitar pantai itu.

Sedikit ke selatan lagi, dalam jarak 10 km ada pantai Caroline. Pantai Caroline  menyimpan panorama kekayaan alam bawah laut, berupa terumbu karang aneka macam dan ikan hias yang sangat menawan. Sehingga cocok sekali untuk menyelam. Seni alam ini akan terasa lebih lengkap dengan turut menjelajahi pulau-pulau kecil di kawasan Teluk Bunguih.

Sangat unik dan mengagumkan bukan Pantai Nirwana Padang ini? Mari berkunjung bersama dengan keluarga dan teman.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment